alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52e15c8bbecb1736098b4612/butuh-saran-calon-mahasiswa
butuh saran (calon mahasiswa)
Assalamuallaikum wr.wb

Maaf banget jika ane emoticon-Salah Kamar atau salah post..

sebelum nya kenalin dulu. ane seorang pelajar yang sebentar lagi lulus dari masa putih abu-abu. pasti dong pikiran pertama ane mengarah kemanakah ane kelak jika sudah lulus nanti?
kerja.. bukan gamau ya gan. cuma lulusan SMA mau jadi apa? andaikan lulusan SMK sih ane mungkin aja kerja. jelas telah di ajarkan khusus sesuai jurusan.
itu lah kenapa ane nyesel masuk SMA gan.
opsi kedua ya pastinya kuliah..
kuliah banyak jurusan nya sampe sampe ane makin galau..
ane sih minat sama jurusan ini.
1. ilmu komunikasi ( PR ) tapi ane mikir nulis trit ini aja masih acak acakan.. gimana mau jadi public relation.
2. ilmu komunikasi ( broadcasting ) jujur ane demen banget sama yang satu ini. kerja tim penuh tantangan.. apalagi mejadi salah satu pegawai pertelevisian swasta yang oke. tapi kata temen ane kerja jam militer & ga harus dari jurusan broadcasting juga bisa kerja disini. lantas ngapain bayar mahal kuliah kalo selain jurusan broadcast juga bisa kerja disini.
3. design .. entah lah itu design grafis atau lain lain.. temen ane pindah jurusan karna otak + kemampuan sangat di andelin disini.
4. akutansi atau yang berbau kerja di perusahaan. ini opsi terakhir gan. melihat temen ane yang kerja kantoran ane demen banget. tapi kalo masalah itung"an ane di bawah standar keknya gan..

sekian ini dulu gan. mohon saran nya. terserah agan/sist mau bilang ane apa. ane cuma gamau aja salah jurusan.
sejujurnya ane bukan dari keluarga yang berkepunyaaan/kaya raya. sebab itu lah ane menanyakan jurusan yang tepat buat ane masukan dari agan sangat ane butuh kan. dari pada nanti ane salah jurusan dan mandet di tengah jalan. kan sayang sayang duit ortu ane emoticon-Frown
wasallamuallaikum wr.wb emoticon-I Love Kaskus

Smile 

sama gan, ane jg pelajar yg bntr lagi mau lulus... emoticon-I Love Indonesia (S)
klw ane saranin pilih jurusan yg sesuai passion agan .. emoticon-I Love Indonesia (S)
public relationship apanya long distance relationship? emoticon-Ngakak (S) nggak pake 'ship' kali emoticon-Big Grin

okay untuk memulai, coba fokuskan dulu diri lu, apa yang lu suka? ilmu apa (di sma) yang lu suka dan menyenangkan buat lu mempelajarinya? apa cita2 lu?

jawab pertanyaan diatas lewat perenungan yang dalam, tanya hati lu dan jawab secara jujur. soalnya lu masih terombang ambing gara2 melihat temen lu begini temen lu begitu, kata orang ini itu .. percayalah nggak semua yang lu denger dan lu lihat itu bener emoticon-Smilie

lu nggak pengen ngecewain orang tua lu dan ingin berprestasi, itu adalah suatu niat yang sangat baik, mau tau gimana mencapai itu? pelajarilah dan lakukanlah apa yang lu senangi, lakukan dengan hati dan itu akan menghasilkan prestasi. Jangan milih jurusan kuliah cuma karena 'supaya gampang dapat kerja' atau karena 'kelihatannya pelajarannya gampang' atau menghindari jurusan kuliah tertentu karena 'kuliahnya susah' atau 'prospek kerjanya setelah lulus itu susah' .. percayalah ilmu itu semua bisa dipelajari, nggak ada mahasiswa pintar, yang membedakan mahasiswa yang berprestasi dengan yang enggak adalah ketekunannya dan keikhlasannya dalam menggali ilmu.

