alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/531ea31c40cb170d178b46ad/golput-merusak-paradigma-politik
GOLPUT Merusak Paradigma Politik
Berbeda dengan status golongan putih (golput) di era Orde Baru yang murni pilihan bebas berdasarkan keyakinan ideologis dan analisis politik rasional; golput dalam sepuluh tahun terakhir—yang proporsinya kian mendekati angka 40 persen—sebagian besar karena dipaksa oleh dua hal. Pertama, kealpaan sistem pendataan.
Mereka yang golput secara ideologis dan berdasarkan analisis politik yang waras dan rasional—terkait kebuntuan yang terakumulasi dalam sistem dan SDM politik, baik di parpol maupun di lembaga-lembaga pengemban demokrasi konstitusional—sudah pasti enggan menuju bilik suara pada 9 April dan 6 Juli nanti. Proporsi golput ideologis ini terbatas di kelas menengah terdidik perkotaan. Mungkin sudah kasep mengubah sikap mereka sampai dengan hari pemungutan suara. Kesempatan ini akan dimanfaatkan oleh para manipulator suara, khususnya di tingkat kecamatan.
Mereka yang terpaksa golput karena mayoritas caleg adalah kaum yang menolak wajah-wajah di daftar calon presiden, mungkin sekali akan menumpahkan kekesalan mereka sekaligus mencegah manipulasi suara dengan cara mencoblosi semua gambar partai politik dan caleg serta calon presiden yang berlaga. Ini suatu bentuk perlawanan terhadap politisi, partai politik, dan penyelenggara negara. Itu namanya ndak sehat!
Bagi partai politik yang berhasil melakukan regenerasi caleg dan calon presiden, mereka sebaiknya menonjolkan secara all out wajah-wajah caleg dan calon presiden muda yang terbukti mumpuni dalam hal rekam jejak. Mudah-mudahan para calon golput yang menjadi golput karena alasan terpaksa, mengurungkan niat mereka dan dengan itu kita bersama-sama bukan hanya dapat menyelamatkan Pemilu 2014, melainkan juga menyelamatkan demokrasi konstitusional di negeri tercinta ini.
Tempelin berita dulu gan + sumbernya.
Habis itu ngasih pendapat.
Gitu aturannya emoticon-Kiss (S)
Kalo tanpa sumber valid, cocoknya di lounje aja
Iya gan, bisa jadi.

Kalau yang ini gimana gan?
Wakil Rakyat dari PKS (Pinggir Kali Sekali)
Kehidupan Ustadz Asep Rodhi, anggota DPRD kota Bandung yang sudah 28 tahun tinggal di pemukiman padat sungai Cikapundung Bandung emoticon-I Love Indonesia (S)
Teasernya gan
youtube-thumbnail