alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52fc26123fcb1757098b45ba/ask-ane-hernia-atau-usus-buntu
[ASK] ane hernia atau usus buntu??
ane mau tanya nih gan dan sis sekalian, jadi ceritanya giniii:

ane lahir cmn 7 bulan (prematur) jadi pas baru umur bbrp bulan ane kena hernia dan langsung operasi kan. dah tuh sembuuh. tapi sejak 3-4 tahun yg lalu mulai ada keanehan, yaitu kadang ane berasa mau BAB, tapi pas ke wc ga keluar apa2, tp anus ane kaya berasa aneh gt ntah kaya ada yg "ngebuka" intinya rasanya gaenak deh (bukan mesum/bokep, BENERAN ane sakit) trs klo dah kaya gt pasti deh ga lama klo bediri ato jalan gt berasa sakit testis ane. kaya abis kepukul gt yg nyut nyuut gt sakiit deh kadang ampe susah jalan ane ngangkang2 biar ga gt sakit.

kejadian ini ga permanen sakitnya, cmn kadang2 dan tanpa tanda2. bisa sakit tiba2. dan sepemantauan ane, biasa terjadi klo ane kelamaan di tempat dingin/kedinginan << spekulasi doang

dan biasa sakitnya mendingan klo abis makan dan buang angin << spekulasi juga. tapi biasa gt

dah gt ane cek ke dokter doong, pas diteken2 ma dokternya sakit di daerah usus buntu dan emang sakit gan. disuruh USG dan emang katanya usus buntu tapi msh akut blm kronis jadi ga oprasi jg gpapa. sakitnya jg cmn kadang2 klo ane kecapean kata dokter.

tapi ane msh penasaran, klo usus buntu, emangnya bisa yah sakit ampe ke testis gt? bahkan bkn cmn kanan, ampe ke kiri jg (usus buntu di kanan) kan.. terusss ane blakangan ini iseng2 teken2 ndiri kan, di daerah usus buntu emang mayan sakit, tapi ane iseng teken2 di daerah bawah perut (kan ada garis batas tuh antara perut dan daerah kelamin), nah kebawahan dikit (bbrp cm diatas kelamin, bagian kiri dan kanan) ane teken2 sakit dan rasanya mirip2 pas lagi "kambuh" nyambung ke testis.

kira2 ane kenapa yah gan? hernia lagi ato usus buntu ato mungkin penyakit lain? tolong dibantu dong yang mungkin berprofesi sebagai dokter emoticon-Malu (S)

bingung mau diobatinnya gmn klo gajelas gini emoticon-Berduka (S)
ane bukan dokter gan tapi ada baiknya ente kerumah sakit kebagian abdomal bedah untuk usg untuk mengetahui lebih jelah nya cos dokter juga ga bakal tau persis klu ga di periksa pake alat tes dll.... klu ente cuma kedokter umum mereka cuma perkiraan aj dr gejala yang timbul.... so... kerumah sakit ane saranin kebagian bedah dalam or kelamin untuk tau jelasnya....
udah gan.. waktu itu ke rumah sakit omni alam sutera, USG disana dan yg periksa dokter spesialis bedah, katanya emang ada sedikit inflamasi di usus buntu tapi ga parah. dokter juga ga menyinggung soal hernia dari hasil USG tersebut.

tapi ane bingung aja soalnya apa mungkin dari usus buntu bsa nyampe testis sakitnya?
Siang gan,nama saya andri sekarang saya lagi koas...kebetulan saya udah mau beres koas,kalo dari cerita agan sepertinya si nyeri di testis tidak ada hubungannya dengan appendicitis (peradangan pada usus buntu). Setau saya kalo usus buntu akut tuh nyeri awalnya di daerah ulu hati,terus nyeri berpindah ke perut kanan bawah (ini di sebut nyeri alih).

Trus usus buntu yg harus di operasi itu justru usus buntu yang sedang dalam keadaan akut gan,karena lama lama usus buntu bisa pecah dan gejala nyerinya bakal bertambah parah...kalau usus buntu yang kronis itu nyerinya hilang timbul gan,untuk usus buntu kronis ini bisa dilakukan pengobatan konservatif dulu gan (dengan obat),apabila gejala bertambah parah atau mengganggu aktifitas sehari hari baru di lakukan operasi....

