alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5302e757a4cb17de228b4617/mohon-pencerahan-masalah-ane-gan
MOHON PENCERAHAN MASALAH ANE GAN
Baru kali ini buka forum ini, ktanya di sini bisa Curhat... sbenarnya Ane mau cerita pake kata istilah "masalah teman" ,tapi ane mau cerita apa adanya, Ane anak ke Dua dari 7 orang bersaudari, iya perempuan semua... Umur Ane skrng 30th dan dikaruniai 1 orang anak berumur 6th, Ane sdh merantau ke Kota T sjk tamat SMA, ceritanya berawal dari Ibu Ane yang terserang Stroke,di kampung... kami pulang semua, n dirawat bergantian...5 bln ini Ane bawa ke kota T, karena Ane sdh gak bekerja jd bisa rawat beliau d rumah, dan 1 bln lalu beliau di rawat di RS krn Gak sadarkan diri 2hari,dan itu menghabiskan biaya yang cukup besar,karena blm di cover JKN.. nah otomatis ane minta bantuan sm saudari Ane yang lain, Tapi ternyata Gak ada satupun yang bersedia..emoticon-Cape d... (S) Oh iya yang sekolah tinggal 2 lagi, dan mndapat beasiswa penuh... yang sudah menikah 3 orang, dan berkecukupan cuma si bungsu dan Bapak yang di rumah, sisanya merantau semua... Ane Masih tinggal di kontrakan dengan suami kary.swasta
Ane tinggal di kota T dkt Rumah dngn Kakak Ane,Ceritanya Kakak Ane mau jual rumahnya n tinggal di Kampung karena suaminya Gak kerja lg, Rencananya Ibu Ane mau di antar Pulang Kampung karena kondisinya sdh stabil dan cukup kontrol 2 kali sebulan,n dirawat sama keluarga yang di Kampung... Masalahnya Ibu Ane GAk MAU...Dia Mau tinggal sama Ane, padahal sering nangis mnta pulang, kalau di sini sekali kontrol mnghabiskn uang 100rb untuk transport. dan obat2an beliau gak ditanggung JKN 500rb/bln, Ane sdh minus berat krn berhutang sana sini, kalau di kampung kalau kontrol ada kerabat yang punya mobil, Dan Ane gak bisa mnta bantuan sm keluarga Ane, ceritanya saudari Ane pd menghujat krn dikira Ane Gak MAu jagain Ibu lg, Ane sdh ceritain kesulitan Ane tp mereka Gak Mau tau... Ane tau mereka memanfaatkan kelemahan Hati Ane Gan, Ane jg takut diBilang Gak berbakti pd ORTU, Ane bener2 takut Dosa Gan... Ibu Ane jg wasiat kalau meninggal mau dikubur di kampung.. wallahualam bi showab.. Ane jd ingat biayanya Gan nyampe puluhan juta kalau di terbangkn ke kampung, krn Dokter bilang untuk bersiap hal terburuk... kadang Ane bersyukur diberi kesempatan merawat Ibu Ane gan, mungkn Ada d antara Agan2 KAskuser Gak di beri kesempatan untuk itu... jadi tolong dikasih saran jln apa yang mesti ane tempuh Gan... Kadang terbersit mau mundur dari pernikahan Gan, Biar Gak menyulitkan Suami dan bisa fokus Rawat Ibu di Kampung, karena slama ini Kami gak bs punya tabungan krn Habis untuk keluarga Ane yang sakit2an , berdosakah Ane membujuk Ibu Ane d rawat di kampung sm kakak Ane n Adik Ane? Ane janji obat2an beliau tetap Ane kirim...
kalau aku sih ambil jalan tengah

TS yang ngerawat tapi tetap disokong biaya sama saudara ts yang lain, istilahnya patungan lah
takut disalahgunain? gampang setiap beli apa- apa untuk keperluan ibu ts silakan struk disimpan dan tunjukkan ke mereka

kalau dari sini mah keliatannya kayak saudara-saudara ts ga mau ikut bantu , padahal mereka anaknya juga emoticon-Embarrassment
gak tau mau nulis apa. yang penting kaka ikhlas saja merawat ibu kaka emoticon-Big Grin
karena itu pasti akan sangat bahagia buat ibu kaka dan kaka sendiri emoticon-Big Grin
loh knp harus suami yg dikorbankan ?

