alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/531dcd870d8b466f018b4613/foxconn-jangan-ulur-waktu-bangun-pabrik-di-indonesia
Foxconn jangan ulur waktu bangun pabrik di Indonesia
Quote:Foxconn jangan ulur waktu bangun pabrik di Indonesia


Senin, 10 Maret 2014 19:35 WIB | 3418 Views

Pewarta: Indra Arief Pribadi

Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan komponen telepon seluler asal Taiwan, Foxconn Technology Group, diminta segera merealisasikan investasinya membangun pabrik di Indonesia agar pemerintah bisa menekan impor telepon seluler.

Menteri Perindustrian MS Hidayat di Jakarta Senin mengatakan, setelah mendapat izin resmi dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Foxconn seharusnya segera membangun pabrik, yang nantinya ditindaklanjuti pemerintah dengan pertimbangan pemberian insentif.

BKPM pada akhir Februari lalu, sudah memberikan izin prinsip bagi Foxconn Technology Group untuk mendirikan pabrik. Bahkan, Foxconn sudah menggandeng Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk pembangunan pabrik yang rencananya didirikan di wilayah ibu kota.

"Minta dia (Foxconn) investasi dong, melangkah lebih lanjut untuk memulai rencana investasi. Jangan hanya MoU doang," ujar Hidayat.

Permintaan komponen telepon seluler dan produk jadinya, di Indonesia, kata Hidayat, terus bertumbuh. Jumlah impor telepon genggam Indonesia pada 2013 mencapai 75 juta unit, ujar Hidayat, menjadi keprihatinan dan merupakan indikasi negatif bagi pertumbuhan industri dan perolehan devisa.

Adapun saat ini, baru Axioo, Ti-Phone dan Smartfren yang sudah merealisasikan investasinya di Indonesia.

"Itu kebutuhan kita soal investasi itu, sejak beberapa tahun lalu. Foxconn atau siapa pun, kita butuh karena untuk mendapatkan barang substitusi impor," ujar dia.

Hidayat mengatakan, setelah investasi Foxconn masuk ke Indonesia, pemerintah akan menerbitkan aturan tata niaga telepon genggam, yang salah satu tujuannya untuk melindungi investor agar tidak mengalami kerugian.

"Setiap sektor industri yang dibutuhkan dan investor mau masuk, pemerintah pasti akan berunding, tidak mungkin buat investor merugi," ujar dia.

Pemprov DKI Jakarta sudah berjanji akan membantu untuk mengurus perizinan pendirian pabrik ponsel. Lahan yang dibutuhkan untuk membangun fasilitas produksi ponsel adalah 200 hektare (ha).

Rencananya, Foxconn akan mengucurkan dana investasi hingga 10 miliar dollar AS dengan penggelontoran dana tahap awal sebesar 1 miliar dollar AS.
Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2014

Antara News


Semoga bisa segera direalisasikan
msh percaya ama fukconn?
kmarenan mau bikin apel, trs blekberi, ntar paan lagi tauk....pejabat pada digoblogin taiwan aja pada mau....
kmarenan pengin bikin pabrik di jakarta, trs pindah ke jogja, trs pindah lagi ke jakarta....
pengin bikin pabrik cari lahan hektar2an, udah disiapin lahan bilangnya kurang gede...
bener2 dah pejabat dibegok2 in tai-wan pada kaga nyadar....
ebuset dah!! pada dapet brapa yak?!
Denger2 terakhir pengen lahan itu secara gratis emoticon-Ngakak (S)
sangat ga niat berinvestasi di Indoemoticon-Ngakak (S)