Kalo betul agan menderita usus buntu,maka si nyeri pada testisnya itu tidak berhubungan dengan si usus buntunya....mungkin saja itu merupakan suatu penyakit lain gan...

Terimakasih,semoga bisa membantu
Quote:Original Posted By tilecapulet
Siang gan,nama saya andri sekarang saya lagi koas...kebetulan saya udah mau beres koas,kalo dari cerita agan sepertinya si nyeri di testis tidak ada hubungannya dengan appendicitis (peradangan pada usus buntu). Setau saya kalo usus buntu akut tuh nyeri awalnya di daerah ulu hati,terus nyeri berpindah ke perut kanan bawah (ini di sebut nyeri alih).

Trus usus buntu yg harus di operasi itu justru usus buntu yang sedang dalam keadaan akut gan,karena lama lama usus buntu bisa pecah dan gejala nyerinya bakal bertambah parah...kalau usus buntu yang kronis itu nyerinya hilang timbul gan,untuk usus buntu kronis ini bisa dilakukan pengobatan konservatif dulu gan (dengan obat),apabila gejala bertambah parah atau mengganggu aktifitas sehari hari baru di lakukan operasi....

Kalo betul agan menderita usus buntu,maka si nyeri pada testisnya itu tidak berhubungan dengan si usus buntunya....mungkin saja itu merupakan suatu penyakit lain gan...

Terimakasih,semoga bisa membantu


ooh brarti kebalik ane, maksudnya masih usus buntu kronis karena sakitnya hilang timbul gaan.

terus klo sakit di testis ini kira2 ada hubungannya ma hernia ane pas bayi nga yah? emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By khaye


ooh brarti kebalik ane, maksudnya masih usus buntu kronis karena sakitnya hilang timbul gaan.

terus klo sakit di testis ini kira2 ada hubungannya ma hernia ane pas bayi nga yah? emoticon-Bingung (S)


hernia memang bisa sampe turun ke skrotum (kantong testis), namanya hernia skrotalis....tp pada umumnya keluhan hernia skrotalis itu adanya benjolan di skrotum atau si kantung.

kalo agan lg sakit testis trus agan coba angkat si testisnya ke arah atas apakah sakitnya membaik atau tambah nyeri?
Agan skrg umurnya brp? Munculnya sakit2 di testis umur brp? Hernia ama usus buntu 2 hal yg berbeda, dan bs terjadi juga bersamaan. Beberapa kemungkinan:

A. Sakitnya agan berhubungan dengan operasi hernia jaman dulu -> chronic inguinal pain (googling aja gan, ini komplikasi operasi/risiko medis, bukan malapraktik).

B. Sakitnya agan berhubungan dengan proses usus buntu yg skrg -> tp biasanya ini kl usus buntunya radangnya udah agak hebat -> neken/nyenggol ureter kanan, nyerinya bisa direfleksikan sampe ke kantung kemaluan kanan. Tp agan blg nyerinya ke kantung kemaluan kiri jg ya?

C. Sakitnya gak berhubungan dengan operasi hernia, juga gak berhubungan dengan usus buntu -> kl dari kategori ini salah satu diagnosis yg cukup masuk akal: prostatitis kronis (infeksi di prostat), varikokel/hidrokel (ada benjolan di dalem kantung kemaluan), dll.
Quote:Original Posted By tilecapulet


hernia memang bisa sampe turun ke skrotum (kantong testis), namanya hernia skrotalis....tp pada umumnya keluhan hernia skrotalis itu adanya benjolan di skrotum atau si kantung.

kalo agan lg sakit testis trus agan coba angkat si testisnya ke arah atas apakah sakitnya membaik atau tambah nyeri?


ane belom ngetes sih pas sakit diangkat keatas gt gan, tapi kesenggol di bagian tertenti di testis aja sakit. yang kaya abis kepukul ato keteken gt gan emoticon-Bingung (S)


Quote:Original Posted By Brudzinski
Agan skrg umurnya brp? Munculnya sakit2 di testis umur brp? Hernia ama usus buntu 2 hal yg berbeda, dan bs terjadi juga bersamaan. Beberapa kemungkinan:

A. Sakitnya agan berhubungan dengan operasi hernia jaman dulu -> chronic inguinal pain (googling aja gan, ini komplikasi operasi/risiko medis, bukan malapraktik).