dia kan ga ada hubunganannya sama masalah keluarga mbak

coba bilang sama mamanya kalo keadaan mbak sendiri sudah kekurangan , dan beri ketegasan pada sodara mbak yg lain kalo ortu itu tanggung jwb bersama bukan hanya salah 1 pihak

mereka kan juga anak2nya dan dilahirkan dr ibu yg sama , alangkah durhakanya mereka seperti itu , melimpahkan tanggung jwb pada 1 pihak dengan alesan ntra mbak durhaka lah , lantas mbak takut gitu ?

mbak mesti teges sama sodaranya , itu ibu tetep diurus , dan bilang sama ibunya mbak , kalo sodara sodara yg lain pada ga mau ngurusin ibunya sendiri , jgn korbankan suami mba , bisa berang itu dia , apa mbak mau dicerein padal suami ga salah apa apa ?

tetep urus ortumu semampu mu , rejeki bisa dicari mba. kalo memang sodara mbak ga bisa diajak ngomong dan ttp membebankan pada mbak , purus komunikasi aja sama mereka , karena sekarang ibu mbak adala tanggung jwb mbak , jikalau ntar ibu mbak wafat , itu juga hak mbak mau apain dan makamin dimana . jd sodara mbak ga punya hak karena mereka sudah menelantarkan ibu nya sendiri
Ga tau harus koment apa, karena termasuk kondisi yang sulit.
yang ane tau kehilangan ortu tu sedih banget, rasa-rasanya pengen banget ngerawat ortu sampe kita bareng-bareng naik ke akhirat. emoticon-Big Grin
tetap semangat sist... Tuhan tidak tidur, ane cuma bisa do'ain semoga cepet diberi kemudahan dan banyak bersabar.
sis, ane juga sekarang lagi ngerawat ibu ane yang kena stroke. ane cuma mau komen soal ibu sis yang maunya diurus ama sis.

beliau minta diurus ama sis pasti ada alesannya, mungkin karena sis yang paling ngerti maunya ibu n paling care. beliau udah tua, kalo dipaksa stay bareng sodara yang laen, ane kuatir beliau bakal makan ati, yang dikuatirin justru ngebuat kondisi beliau jadi memburuk akibat stress. orang yang pernah stroke kan ga boleh tensinya naek, takut kena serangan kedua, dan akibatnya pasti lebih fatal daripada yang pertama.

kalo soal biaya, ane ga berani banyak komentar. tapi kalo kondisi sis kayak gitu paling jaga banget kondisi ibu sis, maksudnya jaga pola makan n beli alat cek gula darah digital biar kalo sampe hipoglikemia bisa segera diatasi (kalo ibu sis ada diabetes)

segitu dulu dari ane, maap kepanjangan
Terima kasih atas support nya temen2 kaskuser semua, semoga di mudahkan segala urusan... Ane jd ingat ada kata bijak" Seorang Ibu sanggup membesarkan 10 Anak, tp 10 anak blm tentu bisa merawat seorang Ibu..." emoticon-Sorry
Quote:Original Posted By ...nyan..
kalau aku sih ambil jalan tengah

TS yang ngerawat tapi tetap disokong biaya sama saudara ts yang lain, istilahnya patungan lah
takut disalahgunain? gampang setiap beli apa- apa untuk keperluan ibu ts silakan struk disimpan dan tunjukkan ke mereka

kalau dari sini mah keliatannya kayak saudara-saudara ts ga mau ikut bantu , padahal mereka anaknya juga emoticon-Embarrassment


anda sungguh bijaksana emoticon-Mewek

Quote:Original Posted By zaija
Terima kasih atas support nya temen2 kaskuser semua, semoga di mudahkan segala urusan... Ane jd ingat ada kata bijak" Seorang Ibu sanggup membesarkan 10 Anak, tp 10 anak blm tentu bisa merawat seorang Ibu..." emoticon-Sorry


Yang kuat ya Sis, Allah selalu terbangun untuk melihat mahlukNya.. Jalanin dg ikhlas, insya Allah kalo halangannya emang biaya, Allah bakal kasih rezeki yang berlipat2 banyaknya..

