alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Catatan Perjalanan OANC /
Perkiraan Biaya/Ongkos Jakarta Gunung Semeru
5 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/530846903fcb174f248b4726/perkiraan-biaya-ongkos-jakarta-gunung-semeru

Perkiraan Biaya/Ongkos Jakarta Gunung Semeru

Assalamualaikum.Wr.Wb. Ane mau sharing nih,buat agan-agan yang ingin ke gunung semeru,tapi ga tau berapa ongkos/biaya yang harus dikeluarkan buat kesana.Ane kesana Tgl 18 Agustus 2013 kemarin. Dan ane nanya ke temen2 ane yang baru kesana ongkosnya masih sama.
Perkiraan Biaya/Ongkos Jakarta Gunung Semeru

Ane Mau Cerita Sedikit Gan.

Gunung semeru merupakan gunung paling indah menurut ane dan paling tinggi di pulau jawa.Ketinggian puncak gunung SEMERU/MAHAMERU mencapai(3.676 mdpl).Dan jalur pendakiannya yang tidak terlalu sulit untuk kita daki.Maka dari itu banyak orang berbondong-bondong ingin kesana.Dari mulai orang biasa,pencinta alam sampai fotografer yang ingin mengabadikan keindahan gunung semeru.Apalagi telah dibuatnya film 5cm di gunung semeru,yang telah berhasil mengabadikan keindahan gunung tersebut.Dan alhasil membuat para penontonnya ingin kesana.

Tetapi ada dampak negatif dari banyaknya pengunjung di gunung ini.Yaitu gunung ini sekarang menjadi banyak sampah,mulai dari sampah bekas makanan,sampah pelastik dan sampah kaleng bekas.Mungkin kalau sampah bekas makanan agak sedikit mudah terurai oleh tanah,kalau sampah pelastik butuh ratusan tahun untuk terurai,dan apabila sudah teruai pun hasil penguraiannya akan tetap mencemari tanah,dan kalau sampah kaleng bekas sudah pasti tidak akan bisa terurai oleh tanah.
Perkiraan Biaya/Ongkos Jakarta Gunung Semeru

Nah Saran Dari Ane kalo mau naik gunung manapun, selalu bawa polybak/kantung sampah untuk membawa sampah turun gunung.Jadi jangan tinggalkan sampah sekecil apapun di gunung.Mungkin Maaf Agan Atau temen2 ada yang berfikir,ah sampahnya kecil ini,biarin aja ah kaga usah dibawa.Tapi kalau semua orang berfikiran seperti agan, maaf nih sekalilagi.Alhasil sampah yang akan di hasilkan akan banyak.Seperti gambar di atas.
emoticon-Najis
Saran Lagi Dari Ane Maaf gan jadi ngasih saran mulu. Heheee.

• Jangan Tinggalkan Apapun Kecuali Jejak Kaki.
• Jangan Bawa Apapun Kecuali Gambar Atau Foto.
• Jangan Menulis Apapun Kecuali Dikertas Yang Agan Bawa.


Hehe Jadi Banyak Cerita

Jadi Berapa Perkiraan Ongkos Yang Dibutuhkan Dari Jakarta Ke Gunung Semeru?

1.Kopaja/Metromini Yang Menuju Ke Pasar Senen Rp 3000,-Per Orang.

Setelah agan sampai stasiun senen carilah teman pendaki yang sama-sama ingin ke semeru. Biasanya pada musim pendakian,agam akan mudah menemukan orang-orang yang ingin berangkat ke semeru di stasiun senen.
Ajaklah mereka gabung,dan biasanya mereka menggunakan kereta yang sama.Dan ajak mereka gabung kembali pada saat sampai stasiun malang.Mengapa kita harus mengajak gabung mereka?
Pertama. Makin banyak teman,perjalanan kita akan makin seru.Awalnya ane berfikir kita akan berteman atau kenal hanya di gunung ini saja. Dan setelah kita pulang ke rumah masing-masing kita akan lupa satu sama lain.Ternyata pikiran ane salah.Buktinya ane dan teman-teman ane yang pada saat itu bertemu di stasiun senen,sampai saat ini kita masih sering berhubungan.
emoticon-Shakehand2
Untuk fungsi yang ke 2 dan ke 3 agan baca saja sampai akhir,nanti juga agan tau.Hehehe.

