alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/531f0e6818cb1734348b45e2/dirjen-ham-kemenkum-ham-pk-berkali-kali-hanya-di-indonesia
Dirjen HAM Kemenkum HAM: PK Berkali-kali Hanya di Indonesia
Jakarta - MK memutuskan peninjauan kembali (PK) boleh berkali-kali dalam kasus Antasari Azhar. Direktur Jenderal HAM Kementerian Hukum dan HAM, Harkristuti Harkrisnowo, menilai putusan PK berkali-kali hanya ada di Indonesia.

"Menurut saya kalau sudah keputusan konstitusi ya agak berat, karena menurut MK itu sudah melanggar konstitusi. Malah di negara lain juga nggak ada pengajuan PK berkali-kali seingat saya. Tapi kan Indonesia memang Indonesia," ujar Harkristuti usai acara Diskusi Publik Penerapan Prinsip-Prinsip Convention on the Right of Person with Disabilities (CPRD) dalam RUU Penyandang Disabilitas, Selasa (11/3/2014).

Saat ditanya bagaimana masukan dalam ranah KUHAP ke depannya dalam pembahasan DPR, Harkristuti menilai hal tersebut akan sulit karena putusan MK selalu final dan mengikat.

"Jadi nanti kalau di KUHAP bunyinya beda, lalu di judicial review lagi, ini kan repot. Nanti kalau mengikuti juga saya membayangkan orang yang mau dieksekusi mati kemudian mengajukan PK dulu. Ini kemudian memunculkan pertanyaan kepastian hukumnya seperti apa. Tapi kita selalu berharap ingin yang terbaik, cuma ya mudah-mudahan lebih baik juga ke depannya," jelas Harkristuti.

Harkristuti menuturkan nantinya aturan KUHAP harus memberikan batasan dalam mengajukan PK. Namun. itu akan sulit direalisasikan.

"Kalau mengikuti keputusan MK, harus seperti itu. Pertanyaannya, apa iya mau dibuka seluruhnya? Apa iya nanti tidak ada yang namanya satu titik di mana semua proses hukum berhenti? Tidak bisa ada proses hukum yang berjalan sampai akhir zaman, tidak ada. Harus berhenti di satu titik. Nah, ini yang agak sulit," tutup Harkristuti.


http://news.detik.com/read/2014/03/1...sia?n991102605
Yup benar yang dikatakan Mahfud MD jika PK bisa berkali - kali maka tidak akan bisa seorang terdakwa di eksekusi. Atau bisa2 main di penangguhan penahanan emoticon-Berduka (S)
Semenjak Papa Akil tertangkap, semakin mundur saja MK ya Akhi. Syukron.
pk tanpa batas = kabar gembira buat bandar narkoba, koruptor & penjahat bermodal gede emoticon-Embarrassment
dimulai dari jaksa boleh mengajukan kasasi, sekarang ditambah mk malah memperbolehkan pk berkali-kali

mbiyen sekolahe ning endi kuwi?



Quote: jangan golput! ntar nyesel, gan! emoticon-army
pilih partai & caleg yang memiliki komitmen kebangsaan dan kemanusiaan
yang sungguh-sungguh memahami & menghargai pluralitas emoticon-I Love Indonesia
- PK berulang2 itu tandanya tidak ada profesionalisma penegak hukum di dalam menjalankan tugas mereka.

- PK berulang2 itu tandanya makin tebal isinya salam tempel

Dan hanya ada di Indonesia emoticon-Turut Berduka



Spoiler for penting... serius!: