alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5311ad115ccb17ca0500000f/kebiasan-sepele-yang-ternyata-berbahaya
icon-hot-thread
Kebiasan Sepele Yang Ternyata Berbahaya!
Quote:Selemat Datang Di Thread mbah.kinclong
emoticon-Selamat emoticon-Selamat
Wah.. HT makasih Buat Momod, Mimin, Agan dan Aganwati yang udah nge emoticon-Rate 5 Star dan ngasih Cendol dan meninggalkan jejak emoticon-Cendol (S)
Sekali lagi terimakasih emoticon-Angel



HT #3

Kebiasan Sepele Yang Ternyata Berbahaya!

Kebiasan Sepele Yang Ternyata Berbahaya!

Warning!!! Thread Ini Tidak Mengandung Repsol

Spoiler for No Repsol!:


Biasakan Membaca Dahulu Sampai Habis, Baru Komeng!!!
Ya... Itung-Itung Nambah Pengetahuan Agan emoticon-Cendol (S)

Jangan Lupa Gan Untuk emoticon-Rate 5 Star
Biar Kaskuser Semua Lebih Waspada Terhadap Kebiasaan-Kebiasaan Yang Ternyata Berbahaya emoticon-Cendol (S)


Kebiasan Sepele Yang Ternyata Berbahaya!

Anda mungkin sering melakukan hal-hal sepele ini. Tapi mungkin anda tak tahu bahwa hal-hal sepele itu barangkali berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

Langsung Aja Gan!


Quote:Quote:Mengucek Mata

Kebiasan Sepele Yang Ternyata Berbahaya!

Mengapa?

Mulailah menghindari kebiasaan yang satu ini. Menurut para dokter, gosokan yang lembut sekalipun pada mata bisa meningkatkan tekanan yang memicu terjadinya glaucoma atau penyakit kebutaan. Sebuah studi juga menemukan kalau memakai kaca mata renang, tidur telungkup atau melakukan olahraga di gym bisa memicu glaucoma dan penyakit mata yang berkaitan dengan tekanan mata lainnya.

Setiap sentuhan yang mengenai kelopak mata, menurut profesor Charles McMonnies dariUniversity of New South Wales Shool of Optometry and Vision Science, bisa meningkatkan tekanan mata. Sentuhan ringan akan menambah sedikit tekanan tapi sentuhan yang kuat bisa memicu peningkatan tekanan 3-5 kali dari tekanan normal.

Karena itu, ada baiknya lebih berhati-hati dalam menyeka mata berair atau make-up di sekitar mata. Proses ini melibatkan kontak dengan kelopak mata. Dalam kasus mengucek mata, yang meilibatkan kelopak dan juga bola mata, tekanan mata bisa meningkat 10 kali lipat dari normal. Masih ingin mengucek mata? Anda baiknya mulai dihentikan.



Quote:Membunyikan Leher "Kretek-Kretek"

Kebiasan Sepele Yang Ternyata Berbahaya!


Mengapa?

Dengan membunyikan leher, berarti Anda turut meregangkan jaringan ikat persendian yang berfungsi mendukung dan menstabilkan persendian leher. Meregangkan persendian akan menyebabkan hipermobilitas di mana persendian telah kehilangan kelenturan alaminya.

Karena jaringan ikat persendian menjadi kendur, otot-otot kecil yang menghubungkan ruas-ruas tulang punggung menjadi kencang. Otot-otot ini harus bekerja lebih keras untuk menetralkan hilangnya keseimbangan akibat kendurnya jaringan pengikat sendi. Hal ini akan membuat leher terasa kaku dan tegang. Saat ketegangan semakin menumpuk dan leher semakin tidak nyaman, Anda kembali ingin memanipulasi leher dengan cara membunyikan. Akibatnya, proses buruk yang sama akan kembali terulang.



Quote:Membunyikan Jemari Tangan "Kretek-Kretek"

Kebiasan Sepele Yang Ternyata Berbahaya!

Mengapa?

Hal ini mungkin seringkali Anda lakukan tanpa sadar. Burukkah bagi kesehatan? Menurut sebuah studi dengan 300 partisipan yang dipublikasikan di Journal of Manipulative and Physiological Therapeutics, hal ini bisa memicu kerusakan persendian. Studi ini memang tidak menemukan hubungan antara membunyikan persendian dengan radang sendi, tetapi kebiasaan ini mengakibatkan kerusakan lain termasuk kerusakan jaringan lunak hingga kapsul persendian serta melemahnya daya cengkram.