Jangan kuliah karena pengen mendapat kerja mudah, jangan kejar ijazahnya tapi kejarlah ilmunya, ijazah bisa sobek, hilang, hanyut, kebakar tapi ilmu nggak akan lekang oleh waktu .. dan apabila lu bisa memahami suatu ilmu dengan baik dan bahkan jadi ahli di bidang ilmu itu maka rezeki akan datang dengan sendirinya melalui usaha lu dan sebagai buah keikhlasan lu dalam mempelajai ilmu tersebut. Katakanlah kuliah PR, berprestasi disitu, memahami ilmunya dengan baik, bukan tidak mungkin di masa depan lu akan dikenal sebagai seorang jurnalis handal, news anchor yang terkenal, penulis yang menginspirasi, atau misalnya lu ambil kuliah kedokteran, di masa depan lu dikenal sebagai seorang dokter yang menemukan obat untuk suatu jenis penyakit yang saat ini belum ada obatnya .. semua itu mungkin saja terjadi, karena itu bijaklah dalam memilih jurusan kuliah, diskusikan dengan orang yang lebih mengerti, dengan orang tua, wali kelas atau guru BK, carilah informasi sebanyak mungkin mengenai dunia perkuliahan dan jurusan jurusan yang menarik minat lu, itu akan membantu lu mengambil keputusan dengan lebih baik nantinya

good luck emoticon-Smilie
Mumpung belum lulus. Beberapa bulan ini , mantapkan apa yg diinginkan.
Ga semua lulusan S
MA menuju kuliah atau kerja , ada juga pedagang kaki lima.
Intinya , niat dulu baru di mantapin apa yg mau di inginkan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By haji96
maaf banget jika ane emoticon-Salah Kamar atau salah post..

sebelum nya kenalan dulu. ane seorang pelajar yang sebentar lagi lulus. pasti dong pikiran pertama ane mengarah kemanakah ane kelak jika sudah lulus nanti?
kerja.. bukan gamau ya gan. cuma lulusan sma mau jadi apa? andaikan lulusan smk sih ane mungkin aja kerja. jelas tlah di ajarkan khusus sesuai jurusan.
itu lah kenapa ane nyesel masuk sma gan.
opsi kedua ya pastinya kuliah..
kuliah banyak jurusan nya sampe sampe ane makin galau..
ane sih minat sama jurusan ini.
1. ilmu komunikasi ( PR ) tapi ane mikir nulis trit ini aja masih acak acakan.. gimana mau jadi public relationship.
2. ilmu komunikasi ( broadcasting ) junur ane demen banget sama yang satu ini. kerja tim penuh tantangan.. apalagi mejadi salah satu pegawai pertelevisian swasta yang oke. tapi kata temen ane kerja jam militer & ga harus dari jurusan broadcasting juga bisa kerja disini. lantah ngapain bayar mahal kuliah kalo selain jurusan broadcast juga bisa kerja disini.
3. design .. entah lah itu design grafis atau lain lain.. temen ane pindah jurusan karna otak + kemampuan sangat di andelin.
4. akutansi atau yang berbau kerja di perusahaan. ini opsi terakhir gan. melihat temen ane yang kerja kantoran ane demen banget. tapi kalo masalah itung"an ane di bawah standar keknya gan..

sekian ini dulu gan. mohon saran nya. terserah agan/sist mau bilang ane apa. ane cuma gamau aja salah jurusan, buang buang duit orang tua aja. ane mau blajar yang serius mau sukses biar bisa senengin ortu.
makasih emoticon-Big Grin


dari ke 4 jurusan tadi mana yang agan paling cintai ? kalo agan bisa cintai 1 jurusan dari 4 pilihan yang agan berikan maka silahkan menuju jurusan yang agan cintai karna agan tidak akan merasa cepat bosan atau kesulitan karna agan sangat mencintainya dan menyukainya emoticon-Big Grin
akutansi aja

atau managemen bukannya apa soalnya kebanyakan jurusan itu yg di cari

Public relationshipemoticon-Ngakak (S)
Public relation bukan relationship emoticon-Mad

Kalo menurut gw sih mending ilkom aja, tp ilkom banyak peminatnya,kalo lo ambil universitas negeri pasti susah.

Lo dari jurusan apa sih? Ambil yg seprodi sama lo,biar gampang masuknya. Trus juga yg bener2 lo minatin jurusannya..

