alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/531f1db03ecb17ec508b462d/bsizequot6quotini-alasan-kcj-gemar-belanja-armada-bekas-dari-jepang-size-b
INI ALASAN KCJ GEMAR BELANJA ARMADA BEKAS DARI JEPANG
Setelah tahun lalu membeli 180 kereta bekas asal Jepang, tahun ini PT Kereta Api Commuter Jabodetabek (KCJ) kembali membeli 176 kereta atau 22 rangkaian gerbong.

Anak usaha PT Kereta Api Indonesia (KAI) ini membeli dari kereta bekas tipe yang sama dari sebelumnya. Yakni seri 205 dari East Japan Railway Company (JR East). Pembelian ini merupakan program pengadaan kereta listrik (KRL) di 2014. Dalam pembelian kali ini, KCJ menggelontorkan dana Rp 176 miliar.

kerap membeli armada bekas pakai dari negeri Sakura, Jepang. Lalu apa yang menjadi pertimbangan perseroan membeli kereta bekas dari Jepang?

Direktur Utama PT KAI Commuter Jakarta atau PT KCJ, Tri Handoyo, menjelaskan pembelian kereta bekas Jepang hanya menghabiskan Rp 1 miliar per unit. Jika membeli baru ataupun membeli dari INKA maka dana yang harus dikeluarkan mencapai Rp 12 miliar per unit.

"Beli baru mahal sampai 12 kali lipat. Beli di INKA juga segitu, enggak jauh beda. INKA barang baru harga terlalu tinggi," ucap Tri dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Senin (4/11).

Selain itu, alasan pembelian kereta bekas Jepang lainnya karena KCJ butuh banyak kereta. Jepang adalah salah satu negara yang punya kereta bekas yang cocok lebarnya di Indonesia. Oleh karena itu, anak usaha PT KAI tersebut getol membeli dari Jepang.

Menurut Tri tidak ada sumber pembelian kereta bekas selain Jepang. "Ga ada lagi sumber selain Jepang. Beli Eropa engga bisa, kecuali beli baru. "Kebetulan negara lain punya kereta second tidak cocok lebarnya. Salah satu yang cocok sama kita New Zealand, Jepang, Afrika. Lebar gate nya sama dengan Indonesia. Afrika aja butuh dari Jepang. Kita butuh jepang
emoticon-Repostrepostemoticon-Blue Repost