alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pertanyaan untuk SURVEY RESEARCH (RECRUITMENT), mohon bantu dijawab gan :)
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52e0cd32bccb1774578b4611/pertanyaan-untuk-survey-research-recruitment-mohon-bantu-dijawab-gan

Pertanyaan untuk SURVEY RESEARCH (RECRUITMENT), mohon bantu dijawab gan :)

Yak, siang menjelang sore agan and sista aktivis di kaskus ini..
lgs aja nih gan.. ane lagi melakukan survey research gan, jadi mau minta tolong dengan mengajukan beberapa pertanyaan nih.. mungkin agan bisa bantu jawab dsini..

Jadi research ane ini berhubungan dengan jobseeker / recruitment gtu gan.. jadi otomatis pertanyaan nya related kesitu.. Gini gan pertanyaan2 ane :

Jobseeker :
1. Apa yang anda cari dari sebuah job portal (contoh seperti job portal jobstr*et, j*bsdb, dll), ketika anda melamar pekerjaan di beberapa company melalui job portal tersebut.

2. Benefit seperti apa aja yang anda inginkan atau anda cari dari sebuah job portal, yang dimana dapat memberikan bantuan yang lebih dalam mencari pekerjaan.

3. Ketika agan/sista sudah mendapat pekerjaan, apakah agan dan sista masih aktif dalam mengupdate CV / Resume yang ada pada akun agan dan sista pada job portal tersebut ?

4. Jika pertanyaan nomor 3, anda menjawab ya.. Hal apa sih yang membuat anda ingin untuk tetap aktif dalam mengunjungi atau mengupdate CV / Resume job portal tersebut.

5. Layanan seperti apa yang anda inginkan pada job portal, yang tentunya akan menarik minat anda untuk selalu mengunjungi job portal tersebut. supaya agan / sista tertarik untuk terus aktif pada job portal tersebut walaupun sudah mendapatkan pekerjaan.

Pihak Recruitment (dari pihak company/hrd yang memakai jasa job portal seperti jobstr*et dan j*bsdb) :

1. Apa sih yang anda cari dari situs job portal seperti (j*bsdb, jobstr*et) ? Fitur kah atau data pelamar yang banyak untuk memperbesar peluang mendapatkan kandidat yang tepat ?

2. Fitur dan benefit2 seperti apa sih yang anda harapkan dari situs job portal sehingga dapat memenuhi kebutuhan yang di inginkan oleh pihak perusahaan dalam merekrut karyawan ?

3. Apakah pihak company mempunyai concern yang besar dalam memperhitungkan besarnya biaya yang dikeluarkan dalam merekrut karyawan ? Mohon disertai dengan penjelasan di balik jawabannya ya emoticon-Big Grin

4. Menurut anda, cara efektif seperti apa sih yang sepatutnya dilakukan oleh pihak company / hrd dalam melakukan perekrutan ?

5. Apa pandangan anda terhadap beberapa job portal yang di dalamnya menyediakan jasa / fungsi layanan untuk psikotes di dalamnya. apakah anda anda akan memakainya atau tidak akan memakainya dikarenakan psikotes dll akan dilakukan oleh pihak company anda. Apa alasan dibalik jawaban anda, mohon diberikan penjelasan mengenai pandangan anda.


NB : untuk contoh job portal yang saya sertai diatas hanya sebagai contoh sehingga mudah untuk ditangkap.. heheheemoticon-Kiss

Sekian pertanyaan-pertanyaan yang saya ajukan kepada agan dan sista kaskuser dsini. Jawaban agan dan sista tentunya sangat membantu sekali bagi research saya. Pahal besar di sorga gan dengan membantu orang lain.. hehehe.. emoticon-I Love Kaskusemoticon-Kiss

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
ane jwb dulu emoticon-Big Grin



Quote:
Quote:


Iya gan ditunggu jawabannya emoticon-Big Grin
Quote:


Jawaban ane gan: sebagai job seeker:

1. Yang gw cari jelas pekerjaan gan, namanya jg portal yang berisi lowongan kerja.

2. kalau menggunakan website, menurut gw sih lebih mudah terutama dalam mencari posisi yang gw pengen, misal gw pengen posisi management trainee atau odp, maka tinggal masukin aja posisi atau nama perusahaan yang gw pengen di kolom search yang disediain. Selain fitur search nya, bagus lagi kalau bisa membuat kategori, misal perusahaan bergerak di bidang perbankan jadi 1 kategori, di bidang manufaktur jadi 1 kategori, bisa juga ditambah dengan berdasarkan kategori posisi yang disediakan, dsb. jadi jangan kek ngepostingin blog, tapi gw pengen bisa lebih sistematis.

and kalau lewat website kan gw cman perlu ngisi sekali resume ama cv and tinggal apply. Ga perlu ngeprint banyak2 yang belum tentu kepanggil semuanya. Pengalaman gw sih jadi job seeker yang sering ikutan job fair, gw masukin sekitar 5-10 paling yang kepanggil cman 1-3. Sedangkan kalau pake portal macem jobs^^^^ jobcd* belum pernah ada pengalaman di panggil.

Justru yang dipanggil itu lewat e** ugm. Lumayan banyak tuh kalau dari situ. dan lebih kerennya lagi selain website, ecc ugm juga udah punya aplikasi buat mobile. jadi lebih mudah lagi buat apply kerja. Tampilannya juga oke dan banyak fitur2 yang keren, seperti asesmen kepribadian dan kemampuan bahasa inggris,

3. kalau gw sudah dapet kerjaan, gw nggak kepikiran buat cari2 lagi. karena gw berpikir bahwa pekerjaan gw yang gw pilih ini bakalan buat nanti sampe pensiun, ga ada istilah batu loncatan. dan makanya gw milih lowongan kerja yang ngasih jenjang karir.

4. -

5. kalau bisa sih, portal itu punya aplikasi buat mobile, misal aplikasi khusus buat android. Dengan tampilan yang friendly dan kemudahan akses lewat hp bakalan jadi salah satu keunggulan buat portal tersebut. Karena handphone kan dibawa ke mana2, dan gw berpikir lebih enak gitu kalau bisa ngapain aja lewat hp, salah satu nya buat searching kerja.

kek nya itu aja gan. mudah2an bermanfaat.


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di