Spoiler for Ilustrasi penyebab membunyikan tangan:




Quote:Mengorek Telinga Terlalu Sering dan dalam

Kebiasan Sepele Yang Ternyata Berbahaya!

Mengapa?

Jika hal ini sudah menjadi kebiasaan Anda, ada baiknya mempertimbangkannya kembali. Jika telinga Anda gatal atau sakit, lebih baik berkonsultasi dengan dokter daripada menyelesaikan masalah Anda sendiri. Menurut dr Peter Roland dari University of Texas, menggunakan cotton bud berisiko melubangi gendang telinga, menyebabkan perdarahan dan hilangnya pendengaran yang bersifat sementara.

Upaya mengeluarkan tumpukan lilin telinga ada baiknya diserahkan kepada dokter. Sebab, lilin ini berfungsi untuk mencegah masuknya kotoran, sel-sel kulit mati dan rambut ke dalam telinga. Kelebihan lilin secara alami akan dikeluarkan melalui saluran telinga, dibantu oleh gerakan mengunyah dari rahang. Lilin ini juga berfungsi dalam mekanisme pembersihan serta mengandung antibakteri dan pelumas. Menyodokkan benda kecil ke dalam justru bisa merusak pembentukan alami lilin sehingga menyebabkan lilin menjadi padat, menjadi penghambat dan memicu infeksi.

Spoiler for Ilustrasi Bahaya Mengorek Kuping Terlalu dalam:




Quote:Bahaya Makan dan Minum Sambil Berdiri

Kebiasan Sepele Yang Ternyata Berbahaya!

Mengapa?

Apabila kita makan sambil berdiri, maka akan terjadi reflux asam lambung. Dengan kata lain, asam lambung akan naik ke saluran esofagus dan membuat sel-sel kerongkongan teriritasi. Iritasi sel kerongkongan ini dikarenakan pH asam lambung yang sangat asam (pH 1 – 2,5) dan kadang ditandai dengan gejala panas terbakar yang menyesak di dada (disebut sebagai “heartburn”). Bila kita tetap bandel membiasakan makan atau minum sambil berdiri dalam jangka waktu panjang, iritasi sel-sel kerongkongan ini akan berakumulasi dan menyebabkan kanker saluran esofagus. Cara mencegah reflux asam lambung ini adalah dengan makan sambil duduk.

Tak hanya makan minum sambil berdiri, ada 2 hal lain yang juga dapat menyebabkan reflux asam lambung dan “heartburn”, yaitu :

(1) Makan minum kekenyangan,
(2) Tidur atau berbaring setelah makan.


Quote:Meniup Makanan Dan Minuman Yang Masih Panas

Kebiasan Sepele Yang Ternyata Berbahaya!

Mengapa?

Semua yang telah mengenyam bangku sekolah pasti memahami, manusia bernapas menghirup oksigen atau O2, dan menghembuskan karbondioksida atau CO2. Ketika kita meniup makanan, tentunya yang kita keluarkan adalah gas CO2. Sementara itu makanan panas tadi masih mengeluarkan uap air (H2O). Menurut reaksi kimia, apabila uap air bereaksi dengan karbondioksida akan membentuk senyawa asam karbonat (carbonic acid) yang bersifat asam.

H2O + CO2 => H2CO3

Perlu kita tahu bahwa didalam darah itu terdapat H2CO3 yang berguna untuk mengatur pH (tingkat keasaman) di dalam darah. Darah adalah Buffer (larutan yang dapat mempertahankan pH) dengan asam lemahnya berupa H2CO3 dan dengan basa konjugasinya berupa HCO3- sehingga darah memiliki pH sebesar 7,35 – 7,45 dengan reaksi sebagai berikut:
CO2 + H20 HCO3- + H+

Tubuh menggunakan penyangga pH (buffer) dalam darah sebagai pelindung terhadap perubahan yang terjadi secara tiba-tiba dalam pH darah. Adanya kelainan pada mekanisme pengendalian pH tersebut, bisa menyebabkan salah satu dari 2 kelainan utama dalam keseimbangan asam basa, yaitu asidosis atau alkalosis.