--

Btw, kerjaan lulusan SMA banyak kok emoticon-Big Grin
Ada Admin, SPG, SPV, teller bank, CS, dll emoticon-Smilie
public relationnn !♥ harapan org buat ane.. hahaa
cumanya ane gmw jd itu walaupun ane suka ngoceh.. tapi public relation itu menyakitkan.. kita ga ikut salah... kita yg d omelin sama orang2... giliran perusahaan kita bagus.. orang2 g ucapin apa2 ke public relation.
Quote:Original Posted By srahayudes

Public relationshipemoticon-Ngakak (S)
Public relation bukan relationship emoticon-Mad

Kalo menurut gw sih mending ilkom aja, tp ilkom banyak peminatnya,kalo lo ambil universitas negeri pasti susah.

Lo dari jurusan apa sih? Ambil yg seprodi sama lo,biar gampang masuknya. Trus juga yg bener2 lo minatin jurusannya..

--

Btw, kerjaan lulusan SMA banyak kok emoticon-Big Grin
Ada Admin, SPG, SPV, teller bank, CS, dll emoticon-Smilie


ngawur, kerjaan yang lu sebutin semua itu sekarang mintanya minimal D3 kali emoticon-Embarrassment
Mending kuliah sesuai dengan keinginan dan hobby agan...

Gak usah denger kata orang lain, toh agan yang akan menjalaninya bukan orang lain...

Masalah setelah itu mau kerja jadi apa, biarkanlah waktu yang menjawab semuanya... emoticon-Malu
Quote:Original Posted By herzberg


ngawur, kerjaan yang lu sebutin semua itu sekarang mintanya minimal D3 kali emoticon-Embarrassment



Gue lulusan SMA dan gue pernah kerja macem tadi yg gue sebut emoticon-Malu (S)

Minta sarannya ke alumni lulusan bidang yg ente minatin..

Kedua pastiin dulu ente minatnya 100% kuliah dimana dan yg sesuai bakat ya

Kenapa gak jurusan IT aja gan? emoticon-EEK!

Imo, jurusan yang berhubungan dengan design itu nantinya kerja di industri kreatif. Sedangkan industri kreatif itu kejam gan. Mulai dari jam kerja yang gak beraturan sampe deadline yang bikin stress.

Kalo (kebanyakan) dunia IT lebih santai, lebih banyak senggangnya dari pada kerjanya. Contohnya ane nih, ane kerja hanya disaat operasional gak kerja, artinya disaat semua teknis berjalan normal ya ane gak kerja emoticon-Ngakak (S)

Dunia IT juga percabangannya ada banyak. Dari application programming (C++, Visual Basic), web programming (PHP, HTML5), networking (cisco, mikrotik) atau mungkin mo jadi database administrator (mysql, oracle).

Rata2 nih, penghasilan IT itu enggak sedikit lohh. Dan kalo kita jago dibidang IT bisa jadi nilai plus juga di mata cewek2 emoticon-Genit:

Geek is good gan emoticon-Peace

Ini cuma saran aja sih, kalo emang gak minat di bidang IT mending gak usah coba2. Dunia IT itu harus total karena saingannya banyaakk. Kalo gak menonjol ente bisa aja diganti sama IT yang lebih jago. emoticon-Berduka (S)

Semoga membantu, good luck gan
Quote:Original Posted By srahayudes

Gue lulusan SMA dan gue pernah kerja macem tadi yg gue sebut emoticon-Malu (S)


dan gw pernah di perusahaan yang ada pekerjaan2 yang lu sebut itu, dan selama gw disana setiap ada rekrutmen bagian itu gw nggak pernah ketemu lulusan sma emoticon-Embarrassment

ah sudahlah mungkin beda perusahaan beda kebijakan emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By herzberg


dan gw pernah di perusahaan yang ada pekerjaan2 yang lu sebut itu, dan selama gw disana setiap ada rekrutmen bagian itu gw nggak pernah ketemu lulusan sma emoticon-Embarrassment

ah sudahlah mungkin beda perusahaan beda kebijakan emoticon-Ngacir



Mungkin betul gan beda perusahaan beda kebijakan emoticon-Embarrassment

Kenapa jadi ributin kerjaanemoticon-Nohope
Gue setuju banget sama pendapat om Herzberg emoticon-Recommended Seller

