alexa-tracking

Awas! Jangan Lagi Panaskan Mesin Kendaraan di Pagi Hari

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52efc68b0d8b46496b8b470d/awas-jangan-lagi-panaskan-mesin-kendaraan-di-pagi-hari
Awas! Jangan Lagi Panaskan Mesin Kendaraan di Pagi Hari
Bandung -Otolovers, Anda yang suka memanaskan mesin motor atau mobil di pagi hari sebaiknya meninggalkan cara lama ini. Sebab, konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bakal semakin boros.

Saat ini mesin kendaraan baik itu roda empat dan roda dua sudah didesain dengan baik sehingga mesin tidak perlu lagi dipanaskan.

"Jangan memanaskan mesin sebelum pergi. Itu emisinya tinggi," kata Peneliti dan Dosen Laboratorium Motor Bakar dan Sistem Propulsi Institut Teknologi Bandung (ITB) Tri Yuswidjajanto di sela-sela acara Diskusi Sepeda Motor ITB-Yamaha di Lapi, ITB, Bandung, Jabar, Senin (3/2/2014).

Pria yang akrab disapa Yus ini menjelaskan sebaiknya pengguna kendaraan meninggalkan cara yang kuno ini. Menurutnya, pengendara cukup menyalakan mesin dan langsung jalan. Dia menjelaskan cara ini lebih baik dan hemat BBM.

"Artinya kalau bahan bakar dibakar banyak, emisinya tinggi. Cukup masuk mobil atau naik motor dan starter, langsung pergi," ucapnya.

Yus menambahkan kendati langsung jalan tapi tidak serta merta langsung memacu kendaraan. Pengguna mobil ataupun motor harus pelan-pelan sampai indikator mesin naik pada suhu normal.

Masih menurut Yus, cara ini sudah diadopsi oleh masyarakat Amerika dan Eropa. Pengetahuan berkendara seperti ini sudah sangat melekat untuk menekam konsumsi BBM.

"Tapi jangan langsung ngebut. Pelan-pelan dulu, tunggu sampai indikator mesin sampai titik normal," pungkasnya.
image-url-apps
Nice info nih . Hehehehee
klo emisinya tinggi
mungkin solusinya gk usah pake kendaraan kale gannnnemoticon-Hammer2
KASKUS Ads
image-url-apps
Nice inpoh gan emoticon-2 Jempol
pake sepeda aja deh emoticon-Hammer2
bukannya klo gak dipanasin mesin malah rewel krn kaget.
abis tidur nyenyak...lsg disuruh jalan.
yakin loooh gan ??????? ane seeeh kagak
penjelasannya terlalu dangkal
Quote:


gw setuju ama elu gan....penjelasan dangkal!!
bisa brebet mobil gw kalo ga dipanasin dulu...
image-url-apps
pertamax
kalo gak di panasin motor ane malah nyendat2 gan emoticon-Big Grin



image-url-apps
Penjelasannya kurang buat ane
ane ga punya kendaraan gan
but, nice info keep posting ganemoticon-I Love Kaskus (S)
kalo cuman diliat dari sisi boros emang bener sih..
tapi kalo cuman dr sisi boros kurang setuju dah, walau cara kuno tapi bikin motor ato mobil lebih enak dipakai (menurut pengalaman lapangan sih). CMIIW
ane manasin paling lama 5menit
image-url-apps
saya setuju gan coz saya juga gtu , begitu mesin hidup secara otomatis pompa oli juga langsung men sirkulasi olinya malahan lebih bahaya jika mesin dalam kondisi langsam di rpm sangat rendah karena pompa oli blm bisa mendorong oli dari bawah ke silindee head , dan engkol atau kick starter jga ga bermasalah sudah ada yang gampang kenapa harus repot di engkol hehehehehe :cmiiw
Rasanya buku2 tentang perawatan mobil jadul juga begitu. Jalankan mobil secara perlahan pada gigi 1 kira2 beberapa ratus meter kemudian pindahkan ke gigi 2 dst sampai temperatur mesin agak naik dan pelumas mesin sudah beredar secara merata. Setelah mesin cukup panas baru putaran mesin boleh dipacu. Begitu kira2 yang ditulis di buku tersebut.
mending naek sepeda kalo gitu, udah ada buktinya kalo emisi tinggi dari gas buangnya gitu?
udah dibandingkan sama waktu amsih dingin dan sudah agak panas mesinnya?
motor g kl abis starter trs lgsg jalan pasti mati mesin itu kecuali sedotan gas nya g set max, itu juga ngegasnya malah kaget2

cantumin sumber laen kali kl mau posting artikel ginian
image-url-apps
Quote:


Setuju gan, mobil diganti becak, motor ganti sepeda emoticon-Ngakak
lah mesin bisa brodol kalo ga dipanasin..teori anti mainstream tuhemoticon-Ngakak
kalo penjelasan'a kayak gitu, menurut ane belum jelas gan.kondisi mesin gimana tuh gan ?
×