2.Kereta_Matramaja Jakarta-Malang Rp 130.000,-Per Orang.

Usahakan agan memesan tiket kereta jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.Biasanya kalau agan ngedadak beli tiket,agan bisa kehabisan tiket.Dan usahakan agan membeli tiket PP.

3.Angkot Dari Stasiun Malang Ke Pasar Tumpang Kurang lebih Rp 10.000,-Per Orang.

Nah setelah sampai stasiun malang cari teman-teman agan yang tadi agan ajak gabung.Supaya apa? Supaya agan bisa langsung naik angkot/mencarter angkot ke pasar tumpang.Tanpa harus naik angkot ke terminal arjosari dan naik angkot lagi ke pasar tumpang.Nah ini fungsi yang ke 2 mengapa agan harus mengajak gabung teman-teman agan.

4.Truk Dari Pasar Tumpang Ke Ranu Pani Rp 35.000,- Per Orang.

Biasanya truknya baru mau jalan kalau penumpangnya sudah 15 orang sampai 20 orang.Maka dari itu tadi ane menyarankan agan untuk mengajak gabung teman-teman agan yang satu kereta dengan agan,agar agan tidak harus menunggu pendaki lain agar truknya penuh.Nah ini fungsi yang ke 3.
Perjalanan dari pasar tumpang ke ranu pani memakan waktu kurang lebih 2 jam.Tetapi agan jangan bt dulu,selama perjalanan agan akan disajikan pemandangan yang indah di kanan kiri agan. Seperti gambar di bawah.
Perkiraan Biaya/Ongkos Jakarta Gunung Semeru

5.Biaya Masuk/Tiket Masuk TNBTS Rp 10.000,-Per Orang.

6.Kalau Agan Membawa Kamera Agan Akan Di Kenakan Biaya Rp 5000-Per Kamera.

7.Kalau Agan Membawa Tenda Agan Di Kenakan Biaya Rp 20.000,-Per Tenda.

Nah.Jadi kalau agan-agan mau ke gunung semeru dari Jakarta kira-kira memakan biaya:
Rp3000+Rp130.000+Rp10.000+Rp35.000+Rp10.000+Rp5000+Rp20.000=Rp213.000
Kalau mau balik ke Jakarta Rp213.000 Dikurangi biaya kamera sama tenda jadi.
Rp213.000-Rp5000-Rp20.000=Rp188.000,-
Jadi biaya PP Jakarta - Gunung Semeru Rp213.000+Rp188.000=Rp401.000,-


Tips Dari Ane. Biar agan-agan sudah mengetahui berapa biaya yang harus agan keluarkan,usahakan agan bawa duit agak banyakan.Takut-takut itungan agan meleset. Masalahmya lagi itu, itungan ane meleset sedikit dan alhasil ane harus nahan lapar dari ranu pani sampai jakarta.

Nah segini aja yang ane tau tentang biaya Murah dari Jakarta ke gunung semeru.Ini juga belum termasuk biaya konsumsi dan biaya tidak terduga. Cuman kalau agan mau naik kereta selain Matramaja atau mau naik pesawat. ane belum tau berapa biayanya.Heheee. Jadi yang ane tau cuma ini.

Semoga apa yang ane tulis bisa bermanfaat buat agan-agan yang ingin ke gunung semeru.Amin.

Selamat Mendaki Gunung Tertinggi Di Pulau Jawa.emoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Traveller

Wassalamualaikum.Wr.Wb.
Diubah oleh mas.yo
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
Mantap ni.. Jd gope uda aman ya buat ke semeru gan...

Btw klo nanjak ajak2 ya gan hehe
Quote:


Kalo gope udah cukup buat ongkos sama tiket masuk gunung semeru, belum sama biaya konsumsi dan biaya tak terduga. Cuman agan naik kretanya matramaja. Kalau selain itu harganya yang ane tau di atas 200Rb. Jadi usahain beli tiketnya PP.Masalahnya ane waktu itu beli tiket buat berangkat doang. Pas beli tiket di malang buat balik, ternyata kereta matramaja udah penuh. Jadi ane beli tiket kereta lain, nama kretanya majapahit, harganya 275Rb. Dan duit ane abis buat beli tiket doang. Dan alhasil ane nahan lapar dari malang ke jakarta. Jadi usahain bawa duit aga banyak, jangan sampe ngepas. Takut2 kejadiannya sama kaya ane.