Nih ane cendolin dulu biar seger emoticon-Big Grin emoticon-Cendol (S)
sorry gw salah baca.. kayaknya pengeluaran untuk sakit ibu ente cukup gede yah.. dan ga terduga pula..

gw nonton aja deh.. emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By trotzen
sis, ane juga sekarang lagi ngerawat ibu ane yang kena stroke. ane cuma mau komen soal ibu sis yang maunya diurus ama sis.

beliau minta diurus ama sis pasti ada alesannya, mungkin karena sis yang paling ngerti maunya ibu n paling care. beliau udah tua, kalo dipaksa stay bareng sodara yang laen, ane kuatir beliau bakal makan ati, yang dikuatirin justru ngebuat kondisi beliau jadi memburuk akibat stress. orang yang pernah stroke kan ga boleh tensinya naek, takut kena serangan kedua, dan akibatnya pasti lebih fatal daripada yang pertama.

kalo soal biaya, ane ga berani banyak komentar. tapi kalo kondisi sis kayak gitu paling jaga banget kondisi ibu sis, maksudnya jaga pola makan n beli alat cek gula darah digital biar kalo sampe hipoglikemia bisa segera diatasi (kalo ibu sis ada diabetes)

segitu dulu dari ane, maap kepanjangan


Ane setuju banget, gan. Ada alesan kenapa Ibu agan maonya diurus sama agan. Kalo solusi, ane bingung, gan. Soalnya kan harusnya patungan tu ya untuk pengeluaran pengobatan Ibu agan, tapi kayaknya saudari agan pada lepas tangan. Jadi, ane cuma bisa kasih doa aja deh, gan, semoga agan dan Ibu agan dikasih kemudahan and jalan sama ALLAH swt. Aaaaamiiiiin...
rawat semampunya sis, rejeki kan udah ada yang ngatur .
sista harusnya bersyukur karena dikasih kesempatan buat ngebales jasa2 ibunda selama ini .
untuk urusan saudari2 sista yg 'angkat tangan' coba d doain aja biar pintu hatinya d buka .
Entah gimana hubungan lu sama sodara2 yg laen atau gmn hubungan nyokap sama anak2 yg laen sampe seakan lepas tangan gitu padahal itu ortu.

Saran yg minta utk patungan sama sodara2 yg laen utk berkontribusi ngerawat ortu mnrt gw jalan tengah yg cukup fair.

Klo gk ada yg mw cara gitu ya udah do your best, semampu lu, sekuat lu jangan ngeluh, banyakin berdoa. Minta jalan yg terbaik.

Ini ortu kandung. Gk ada ruginya lu berjuang habis2an. Ada pahalanya. Someday somehow someway mgkn akan entah gimana caranya lu akan petik pahalanya.

Jgn bergantung sama sodara dan jgn ngeluh klo emg ikhlas. Berat pasti. Kesel pasti. Tp lu cuma perlu yakinin klo ini bakti ke ortu pasti ada pahalanya.

Keep strong and pray asking for the best for all. Just do your best and let God do the rest.
menurut pandangan mata ane , mending agan tetep aja ngrawat ibu dan kasih pengertian ke suami biar suami ngerti dan paham. klo semisan agan pulang kampung sekalian gpp sama ibu agan buat merawat disana tpi jangan sampai cerai. perlu kesabaran full masalah ini yang paling penting adalah ngasih pengertian ke suami dulu apapun yang agan lakuin ,

TERIMA KASIH Sista, AGAN,.. n temen2 kaskuser

Alhamdulillah...semua dimudahkan, karena semua saudara Ibu juga maunya di rawat di kampung, suasana di kampung juga kondusif untuk perawatan Stroke, daripada di kota industri tmpt Ane tinggal sekarang,sedikit pembenaran walaupun Ane sedih Banget, Ibu Ane udah Mau di bawa pulang,karena bentar lagi Adek No.5 Ane jg selesai Tugas, n Bakalan lama di Kampung Juga, Ane bentar lagi juga mau sertifikasi...so, CASE CLOSED n berharap Semua teman yang punya masalh segera ketemu solusinya, thanks so much emoticon-Kiss
hmmm rumit gan emoticon-Big Grin
klo ane jadi ente ane tegasin sodara ane yg gk mau bantu mau kk tertua mau adek terkecil ane bkalan tegasin ke mereka semua buat bantu gan
entah mau cara keras atau lembut tergantung agannya

jangan pisah gan sama suami agan itu mlah tambah memperkeruh masalah agan
agan dsini posisinya sudah menjadi istri jadi agan harus konsulrasikan juga ke suami agan baiknya gemana karena agan skrg tanggung jawab suami gan ... itu pendapat ane ... maaf klo salah kata ane juga blm menikah jadi lancang buat nasihatin agan emoticon-Big Grin
Ane gabisa komentarin soal biaya gan/sis

Cuman yg pasti waktu sodara2 situ uda pada tua pasti nyeselnya ga karuan karna ga ikut rawat ibu, liat aja deh nanti

Lagian setiap perbuatan kan ada akibatnya