Apa Itu Asidosis dan Alkalosis?

Spoiler for Asidosis dan Alkalosis:



Quote:Membakar Lilin Aromaterapi

Kebiasan Sepele Yang Ternyata Berbahaya!

Mengapa?

Lilin beraroma dapat mengeluarkan zat-zat beracun seperti karbonmonoksida, benzene, dan karbon. Zat-zat meningkatkan risiko terjangkit kanker, penyakit saraf dan mental, alergi dan asma. Wewangian yang terkandung juga mengandung aseton, benzyl asetat, benzyl alkohol, linaloor, dan methylene chloride. Menghirup zat-zat tersebut menyebabkan perasaan mual, kelainan sistem saraf pusat, iritasi mulut, tenggoroka, mata, kulit, dan paru-paru, juga pusing dan sakit pernafasan.


Quote:Menyimpan Handuk Muka Di Toilet

Kebiasan Sepele Yang Ternyata Berbahaya!

Mengapa?

Setiap kali kita membasuh toilet, kuman-kuman berterbangan dan mendarat di handuk, sikat gigi, dan barang lain di toilet. Kuman bisa ‘mampir’ ke kulit kita saat menggunakan handuk pada muka dan bagiantubuh lainnya.


Quote:Menyikat Gigi Setelah Makan

Kebiasan Sepele Yang Ternyata Berbahaya!

Mengapa?

Banyak orang yang menganjurkan Anda agar menggosok gigi setelah mengonsumsi makanan atau minuman. Hal itu dilakukan agar gigi Anda tidak keropos. Namun, tidak bagi Greg Diamond, DDS, seorang periodontist di New York. Ia menuturkan bahwa setelah Anda makan, ada zat asam yang melekat pada gigi Anda di mana zat tersebut melemahkan email gigi. Apabila Anda langsung menggosok gigi setelah makan, hal itu malah menyebabkan lapisan email gigi rapuh. Ia hanya menyarankan Anda untuk membilas mulut Anda dengan air. Anda hanya perlu menggosok gigi dua kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari. Selain itu, ketika Anda menyikat gigi, pastikan Anda melakukannya dengan gerakan melingkar, bukan atas-bawah atau kanan-kiri. Dengan begitu, bakteri berbahaya yang ada di antara gigi dan gusi dapat hilang lebih banyak dan tidak melukai gusi.


Quote:Mengemudi Dengan Jendela Terbuka

Kebiasan Sepele Yang Ternyata Berbahaya!

Mengapa?

Kita merasa cukup puas saat menjelajah jalan tol dengan angin yang bertiup mengenai rambut kita di hari yang hangat, tapi kita jadi tidak meringankan kerja paru-paru dari polutan berbahaya yang didapat dari asap mobil. Sebuah studi dari University of Southern California (Universitas California Selatan) menemukan bahwa menghabiskan hampir enam persen waktu dalam sehari untuk berkendara dengan jendela terbuka menyebabkan tubuh terkena 45 persen polutan yang kita hadapi dalam 24 jam. Di perkotaan, mengemudi dengan jendela terbuka dapat memberi ancaman lebih besar terhadap kesehatan Anda. Daripada membuka jendela ketika macet di jalan umum, cobalah biarkan udara sejuk masuk sebelum Anda memulai perjalanan Anda, setelah itu lindungi rambut Anda dari terpaan angin selama perjalanan melalui pedesaan.

Q : Gan, Kalo Naik Motor Sama aja dong emoticon-Bingung (S)

A : Agan..., Sebagai pengemudi yang taat peraturan seharusnya agan naik motor itu make HELM, selain buat keamanan jika terjadi kecelakaan, dia juga bisa menutup muka agan dari polusi-polusi kendaraan lain gan emoticon-Cendol (S)




Quote:Pesan TS


Lebih Baik Tinggalin Gan, Kebisaan-Kebisaan Diatas
Kalo Masih Ngotot Ngelakuin Kebisaan Tersebut dan Kenapa-napa
Bukan Salah TS ya emoticon-Peace , Kan TS udah ngasih tau bahaya nya
Tingal Kesadaran Agan Sendiri emoticon-Peace




Spoiler for Sumber!!:



Quote:
Kalau Menurut Agan Thread Ini Berguna Mohon Dengan Sangat Untuk Memberi emoticon-Rate 5 Star gan emoticon-Big Grin


TS berharap Cendol emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Tapi Gak berharap di timpukin emoticon-Blue Guy Bata (L)


Spoiler for AWAS GAN! ORANG INI ADALAH TERORIS YANG SELAMA INI DIINCAR OLEH PEMERTINTAH INDONESIA!!!!!!!!!!:





Proud To Be Kegelepan Bray!