Iya gan. Insya Allah kalau ane kesana lagi ane ajak.

Insya Allah maret ane mau ke gede. Cuman ane niat treking doang, Jadi naik malem, pagi langsung turun. Kalau mau ikut boleh gan.Hehee.
emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh mas.yo
makasih inponya gan, bermanfaat nih buat ane klo mau kesana. rencana taun ini pgn ke semeru.
mf blm bs ngsh cendol, cm rate doang emoticon-Big Grin
Quote:


Sip gan, gada cendol cincau juga gapapah.Hehee.Becanda gan. Ane doain jadi ke semeru taun ini. Dan selamat sampai sana.Amin.

mantap gaaan...
gope udah aman tuh ongkosnya

berhubung ane belompernah kesono,
bulan mei/juni ane mau kesono nih, tapi bingung, temen ane juga belom kesono...

ada rencana mau kesana ga gan?
jadi ane mau bareng (nebeng) gitu... hehe emoticon-Big Grin
Quote:


Tahun ini ane belum ada rencana kesana lagi gan. Lagian ane juga masih baru masalah gunung.heheee.
Tapi ga usah takut gan. Biasanya kalau musim liburan, nanti agan juga ketemu pendaki2 lain yang sama2 pengen ke semeru di stasiun senen. Nanti ajak mereka gabung aja.
Ane Masalahnya juga begitu, berangkat dari rumah 5 orang. Sampai stasiun senen jadi 20 orang.Hehee.

Semoga sukses perjalanannya gan, dan selamat sampai tujuan.Amin.

thanks gan atas rincian yg diberikan, emoticon-Angkat Beer


mudah-mudahan ane segera bisa tercapai menginjak kan kaki di Mahameru
Diubah oleh Remanfri
makasih banyak infonya gan.. kebetulan ane jg taon ini rencana mw ke semeru insaallah bulan2 september or oktober lg ngatur jadwal kerjaan dulu dan lagi nyari2 info buat budget nya ke sana pp abs brapa.. btw ane dr lampung ,

oiya klo boleh nanya dsna kira2 ada yg nyewain tenda ga ya gan.. ??
Quote:

Amin.
Quote:


Wah kalau penyewaan tenda ane kurang tau gan. Cuma biasanya sih ada.
Nanti dah gan ane tanya temen ane yang punya no orang sana. Kalo ane dah dapet informasi. Insya Allah ane kabarin.
Sedih ane ngeliat tumpukan sampahnya. Masa ngakunya pencinta alam tapi malah ngerusak emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
Nice info gan. Tapi harusnya biar lebih detail, kasih tau logistik nya gimana2 aja biar ga kekurangan gitu. Misal beras berapa liter, air bawa berapa liter biar ga kurang emoticon-Malu (S)
Quote:

Yah begitulah gan. Pada ngaku doang pencinta alam. Yah doain aja mudah2an kedepannya mereka pada sadar gan.
Quote:


Heheee. Kalau masalah konsumsi ane ga tau gan, masalahnya setiap orang kan makannya beda2. Kalau porsi makan ane dikit gan. Kalau yang laen ane kan ga tau.Hahaaa. Maaf dah gan kalau ane kurang detail.
emoticon-I Love Indonesia (S)
waaahh duit segitu udah bisa trip jkt semeru yahh.. pengen naik naik gunung tapi bingung sama perlengkapan backpacker tuh. kayanya budget nya lumayan yah buat awalnya? oia btw berapa hari gan dr perjalanan smpe pulang?
thanks gan ,,insyaallah mei berangkat semeru emoticon-Matabelo
Kalo jasa porter ,brapa ya per harinya?
Quote:

Kalo ga salah Rp 150.000 gan.
Quote:

Lumayan gan. Awal mah beli sepatu ama tas aja dulu, yang laen minjem aje dulu ama temen agan. Berangkat gan.emoticon-I Love Indonesia (S)
Kalau Ane 6 hari gan, 3 hari di gunung, 1 hari di basecamp pasar tumpang, 2 hari perjalanan PP.
Quote:


Sama sama gan.

Amin. Ane doain mei jadi berangkat Dan selamat sampai tujuan.emoticon-Traveller
emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di