alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/531c742b118b4621108b460b/video-yuk-lihat-proses-pembuatan-rencong-aceh
[Video] Yuk Lihat Proses Pembuatan Rencong Aceh
AV- Banda Aceh: Tanah rencong, begitulah sebutan untuk provinsi paling ujung barat Indonesia. Selain kaya dengan kuliner dan keindahan alam, Aceh juga memiliki berbagai macam kerajinan tangan yang paling dikenal adalah rencong. Senjata yang berubah menjadi souvenir.

Desa Baet Masjid, Kecamatan Sibreh, Aceh Besar merupakan perkampungan yang sejak dahulu sudah menjadi tempat produksi rencong rumahan. Dari tempat inilah semua hasil pembuatan pengrajin disebar ke toko-toko penjual sovenir di kota-kota di Aceh dan luar Aceh, bahkan sampai keluar negeri.

Selain petani, hampir semua penduduk di desa ini berprofesi sebagai pengrajin rencong. Menurut mereka hasil dari membuat rencong sangat menjanjikan, apa lagi Aceh telah aman.

Begitu juga dengan Firman, yang telah belajar membuat rencong sejak kecil. Ilmu yang diturunkan orang tuanya menjadikan ia pengrajin rencong profesional. Dalam sehari ia bisa mengerjakan tiga puluh buah rencong berukuran kecil dan sedang.

Untuk proses pembuatapertn, pertama kali para pengrajin memotong tanduk kerbau untuk dijadikan gagang. Setelah itu tanduk di potong sesuai ukurun yang diinginkan.

Setelah gagang selesai pekerja mulai membentuk besi kuningan, dengan perlahan logam keras dirubah bentuk sesuai keinginan. Pada bagian akhir pengrajin menyatukan gagang dengan rencong telah terbentuk indah. Untuk ukuran kecil, para pengrajin menjual keagen dengan harga Rp25.000 dan ukuran sedang Rp50.000.

Usaha bengkel pengrajin rencong di desa ini telah berlangsung turun temurun yang di wariskan oleh nenek moyang mereka. Firman saja sudah menekuni profesi ini sejak duduk di bangku sd hingga sekarang.

Sebelumnya bengkel ini milik ayahnya, karena telah lanjut usia Firman meneruskan usaha keluarganya. Di bengkel ini Firman di bantu lima orang pekerja dari desanya sendiri, seluruhnya tak lain rekannya sendiri.

Para pengrajin mengatakan, setelah perjanjian damai dan pasca tsunami, permintaan rencong meningkat dari biasanya. Hal itu dikarenakan banyaknya relawan asing dan pengunjung yang datang ke Aceh mencari oleh-oleh atau sovenir khas terutama rencong yang dijadikan kenang-kenagan mereka selama bertugas di Aceh. (Taufik Mellow)

Proses Pembuatan Rencong


youtube-thumbnail
Mantap gan
seumur2 hidup di Aceh
baru ini liat cara buat rencong emoticon-Hammer (S)








hello kemana aja lo mas emoticon-Malu (S) emoticon-Hammer (S)
ane punya 1 nih gan, pemberian dari kekasih ane, doi orang Aceh sedangkan ane sendiri asli Makassar, salam kenal
emoticon-Shakehand2
keren ga, ane dulu sering beri souvenir rencong buat kawan2 luar aceh emoticon-Kiss
×