alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/531f3bad138b4620338b45e5/ngeles-kadis-pajak-dki-nilai-ahok-marah-karena-salah-paham
(Ngeles) Kadis Pajak DKI nilai Ahok marah karena salah paham
Merdeka.com - Kepala Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta Iwan Setiawandi mengatakan kemarahan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) terkait adanya pajak reklame dalam pengadaan 30 unit bus yang disumbang pihak swasta lantaran adanya kesalahpahaman antara Pemprov DKI dan Ahok.

Menurut Iwan, pajak tersebut tidak dibayarkan oleh para penyumbang kepada Pemprov DKI tetapi Pemprov DKI hanya memotong pajaknya sesuai dengan nilai sumbangan tersebut.

"Enggak dong kan sudah kasih bus, MoU-nya seperti itu. Kenapa dipermasalahkan? Ada miss komunikasi tadi. Saya enggak tahu tadi kan sudah saya bacakan tuh draft MoU-nya. Itu yang dipakai. Kan di BPKD (draftnya)," ujar Iwan di Balai Kota, Jakarta, Selasa (11/3).

Iwan menegaskan sumbangan tersebut memang dikenakan pajak iklan tetapi pajak tersebut dikompensasikan dengan nilai bus tersebut. Iwan menjelaskan apabila harga bus tersebut mencapai Rp 1,5 miliar per unit dan pajaknya Rp 100 juta per tahun. Maka, perusahaan tersebut tidak membayar pajak iklan selama 15 tahun.

"Pajak bayar, di sisi yang satu harga bis. Tinggal dihitung berapa tahun. Sesuai harga bus. Belum dihitung kan belum tahu busnya," kata Iwan.

Selain itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Endang Widjajanti mengakui bus sumbangan tersebut memang dikenakan pajak iklan. Tetapi, pajak tersebut dipotong dengan nilai bus tersebut.

"Untuk sumbangan kita tetap hitung sebagai kompensasi. misalnya Rp 100 juta pertahun selama 10 tahun kita potong dengan sumbangan yang sejumlah Rp 1,4 miliar," kata Endang

http://www.merdeka.com/jakarta/kadis...lah-paham.html

Pajak reklame di bus 100 jt? yg boneng?abis bos ngamuk mulai deh nyari2 alesan,kalo bener dikompensasi masa tuh pengusaha pada protes,dasar maling!!!
di thread sebelah gw ada ngitung kasarnya, kecil kok pajak reklame di kendaraan.
Quote:"Untuk sumbangan kita tetap hitung sebagai kompensasi. misalnya Rp 100 juta pertahun selama 10 tahun kita potong dengan sumbangan yang sejumlah Rp 1,4 miliar," kata Endang

ohhhh ... masalahnya pajak reklame toh .. emoticon-Big Grin
masak pajak bisa lebih mahal dibandingkan masa depresiasi mobil? kayaknya gak mungkin deh ... emoticon-Big Grin

bener kata Ahok, kalo gak mau kasihin aja bus nya ke Ridwan Kamil ... emoticon-Cape d... (S)

100 jt berapa bis itu gan?
pecat aja... emoticon-Ngacir2
mutasi aja kebagian perpustakaan .. emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By cuangede


Pajak reklame di bus 100 jt? yg boneng?abis bos ngamuk mulai deh nyari2 alesan,kalo bener dikompensasi masa tuh pengusaha pada protes,dasar maling!!!


100juta setahun ya murah itu ...
Lha ini lebih masuk akal ... Tinggal dihitung seberapa yang bikin penguasaha gak keberatan... emoticon-Shakehand2
Quote:Original Posted By cuangede


"Untuk sumbangan kita tetap hitung sebagai kompensasi. misalnya Rp 100 juta pertahun selama 10 tahun kita potong dengan sumbangan yang sejumlah Rp 1,4 miliar," kata Endang
[/size]


menurut gw sih aneh.
pajak reklame itu juga sebenernya untuk menutupi modal pembelian inventaris tersebut (dlm hal ini bus).

lha ini, gak keluar modal sama sekali buat beli bus kok.

