alexa-tracking

Masalah keluarga gan… Apa yg harus saya lakukan?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5301ef74c3cb178e528b45d4/masalah-keluarga-gan-apa-yg-harus-saya-lakukan
Masalah keluarga gan… Apa yg harus saya lakukan?
Sore agan2 semua… disini cuma mau sekedar sharing dan minta pendapat agan2 semua tentang cerita ane.

Ane seorang anak nomor 2 dr 3 bersaudara… Kakak ane perempuan dan adek ane laki2 masih sekolah. Ane sendiri baru lulus sma dan masih nyari kerja gan…

Jadi ceritanya ayah ane udah ninggalin keluarga ane dr kecil, tinggal yg biayain hidup ane itu ibu ane seorang. Selama ini memang hidup kami susah gan, apalagi buat sekolah ane tau ibu ane mesti utang sana sini walaupun gatau jumlahnya berapa…

Sampe akhirnya kemarin ada rentenir datengin rumah ane gan, ngancem sekeluarga ane buat bayar utang kalo enggak dilapor polisi...

Nyokap ane pas ditanyain itu ngutang buat apaan gitu katanya buat biaya ane dr kelas 2 SMA kemaren sampe lulus dan buat biaya sekolah adek ane sekarang…

Jujur ane shock gan. Ane gak tahu menahu soal ibu ane yg ngutang sm rentenir ini…

Kakak ane juga nggak tau apa2, jadi ceritanya kata rentenir ini ibu ane yg janjiin mau bayar hutangnya bulan ini.

Gimana ya gan pendapat agan semua? Ane jujur aja bingung pusing mau cerita sama siapa gan. Ane juga gak bisa nyalahin ibu ane karna ane tau dia ngutang juga buat anak2nya, bukan buat foya2…

Keluarga kami disini gak ada yg bisa bantu karna juga kami bukan orang mampu juga gan.

Disini ane bukan mengada2 atau menarik simpati agan semua. Ane cuma mau sharing aja, gimana sebaiknya sikap ane sendiri gan.

Ane juga ikutan bingung pusing karna biar gimana itu uang juga dipake buat sekolahin ane sampe lulus sm ibu ane :'(
image-url-apps
susah urusan ma rentenir,yg ad mkin nambah bunga
y agan cb cri kerjaan dlu aj
image-url-apps
Quote:


Iya makanya gan. Apalagi karna ibu ane udah minjem lama juga bunganya lama2 numpuk..

Ane sendiri udah dapet gan kerjaan cuma blm dipanggil lagi buat training jd masih gak jelas nih masih ngirim2 cv juga..

KASKUS Ads
image-url-apps
Cari kerja dulu. Jual barang yang mungkin kurang terlalu penting (misalnya HP yang bisa internet, karena tentu lebih banyak makan pulsa. Ganti motor yang lebih jelek, yang sekarang dijual - kalo ada. Buku bekas/barang yang ga kepakai dan masih ada nilai jual bisa dijualin), kurangi pengeluaran lu, jangan banyak nongkrong/main. Kalo emang memungkinkan, coba cerita sama tetangga, siapa tau ada yang bisa bantu. Oh iya, jangan fokus cari kerja yang terlalu muluk-muluk dulu. Kalo ada lowongan jaga warnet/minimarket lakuin aja dulu. Sambil cari kerjaan yang bayarannya lebih bagus. Ga usah pacaran dulu, fokus bantu sekolah adik lo supaya ibumu ga perlu utang lagi. Kalo ada yang bisa digadaiin di pegadaian, gadaiin aja. Lebih pasti bunganya daripada rentenir. Jangan lupa banyak doa dan puasa. Good luck.
image-url-apps
AFAIK, rentenir itu gk bisa lapor polisi. Itu masalah perdata. Dilaporin polisi juga plg diketawain doank.

Dibawa ke pengadilan sekalipun klo lu bersedia bayar nyicil ya case closed.

Lagian klo jumlahnya kecil cm jutaan doank ya gk mgkn lah dibawa ke polisi apalagi sampe pengadilan. Ya paling teror doank mentoknya.

Bluff doank itu. Ngegertak doank.

Soal masalah lu ya saat dah mentok kanan kiri kaya semua jln buntu gk ada salahnya berdoa lah sama Tuhan lu.

Tentunya gak cuma doa tp berusaha juga. Kerja apa aja yg penting halal ya gk papa.

Anggep ajalah ujian hidup. Ya hidup emg keras emg. Keras dan kejam buat org2 yg cuma bisa ngeluh menyalahkan nasib sama kondisi.

Hidup adalah perjuangan buat org yg mw bekerja keras.

Tergantung dr sisi mana lu mw melihat masalah ini.
image-url-apps
sebelum kamu bunuh diri, masih ada jasa babi ngepet ato pesugihan.
apabila udah pake jasa babi ngepet ato pesugihan masih belum tembus juga, kamu bisa menjual organ (bukan organ piano ya) tubuh.
apabila belum kebayar juga, silakan gadaikan barang berharga.
apabila belum kebayar juga, silakan menghubungi rentenir lain.
image-url-apps
Quote:


Oh iya gan.. Ane sama kakak ane juga dah coba jual hp nih. Doain laku ya gan, mudah2an bisa menutupi seenggaknya menyicil.

Amin gan. Makasih banyak ya gan…
mungkin yang bisa dilakukan bantuin bayar hutangnya gan
cari kerja, hutangnya dicicil emoticon-I Love Indonesia (S)
image-url-apps
Quote:


ngeri ente gan emoticon-Hammer2
image-url-apps
Quote:


cri yg lgsg kerja dlu
pling ga bisa wat biaya agan sndri
klo agan uda mulai kerja ibu agan bs rada lega
image-url-apps
mending ente musyawarah dlu sama kakak ente untuk sama sama kerja dan cara terbaik menyelesaikan masalah ini emoticon-Smilie bnyak bnyak berdoa gan emoticon-Smilie klo ane orang kaya mungkin ane bantu ente gan emoticon-Frown tpi ane juga kaum marjinal emoticon-Smilie smoga masalah ente bisa terselesaikan gan emoticon-Angel
minta bantuan sodara-sodara ente yang mungkin mau bantu nutupin utang dulu, sambil ente sama kakak ente nyari kerjaan buat nyicil ke sodara ente.
Pokoknya jangan nutup pake rentenir lagi, itu sama aja gali lobang nutup empang. emoticon-Malu (S)
×