alexa-tracking

Sering Menahan Buang Air Kecil Saat Terjebak Macet? Ini Efek Buruknya !

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52e8c918fbca1796268b45d3/sering-menahan-buang-air-kecil-saat-terjebak-macet-ini-efek-buruknya
Thumbs up 
icon-hot-thread
Sering Menahan Buang Air Kecil Saat Terjebak Macet? Ini Efek Buruknya !
Sering Menahan Buang Air Kecil Saat Terjebak Macet? Ini Efek Buruknya !

Sering Menahan Buang Air Kecil Saat Terjebak Macet? Ini Efek Buruknya !

Sering Menahan Buang Air Kecil Saat Terjebak Macet? Ini Efek Buruknya !

Sering Menahan Buang Air Kecil Saat Terjebak Macet? Ini Efek Buruknya !

Quote:Sering Menahan Buang Air Kecil Saat Terjebak Macet? Ini Efek Buruknya !
: emoticon-Selamat HT Pertama ane Gan . Makasih ya Semua ,Min Mod , Gan Sist . Akhirnya HT juga ini trit padahal tadi Sepi emoticon-Selamat


emoticon-Selamat Permisi Agan Sist , Disini ane ingin berbagi Informasi Sesuai judul thread diatas . Informasi Engga banyak Tapi Semoga Bermanfaat . emoticon-Selamat

Quote:
Quote: PENDAHULUAN
Sering Menahan Buang Air Kecil Saat Terjebak Macet? Ini Efek Buruknya !

Saat kita dalam keadaan macet / lagi dalam mobil , Pernahkan kalian merasakan kebelet BAK ? Ya saya yakin kalian juga pernah melakukan Hal itu . Tapi tak disangka kebiasaan itu akan merusak diri kalian sedikit demi sedikit , memang tidak begitu terasa rasa sakit itu , Apabila sudah Parah / Sering melakukan hal itu . Entah apa yang akan terjadi emoticon-Cool

Sering Menahan Buang Air Kecil Saat Terjebak Macet? Ini Efek Buruknya !
Sering Menahan Buang Air Kecil Saat Terjebak Macet? Ini Efek Buruknya !

Quote: Ini Alasanya ..
Sering Menahan Buang Air Kecil Saat Terjebak Macet? Ini Efek Buruknya !


Sering Menahan Buang Air Kecil Saat Terjebak Macet? Ini Efek Buruknya !

Quote:
Di musim banjir seperti saat ini, kondisi macet bisa muncul lebih sering dari biasanya. Nah, seringkali rasa ingin buang air kecil muncul dan Anda tak bisa menahannya bukan? Jangan dianggap sepele, jika terjadi terus-menerus bisa berakibat buruk bagi kesehatan tubuh, lho.

"Dalam kondisi normalnya, kandung kemih bisa menampung urine sebanyak 400 cc. Tapi kalau sudah lebih dari itu dan ditahan dalam waktu yang cukup lama bisa menimbulkan risiko infeksi saluran kemih," papar Dr Chaidir A Mochtar, SpU, PhD, spesialis urologi dari RSCM saat berbincang dengan detikHealth.

Infeksi saluran kemih memiliki gejala tertentu, di antaranya disebutkan oleh Dr Chaidir adalah nyeri pada perut bagian bawah, muncul rasa perih saat buang air kecil, dan frekuensi buang air kecil juga menjadi lebih sering namun dengan volume yang sedikit. Jika sudah memiliki gejala seperti ini, segera periksa ke dokter sebelum muncul demam dan nyeri di daerah pinggang.

"Kalau sempat tes urine dulu sebelum ke dokter, jadi bisa sekalian diperiksa hasil tesnya. Nanti akan diperiksa lebih lanjut dan diberikan pengobatan yang tepat sesuai kondisi pasien," tutur Dr Chaidir.

Dilanjutkan oleh Dr Chaidir, selain infeksi saluran kemih, kebiasaan menahan buang air kecil juga bisa membuat otot kandung kemih menjadi kurang sensitif. Kondisi ini muncul karena otot yang ditahan terus-menerus lama-kelamaan menjadi melar.

Dalam kondisi macet memang sangat terpaksa seseorang menjadi harus menahan keinginan buang air kecil. Namun hal ini sebaiknya jangan dijadikan kebiasaan. "Yang penting saat dalam kondisi tidak macet atau tidak terpaksa ditahan, jangan dibiasakan menahan buang air kecil," terang Dr Chaidir.

