alexa-tracking

[OBS] Ngobrol santai dan jujur tentang AIDS

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/530c36b95ccb173e3e0001f3/obs-ngobrol-santai-dan-jujur-tentang-aids
Thumbs up 
[OBS] Ngobrol santai dan jujur tentang AIDS
emoticon-2 Jempol[OBS] Ngobrol santai dan jujur tentang AIDSemoticon-2 Jempol


Quote:


Tim di ODHA Berhak Sehat menyadari sekali ketika menyiapkan website yang sifatnya forum bebas seperti ini pasti akan mengundang tulisan yang sifatnya pro dan kontra terhadap permasalahan HIV dan AIDS. Bahkan kami tidak memungkiri bahwa mungkin saja akan ada tulisan yang penuh dengan stigmatisasi dan diskriminastif terhadap komunitas terdampak AIDS seperti ODHA, Pengguna Narkotika, Gay, Waria dan Pekerja Seks.

[OBS] Ngobrol santai dan jujur tentang AIDS

Menurut OBS, justru disinilah tantangan terbesar dalam program penanggulangan AIDS di Indonesia. Di satu sisi, kita banyak menemui forum atau website yang berisi orang-orang yang pro terhadap penanggulangan AIDS. Di sisi lain, kita juga akan menemukan tidak kalah banyaknya forum dan website yang menebarkan stigmati dan diskriminasi terhadap komunitas terdampak AIDS ini.

OBS berpikir, jika selamanya pihak yang pro dan kontra ini berdiri dalam kungkungan tembok masing-masing, maka permasalahan HIV dan AIDS di Indonesia tidak akan pernah selesai. Di satu sisi, pihak yang pro sudah melakukan banyak upaya untuk menanggulangi permasalahan AIDS namun di sisi lain, pihak yang kontra pun tidak bisa sepenuhnya dipersalahkan karena mungkin saja mereka bersikap seperti itu karena kurangnya akses informasi yang sampai sehingga menimbulkan persepsi dan pandangan yang keliru.

Hal-hal ini hanya bisa dipecahkan jika kita semua bisa berkumpul dalam sebuah ruang ngobrol santai sehingga masing-masing pihak bisa belajar dari pihak lainnya. Dengan menulis, berkomentar dan ngobrol di OBS, akan terjadi pertukaran informasi sehingga harapannya stigma dan diskriminasi kepada permasalahan AIDS yang sifatnya terjadi karena kurangnya informasi yang tepat kepada masyarakat terkait permasalahan AIDS perlahan-lahan bisa menghilang.

Mari ngobrol dan saling berbagi informasi…. emoticon-I Love Indonesia (S)

Quote:


emoticon-Shakehand2


Quote:
ask:

bisakah hiv menular lewat makanan yang dimasak oleh penderita? mohon maaf saya punya kenalan di jak sel, doi terinveksi hiv sejak taon 2004/2005 lupa, nah kebetulan doi suka bikin kue, dan profesi/passionnya emang jadi baker. saya sendiri kurang paham sop pembuatan kue, entah menggunakan pakaian tertutup, penutup muka dan hidung, sarung tangan dsb.

Inspiratif 

Quote:

Virus HIV hidup dalam darah manusia. Jadi sangat sulit sekali bisa menular melalui makanan yang dimasak oleh orang yang terinfeksi HIV. Pada prinsipnya HIV itu menular melalui kontak darah dengan kulit yang terbuka/terluka. emoticon-Blue Guy Smile (S)

Kenapa pembuat kue harus memakai penutup muka, sarung tangan dll, itu adalah untuk menjaga kualitas makanan agar tetap higienis. CMIIW emoticon-I Love Indonesia (S)

emoticon-Salaman
Quote:


oh, i see, tanya lagi emoticon-Malu (S) bagaimana dengan berenang 1 kolam renang dengan penderita hiv? misal ada kemungkinan air kolam tertelan gitu emoticon-Najis (S)apa berpotensi terjadi penularan? tks emoticon-Kiss (S)

Inspiratif 

Quote:

Kontak sosial dengan orang yang terinfeksi HIV tidak akan menularkan virus HIV gan. Kenapa? Karena disitu tidak terjadi kontak darah emoticon-Kiss (S)
Test ....masih aktifkah forum ini?
Bentar lagi hari Aids Sedunia, mau nanya nih. Kan ciri2 HIV/Aids itu kan ada bercak2 merah atau bisul2 berwarna ungu dan gatal. Bisa dijelaskan maksudnya spt apa? Ane gak nangkep soalnya, bentuk spt jerawat di badan atau nggak? Kan banyak skrg penyakit jerawat badan emoticon-Smilie

Semoga yg mengidap penyakit hiv aids ditabahkan dan insya allah , allah menyembuhkan emoticon-Smilie
Aamiiin
Quote:


ane aja tidur sekamar ama sodara ane yg aids tiap malem ga kenapa2 emoticon-Cape d...

Quote:


bukan kaya jerawat kayanya cmiiw
tp seperti noda2 aja, gak keliatan banget kalo ga diperhatiin
Gan. Itu kayaknya jangan langsung nulis aids gan. Karena gak semua pengidap HIV terkena aids. Mohon benerin yak...
Quote:


:serem gan .. Amit2 dehhhh
Nice thread lah lumayan buat nambah ilmu emoticon-Smilie

Hindari potensi potensi yang bisa mengakibatkan terinfeksi virus HIV....ketika terduga saja tekanan metalnya berat sekali rasanya....
Agama yang kuat Insya Allah akan jadi benteng yang kuat
Quote:




Yang anda sampaikan itu benar. Tetapi bukan semua ODHA adalah orang yang 'nakal' dan tidak taat beragama.
Saya dalam kegiatan kedinasan mengikuti pertemuan mengenai ODHA, dan narasumbernya adalah seorang ibu rumah tangga yang baik. beliau tertular dari alm. suaminya yang (sepertinya) memang nakal.
Quote:

Setuju sekali gan......Tidak hanya seorang Suami, tetapi seorang Istri pun hendaklah membentengi diri dengan Agama yang kuat karena keduanya jika khilaf bisa berpotensi menjadi mata rantai penyebaran virus HIV.....
Quote:


Yang anda katakan itu benar.
Tetapi tidak semua yg khilaf itu berpotensi tertular HIV.
Banyak juga orang yg tidak khilaf beresiko tertular.
Yang paling utama adalah para tenaga medis & paramedis. Dalam tugas sehari-hari, mereka beresiko sekali tertularHIV, terutama ketika menangani pasien dengan luka terbuka/ terpapar darah dari pasien.
Quote:


Benar sekali....
Maap gan, share artikel soal HIV/AIDS, siapa tau membantu emoticon-Smilie

http://udoctor.co.id/tips-gaya-hidup...-read-224.html