Tambahan Kaskuser

Quote:Original Posted By adittyaa
Calon HT gan

Ane paling sering bunyiin leher, tangan, kaki sama punggung. emoticon-Matabelo

Ane tambahin solusinya gan.

"Boleh saja asal tidak sering-sering, misal 5 menit sekali dibunyikan," kata Dr Michael Triangto, SpKO, pakar kesehatan olahraga dari RS Mitra Kemayoran. Jika dilakukan berlebihan, misalnya 5 menit sekali, maka bisa menyebabkan persendian mengalami keausan. Dalam jangka panjang, jika kebiasaan ini dibiarkan berlarut-larut bisa menyebabkan osteoarthritis (OA) atau sejenis peradangan pada sendi. Sementara itu, dokter spesialis bedah orthopedi dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, dr Benedictus Megaputera, MSi, SpOT sependapat bahwa kebiasaan ini sebaiknya tidak dijadikan kebiasaan. Menurutnya, tindakan ini bisa memicu pergeseran bantalan sendi antar tulang belakang. Pergeseran yang terjadi pada bantalan tulang belakang menurut dr Benedictus bisa menyebabkan penekanan pada sumsum tulang belakang. Tindakan ini dapat menyebabkan pergeseran bantalan sendi antar tulang belakang (discus intervertebralis) yang dapat menyebabkan penekanan pada sumsum tulang belakang maupun syaraf perifer yang keluar dari ruas tulang belakang [3] .

Tips & Solusi Bila badan mulai pegal atau lelah anda sebaiknya beristirahat dengan meregangkan otot tanpa membunyikannya, berikut beberapa cara menghilangkan rasa pegal tanpa membunyikan sendi

1. Neck Side Stretch Duduk tegak, pandangan lurus ke depan, lalu gerakkan kepala ke kanan. Dengan tangan kanan, tarik kepala ke arah kanan dengan pelan untuk melenturkan otot-otot leher samping. Tahan posisi ini selama 10 detik dan ulangi 3 kali. Lakukan hal yang sama ke arah kiri.

2. Back Stretch Duduk tegak, pandangan lurus ke depan, lalu letakkan kedua tangan di belakang kepala. Tarik napas dalam-dalam sambil membusungkan dada. Tahan postur ini selama 10 detik, ulangi 3 kali.

3. Wrist Extension Stretch Ulurkan tangan kanan lurus ke depan. Tekuk tangan pada pergelangan sehingga telapak mengarah ke bawah. Dengan tangan kiri, tarik telapak dan jemari kanan ke arah Anda. Tahan selama 20-15 detik dan ulangi 2-3 kali. Lakukan hal yang sama dengan tangan kiri.

4. Wrist Flexion Strech Ulurkan tangan kanan lurus ke depan. Tekuk tangan pada pergelangan sehingga telapak mengarah ke atas. Dengan tangan kiri, tarik telapak dan jemari kanan ke arah Anda. Tahan selama 10-15 detik, ulangi 2-3 kali. Lakukan hal yang sama dengan tangan kiri.

5. Back Extension Stretch Sambil berdiri, ulurkan kedua tangan lurus ke belakang. Genggam kedua tangan lalu tarik ke atas sambil membusungkan dada. Tahan selama 10-15 detik, ulangi 2-3 kali.

6. Front Flexion Stretch Duduk tegak, lalu ulurkan kedua tangan lurus ke depan. Dorong kedua tangan ke depan sambil menekan perut. Tahan selama 10-15 detik, ulangi 2-3 kali.