B. Sakitnya agan berhubungan dengan proses usus buntu yg skrg -> tp biasanya ini kl usus buntunya radangnya udah agak hebat -> neken/nyenggol ureter kanan, nyerinya bisa direfleksikan sampe ke kantung kemaluan kanan. Tp agan blg nyerinya ke kantung kemaluan kiri jg ya?

C. Sakitnya gak berhubungan dengan operasi hernia, juga gak berhubungan dengan usus buntu -> kl dari kategori ini salah satu diagnosis yg cukup masuk akal: prostatitis kronis (infeksi di prostat), varikokel/hidrokel (ada benjolan di dalem kantung kemaluan), dll.


ane sekarang 19 tahun gan. mulai berasa sakit hilang muncul sekitar 2-3tahun yg lalu. operasi hernia pas bayi umur 3 bulanan.
hmmm prostatitis itu gejalanya gmn yah gan? klo benjolan dalem kantung kemaluan sih ane nga yakin, karena normal2 aja kayanya. terus jg sakitnya ya dr atas, nyambung ke testis gt gaan emoticon-Bingung (S)
Ane perawat igd, usus buntu jika tidak segera dioperasi dikhawatirkan nanti membusuk dan menyebar ke bagian2 sekitar. Soal skrotum sakit coba dari bawah 'telor' agan pake jari didorong keatas
Quote:Original Posted By rioans
Ane perawat igd, usus buntu jika tidak segera dioperasi dikhawatirkan nanti membusuk dan menyebar ke bagian2 sekitar. Soal skrotum sakit coba dari bawah 'telor' agan pake jari didorong keatas


klo didorong keatas kenapa gan? maksudnya ada efek apa gt?
Quote:Original Posted By khaye


ane belom ngetes sih pas sakit diangkat keatas gt gan, tapi kesenggol di bagian tertenti di testis aja sakit. yang kaya abis kepukul ato keteken gt gan emoticon-Bingung (S)




ane sekarang 19 tahun gan. mulai berasa sakit hilang muncul sekitar 2-3tahun yg lalu. operasi hernia pas bayi umur 3 bulanan.
hmmm prostatitis itu gejalanya gmn yah gan? klo benjolan dalem kantung kemaluan sih ane nga yakin, karena normal2 aja kayanya. terus jg sakitnya ya dr atas, nyambung ke testis gt gaan emoticon-Bingung (S)


Kl varikokel/hidrokel biasanya nyerinya lokal di situ aja gan, jd kl agan blg sakitnya "dari atas turun ke bawah" sepertinya bukan antara 2 itu ya.

Prostatitis itu gejalanya luas bgt, dari mulai rasa gak nyaman di selangkangan, demam, keluhan berkemih, dll.
Quote:Original Posted By Brudzinski


Kl varikokel/hidrokel biasanya nyerinya lokal di situ aja gan, jd kl agan blg sakitnya "dari atas turun ke bawah" sepertinya bukan antara 2 itu ya.

Prostatitis itu gejalanya luas bgt, dari mulai rasa gak nyaman di selangkangan, demam, keluhan berkemih, dll.


berarti prostatitis jg bukan kayanya deh gan.. soalnya ane normal2 aja kok, kecuali kalo lg kambuh aja sakitnya.
ane curiganya sih hernia. tapi dokter blg bkn hernia malah usus buntu @@

btw, bener ga sih gan klo hernia itu sakitnya di testis kaya abis ketendang ato keteken di pembuluh darah gt yg nyut2an? emoticon-Bingung (S)

Peringatan! 
Tentang Hernia...??

