alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5306fc0f41cb17a5088b459d/cipokan-massal-di-bali
Cipokan Massal di Bali
Quote:
Cipokan Massal di Bali
Asal Mula

Omed - omedan, berasal dari kata ' Omed" yang berarti tarik, kemudian menjadi omed - omedan (tarik - menarik). Tradisi Omed- omedan di Banjar Kaja Sesetan sudah berlangsung turun- temurun, entah kapan mulainya, tidak ada yang tahu pasti. Menurut sesepuh adat ini dimulai sejak jaman kolonial Belanda di Bali. Cerita yang berkembang, konon ada penglingsir Puri Oka yang mengalami sakit. Penglingsir ini berharap agar rakyat di sekitar Puri (di wilayah Banjar Kaja sekarang) memahami dirinya yang sakit dan tidak membuat kegaduhan. Tak dinyana, ternyata ada sekelompok orang yang sengaja membuat gaduh dengan membuat permainan tarik - menarik tubuh.

Saat itulah kemudian Raja memanggil sekelompok orang tersebut (yang membuat gaduh) untuk datang ke Puri. dan tak disangka pemanggilan sekelompok orang itu malah membawa kesembuhan bagi pimpinan puri. Pemimpin puri pun menyarankan agar permainan tarik menarik ini dinamai Omed -omedan dan dilakukan usai peringatan Hari Raya Nyepi. Sejak saat itulah warga Banjar Kaja Sesetan mempopulerkan permainan omed- omedan ini. Pernah suatu ketika warga lupa mengadakan Omed- omedan, terjadilah wabah, tiba - tiba dua ekor babi saling baku hantam, membunuh di depan banjar tersebut, dan darahnya berceceran dan menjadi leteh (kotor). Sejak saat itu, maka Omed- omedan terus diselenggarakan tiap tahun.
Cipokan Massal di Bali
Cipokan Massal di Bali
Cipokan Massal di Bali
Cipokan Massal di Bali
Cipokan Massal di Bali


Quote:
Bergeser, Makna Tetap
Sebelumnya permainan Omed- omedan ini dilakukan oleh para pria. Membagi kelompok, yang kemudian jago dari masing- masing pihak dilepas di tengah untuk saling tarik tubuh dengan cara memeluk erat – erat lawannya. Dalam perjalanan waktu, pada tahun 2000 an Omed- omedan ini diambil alih penyelenggaraannya oleh kelompok Sekaa Teruna (Muda Mudi). Pergeseran ini sudah lazim, karena sesuai dengan perkembangan jaman, tetapi tanpa mengurangi makna nilai sebelumnya, yakni membangun persaudaraan dan menguatkan silahturahmi antar warga banjar.

Memang benar, tuduhan praktek pornografi pada setiap penyelenggaraan Omed- omedan ini selalu menghujani Banjar Kaja Sesetan. Dituduh melegalkan praktek berciuman di depan umum. Tetapi kepercayaan dan adat istiadat warga banjar tidak akan pernah luntur sedikit pun. Itulah kekuatan Bali. Malahan banyak dukungan dari pemerintah kota Denpasar yang menilai Omed- omedan sebagai kekayaan budaya local atau diputuskan menjadi heritage.
Cipokan Massal di Bali
Cipokan Massal di Bali
Cipokan Massal di Bali

Isu pornografi pun seakan ditepis bersama – sama. Warga akan lebih memilih melestarikan nilai kebudayaan adat daripada terdistorsi dan mendapati kejadian seperti dua ekor babi yang baku bunuh terulang kembali dan dianggap bencana akan melanda warga satu banjar. Pornografi hanyalah kekuatan hokum positif, tetapi membuat bencana bagi masyarakat local jika dipatuhi secara mutlak. Tentu saja masyarakat akan memilih hokum adatnya dan kebiasaan local kepercayaannya.

Ditinjau dari segi remaja, para muda mudi yang melakukan adegan peluk dan cium di Omed omedan ini mengaku melakukannya tanpa adanya nafsu, semua dilakukan dengan rasa kekeluargaan dan merasa semua peserta Omed omedan sebagai keluarga mereka sendiri. Hal ini juga untuk melepas penat dan menguatkan hubungan kekeluargaan para anggota sekaa Teruna teruni, mengingat Banjar Kaja terdiri dari 4 Tempekan, sehingga agak banyak dan susah kenal secara langsung.

Ritual yang tahun ini diberi tajuk “ Sesetan Heritage Omed Omedan Festival 2012” yang sekaligus dipersembahkan untuk memperkaya hasanah budaya Kota Denpasar sesuai Perda No. 8 tahun 2001 tentang pola pembangunan kota Denpasar.
Spoiler for gambar lanjutan:



Quote: SUMBER


Quote:Original Posted By Cek Juga Thread Ane Ini Gan


10 Artis Cewe Filipina Bisa Bikin Pria Gemetaran
[WAJIB COBA] 20 Situs Yang Perlu Anda Kunjungi Di Kala Bosan Di Kantor
Cipkan Massal Di Bali
[True Story] Kesaksian Mengharukan Pelacur Kelas Bawah Di China
25 Hal Yang Membuat Dirimu Terasa Tua
Selamat Hari Twin Tail! Setidaknya buat yang di Jepang
[TERKUAK] Inilah Tahapan - Tahapan Para Indonesian Swinger Melakukan Aksinya
Selfie in SPACE - Saat Selfie di Bumi Sudah Terlalu Mainstream
Cuma Di Jepang Agan Bisa Merayakan "Hari Raya Paha"
Kasihan, Gadis-Gadis Malang Ini Terjepit Sesuatu...
Heboh, Pencuri Ini Terekam Saat Dihakimi Massa (Sampai Benjut Gan!)
Gemar beramal, kekayaan Zuckerberg makin bertambah

Asooooooooyyyyyy








Paiman, Talenta Indonesia di Liga Spanyol
Yahai... enak ea di bali....
edannnn gan
kalo ini mah cowok yang napsu gan
dan cma di salah satu daerah di bali aja yg melaksanakan acara adat ini
bali bebas emoticon-Ngakak
mantapp nih.. mau ikutan donk gan..
kiamat kiamat , nyebut -_- budaya eropa
mesti ke bali nih...
emoticon-Traveller
mau donk ikutan gan emoticon-Ngakak
Cipokan Massal di Bali

kapan tuh? ane pengen ikutan emoticon-Kiss
Iyasih klo udah termaksuk budaya atau adat memang hrs dilestarikan, tp pertanyaan ane, ngga malu tuh ? Hal yg seharusnya pribadi jadi tontonan khalayak rame emoticon-Bingung (S)
mau gan
emoticon-Ngakak
bawa pasangan ndiri ato nyipok orang laen tuh gan??
emoticon-Bingung
dulunya tabu sekarang malah diumbar, parah kalau begini nilai budayanya sudah hilang emoticon-Cape d... (S)
wah yg cwo lumayan tu bisa dapet cipokan ama yg bening2. emoticon-Ngakak
Wkwkk ada yang tuir juga gan

Lucu liat yang ceweknya gag mau

Kalo yang cowok mah ayo" aja emoticon-Ngakak
cowoknya napsu ceweknya ogah
repost gan
coba search dulu sebelum buat trit
duh, kalo cewek ane sih mending ane bawa kabur dari daerah situ. biar ane aja yang menetap ikut ritual itu emoticon-Cool