7. Chair Squat Dimulai dengan berdiri tegak, kedua tangan diangkat lurus ke depan. Dengan perlahan, dorong bokong Anda ke arah kursi seolah akan duduk, tetapi berhenti sebelum bokong menyentuh kursi. Lalu naik kembali ke posisi semula. Lakukan 10-15 kali sebanyak 3 set.

8. Open And Close Hands Dalam posisi duduk tegak, tekuk kedua telapak tangan Anda dan tahan selama beberapa detik. Kemudian buka kedua telapak tangan sambil berdiri melemaskan jemari sejauh mungkin.

9. Desk Chest Press Letakkan kedua tangan yang terulur sejauh dada di ujung meja dengan badan lurus, dada tegak. Turunkan dengan pelan badan Anda dengan menekuk siku ke arah luar sampai tegak lurus dengan tubuh Anda, lalu kembali ke posisi semula. Lakukan 10-15 kali sebanyak 3 set.

Sumber semuamanfaat.blogspot.com

Semoga bermanfaat buat agan agan semua emoticon-Cool

Walah Gagal Pertamax toh Premium ae lah emoticon-Ngakak
Ternyata gitu Gan ,Kebiasaan ane sering Kretek Leher emoticon-Cape d... (S) Jadi takut ane emoticon-Takut (S)

Quote:
emoticon-Malu (S) Mampir Pangkalan Ane Gan di Mari emoticon-Malu (S)
|==== ==== ==== ==== ==== ==== ==== ==== ==== ==== ====|
100 Film Terbaik di Hollywood - 1
100 Film Terbaik di Hollywood - 2
15 Foto Termahal di Dunia
Kasus Pembunuhan Mengerikan di Dunia
Apa Penyebab Hujan ES ?

|==== ==== ==== ==== ==== ==== ==== ==== ==== ==== ====|
calon ht nih emoticon-Blue Guy Cendol (L)
mejeng di pejwan emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
nice info gan.
yang ane tau baru bahaya meniup makanan/minuman panas gan emoticon-Matabelo
yang 2 poin tadi baru tau dari treath ini.
bermanfaat gan. emoticon-2 Jempol
calon HT ini

membunyikan Jemari Tangan "Kretek-Kretek" emoticon-Malu (S)
Calon HT gan

Ane paling sering bunyiin leher, tangan, kaki sama punggung. emoticon-Matabelo

Ane tambahin solusinya gan.

"Boleh saja asal tidak sering-sering, misal 5 menit sekali dibunyikan," kata Dr Michael Triangto, SpKO, pakar kesehatan olahraga dari RS Mitra Kemayoran. Jika dilakukan berlebihan, misalnya 5 menit sekali, maka bisa menyebabkan persendian mengalami keausan. Dalam jangka panjang, jika kebiasaan ini dibiarkan berlarut-larut bisa menyebabkan osteoarthritis (OA) atau sejenis peradangan pada sendi. Sementara itu, dokter spesialis bedah orthopedi dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, dr Benedictus Megaputera, MSi, SpOT sependapat bahwa kebiasaan ini sebaiknya tidak dijadikan kebiasaan. Menurutnya, tindakan ini bisa memicu pergeseran bantalan sendi antar tulang belakang. Pergeseran yang terjadi pada bantalan tulang belakang menurut dr Benedictus bisa menyebabkan penekanan pada sumsum tulang belakang. Tindakan ini dapat menyebabkan pergeseran bantalan sendi antar tulang belakang (discus intervertebralis) yang dapat menyebabkan penekanan pada sumsum tulang belakang maupun syaraf perifer yang keluar dari ruas tulang belakang [3] .

Tips & Solusi Bila badan mulai pegal atau lelah anda sebaiknya beristirahat dengan meregangkan otot tanpa membunyikannya, berikut beberapa cara menghilangkan rasa pegal tanpa membunyikan sendi

1. Neck Side Stretch Duduk tegak, pandangan lurus ke depan, lalu gerakkan kepala ke kanan. Dengan tangan kanan, tarik kepala ke arah kanan dengan pelan untuk melenturkan otot-otot leher samping. Tahan posisi ini selama 10 detik dan ulangi 3 kali. Lakukan hal yang sama ke arah kiri.

2. Back Stretch Duduk tegak, pandangan lurus ke depan, lalu letakkan kedua tangan di belakang kepala. Tarik napas dalam-dalam sambil membusungkan dada. Tahan postur ini selama 10 detik, ulangi 3 kali.