Pengalaman gue yang udah pindah kampus 3 kali,
Apa yang dibilang sama om Herzberg itu 90% benar.. emoticon-Malu
Gue dulu 2007 masuk UI dan milih jurusan Kriminologi karena terpengaruh sama temen2 gue dan ngikutin kemauan ortu emoticon-Hammer
Padahal passion gue bukan disitu..
Hasilnya, baru beberapa bulan kuliah, gue bosen dan ga bisa ikutin perkuliahan..
Akhirnya tahun 2008, gue iseng daftar STAN dan alhamdulillah diterima.. emoticon-Malu (S)
Ortu gue seneng, walaupun gue sebetulnya ga minat kuliah macam itu..
Tapi karena pengen nyenengin ortu, yaudah gue ambil aja STAN..
Baru 1 semester kuliah, gue lagi2 bosen emoticon-Hammer
Gue jadi males2an kuliah, dan akhirnya di semester 3 gue diDO emoticon-Hammer

Sekarang, akhirnya gue kuliah di jurusan yang gue minati walaupun tanpa support moral dan financial dr orang tua..
Dan gue juga kerja di bidang yang gue minati juga..
Walaupun berat dan capek, kadang stres gara2 hasil atau pendidikan yang gue dapet ga sesuai ekspektasi,,
Gue tetep berjuang..
Beda sama kuliah2 yang dulu hehe

Semangat gan! emoticon-I Love Indonesia
yang accounting mending jangan deh gan.
lu kalo kurang paham hitung-hitungan lu bakalan ketinggalan emoticon-Nohope

mending tuh broadcast gan. kan lucuk-lucuk emoticon-Genit
PR gak harus di perusaahaan kok.. bisa di media cetak juga kaya jurnalistik.. gue jurusan PR.. tapi gak fokus harus kerja kantoran di perusahaan gtu..

bnyak kok meluas prospek kerjanya.. lagian juga selain dikantor. bsa lgsg kerja dilapangan, kaya anak jurnalistik..di pertelevisian juga bisa, jd WO, di radio juga bisa.. komunikasi sih luas ..

tp balik lagi sama keinginan lo sendiri..
GoodLuck emoticon-thumbsup
bagi pengalaman aja, saya udah lulus dr fakultas ekonomi manajemen taun 2006 awal kmaren ...
klo soal kuliah, yg perlu dipertimbangin alasan kmu kuliah apa dulu ...
1 . mau cari yg bener2 sesuai sama keinginan kmu
2 . mau cari fakultas yg biayanya ngga mencekik
3 . mau membahagiakan orangtua
saya dulu ambil ekonomi manajemen, karna kmpus dekat sama biaya jg ngga mencekik, ngga pernah kepikir nanti setelah kuliah mau jd apa, yg penting kuliah dulu, abis lulus nanti baru cari kerja ...
ngga perlu kuatir sama itung2an, semua bisa dipelajari selama ada niat, saya dulu yg sd, smp, sma pasti rangking 5 besar dr belakang terus ( males sih ya belajar2 gitu ), saya pikir, waduh ambil ekonomi pasti itungan semua, mau sampe kpan nih gini2 terus, semester 2 baru mulai belajar beneran, eh keterusan, ngga tau nya lulus ipk 3,49, sekarang udah kerja 5 taun, di kntor surat kbar paling tua di indonesia, 2 taun seblomnya blom diangkat jd pengawai tetap, masih kontrak aja ...
semua jurusan kuliah pasti bisa berhasil, selama kmu bener2 niat sama mau usaha belajar, hasilnya jg pasti mengikuti ... jd saran sih, pilih jurusan yg bener2 sesuai sama alasan kmu buat kuliah, bukan suka apa ngga suka sama jurusannya, semua bisa dipelajari kok, dan lg kemampuan otak ngga ada batasannya, selama ngga malas dan mau belajar aja ....
yang paling penting sih lo kuliah harus sesuai sama passion lo, jadi kuliahnya juga enjoy en gak sia2

masih ada waktu buat pikir2 en tentuin jurusan yg lo mau