dan kalo menjabarkan, langsung aja kasih tau nominal yg mendekati, gak perlu pake kata 'misalnya sekian'.
Sebelum terjadi ASUMSHIT2 JIDAT SESAT : gw ksh rumus perhitungan kasarnya

Jumlah Hari x Luas Media Reklame (M3 ) x Tarif Pajak x 25% = Pajak yang harus dibayarkan

Keterangan :

Jumlah Hari yaitu jangka waktu / masa tayang Reklame.
Luas Media Reklame dalam meter persegi (M3) adalah luas dari media reklame yaitu diukur panjang x lebar, apabila 2 muka atau reklamenya 2 sisi bearti dikalikan 2.
Tarif Pajak adalah tarif pajak yang belaku pada suatu daerah. Contoh : daerah Jakarta dan sekitarnya untuk Jalan Utama biasanya nilai tarif pajaknya adalah Rp.10.000,- dan Bukan jalan Utama atau istilahnya jalan nomor 2 yaitu Rp.5.000,- dan seterusnya disesuaikan dengan wilayah dan daerah pemasangan reklame tersebut.
25% adalah perhitungan presentase dari dinas pajak.
nih perhitungan kasar gw di thread sebelah

Quote:Original Posted By amadeus83.
hmm semisal itu iklan dibikin disepanjang badan bus, kita anggap aja 2x(2x15m) = 60m2x5000 = 300rb/hari/bus

dikalikan 10 bus = 3juta/hari x 365 = Rp 1,095M/10bus/tahun

anggap pasang iklan 10 tahun pun nilainya msh lebih kecil dibanding kalau pemprov beli 10buah bus TJ, apalagi hino.

ya anggap aja ini kerjasama yg saling menguntungkan, pemprov untung, pengusaha untuk, rakyat juga untung

mungkin pns2 dki gak bs ngikutin cara kerja ahok yang out of the box, dia punya sudut pandang yg berbeda ketimbang pejabat2 selama ini.

kalo bikin MoU aja tanpa ubah pergub bisa kan?

-------------------------------------------------------
Edit:
Salah hitungan gw diatas, itu nilai reklamenya.

Kalo pajak reklame 25% dr nilai reklame, malah jauh lebih kecil lagi jumlahnya emoticon-Hammer (S)
gw hitung berdasarkan ini

Quote:Original Posted By wasitnya.mantap
tergantung ukurannya seh.... gua baca sekilas.... pajak reklamenya diambil sebesar 25% dari nilai sewa reklame...

nilai sewa reklame untuk reklame di kendaraan

5000/m2/hari...

kalo lu mau baca disini....



ada link download nya juga...
TSnya mirip anjing kecil kelindes becak

emoticon-Ngakak
100 juta untuk 1 bus?
murah ituuu


Spoiler for mohon bantu gan/wati :shakehand:


Quote:Original Posted By dinpaigomallio
TSnya mirip anjing kecil kelindes becak

emoticon-Ngakak

loe mirip babi ngepet emoticon-babi
Quote:Original Posted By kreceklover
100 juta untuk 1 bus?
murah ituuu


Spoiler for penting... serius!:


murah gimana nih?
bisa tolong dijabarin hitung2annya gak?
siapa tau punya ane salah hitungannya
Quote:Original Posted By amadeus83.


murah gimana nih?
bisa tolong dijabarin hitung2annya gak?
siapa tau punya ane salah hitungannya


kasih contoh sekalian angkanya gitu biar lebih plong
Quote:Menurut Iwan, pajak tersebut tidak dibayarkan oleh para penyumbang kepada Pemprov DKI tetapi Pemprov DKI hanya memotong pajaknya sesuai dengan nilai sumbangan tersebut.
Inti beritanya ini doang. dah ah. ga usah lebay tanya aja akuntannya tinggal jurnal doang emoticon-Ngacir
SPKD ga masuk akal , ga jelas itungannya , percobaan korupsi ini
pns2 yg udah2 diancam pecat,total yg dah beneran di pecat,jumlahnya brp ya??
gila pinter banget ngelesnya...

salah paham yg jadi kambing hitam

emoticon-Cape d... (S)