Quote:Original Posted By khaye


berarti prostatitis jg bukan kayanya deh gan.. soalnya ane normal2 aja kok, kecuali kalo lg kambuh aja sakitnya.
ane curiganya sih hernia. tapi dokter blg bkn hernia malah usus buntu @@

btw, bener ga sih gan klo hernia itu sakitnya di testis kaya abis ketendang ato keteken di pembuluh darah gt yg nyut2an? emoticon-Bingung (S)



Untuk kasus agan ini...
saya ingin membantu...
hernia adalah suatu penonjolan atau protursi dari bagian organ yang tidak pada tempatnya...
hernia dapat terjadi di beberapa bagian organ, dan yang paling sering adalah bagian abdomen (perut)...
Hernia abdomen itu dibagi lagi gan...
kira-kira ada bebrapa jenis gan, salh satu diantaranya :
1. hernia umbilicalis : terjadi didaerah pusar
2. hernia insisionalis : hernia yang terjadi akibat bekas luka operasi sebelumnya, sehingga dinding perut bekas luka operasi menjadi lemah...
3. hernia inguinalis : terjadi didaerah inguinal (selangkangan/lipatan paha)

hernia inguinalis dibagi 2 lagi gan...
1. ada hernia inguinalis direk
Hernia ini terjadi ketika dinding abdomen melemah, dapat karena pengaruh usia, aktivitas berat, batuk kronis, dll...
tanda-tanda hernia inguinalis direk itu ditemukan adanya penonjolan didaerah inguinal gan...

jika mau tahu letaknya cari di google banyak gan...

2. hernia inguinalis indirek
hernia ini terjadi akibat lambatnya penutupan processus vaginalis, sehingga organ abdomen secara tak langsung memasuki canalis ingunalis dan terjadi penonjolan...


untuk menentukan apakah agan ini sedang hernia atau terkena penyakit lain perlu adanya pemeriksaan fisik yang khas gan...
untuk hernia biasanya didapati adanya penonjolan atau perbesaran didaerah-daerah seperti yang ane jelaskan sebelumnya diatas...

tapi jika pemeriksaan itu tidak dapat menentukan, maka pemeriksaan lab harus dilakukan sebagai penunjang...
pemeriksaan yang bisa dilakukan pemeriksaan DL (darah lengkap)...

untuk masalah nyeri di skrotum banyak sebabnya gan...
salah satu kelainan yang mungkin adalah :
1. orchitis
2. torsio testis (testisnya terpluntir)
3. varikokel
4. dll

untuk hernia ane belum dapat memastikan...
karena tanda fisik agan tidak memperlihatkan gejala khas hernia...

jika agan masih bingung...
lakukan pemeriksaan USG bila perlu gan...
karena dengan USG kita dapat melihat organ-organ apa yang terjadi kelainan...


sekian dari ane gan


semoga bermanfaat...

dr. Ops
Quote:Original Posted By khaye


berarti prostatitis jg bukan kayanya deh gan.. soalnya ane normal2 aja kok, kecuali kalo lg kambuh aja sakitnya.
ane curiganya sih hernia. tapi dokter blg bkn hernia malah usus buntu @@

btw, bener ga sih gan klo hernia itu sakitnya di testis kaya abis ketendang ato keteken di pembuluh darah gt yg nyut2an? emoticon-Bingung (S)


Sepertinya agan masih bingung dengan hernia vs usus buntu. Kl boleh tau kenapa agan berpikir yg agan alami skrg ini hernia? Apakah ada benjolan di lipat paha yg turun sampe ke kantung kemaluan?
ane juga ngalamin mirip nih, tp bedanya pinggang sebelah kiri ane sakit deket sambungan kaki sama badan yg ada tulangnya deket2 situ ke arah tengah

kalau kelamaan berdiri atau jalan bemoticon-Mad (S) iji kadang juga sakit kadang kanan kadang kiri mirip2 agan TS, agak2 ngilu kaya ketendang

Ane sempet mikir hernia tapi ngk ada benjolan sama sekali

bagusnya mungkin ke internist kali yah?

Ane tanya temen2 yg pernah hernia bilang bukan hernia kalau hernia ada tonjolan

kebetulan ane juga suka angkat bert jadi ngeri bingit emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut
ane udah ke dokter internist nih, di usg dan di periksa biji ane kata dokternya ngk hernia (syukurlah)

cm ada cidera otot di perut ya di suruh jgn kerja berat2, nyatai2 aja butuh waktu buat sembuh katanya

kalau mau tanya2 TS PM dan kalau berkenan boleh emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)