alexa-tracking

PENGERTIAN SISTEM KOMPUTER

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5302072fc1cb1760198b45a4/pengertian-sistem-komputer
PENGERTIAN SISTEM KOMPUTER
Ane mau posting ini mengenai sistem komputer ... tapi pada kali ini saya akan lebih menjelaskan pengertian “sistem komputer” secara lebih jelas serta dipandang dari ilmu pengetahuan yang saya rangkum dari berbagai macam sumber. Okk .. mari kita lanjut saja ya postingan ini. Sebelumnya , sudah ada yang tahu sistem komputer itu apa?. Mungkin jika dilihat dari kata – katanya pasti berkaitan mengenai sesuatu yang menggerakkan komputer.
emoticon-Ngakak

Nah , supaya tidak bingung mari kita mulai untuk menjelaskan terlebih dahulu mengenai pengertian “sistem”. Menurut KBBI , pengertian sistem adalah perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas. Dalam pengertian KBBI , disini kita menemukan kata unsur. Ini berarti dalam sebuah sistem itu bisa dikatakan memiliki suatu kesatuan yang saling bergerak. Sebenarnya kata sistem itu berasal dari bahasa Latin (systema) dan bahasa Yunani (sustema) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi , materi atau energi. Jadi kalau dari pengertian sistem kita sudah jelas mengetahui apa itu artinya , sekarang kita membahas dari pengertian komputer.

Teman – teman sekarang mungking sudah tidak asing lagi melihat sebuah komputer , karena mulai dari anak – anak SD pun sekarang sudah ditanamkan pelajaran mengenai komputer. Tapi tahukah kalian kalau komputer itu awalnya berhubungan dengan kegiatan seorang manusia melakukan perhitungan aritmatika , tetapi pada akhirnya identik dengan mesin yang melakukan proses tersebut. Sehingga sebenarnya komputer itu identik dengan proses aritmatika , tetapi pada komputer modern jaman sekarang hal itu berubah menjadi mesin pengolah informasi yang didalamnya terdapat berbagai macam perangkat elektronika yang kontemporer. Jadi Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi". Lalu kalau menurut KBBI , komputer adalah alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yang diinstruksikan, dan memberikan hasil pengolahan, serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dsb) , biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan.

Sudah mengerti kan sekarang kita pengertian dari apa itu “ sistem” dan apa itu “komputer”. Kalau sudah mengerti dan paham , mari sekarang kita gabungkan kedua kata diatas menjadi suatu kesatuan yaitu “sistem komputer”.

Sistem Komputer adalah elemen - elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusia (brainware) , perangkat lunak (software) , set instruksi (instruction set) , dan perangkat keras (hardware). Dengan demikian jika salah satu dari elemen tersebut tidak ada , maka tidak ada gunanya komputer tersebut. Misal jika suatu komputer tanpa manusia , siapa yang akan menghidupkan komputer tersebut atau akan menjalankan program apa jika komputer tersebut tidak memiliki software (pasti tidak asyik banget kan jika komputer tidak ada softwarenya).

Jadi secara garis besar , komputer memiliki 3 komponen penting didalamnya , yaitu :

I. Hardware (perangkat keras)
Processing Device
Input Device
Output Device
Storage Device

II. Software (perangkat lunak)
Operaning System
Program Aplikasi
Program Language

III. Brainware (user)

Jika tadi kita membicarakan komponen – komponennya , mari sekarang kita membicarakan dasar sistem komputer. Mengapa disebut dasar , karena hal – hal tersebut lah yang melekat didalam sebuah komputer. Apa aja itu ya?mari kita lihat dibawah ini :

1. Satuan Data
2. Penyajian informasi
3. Komponen sistem komputer
4. CPU
5. Memori internal
6. Perkembangan komputer di masa mendatang

Nah , gimana sudah mengerti kan para pembaca sekalian mengenai pengertian sistem komputer secara keseluruhan. Jadi semoga artikel dapat membantu para pembaca sekalian agar tidak bingung lagi mengenai pengertian sebuah sistem komputer. Mohon maaf jika ada kekeliruan dalam artikel ini , serta kesalahan yang ada didalam penulisannya ataupun isinya. Saran dan kritik akan saya tampung terhadap artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya , lalu selamat menikmati artikel lainnya yaa gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)