alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52eff181a3cb17e9268b460b/manfaat-dari-latihan-meditasi-pernafasan
Inspiratif 
Manfaat Dari Latihan Meditasi Pernafasan
Manfaat Dari Latihan Meditasi Pernafasan

Spoiler for Cek dolo gan:


Quote:Mari-mari dirate dolo gan
Manfaat Dari Latihan Meditasi Pernafasan


emoticon-Traveller Selamat datang di trit ane gan emoticon-Traveller
emoticon-Salaman Ane mau sedikit share nih tentang Manfaat Dari Latihan Meditasi Pernafasan emoticon-Salaman
Apa saja itu?? cekidot gan

Quote:Sesungguhnya banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari latihan meditasi pernapasan yang dilakukan dengan tekun. Berikut ini ane akan jelaskan beberapa manfaat dari latihan meditasi ini, yaitu:

Quote:1. Memudahkan berkonsentrasi.
Seperti telah dijelaskan di bagian depan, pada tahap awal kita berlatih, selalu terjadi pikiran kita melantur ke mana-mana, dan untuk menjinakkannya, pikiran yang melantur itu disadari diberi komentar ‘pikiran melantur’, ‘melantur;; dan kemudian setelah itu kita pusatkan kembali pada objek semula misalnya menghitung, atau memperhatikan sentuhan. Hal ini terhadi berulang-ulang tak terhitung banyaknya usaha kita untuk mengembalikan pikiran pada objek konsentrasi, sehingga lama kelamaan usaha itu terjadi secara otomatis. Tentunya dalam kegiatan kita sehari-haripun akan terjadi hal yangsama, misalnya bagi pelajar dan mahasiswa yang sedang belajar, bila pikiran itu terbang dari buku pelajaran yang sedang dihadapi, akan dapat segera dikenali dan kemudian dibawa kembali pada objek semula, yaitu buku pelajaran. Demikian pula pada setiap orang yang bekerja ataupun pada ibu-ibu rumah tangga bagi merekapun akan mudah untuk memusatkan pikiran; sehingga tidaklah terjadi kaki tersandung batu, batu yang disalahkan, padahal sebabnya adalah pikiran kita tidak dipusatkan pada langkah kaki.

Quote:2. Lebih Mengenal Diri Kita Sendiri dan Sesama Kita.
Jika kita belajar sesuatu, umumnya kita mengarahkan perhatian kita keluar dari diri kita, maka latihan pernapasan ini sungguhnya mengarahkan perhatian kita ke dalam diri kita sendiri sehingga kita akan lebih mengenal diri kita sendiri, baik kelebihan maupun kekurangannya. Dengan mengenal proses mental yang ada dalam diri sendiri, maka kitapun akan lebih memahami sesama kita, akan menjadi lebih toleran dan tidak cepat tersinggung.

Quote:3. Memberikan ketenangan.
Dalam abad modern yang sangat maju ini, semua orang menjadi berlomba-lomba untuk maju yang diukur dari prestasi mencapai harta dan kedudukan semaksimal mungkin, sehingga semua orang menjadi tergesa-gesa, gelisah, cemas, dan khawatir. Maka dalam dunia yang serba berpacu seperti ini latihan meditasi akan memberikan ketenangan yang sudah menjadi komoditi langka terutama di kota-kota besar.

Quote:4. Lebih mudah mengendalikan emosi atau kemarahan.
Setiap kali kita berlatih, kita selalu berusaha mengenali proses mental yang muncul yang menggangu konsentrasi kita, seperti perasaan gelisah, cemas, marah, senang, gembira, tanang dan lain lainnya. Latihan yang terus-menerus akan membawa kita pada kebiasaan yang baik, yaitu selalu mengenal bentuk emosi/mental yang muncul, sehingga bila kita tersinggung ataupun marah karena ucapan seseorang, kemunculan marah itu dapat diketahui, dan dapat dilenyapkan dengan segera sebelum bermanifestasi menjadi ayunan tinju ataupun semburan kemarahan kepada lawan bicara kita.

Quote:5. Menjadi Lebih Sehat.
Seperti kita ketahui, sekarang banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh kegelisahan, kecemasan, ketakutan, dan berbagai perasaan negatif lainnya. Misalnya penyakit darah tinggi, tukak lambung, sembelit, serangan jantung, sukar tidur, dan sebagainya. Dengan latihan meditasi, walaupun baru sedikit ketenangan yang kita peroleh, itupun cukup bermanfaat bagi jasmani kita yang sedang dilanda cemas, begitu pula bagi organ-organ tubuh kita yagn halus dapat bekerja dengan lebih tenang dan beristirahat dengan lebih baik; yang pada akhirnya akan menghasilkan kesehatan yang lebih baik bagi jasmani kita.


Spoiler for Dibuka mawon gan:


Quote:Demikian trit pertama dari ane gan emoticon-Malu (S), semoga bermanfaat bagi agan-aganwati yang ingin hidup sehat dengan latihan meditasi pernafasan. Sangat sepele memang kelihatannya latihan ini, tapi memang sangat bermanfaat kok gan emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S) .

Quote:Ngarep cendol dari agan-aganwati sekalian, tapi kalo berkenan sih emoticon-Malu (S)

Quote:Jangan Lupa Rate Gan
Manfaat Dari Latihan Meditasi Pernafasan


Wah sesama penggemar meditasi nih. Dulu ane skeptis sama meditasi gan, sampai akhirnya nemu kalau Chairul Tanjung dulunya belajar meditasi buat ningkatin konsentrasi.

Teknik yang ane pake buat meditasi ada di tulisan ane yang ini gan: 3 cara meditasi pernapasan yang ane terapkan untuk kesehatan

emoticon-Blue Guy Peace
Bukan cuma 5 poin aja gan tapi 6 yaitu munculnya indra keenam.ntah ane dulu rutin olah pernafasan dan meditasi selama 2 jam tiap malam selama 38 hari yang ane rasakan selalu tau kejadian yang akan datang cuma ya ane kira cuma perasaan doang ternyata setelah kejadian terjadi baru nyadar.cmiiw tiap orang berbeda hasil