alexa-tracking

Butuh saran..

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52eca889fcca17ce3c000068/butuh-saran
Butuh saran..
Permisi sebelumnya ane minta maaf ya gan kalau thread ini berantakan..

Ane mau cerita, soal orangtua ane dan ane minta maaf kalau ada hal apapun yang menyinggung perasaan agan-agan yang baca thread ini..


Ane anak pertama dari 2 bersaudara. Baru aja lulus kuliah di salah satu perguruan tinggi kedinasan di Indonesia. Sambil menunggu penempatan kerja, mau gak mau ane nganggur di rumah, sekalian bantu-bantu orang tua beresin rumah..

Tapi mungkin karena orang tua ane gak biasa ngeliat ane nganggur dan ada di rumah entah kenapa ane ngerasa perlakuan orang tua, terutama ibu ane soalnya bapak cuma ada dirumah pas pagi & malam hari + weekend, sangat-sangat menyakitkan gan.. awalnya ane rasa mungkin ane yang terlalu sensitif, tapi makin lama ane makin ngerasa sakit ya?

Jadi awalnya, adik ane ini laki-laki, suka keluar malam dan pernah ketahuan maling uang bapak ane, gak tau buat apa.. ibu ane paling gak bisa marah sama si bungsu ini, apa-apa diturutin, ane yang liat jadi kesel gan, apalagi kalau ibu ane lagi gak ada di rumah, adik ane ini memperlakukan ane kayak pembantu.. tapi ketika ibu ane pulang ane ngelapor kalau adik ane kayak gitu malah ane yang dimarahin..

akhirnya ane diam, berusaha gak nanggepin adik ane dan ibu ane yang sering marah kalau ane ketiduran siang-siang, beliau bilang ane gak kerja apa-apa, padahal beliau pulang dari pasar rumah udah rapi jadi beliau tinggal masak dan nyetrika (ane nyetrika punya ane sendiri)..

puncaknya minggu kemarin, rumah ane kebanjiran, air masuk rumah se matakaki, ane yang bersihin mulai dari ngeluarin air waktu banjir surut terus ngepel sampai bersih, masalahnya adalah waktu ane lagi bersihin rumah lalu ada tetangga yang nawarin kue, tetangga ane itu ngasih kue ke ibu ane bilangnya buat ane (sambil teriak nama ane, ane bales senyum) tapi ibu ane malah ngasih kue itu ke adik ane yang lagi tidur-tiduran di kamar, ibu ane manggil adik ane tapi tetangga ane yang ngasih kue itu bilang "ini buat rara.. capek tuh abis bersihin rumah" tapi tetep adik ane yang abisin kue itu..

karena ane muak, habis bersihin rumah ane keluar dari rumah, jalanan masih agak banjir ane gak peduli, ibu ane nanya ke ane mau kemana, tapi ane diam aja gan, ibu ane malah bilang "makin gede makin jadi aja kelakuan, gimana nanti kalau udah sukses? masih nyusahin aja udah berani nyuekin orang tua"

ane minta saran gan/sist , ane harus gimana menghadapi ibu ane? belum lagi kalau di depan bapak ane ibu ane ini 'act like a victim' berasa ane anak durhaka banget.. emoticon-Mewek

oh ya, ane inget sekitar SMP ane pernah dimarahi habis-habisan karena ada temen ibu ane yang ngeliat ane buka jilbab dan peluk-pelukan sama cowok pas jam sekolah, ane udah bilang berkali-kali itu bukan ane (dan memang bukan ane) tapi ane tetap dimarahi, sampai ane memutuskan liburan di rumah nenek, ane dijemput dan ane ngamuk nangis dan kata sepupu ane ane kayak ketakutan gitu.. dan emang sejak saat itu ane selalu ngurung diri di kamar kalau ane ada di rumah, keluar kamar kalu ada perlu aja.. kadang ane merasa kalau ane bukan anak kandung ibu ane.. :'(

intinya sih ane merasa gak dianggap, dianak-tirikan, dan gak dipercaya.. ane cuma mau ibu ane memperlakukan ane sama kayak ibu memperlakukan adik ane..


mohon sarannya ya gan/sist..
ngadu sama ayah ente sist
tolong pindah ke SFTH yah , kepanjangan bacanya emoticon-Peace
Quote:


gimana caranya?
Quote:



Gausah juga gapapa kok emoticon-Big Grinkayanya ibu ente emang sifatnya kaya gitu ya sis? Banyak berdoa emoticon-rose
Quote:


Mungkin ane bukan anak yang sesuai dengan harapan beliau gan..
Quote:


takut mereka nanti berantem gara-gara ane gan..
Quote:

Gak bisa bilang begitu juga.. Sebenarnya kasus kamu ini masalah klasik.. emoticon-Big Grin

Untuk sekarang kamu kan udah cukup dewasa, seharusnya udah berusaha bersabar dan bijak lah nyikapi keanehan2 ortu..

Dan manjanya adek kamu, mungkin disebabkan dia anak laki2 satu2nya dan anak bontot pula.. Jadi ibu kamu manjain.

Jadi solusi terbaik, ya anggap aja ibu kamu skarang lagi gaje, jadi gak perlu diambil asih segala tindakannya..

