alexa-tracking

ipk itu ngaruh ga sih didunia kerja??

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52e7c8d80e8b469d2c000030/ipk-itu-ngaruh-ga-sih-didunia-kerja
ipk itu ngaruh ga sih didunia kerja??
gan ane newbie nih..
mav yak klo ada salah ketik pake hape..

mau curhat ga.. ipk tuh ngaruh ga sih buat masa depan..
jujur gan ane anak teknik ..ampe sekarang ip ane ancur ane udah smester 3..
padahal udah banting otak.. ttep aja ane ga dpet hasil yg memuaskan.
hobby ane sih desain gitu dari dlu ane suka seni. lebih ke otak kanan lah gan..
tapi ga tw napa yah gan pas snmptn ketrima diteknik..
minta solusi gan.. nih..
klo agan kayak ane gmn??.
lanjut ato pindah??
ane takuy pas kerja ane pengangguran gan gara2 ipk pas2an gan

sorry gan berantakan
double trit ya?
image-url-apps
Nyet tret lu udah ada nyet ,
Dobel tret noh emoticon-Bata (S)
KASKUS Ads
walo double thread (agk bd judul) tp jwban ttp sama

IP Ngaruh mas e~emoticon-Ngakak

IP itu smcm kartu pass wktu mau msk krja
dbutuhkan untk saringan awal
stlh masuk krja?
IP bs dblg tdk ngaruh

tp ttp aj klo mau krja
msti lolos saringan awal
klo mau lolos saringan awal buth IP
got my point?
kagak ngaruh2 amat sih gan... apalagi dunia teknik.. kalau ngelamar di MNC bahkan kecenderungan kagak pernah ditanya IP dan ijazahnya, CV justru berpengaruh (justru kejujuran membuat CV-bukan bullsheet nya CV)... kalau freshgrand biasanya masuk entri level, berapapun IP nya kagak bisa apa2... klo sudah masuk level menengah pengaruh dari posisi sebelumnya dan expertasi nya diliat dr pengalaman kerja... nb: jujurlah ketika membuat CV dan interview.. yg diliat itu character asli
image-url-apps
Quote:


Err... saya pernah kerja di MNC, pernah rekrut karyawan juga buat MNC tsb.
Untuk fresh grade, yang pertama saya cek adalah lulusan univ mana.
Tahap berikutnya : berapa IPK-nya.
Tahap berikutnya lagi : skill lain dan pengalaman organisasi.

Soal karakter, baru bisa dinilai saat wawancara (dengan preliminary dari hasil psikotest sebelum tahap wawancara).
Tapi ya yang bisa ikut tahap psikotest itu sendiri udah disaring orang2 yang ketiga poin di atas skornya bagus.
IPK baru saya abaikan kalau pelamar tsb pengalaman kerjanya di atas 3 tahun.
@mynesha.. accord sista... ok.. iya sih ane dulu masuk pakai management aproval.. (internal vacancy, awalnya trainee).... habis probation langsung teken kontrak.. trus pindah 2 kali kagak ada yg nanya IP
katanya sih ngaruh, tapi kalo IPKnya udah gede sih gak ngaruh emoticon-Embarrassment
image-url-apps
jarang bgt perusahaan yg nanyain IP,biasanya cma prusahaan bsar doang..
image-url-apps
klo mau banting stir kerja ke dunia grafis, ga pernah ditanyain Ipk gan, paling cuma portofolio emoticon-Big Grin
image-url-apps
'IPK gak ngaruh di dunia kerja, bro!'

itu sih cuma kata mereka2 yg ipknya pas2an, padahal nyesel, gak serius belajar, lulus ipk cekak, susah diterima kerja.

kebanyakan perusahaan atau instansi pemerintahan merekrut pegawai persyaratan saringan awal adalah lulusan perguruan tinggi yg terakreditasi dan IPK minimal.

Ente masih semester 3, masih cukup banyak waktu perbaiki diri: belajar serius, kalo bisa ikut semester pendek utk nyuci nilai, atau ulang mata kuliah. Jangan menyesal belakangan, apalagi ente kuliah di univ. negeri kan.

Jangan sia2kan kesempatan yg ada di tanganmu.
ipk tu emang pengaruh gan.. tapi yg lebih berpengaruh lama nya agan menyelesaikan perkuliahan gan..
image-url-apps
ngaruh, paling gak buat awal ngelamar
image-url-apps
ya ngaruh lah, perusahaan mana yg mo nerima IPK nasakom emoticon-Gila

gini loh..
perekrutan karyawan itu yg ptama x diliat adalah background pendidikan, IPK dan asal universitas.
istilahnya, klo ke-3 spek itu ga masuk persyaratan ya palingan CV lo cuma bakal masuk tong sampah.

cuma ada 3 hal yg bikin 3 point tadi ga berlaku, jika :
1. ada koneksi internal.
2. pengalaman kerja lo uda bertaun2 di bidangnya (artinya jam terbang lo uda mumpuni ketimbang sekedar faktor akademis).
3. buka usaha sendiri.

memang pada prakteknya IPK ga ngaruh ma dunia kerja yg akan digeluti, yg terutama yaitu skill dan totalitas lo, cuma itu adalah basic filtering buat bisa masuk ke perusahaan yg jadi inceran lo.
image-url-apps
Quote:


mav gan
koneksi lemot abis..
maklum nubi

emoticon-Sorry
image-url-apps
Jangankan IPK lu kuliah aja kaga ngaruh tuh biar dapet pekerjaan yg enak emoticon-Malu
yang berpengaruh besar sih "Kolerasi" dan "sedikit keberuntungan" untuk di dunia kerja.. gitu sih kutipan film republikTwitter emoticon-Cool
image-url-apps
Klo sbg fresh graduate, ipk sangat menentukan gan. Biasanya yg jd bahan saringan utama itu asal perguruan tinggi dan ipk.
Semakin panjang pengalaman, semakin turun pentingnya ipk dan semakin tinggi nilai pengalaman kerja.
Tapi ini untuk orang yg mau jd karyawan ya. Klo pengusaha tentu lain lagi.

Saran gw:
Jgn dengerin opini org yg bilang ipk ga penting.
Usaha terus. Kuliah ga hrs pintar, tp perlu rajin scr konsisten.

Hanya segelintir pengusaha sukses yg dulunya gagal saat sekolah. Tapi jauh lebih byk org yg berhasil dalam karir krn sekolahnyapun diselesaikan dg baik.
image-url-apps
ya itu keberuntungan juga gan . ada yg ipk tinggi tapi masih nganggur aa yang pas pas an udh kerja udh jadi manej3r lagi ,
sesuai luck aja gan dan rejeki masinh2 orng , percaya dan yakin aja bakal dapat kerja gan amin , ane juga ipk nya pas2an , alhamdulillah posisi kerja dapat yang bagus gan
image-url-apps
Kalo menurut ane sih ipk ngaruh cuma gak mutlak.. Plg penting sih skill dan profesionalisme serta pengalaman bekerja sblumnya.. Jd ibarat kata, klo ipk kurang. Ya mesti mulai dr bawah lagi (mgkin ktrima di perusahaan kecil menengah yg tdk mementingkan ipk utk masuknya) setelah kerja dsana bbrpa lama bru bs cb ngelamar ktmpt lain (bermodalkan pengalaman kerja)
×