alexa-tracking

Bermasalah dengan waktu gan :(

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52efa22fffca17f9218b4675/bermasalah-dengan-waktu-gan
Bermasalah dengan waktu gan :(
Halo agan, ane udah lama banget ga buka kaskus, apalagi buat trit. emoticon-Smilie
ane masih sma kelas 1 gan, ane laki2 tapi ga :mahos: ane anak jakarta gan.

jadi gini gan ane cuma butuh advice dari agan2 semua. ane paling seneng kalo dapet nasihat2 dari orang gan. karena dari nasihat2 itu ane bisa membangkitkan sedikit kualitas ane gan.

gini aja deh,
ane tuh ngerasa waktu terus mengejar ane gan, waktu tuh terasa cepet banget bagi ane, apalagi kalo SMA kan bnyak banget pr tuh, jadi kalo libur kyknya cepeettt banget. ane jurusan ipa gan, di smester 2 ini ane banyak mendapatkan pr yang segudang, apalagi kurikulum 2013 ini gan, yang menuntut siswa2nya buat mandiri. dan katanya kelas 2 sma udah un gan. jadi materi-materi kelas 3 dimasukin ke materi kelas 1 gan T_T ane jadi kelenger gan, padahal materi ini harusnya ada saat materi kelas 3 tapi kelas 1 udah dibelajarin.
ane sih kalo kayak b.ind,b.inggris,sejarah,pkn dst gapapa gan ga terlalu masalah (tapi susah juga sih *plaaakkk)
tapi kalo untuk Fisika,Kimia,Biologi,MTK, MTK minat (ane mtknya ada 2 gan) itu susah bagi ane gan bayangin aja materi kelas 3 boo masuk ke kelas 1 sumpah ane gaboong., apalagi sebenernya ane ga jago di itung2an gan, cuma waktu itu ane pikir ipa tuh bagus gan, apalagi temen2 smp ane yang sekarang SMAnya beda, pada milih ipa. padahal guru bk smp ane reccomend ane buat ips sih, karena ipa UN ane waktu smp 7 gan emoticon-Malu (S): tapi orang tua ane seneng gan ane masuk ipa, soalnya kk2 ane IPS (ane punya 2 kk gan ane anak terakhir, jadi 3 bersaudara)

ane orangnya demen main komputer gan, kalo pulang sekolah (ane pulang jam 3 gan) kalo ga main komputer pasti ga srek gan, ya kalo hari2 senin sampe jumat ane cuma browsing2 doang gan, kalo hari saptu minggu ane berani main game, soalnya ane takut waktunya keblablasan gan, ane aja walopun browsing2 doang ngerasa waktu cepet sekali. tapi sebelumnya ane juga solat ashar dulu gan (ane muslim gan :* )

yang ane permasalahin ane dikasih pr jurusan ipa gan, misalnya: fisika, setiap ane dikasih pr fisika, saat ane liat rumus2nya udah eneg gan, ane langsung ada hasrat mendingan melakukan hal yang asik yaitu main komputer gan. tapi sebenernya ane tuh mau selesain tuh pr fisika gan, tapi ane nge stuck mulu sama soal2nya. dan dikasih prnya 30 nomer, tambah deh ane bingung. tapi walopun gitu ane tetep megang tuh pr, walopun dari jam 7 malem ane pegang, tiba2 udah jam 10 aja, padahal baru seiprit2 gan yang ane kerjain. oya, ane tuh tipikal orang yang ngerjain pr tuh besoknya dikumpulin. tapi yang kyk gini tuh buat ane keteteran terus gan, padahal di awal semester 2 ane udah bertekad, ane kerjain pr pada hari itu juga, tapi ane tetep balik ke cara awal gan hiks. ane butuh pendamping belajar gan sebenernya kyk les gitu, tapi ya gitu gan, ortu ane mau ngelesin ane kalo udah kelas 2 itu jg kalo jadi. nah, malahan kalo ada pr ane jadinya ngerjain di sekolah gan, itu jadi ane kadang ga paham materinya pada saat ane ulangan.

permasalahannya: begimana ane bisa merubah sikap ane, supaya ane bisa ngerjain pr2 itu gan, dan terkerjakan dirumah, dan materinya terserap sama ane. dengan peralatan yang ada istilahnya. jujur gan, ane sebenernya mauuuuuu banget jadi orang rajin, dapet rank 1, sering belajar, tapi setiap ngerjain pr itung2an tuh nge stuck mulu gan, dihati ane tuh pas ada pr itu langsung timbul menyerah gan gara2 susah itu.