Coba sekali2 curhat ke bokap.. Siapa tahu bokap bisa nasehatin ibu kamu.. emoticon-Big Grin


Kita2 disini gak berani kasih saran apa2.. Karena belum tau pasti apa masalahnya.. (kenapa ibu kamu begitu)
Karena kebanyakan kasus antara anak dan ortu, awalnya kelihatannya anaknya diperlakukan tidak adil, tapi setelah ditelusuri, ternyata malah anaknya yg memang bermasalah..
Quote:


Salam super pak emoticon-Angkat Beer
Kalo udah kelar kuliah emg enakan diem di kosan/kontrakan sampe dpt kerja sih...

emoticon-Ngakak (S)

Kalo nggk, ya gini.....
Mau gak mau sih... nyokap emg bisa dibilang dominan paling cerewet di rumah. (ada jg sih bokap-bokap diluar sana yang cerewet, tp biasanya lebih cerewet nyokap)

Dan, anak bungsu emg kyk gituhhh....
Masih mending ente cm ber 2....
Kalo ber 3, ente anak tengah, lebih ngenes lagi emoticon-Ngakak (S)

Ya.... disyukuri aja apa yang ada, bonyok masih sehat, adek masih sehat.
Nanti klo ada knp-knp, susah.....

Masalah kue itu jgn terlalu dibawa sensitif.
Biar adek sista seneng, kakaknya juga wajib seneng dong...

Jangan jadi seneng liat orang susah, susah liat orang seneng.

Mungkin itu krn udah numpuk aja penat di kepala, selain karena ente baru lulus (artinya baru kali ini selama itu di rumah, alias dari pagi-pagi di rumah doang) dan baru lagi denger ocehan nyokap, juga ada faktor pengangguran.

Pengangguran nambah stress jg tuh...

Jadi... yah dibawa santai ajah....
Kalem...
Bantuin dgn ikhlas aja...


Keep your mind clear.

Gak perlu sebuah alasan untuk membantu orang lain, apalagi orangtua dan keluarga sendiri.

Tetap semangat ya sist.
bentar lagi kerja kan sis..
santai aja,buktikan bahwa sista hebat dan berguna,kelak saat sista ga ad rumah kalau bisa ngekost sendiri,dan dirumah hanya ad ayah,ibu dan bungsu sista mereka juga akan tahu siapa yang lebih baik..
hanya waktu,usaha dan kenyataan yang akan menjawab semua permasalahan sista..
Buat agan kaydoc, tx2490, boeng.agus terima kasih banyak atas sarannya, ane juga bakalan lebih berusaha introspeksi diri, banyak bersyukur, sabar, berusaha mengatasi mumetnya pikiran dan jangan gampang iri.. emoticon-Smilie

sebenarnya abis bikin thread ini pun ane udah sedikit lega, soalnya ane butuh cerita ke orang lain tapi gak bisa cerita ke orang-orang yang ane kenal, udah terlanjur dicap introvert, gak suka denger kata 'tumben' jadi susah blak-blakan sama orang..

kayaknya kalau sama orang yang disayang lebih baik jarang ketemu ya? terlalu banyak konflik, capek.. *curhat lagi*

ditutup aja kali ya threadnya.. terima kasih.. emoticon-Smilie
Quote:


mudah-mudahan sebentar lagi.. amiinn.. emoticon-Smilie terima kasih ya..
nih posisi ini sih klo ane bilang cuma 1 yg bisa benerin,

Mukjizat dari yg di Atas

caranya gampang2 susah sih,, ente rajin2 beribadah ,, kluarin zakat ,, dan minta pada yg pnya hidup gan

semoga hati ibu ente terbuka lah, dan melihat dengan benar , mna yg benar dan yg salah, gtu aja klo mnrut ane

emoticon-Toast
emoticon-Matabelo yg sabar ya sis
mgkin ente perlu ngbrol empat mata sm bokap ente, semacam curhatlah. omongin yg biasa trjadi
bgaimnapun itu ibu ente, ridlo tuhan tergantung ridlonya emoticon-Malu (S)
Quote:


Sama sama.. emoticon-Big Grin

Btw, untuk masalah iri, sebaiknya mulai dihilangkan..
Maksud saya iri kepada adik kamu. Bagaimanapun, seharusnya kamu doakan semoga adik kamu jadi lebih dewasa dan lebih baik..

Ingat, kalian cuma berdua lho.. Gagal atau suksesnya adik kamu, juga akan berpengaruh ke kamu...

Jadi, untuk apa iri ke orang yg kelak akan jadi tempat kamu minta tolong atau sebaliknya.. emoticon-Big Grin

Jangan terlalu serius menanggapi sikap adik.. Anggap aja masih bocah, toh usia kamu juga masih 21, asumsi saya adik kamu pasti masih SMA.. Yg pastinya masih belum paham etika, sopan santun, apalagi menjaga perasaan orang lain (khususnya cowok).. emoticon-Big Grin


Mungkin kamu putri yang tertukar emoticon-Angkat Beer
gapapa biar jadi pribadi keras dan tangguh emoticon-linux2

Quote:


yakali manusia bisa di custom emoticon-EEK!:
Mungkin ente kurang komunikasi antar ibu ente. Coba deh sering2 ngobrol bareng, cerita bareng, atau apalah itu. Siapa tau hati ibu ente terbuka
Quote:


oke... ini ngena banget kata-katanya, juga asumsinya hmmm.. kenal saya di dunia nyata ya? atau bisa meramal? emoticon-Big Grin