Jika dibiarkan terus-menerus, keseringan menahan buang air kecil juga bisa berpengaruh pada kesehatan ginjal. Menahan buang air kecil berarti meningkatkan tekanan pada ginjal, mengakibatkan produksi ginjal menurun dan menjadi bengkak. Dalam hal ini ginjal tak dapat berfungsi semaksimal mungkin dan disebut sebagai gagal ginjal.

"Ya bisa disebut gagal ginjal, meskipun mungkin masih tahap awal. Kalau sudah parah nanti bisa sampai harus cuci darah atau bahkan transplantasi ginjal," terang dr Chaidir
.


Quote:
Umumnya menahan kencing akan dilakukan jika anak mengalami pengaruh psikologis, misalnya karena tidak mau kehilangan momen-momen yang mengasyikkan saat sedang bermain. Penyebab lainnya bisa jadi gangguan organik. Misalnya, ketika kencing anak merasa kesakitan.

"Yang sering terjadi, lubang kulup pada anak laki-laki terlalu sempit, sehingga kencing tertahan di sana dan menimbulkan rasa sakit," ujar Stefanus. Rasa sakit inilah yang mendorong anak menahan kencingnya.
Atau, bisa juga karena terjadi kelainan anatomi pada organ kemihnya. Bila anak merasa sangat tidak nyaman, perih seperti tertusuk misalnya, anak pun akan berusaha menghindari rasa sakit itu dengan cara menahan aliran kencingnya. "Kelainan pada anatomi pun punya risiko tinggi untuk menjadi infeksi saluran kemih."

AKIBAT KENCING DITAHAN
Menurut Stefanus, akibat dari kebiasaan menahan kencing adalah infeksi kandung kemih. Masalahnya, air kencing yang bertumpuk di kandung kemih merupakan medium yang sangat baik untuk pertumbuhan kuman dan bakteri. Ingat, air kemih mengandung sisa-sisa pembuangan yang bisa mengandung apa saja yang mudah dihinggapi berbagai kuman.

Ketika terjadi infeksi, banyak hal yang bisa dirasakan anak, seperti rasa perih di pangkal bagian dalam buah zakarnya, sakit perut, mual-mual, sakit pinggang, dan sering kencing tapi kuantitasnya sedikit. Atau mungkin saja gejala yang muncul mirip dengan gejala sakit lainnya, seperti demam, pusing, dan lemas.

Kalau salah satu dari gejala pertama yang muncul, maka dokter dan mungkin orang tua bisa langsung menebak kalau sedang terjadi ketidakberesan dengan bagian kandung kemihnya. Namun kalau gejala yang muncul berupa demam, pusing, atau lemas, bisa saja tidak ditemukan indikator penyebabnya. Untuk itu diperlukan pemeriksaan air kencing di laboratorium. "Dengan pemeriksaan air kencing dapat diketahui terjadi infeksi atau tidak," ungkap Stefanus.

Infeksi pada kandung kemih harus segera diatasi. Bila tidak, kuman dan bakterinya bisa naik ke ginjal melalui saluran ureter. Bisa saja nantinya anak akan mengalami infeksi ginjal dan gagal ginjal. Apalagi infeksi kandung kemih merupakan penyakit urutan kedua setelah infeksi saluran pernapasan pada anak.


Sering Menahan Buang Air Kecil Saat Terjebak Macet? Ini Efek Buruknya !

Sering Menahan Buang Air Kecil Saat Terjebak Macet? Ini Efek Buruknya !

Quote: SUMBER 1
SUMBER 2


Sering Menahan Buang Air Kecil Saat Terjebak Macet? Ini Efek Buruknya !
reserverd emoticon-Cool
emoticon-Thinking
woh untung ane gk pernah nahan kencing gan emoticon-Takut
ane sering banget tuh gan emoticon-Belo
nice inpohnya ts emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Kaskus Lovers
Quote:Original Posted By uris
emoticon-Thinking
woh untung ane gk pernah nahan kencing gan emoticon-Takut


Makasih Ris emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By nomoney.galak
ane sering banget tuh gan emoticon-Belo
nice inpohnya ts emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Kaskus Lovers


Makasih Say emoticon-Ngakak

gapapa daripada pipis dijalan emoticon-Malu (S)

Quote:Original Posted By uris
emoticon-Thinking
woh untung ane gk pernah nahan kencing gan emoticon-Takut

emoticon-Hoax jangan percaya sama yang ini emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngacir
biasanya ane buang hajat dulu kalo mw pergi jauh emoticon-Matabelo
botol kosong sama botol isi air kalo sudah gak tahan emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By shiiiit

gapapa daripada pipis dijalan emoticon-Malu (S)