berikan ane motivasi sebanyak2nya ya gan emoticon-Smilie supaya ane bisa berubah.

ane ga butuh :cendol: gan (tapi kalo dikasih boleh emoticon-Malu (S): ) ane hanya butuh motivasi dari agan semua emoticon-Smilie

wassalam.
harus punya rasa TANGGUNG JAWAB !

ortu lo ga mungkin teriak2 buat nyuru lo belajarkan ? mumpung belum UAN . berkorban lah sedikit demi cita cita lo .

gue pernah ada diposisi lo ketika gue SMA tapi gue bilang sama diri gue , kalo gue ga bisa berleha leha untuk masa depan gue karena cuma ditangan gue lah gue menentukan masa depan gue dibawa kemana

kalo males2 wajar lah namanya manusia , tapi jgn kebablasan , ciptakan rasa tanggung jawab di diri lo dan rubahlah sikap lo yg tadinya males jd semangat , yah segimana cara lo enaknya deh

tanamkan diririlo sugesti JIKA WAKTU YANG MENGIKUTI LO , BUKAN LO YG MENGIKUTI WAKTU , KARENA CUMA LO YG BOLEH HANDLE DIRI LO SENDIRI
Quote:


oke gan ane akan terus mencobaemoticon-Smilie btw thanks motivasinya. emoticon-Matabelo
lu kaga seneng eksakta ngapain maksa masuk ipa? emoticon-No Hope
sip, masih sma, untung gak bahas masalah cinta2emoticon-Ngakak (S)

siapa suruh masuk jurusan ipa klo gak mau, dlu ane aja ngambil jurusan yang lebih ringan dari IPS, gak ada masalah, masuk kuliah juga masuk di jurusan yang katanya gak bakal di masuki ama jurusan ane pas sma

intinya katakan tidak pada orang yang memerintah untuk kehidupan kita, klo ngasih saran beda lagi itu

contoh ane dlu juga di suruh masuk ipa, ane nolak

kuliah di suruh masuk komputer, enak betul nyuruh2 biar ortu yang bayar tapi gak sesuai tujuan ah malas
Bwd jadwal harian mulai dr lw bngun rdur amp tidur lagi,rinci tiap detial kegiatan+wktunya scara spesifik,ikutin jdwalnya,konsisten dlm mnjalaninya
Klw lw btuh bntuan (pendamping blajar/les) y lw kdu blang k ortu lw,klw lw tetep spt itu,lw bukannya blajar yg akhirnya paham/ngerti materi tp malah buang waktu tuk hal yg g lw bs
Ur future in ur hands boy,keep fighting

sepertinya ts kurang mendapatkan bimbingan dan masukan yang memadai dari guru dan ortunya mengenai sekolah emoticon-Embarrassment

ts,
masalah lu bukan waktu lho, semua orang punya jatah waktu yang sama 24 jam setiap harinya menurut perhitungan yang berlaku .. tinggal gimana setiap orang memanfaatkannya aja. Nggak salah kok lu setelah pulang sekolah refreshing dengan bermain komputer entah itu ngegame atau sekedar browsing, namanya juga baru pulang dari kepenatan belajar di sekolah emoticon-Big Grin yang salah itu kalo kemudian lu main komputernya dari jam 3 sampe jam 7 malem emoticon-Hammer belajarlah mengatur waktu, mana yang lebih penting apakah main komputer atau ngerjain PR dulu?

kalo gw dulu pas masih SMA pulang sekolah PR gw kerjain langsung dan harus kelar paling telat jam setengah 4 soalnya abis itu gw mau main bola di lapangan (beda ya mainnya emoticon-Ngakak (S)) .. kenapa gitu soalnya gw nggak mau PR sampai mengganggu gw main bola, mending gw kelarin dulu baru main deh .. apa gw tiap hari kayak gitu? enggak juga, kalau PRnya susah, gw juga membuka opsi untuk mencontek pagi - pagi di sekolah kok emoticon-Stick Out Tongue (don't try this at school!)

