alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52f991cf5dcb174540000067/cara-jitu-mengurangi-konsumsi-garam
Inspiratif 
Cara Jitu Mengurangi Konsumsi Garam
Agan2/wati2 apa kabar semua? Kali ini kita akan membahas masalah garam. Tepatnya, mengkonsumsi makanan yang mengandung garam. Baik yang dimasak dengan menggunakan garam secara tabur langsung. Ataupun makanan atau bahan konsumsi yang dibuat dalam kemasan yang mengandung zat garam.

Dalam takaran yang pas serta kondisi tubuh pengkonsumsi yang fit dan tidak mengalami masalah kesehatan, garam tentu saja menjadi sebuah bumbu masakan/makanan yang sangat lezat dan menambah kenikmatan sebuah hidangan makanan.

Cara Jitu Mengurangi Konsumsi Garam
Photo source : sxc.hu

Namun, berbeda bagi agan2/wati2 atau siapa saja yang saat ini sedang mengalami :
  • masalah pada ginjal
  • pre-menstrual syndrome (PMS)
  • hipertensi
  • preeklampsia (gejala hipertensi pada ibu hamil)


Mengkonsumsi garam adalah hal yang menjadi suatu tantangan yang harus dihindari bahkan 'dienyahkan' sama sekali.

Akantetapi, itu tidak gampang. Tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ane mengakui itu. Kita semua mengakui itu.

Namun, ternyata ada cara jitu mengurangi konsumsi garam yang dapat kita coba untuk diterapkan bersama. Ini tentu saja sangat bermanfaat bagi kesehatan kita semua. Agar kadar garam yang menjadi asupan kita sehari-hari tidak membahayakan bagi tubuh kita.

Cara jitu mengurangi konsumsi garam
Quote:Mengurangi garam selama kehamilan bukan berarti tanpa garam sama sekali. Dalam sehari Anda masih boleh mengonsumsi garam, asalkan tidak lebih dari 5 gr atau senilai 2 gr Natrium. Meski mengurangi garam, pola makan Anda harus tetap seimbang.

Beberapa cara aman dan nikmat mengonsumsi makanan rendah garam:

Pilih bahan makanan segar. Hindari makanan yang diproses seperti sosis, makanan kaleng, telur asin, ikan asin, abon dan dendeng.
Kurangi garam, bumbu penyedap, kecap, terasi dan lain-lain saat memasak.
Rasa asin dapat diganti dengan menambah gula dan cuka pada masakan, tomat segar pada sup, atau rasa dari empu-empuan seperti bumbu kare, bumbu gulai, dan bumbu rawon,. Bisa juga menggunakan bumbu dan rempah-rempah lain seperti daun seledri, daun thyme, oregano, jahe, kunyit, kencur, daun salam dan daun jeruk. Asam jawa, belimbing wuluh atau jeruk limau juga akan memberi rasa segar.
Masak makanan sesaat sebelum dimakan agar aromanya masih segar dan rasa panas dapat “melupakan’ rasa asin.
Ingin meningkatkan rasa gurih? Santap makanan yang digoreng tanpa garam yang dihidangkan panas.(iyaa.com)


Sumber info ini > http://goo.gl/B4nnj6

Semoga yang sedikit dari ane ini, dapat menjadi sebuah manfaat yang sangat besar buat kita semua agan2/wati2. Terima kasih sebelumnya.

Buat yang mau kasih cendol, ane terima dengan lapang dada dan ucapan terima kasih yang sangat tulus.
emoticon-Kiss
baru tau kalo kebanyakan garam gk baik...... emoticon-Matabelo

Love 
Yap

Quote:Original Posted By andrieoid
baru tau kalo kebanyakan garam gk baik...... emoticon-Matabelo


Buat yg masih sehat & nga mesti hindari garam, konsumsi secukupnya aja masih OK kali gan....
wah emoticon-Big Grin Garam saya gak suka Broh
emoticon-Ngakak
ngantuk gan