alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5305798ea4cb1768228b46e4/masuk-gan-telinga-sakit-diatas-pesawat-ini-solusinya-gan
[MASUK GAN] Telinga Sakit Diatas Pesawat? Ini Solusinya Gan
[MASUK GAN] Telinga Sakit Diatas Pesawat? Ini Solusinya Gan
[MASUK GAN] Telinga Sakit Diatas Pesawat? Ini Solusinya Gan
Kali ini kita membahas salah satu Panca Indra Manusia yang bagaimana bisa membatu agan-agan, apalagi kalaw lg naek Pesawat emoticon-Cool
Terkadang ketika bepergian dengan pesawat, kita merasakan perubahan tekanan udara.

Hal itu bisa memunculkan rasa sakit menusuk di dalam telinga. Apa yang terjadi dan apa yang harus dilakukan?
[MASUK GAN] Telinga Sakit Diatas Pesawat? Ini Solusinya Gan
Biasanya, sakit telinga terjadi ketika pesawat mulai lepas landas atau saat akan mendarat. Itu sebabnya, umumnya pramugari membagikan permen untuk mengurangi tekanan udara di dalam telinga.

Rasa sakit di telinga disebabkan oleh tekanan yang tidak seimbang antara udara di telinga tengah dan di luar telinga. Ruang kecil di telinga tengah di belakang gendang telinga biasanya diisi dengan udara.

Ruang udara itu terhubung ke bagian belakang hidung dengan saluran kecil yang disebut tabung Eustachio. Seharusnya, udara di kedua sisi gendang telinga memiliki tekanan yang sama.

Perubahan tekanan ketika lepas landas dan mendarat itulah yang menyebabkan rasa sakit di gendang telinga. Lalu, mengapa ada yang tidak terpengaruh, ada pula yang memgalami sakit parah pada gendang telinga?

Pada kebanyakan orang, menelan dan mengunyah normal sudah dapat menyamakan tekanan. Namun, tabung Eustachian pada beberapa orang tidak terbuka dengan mudah.

Jika Anda memiliki kondisi yang menyebabkan penyumbatan ke tabung eustachius, maka udara tidak dapat melakukan perjalanan sampai ke telinga tengah. Penyebab umum dati penyumbatan tabung eustachio adalah lendir dan peradangan yang terjadi ketika flu, infeksi tenggorokan, demam, dan masih banyak lagi.

Bahkan, kondisi apapun yang menyebabkan lendir ekstra di belakang hidung dapat menyebabkan masalah ini. Kondisi seperti itu akan memperparah keumngkinan sakit pada telinga ketika terjadi perubahan udara.

Itu sebabnya, idealnya orang yang mengidap infeksi pernapasan dan telinga akibat flu atau apapun, disarankan menunda penerbangan.

Quote:Cara Mengatasi

Mengisap permen saat pesawat mulai naik ataupun turun adalah cara termudah. Air lebih mungkin mengalir ke atas tabung eustachio jika Anda menelan, menguap atau mengunyah.

Untuk bayi, memberi makan dan minum susu menjadi cara terbaik. Cara lain, cobalah melakukan hal berikut: tarik napas dalam, keluarkan berlahan-lahan dengan cara menjepit kedua lubang hidung dengan tangan.

Biasanya akan terdengar bunyi pop lembut ketika udara terdorong ke telinga tengah untuk menyeimbangkan tekanan. Lakukan cara itu berkali-kali, setiap Anda merasakan ketidak-nyamanan.

Biasanya cukup ampuh mengatasi rasa tidak enak pada telinga. Bagaimana jika ketidak-nyamanan tetap bertahan. Bahkan, berlanjut dengan rasa sakit menusuk? Tablet antihistamin (tersedia di apotek) bisa dicoba.

Ambil dosisi yang dianjurkan sehari sebelum dan saat perjalanan. Obat tersebut dapat membantu mengurangi jumlah lendir yang akan mempengaruhi tekanan pada telinga. Ada juga dekongestan nasa spray yang bisa membantu meredakan sakit di telinga, karena produksi lendir.

Ada beberapa yang dijual bebas dan biasanya disarankan digunakan satu jam sebelum terbang atau mendarat, dan bisa diulang setiap 20 menit. Cara penggunaannya disemprotkan ke masing-masing lubang hidung.

Jik cara-cara itu gagal, obat penghilang rasa sakit bisa membantu. Tapi, tentu sebaiknya segala sesuatu dikonsultasikan terlebih dulu dengan dokter.


Spoiler for Sumber:

Jngn lupa oleh-olehnya gan emoticon-Smilie :
Spoiler for Tet:
mantap om..
emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2
aku kalo lagi ngalamin kayak gini bisanya menghembiskan napas kuat2 tapi idung di tutup...
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

bahaya padahal..emoticon-Takutemoticon-Takut
Quote:Original Posted By ye2x
mantap om..
emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2
aku kalo lagi ngalamin kayak gini bisanya menghembiskan napas kuat2 tapi idung di tutup...
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

bahaya padahal..emoticon-Takutemoticon-Takut



emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By ye2x
mantap om..
emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2
aku kalo lagi ngalamin kayak gini bisanya menghembiskan napas kuat2 tapi idung di tutup...
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
bahaya padahal..emoticon-Takutemoticon-Takut

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak iya ane juga sering gitu emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By monocimon

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak iya ane juga sering gitu emoticon-Hammer2


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
masalahnya ane belum pernah naik pesawat gan emoticon-Matabelo
rasanya kayak apa sih gan emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By rhinosaurus
masalahnya ane belum pernah naik pesawat gan emoticon-Matabelo
rasanya kayak apa sih gan emoticon-Ngakak


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
ane selalu nelen ludah kalo telinganya sakit gan
Quote:Original Posted By Hachiju
ane selalu nelen ludah kalo telinganya sakit gan


ia gan emang itu salah satu cara buat normalin rasa mendengung di telinga
reserved
reserved
Reserved. ......emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By sugaryrafuma
Reserved. ......emoticon-Ngacir


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Kalo ane tutup telinga rapet2 aja gan, dijamin ngga sakit deh emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By brovit77
Kalo ane tutup telinga rapet2 aja gan, dijamin ngga sakit deh emoticon-Big Grin


ga bisa nafas dong gan
emoticon-Ngakak
Gangguan banget emang gan...ane sering ngalamin. Biasanya makan permen emang bagus..tapi suka lupa bawa. Mbak pramugarinya juga sering gak bagi bagi permen akhit-akhir ini.

Kalo lagi punya infeksi saluran telinga gimana ya tu gan, bahaya gak ya naik pesawat?

Nice gan emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By benedick.henry
Gangguan banget emang gan...ane sering ngalamin. Biasanya makan permen emang bagus..tapi suka lupa bawa. Mbak pramugarinya juga sering gak bagi bagi permen akhit-akhir ini.

Kalo lagi punya infeksi saluran telinga gimana ya tu gan, bahaya gak ya naik pesawat?



infeksi karena apa gan sebelum nya ??
emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)
utk bayi, udah ada dijual penutup telinga yg lembut gan emoticon-Kiss (S)