3. Wrist Extension Stretch Ulurkan tangan kanan lurus ke depan. Tekuk tangan pada pergelangan sehingga telapak mengarah ke bawah. Dengan tangan kiri, tarik telapak dan jemari kanan ke arah Anda. Tahan selama 20-15 detik dan ulangi 2-3 kali. Lakukan hal yang sama dengan tangan kiri.

4. Wrist Flexion Strech Ulurkan tangan kanan lurus ke depan. Tekuk tangan pada pergelangan sehingga telapak mengarah ke atas. Dengan tangan kiri, tarik telapak dan jemari kanan ke arah Anda. Tahan selama 10-15 detik, ulangi 2-3 kali. Lakukan hal yang sama dengan tangan kiri.

5. Back Extension Stretch Sambil berdiri, ulurkan kedua tangan lurus ke belakang. Genggam kedua tangan lalu tarik ke atas sambil membusungkan dada. Tahan selama 10-15 detik, ulangi 2-3 kali.

6. Front Flexion Stretch Duduk tegak, lalu ulurkan kedua tangan lurus ke depan. Dorong kedua tangan ke depan sambil menekan perut. Tahan selama 10-15 detik, ulangi 2-3 kali.

7. Chair Squat Dimulai dengan berdiri tegak, kedua tangan diangkat lurus ke depan. Dengan perlahan, dorong bokong Anda ke arah kursi seolah akan duduk, tetapi berhenti sebelum bokong menyentuh kursi. Lalu naik kembali ke posisi semula. Lakukan 10-15 kali sebanyak 3 set.

8. Open And Close Hands Dalam posisi duduk tegak, tekuk kedua telapak tangan Anda dan tahan selama beberapa detik. Kemudian buka kedua telapak tangan sambil berdiri melemaskan jemari sejauh mungkin.

9. Desk Chest Press Letakkan kedua tangan yang terulur sejauh dada di ujung meja dengan badan lurus, dada tegak. Turunkan dengan pelan badan Anda dengan menekuk siku ke arah luar sampai tegak lurus dengan tubuh Anda, lalu kembali ke posisi semula. Lakukan 10-15 kali sebanyak 3 set.

Sumber semuamanfaat.blogspot.com

Semoga bermanfaat buat agan agan semua emoticon-Cool
Korek kuping sama ngucek mata masih sering ane gan..
Apalagi korek kupingnya pake yang dr besi.
Kalo ngorek kedaleman kadang suka sakit
Nice info gan, yg paling susah di ilangin kebiasaan minum berdiri
thank's info nya gan..ane paling sering minum sambil berdiri
nais inpoh gan
emoticon-2 Jempol
ane kebiasan bunyi"in tangan nh leher nih gan
emoticon-Sorry
trus solusinya apa gan? boiar gak ngretek2 leher... ane sering nih.. ngretek2 leher kalo pegel... eanak sih
Quote:Original Posted By imanuelgalla
calon ht nih emoticon-Blue Guy Cendol (L)
mejeng di pejwan emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By kaskuscuk
calon HT ini

membunyikan Jemari Tangan "Kretek-Kretek" emoticon-Malu (S)


Quote:Original Posted By adittyaa
Calon HT gan

Ane paling sering bunyiin leher, tangan, kaki sama punggung. emoticon-Matabelo


Makasih Gan emoticon-Shakehand2

Jangan lupa emoticon-Rate 5 Star nya emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Mau gimana lagi gan, semuanya nikmat sih emoticon-Malu
rata - rata kebiasaan diatas udah pernah ane lakuin gan, jadi merasa bersalah terhadap tubuh sendiri.

makasih infonya gan emoticon-Malu
reserved
Ane baru tau gan emoticon-Matabelo
nice inpohh gan
wah, padahal ane sering banget bunyiin jari2, udah jadi kebiasaan gan emoticon-Sorry
kucek mata apalagi, soalnya ane ga tahan sama cahaya berlebih gan, apalagi pas kena matahari, bisa berlinang air mata emoticon-Frown
mata ane juga sering gatal, perih, kadang juga pusing di sekitar mata emoticon-Frown

wah ane yang leher tu sering gan, suka nggak tahan soalnya emoticon-Big Grin