alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/531ecf46a3cb175f3f8b4665/riau-diselimuti-asap-bocah-kelas-5-sd-kirim-surat-ke-presiden
Riau Diselimuti Asap, Bocah Kelas 5 SD Kirim Surat ke Presiden
Quote:

Riau Diselimuti Asap, Bocah Kelas 5 SD Kirim Surat ke Presiden

PEKANBARU - Kabut asap yang berasal dari kebakaran hutan di Riau dan Sumatera benar-benar memperihatinkan. Banyak kegiatan masyarakat yang terganggu akibat asap yang begitu pekat dan menyebabkan jarak pandang begitu dekat.

Saking gemasnya dengan kabut asap itu, seorang bocah kelas 5 SD di Pekanbaru Riau mengirim sepucuk surat yang ditujukan untuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dalam surat yang ditulisnya sendiri, Ikhsan Wafdullah mempertanyakan apa yang dilakukan presiden untuk menyelesaikan masalah asap di Riau.

"Orangtua dan kakak saya sudah terkena ISPA di rumah. Ada yang dirawat, ada yang tidak. Sering terkena penyakit ini saat asap melanda Riau. Saya meminta Pak Presiden langsung melakukan aksi, karena sudah beberapa hari juga tidak sekolah," kata Ikhsan di kantor pos sebelum mengirim suratnya itu.

Bocah yang tinggal di Jalan Yos Sudarso, Gang Jaya, Nomor 580, Pekanbaru, Riau juga mengeluhkan selama tempat tinggalnya dipenuhi asap, dirinya sudah tak bisa lagi bermain. (eka/mas)


Berikut isi surat yang ditulis Ikhsan:

Kepada Yang Terhormat, Presiden RI di Istana Negara. Assalamualaikum Pak Presiden.

Nama saya Ikhsan Wafdullah, pelajar kelas V SDN 025 Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru. Saya sering mengikuti kegiatan pramuka di sekolah, tapi sejak kabut asap, saya dilarang orangtua untuk main di luar rumah. Terkait hal itu, boleh kan saya bertanya-tanya.

Boleh kan Pak? Pak, mengapa kabut asap terus terjadi setiap tahun? Dan mengapa bapak tidak melarang para petani dan para pengusaha supaya tidak membakar hutan? Kalau mereka terus-menerus membakar hutan, apa jadinya kota-kota kami yang ada di Pulau Sumatera?

Bapak, kalau kabut terus terjadi, maka anak-anak sekolah yang ada di Provinsi Riau akan diliburkan? Kalau anak sekolah seperti saya diliburkan, pasti kami tidak mendapat ilmu.

Bagaimana bapak menanggapinya? Sampai kapan Pak asap ini dapat berhenti? Bapak Presiden yang saya banggakan, apakah aksi dan reaksi Bapak terhadap bencana ini?

Terima kasih Pak telah menyempatkan waktunya untuk membaca surat ini. Saya menunggu surat balasannya dari Bapak langsung.

Hormat saya, Ikhsan Wafdullah.



sumber



sampai anak sd pun turun tangan menyampaikan aspirasi ke presiden emoticon-Berduka (S)
Saya prihatin nak... Cuma itu saja tanggapan bapak.. emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By jojoeinstein
Saya prihatin nak... Cuma itu saja tanggapan bapak.. emoticon-Smilie


bner banget emoticon-Matabelo
anak sd aja punya kesadaran ,
bagaimana nasib masa depan daerahnya..
emoticon-Matabelo
emoticon-Sorry
Pemdanya ngapain aja, kalau gak mampu minta bantuan pusat.
WOI KEBO BANGUN LO JANGAN TIDUR MULU...

PENGEN emoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Mewek W BACA SURATNYA.

MEJENG DI PAGE ONE NIH... CALON HT NIH...
Ane turut prihatin dengan berita kabut yang menimpa kota-kota di Sumetera.
Tapi, ane kurang yakin kalau surat itu ditulis oleh seorang anak SD (Kelas V) pula. Pernah gak agan terlintas kalo tu anak disuruh nulis surat oleh gurunya yang isinya sudah ditentukan oleh gurunya sendiri???

Semoga bencana kabut asap ini dapat teratasi secepatnya....
anak bocah ini pinter emoticon-Smilie

keliatannya kalimatnya sederhana dan childish, tapi menunjukkan efek berantai yg ngena banget emoticon-thumbsup

bakar hutan menyebabkan hutan gundul, asap dari hutan itu kalau terus terhirup mengakibatkan penyakit paru, dan karna ga boleh keluar rumah maka sekolah libur akhirnya pendidikan terbengkalai, karena terbengkalai maka anak2 tersebut mendapat pendidikan dengan kadar minimal akibatnya anak2 ini sulit menjadi orang pintar emoticon-Frown
Quote:Original Posted By aary_88
Ane turut prihatin dengan berita kabut yang menimpa kota-kota di Sumetera.
Tapi, ane kurang yakin kalau surat itu ditulis oleh seorang anak SD (Kelas V) pula. Pernah gak agan terlintas kalo tu anak disuruh nulis surat oleh gurunya yang isinya sudah ditentukan oleh gurunya sendiri???

Semoga bencana kabut asap ini dapat teratasi secepatnya....


kalo dilihat dari bahasanya sih ane kurang yakin emoticon-Embarrassment

tapi kalo dilihat tekadnya baru ane yakin emoticon-Big Grin
aduh nak, bapak bentar lagi Pensiun mau buka usaha Nasi Goreng, nanti tanya sama yg baru aja ya,
akhir nya bemokarat dapet ramuan mujarap buat PENCITRAAN,emoticon-Cool
Quote:Original Posted By sihenz


kalo dilihat dari bahasanya sih ane kurang yakin emoticon-Embarrassment

tapi kalo dilihat tekadnya baru ane yakin emoticon-Big Grin


setubuh, gan!
Semoga tekad anak tersebut direspon oleh pihak pemerintah. Lagian kalau sampe hal ini terjadi terus menerus, bisa jadi kita jadi bahan buly-an tetangga sebelah mulu.
Quote:"Orangtua dan kakak saya sudah terkena ISPA di rumah. Ada yang dirawat, ada yang tidak. Sering terkena penyakit ini saat asap melanda Riau. Saya meminta Pak Presiden langsung melakukan aksi, karena sudah beberapa hari juga tidak sekolah," kata Ikhsan

yakin anak kelas 5 esde punya lisan yang baku kek gitu ??
ane sih gak yaken...
lha wong pak beyeh mainya tuiter kok emoticon-Embarrassment

mending di twit ajah emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By yoksaffa
prey for pekanbaru
cause: it's govt. have just failed to counter the disaster

and
pray gor God...to get His wisdom



emoticon-Mewek
Quote:Original Posted By mamamintakuota
lha wong pak beyeh mainya tuiter kok emoticon-Embarrassment

mending di twit ajah emoticon-Big Grin


ntu anak gak punya tuiter mungkin gan emoticon-Big Grin

aduh ava-nya emoticon-Genit
mending pakek sosmed biar cepat dang singkat emoticon-Malu (S)
sorry ya nak bapak lg sibuk ngurus album,puisi,twitter,fb,konvensi bemokrat dll.....dll....emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Kalo diliat dari bahasanya sih kurang yakin anak sd yang buat, tapi perlu diapresiasi lah, anak umur segitu udah aware sama masalah yang ada di daerahnya. Semoga pak beye menanggapi..

Kebangetan yen ora, iya mbok? emoticon-Mad (S)
Pengalihan isu asap ke pesawat hilang.. Medianya gebleg
×