alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52ea30ec0d8b46e0448b45fd/gimana-sih-cara-analis-kebutuhan-client-yang-ga-ngerti-it
gimana sih cara Analis kebutuhan Client yang ga Ngerti IT
Selamat sore.

sesuai dengan judul. saya mau sedikit bertanya ni.

gini, sekarang itu lagi PKl di salah satu perusahaan. nah pas disana. saya agak terkejut juga karena pas saya kesana itu mereka lagi butuh suatu aplikasi untuk menjunjang proses bisnis mereka ..

nah permasalahan nya .. pas saya bertanya tentang kebutuhan aplikasi nya itu seperti apa .. eh yang minta di bikinin aplikasi nya malah kebingungan juga ,,

nah maksud pertanyaan saya itu, " gimana sih cara supaya client bisa memberikan informasi kebutuhan untuk aplikasi yang akan di buat ini." pertanyaan apa aja sih yang seharusnya ditanyain ketika dapet client kayak gini ...

ya agan coba tanya aja.. report/output apa yg pengen di harapkan dr program/sistem tsb gan..
misal laporan penjualan/order, laporan srok brg dll

trus coba agan liat divisi nya ada apa aja dlm prusahaan itu.. misal ada gudang, nah coba sugest ke mereka apa mau dibuatkan sistem inventori..
Quote:Original Posted By tramjr
Selamat sore.

sesuai dengan judul. saya mau sedikit bertanya ni.

gini, sekarang itu lagi PKl di salah satu perusahaan. nah pas disana. saya agak terkejut juga karena pas saya kesana itu mereka lagi butuh suatu aplikasi untuk menjunjang proses bisnis mereka ..

nah permasalahan nya .. pas saya bertanya tentang kebutuhan aplikasi nya itu seperti apa .. eh yang minta di bikinin aplikasi nya malah kebingungan juga ,,

nah maksud pertanyaan saya itu, " gimana sih cara supaya client bisa memberikan informasi kebutuhan untuk aplikasi yang akan di buat ini." pertanyaan apa aja sih yang seharusnya ditanyain ketika dapet client kayak gini ...



Emang butuh pengalaman juga sih

Cuma minimal korek aja apa input yg mereka mau (liat kertas/excel/formulir yg mereka pake sekarang) dan output seperti apa yg diinginkan (liat report yg mereka pake sekarang)
Liat yg sekarang mereka flow-nya seperti apa...
tanya untuk kebutuhan apa saja yang mereka minta misal dijawab
Kalau software penjualan
-data barang
-penjualan
-laporan data barang dan penjualan

klo ane selalu dari point yg mereka inginkan ditanyakan detailnya
-apakah data barang mencakup stok?
-apakah data barangnya memiliki cakupan variant harga seperti harga beli,harga jual atau harga distributor?

-apakah penjualan nya memiliki fitur input diskon?
-apakah penjualannya menggunakan barcode sistem?

-apakah rekap laporan dengan priode bulanan atau spesifik?

sebenernya untuk konsumen masyarakat yg ingin menggunakan teknologi untuk menunjang biasanya ga muluk" yg penting efisien dan MURAH ^_^
user paling seneng liat apa coba?
liat report emoticon-Big Grin

jadi loe bikinnya mundur, dari report loe tarik ke db baru jadi form
baru pelan2 tarik business processnya
Kl saya biasanya nanya ke user gmn proses manualnya selama ini. Apakah menggunakan excel atau masih di kertas biasa. Stlh tahu sistem prosesnya secara manual, bisa mulai kebayang gambaran sistemnya secara garis besar (jika dirasa ada yg kurang di sistem bisa dilakukan penambahan / perbaikan) & rancangan program yg dibutuhkan.