Prinsipnya adalah jangan sampai PR/tugas sekolah lu mengganggu kegiatan lu yang lain terutama yang berkaitan dengan bersenang - senang emoticon-Big Grin nah "Jangan sampai mengganggu"nya itu maksudnya bukan dikesampingkan lho tapi secepat mungkin diselesaikan, itu akan membuat lu lebih bebas melakukan kegiatan yang lain tanpa beban di kepala dan hati emoticon-Big Grin

gw nggak begitu paham sama sistem kurikulum SMA sekarang, kalo gak salah dari kelas 1 udah penjurusan ya? ada nggak peluang untuk pindah jurusan saat nanti naik kelas 2? kalau ada coba diskusikan dengan guru BK dan orang tua mengenai kesulitan/ketidaksemangatan lu dalam mempelajari pelajaran - pelajaran di jurusan IPA mungkin mereka bisa memberikan solusi dan coba ajukan juga solusi dari lu sendiri untuk pindah jurusan ke IPS.. dengan argumen bahwa lu kesulitan beradaptasi dengan mata pelajaran IPA, tapi resikonya lu harus belajar lebih giat untuk mengejar teman2 lu yang sudah mempelajari IPS terlebih dahulu di kelas 1.. siap?

Atau kalau lu mau mencoba, cobalah mempelajari IPA dengan cara yang berbeda, lu suka komputer kan? gunakan dengan baik yang namanya "Google" untuk membantu lu mempelajari pelajaran IPA entah itu fisika, matematika, biologi, dll .. cukup banyak kok tutorial tutorial ataupun tulisan tulisan mengenai mata pelajaran di sekolah yang bertujuan membantu siswa memahami materi secara lebih baik dengan metode yang mudah dicerna oleh otak, entah itu dengan bahasa inggris ataupun bahasa indonesia

semangat ya belajarnya emoticon-Smilie
sini dek, bimbel sama kakak. kakak orang fisika. emoticon-Ngakak
yak, pr segitu aja diribetin...
bersyukurlah krn lo belum ketemu materi teknik produksi kek gw.. soalnya cuma 2, tp jawabannya bisa 2 buku! ( oke gw lebai )
Ane kayaknya tau solusi buat tugas2 agan yg diluar jangkauan itu emoticon-Toast

obat nya cuma 1, Search aja sesuai kebutuhan di www.google.com

searchnya kata kunci yah gan, jangan pertanyaanya dan jangan panjang2 emoticon-Ngakak

ane jamin 90% pertanyaan2 itu bkal terjawab

ok gan , selamat mencoba dan hemat lah waktu dengan mbah google alias www.google.com
widih susah amat jadi anak SMA jaman sekarang gan..

Ngapaen ente susah2 kayak gitu gan?
Deketin aja temen yang jago fisika, dll2nya. Kalo deketin yg cowo ente gak dapet jawaban pr, deketin aja yg cewe. Beres gan..
Cara deketinnya ya terserah ente.

Kalo ane si dulu, tempelin aja, telponin tiap jam 8 malem, lama2 jadi 8.30 malem, trus jadi 9.30 malem, awalnya si cuma nanya pr, tapi lama2 malah asik ngobrolin yg laen emoticon-Malu (S)

Intinya pr beres gan, maen game tetep jalan. emoticon-Ngakak

Kalo ane si dulu pokoknya tanya aja yg mau ngasi jawaban PR malem2.
Dulu masi jamannya telpon rumah sama nokiyem, gak tau dah sekarang kan udah ada Line, whatsapp dll, mestinya jadi lebih gampang.

Kalo gak ngerti jawaban, paling besok2nya ane tanya lagi dikelas, beres dah gan emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Ikut lesehan ya emoticon-Big Grin
Sebenernya bukan waktu yg jadi masalah, tp agan sendiri belum nemuin jiwa atau passion agan masuk IPA..
Kalo mau semangat belajar, ya agan cari temen kelas yg pinter mata pelajaran tertentu, ini pengalaman ane SMA dulu, jd kalo belajar fisika ya ajak/ikut belajar bareng temen kelas yg pinter fisika, biar bisa nanya2.. gitu jg pelajaran lain. Cewe jg lebih bagus, biar tambah semangat emoticon-Big Grin
Jangan gengsi nanya, gan. yg namanya sekolah ya banyak bersabar n nrima kalo lg banyak tugas emoticon-Ngakak (S) toh gak sampe buat kita mati jg emoticon-Big Grin
Ane baru aja lulus kuliah, malah kangen lg suasana SMA n kuliah, sibuk/stres dengan tugas emoticon-Ngakak (S)
Tanam dalam hati agan, kita sekolah tu gak hanya buat kita sendiri tp tanggung jawab juga ke orang tua emoticon-Smilie banyak berdoa gan kepada Allah SWT, pusat segala ilmu pengetahuan, biar dibuka pintu hatinya jd mudah nyerap ilmu/pelajaran..