Di botol mijon aja gan ? emoticon-Ngakak
wah bahaya banget yah emoticon-Takut
Quote:Original Posted By shiiiit


emoticon-Hoax jangan percaya sama yang ini emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngacir


Hahahaha emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By donoloyo.yolo
biasanya ane buang hajat dulu kalo mw pergi jauh emoticon-Matabelo
botol kosong sama botol isi air kalo sudah gak tahan emoticon-Ngakak


BOTOL MIJONNN emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By MrsJupe
wah bahaya banget yah emoticon-Takut


Iya peee.. Sepi nihh
Ane pindahin ga ya ke Longe ?
wah kdg ane suka nahan kencing...apalgi klo ruangan berAC nya dingin banget,bawaan pgn kencing mulu tp ga bisa melewatkan momen penting,jd nahan2 juga emoticon-Cape d... (S)
klo ane siapin botol gans emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Quote:Quote:emoticon-Bata (S) Dont forget to visit my other threads gan emoticon-Bata (S)


Underdog – Bagaimana Mereka yang Lemah Mengalahkan yang Kuat

7 Kalimat Ini Sebaiknya Tidak Diucapkan Kepada Anak-Anak

tanda tubuh tidak sehat dan bermasalah

Mitos kesehatan / kebiasaan yang dianggap baik tapi sebenarnya berbahaya

Bukan Warga Indonesia, Namun Pengabdian Mereka Luar Biasa Untuk Negeri Ini! RESPECT!! [HOT Thread] cetar nih gan :iloveindonesias

10 makanan yg baik untuk rambut

15 Foto Letusan Gunung Berapi yang Diambil dari Ruang Angkasa:matabelo

Lakukan Banyak Pekerjaan Sekaligus, Orang-Orang Ini Bikin Ngakak gan!

Aksi Hewan-hwan Yang Ngocol Ini Bikin Kesel Banget gans! [ngakak]

Petaka Salah Kirim Pesan, Dijamin Bikin Ngakak sampe Mencret gans!

Kasihan Gan, Gadis-Gadis Malang Ini Terjepit Sesuatu :mewek

10 Kisah Nyata Bangsawan Menikahi 'Rakyat Jelata' di Dunia!

Mural , Grafiti dan Poster Tentang Perjuangan Kemerdekaan Indonesia! Keren gans!

Foto Wanita Menyeret Fotografer (Pacarnya) ke Seluruh Penjuru Dunia

Sebuah Renungan Tentang Makna Dari Cinta (komik strip)

40 Foto Penuh Sejarah yang Wajib Anda Lihat

10 Tempat Keren di Bumi Yang Dilarang Dikunjungi! :cystg

Jawara Rock 90an Indonesia, Dari Generasi ke Generasi [No alay inside!]

Membangun dunia dengan selera

6 Kebodohan yang bikin pendaki mati di gunung [Must Read]

Foto-foto Makro Mengagumkan dari Objek-objek kecil

7 Vokalis Band Paling Cantik Di Dunia :wowcantik *eyegasm

9 Inovasi medis yang akan mengguncYang tahun 2014 [HOT]

Percayalah, Artis-Artis Ini Tak Cocok Tampil Tanpa Make-Up! :ngakaks

[HOT] 7 Dokter Yang Rela Hidup Miskin Demi Menolong Pasien

Foto-Foto Parahnya Polusi di China, Ngeri gans!

10 Fakta Tragis Tragedi Kecelakaan Kereta Bintaro 1987 - 2013!

Pekerjaan-pekerjaan Superhero Jika Dunia Damai

Karena Pakaian Berbahan Kain Terlalu Mainstream, ini dia Pakaian Terbuat dari BAN

ane kalo pas lagi mudik ke kampung halaman sering nahan kencing . . . haduh gawat donk . . .
baru tau ane gan ternyata gk boleh di sepelein bgt itu gan emoticon-Matabelo
thx infonya gan
Berarti Guru Sama aja membahayakan kita dong gan emoticon-Bingung (S)

" Bu Saya Mau Ke Toilet mau Buang Air Kecil"
" Gak!, Nanti! "

emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By donoloyo.yolo
biasanya ane buang hajat dulu kalo mw pergi jauh emoticon-Matabelo
botol kosong sama botol isi air kalo sudah gak tahan emoticon-Ngakak


setuju gan, ini alternatif klo lagi di perjalanan cari botol kosong emoticon-Ngakak (S)