alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Prihatin dengan Kasus Plagiarisme oleh Dosen di Kampus Ane.
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52e0b70cfcca17cb3b0000c7/prihatin-dengan-kasus-plagiarisme-oleh-dosen-di-kampus-ane

Prihatin dengan Kasus Plagiarisme oleh Dosen di Kampus Ane.

emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh andiniputri2014
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
wah bahaya nih kasus plagiat

emoticon-Sorry
Susah gan kebanyakan Mahasiswa & Dosen indo kyak gitu maen Copas aje emoticon-Stick Out Tongue

ane baru semester 1 gan kuliah dan insyallah ane gak akan plagiat (ya gak lebih dari 20% dah emoticon-Ngakak ) Aaminkan gan emoticon-Big Grin
Quote:


emh...maaf mba...ane bukan agan....tapi sama kelamimin nya dengan mba....aganwati yaa....emoticon-Ngakak
kebanyakan sekolah otak jadi korslet...
klo ga mampu bikiin karya tulis ya jangan mencuri hasil orang lain...apalagi status dia dosen...
wah harus di selidiki dulu nih gak bisa asal menyalahkan...emoticon-Malu (S)
Itu jurnal, dosen situ bukan melakukan plagiasi
Tapi memasukkan hasil skripsi dari mahasiswanya ke jurnal nasional
Baca dulu baik-baik sebelum menjustifikasi
Menurut pandangan ane, kalau untuk artikel ilmiah, kita sebagai mahasiswa biasanya memang ditempatkan jadi penulis kedua. tapi memang harus fair juga dengan dosennya. kalau memang yg banyak nulisnya mahasiswa, maka berhak buat jadi penulis pertama. kalau skripsi, ada yang ide dari dosen dan ada yg ide dari mahasiswanya juga. Tapi memang sepatutnya mencantumkan nama mahasiswanya juga
Quote:


iya gan..karena masalahnya sudh terkena sanksi oleh Dikti katanya...makanya ane melakukan investigasi kecil-2an.
Harusnya Dosen ane melakukan klarifikasi kalau memang dia tidak bersalah.

Bukan ane lho yang melakukan justifikasi....tapi DikTi...makanya jdi pada ribut di kalangan mahasiswa dan dosen....makanya ane jadi denger juga...
malu2in banget emoticon-Hammer (S)
coba di crosscheck lagi lah gan takutnya miss input/error/khilaf lah databasenya?
tapi kalo yakin bener2 plagiat, ya bisa kasus tuh gelarnya dicopot emoticon-Malu (S)
lagian buset sejudul2nya aja persis bgt! emoticon-Cape d...
Quote:


iya gan.. bhya ini klo ad kasus plagiarisme emoticon-No Hope
Quote:


Aneh, coba buka dua jurnal itu
Nama penulis asli dicantumkan, dan itu sah-sah saja selama disetujui dua belah pihak
Lagipula ini permasalahan dalam lingkup kecil civitas akademika Maranatha
Kenapa ributnya sampe luar dan dikti segala?
Tinggal ketemu mahasiswanya, tanyakan apa benar Dr. Felix Kasim memasukkan skripsinya ke jurnal tanpa izin/dengan izin
Kalo tidak ya baru dipermasalahkan
Lagipula gw yakin banget kalau mahasiswa tsb justru bangga tulisan ilmiahnya dimasukkan ke jurnal nasional emoticon-Nohope

----------------------------------------
Yang memblow-up kasus ini gw rasa rada konyol dan benar-benar tidak paham bagaimana publikasi artikel ilmiah untuk tingkat skripsi emoticon-Nohope
Atau sakit hati karena skripsinya tidak bisa masuk jurnal nasional emoticon-Nohope
Spoiler for Cek ini: Nama penulis asli dicantumkan:
Diubah oleh DabeDread
Quote:


iya gan...harus dipertemukan dengan mahasiswa pemilik karta tulis nya...apakah betul Dosen ane sudah minta ijin atau belum waktu mencantumkan namanya.

Oya gan...para Dosen ternyata sangat berkepentingan untuk masukin tulisan karya ilmiahnya karena menyangkut nilai KUM dan otomatis berpengaruh terhadap jabatan dia dan sistim Salary nya, dan ini semua harus melalui Dikti sebagai lembaga pengawas yang menerbitkan SK mengenai jabatan dosen.

Dikti perlu mengawasi karena harus menjaga Etika, Kejujuran dan Integritas sebagai Dosen.
Quote:


KUM untuk jurnal berapa sih, apalagi jika dia bukan penulis utama
Masih banyak cara lain untuk memperoleh akumulasi nilai KUM
Sama sekali ga masuk logika untuk seorang dosen berjabatan tinggi melakukan plagiasi (skripsi pula) demi memperoleh tambahan nilai akumulasi KUM
Karena bukan cuma jabatan yang dipertaruhkan, tapi nama dan profesi dia di bidang akademin
Dan kasus ini terlalu aneh apalagi jika mahasiswa penulisnya saja tidak mempermasalahkan, tapi mahasiswa lain yang mempermasalahkan
sebagai mahasiswanya jangan ditiru ya gan.. emoticon-Malu (S)
Quote:


nilai KUM itu apa ya? dan berapa banyak yang di contek? Kalau ada 100 karya tulis yg di contek apakah besar? tapi masalah nya bukan 100 atau 1000....satu saja yg di contek, itu sudah salah dan sanksi nya berat.

Ane jadi inget dosen favorite ane...kejadian sdh lama waktu ane juga masih muda...pa dosen orang nya msh muda...pintar
.. pokoknya jadi idola mahasiswa...dan tentu mahasiswi....dipecat gan krn ketauan menjiplak skripsi mahasiswa bimbingannya.

kalau inget kejadian ini rasanya ane sedih sekali.
Wah...
Diubah oleh happy2006
Ane gak ngerti gan knp dia beritanya bisa seheboh itu...
Padahal dia orgnya baik gan, ane beberapa kali ikut kelasnya dia. Ngejelasinnya enak, ngajarnya semangat dan gak pelit nilai. Orangnya juga gak urakan, kl ke kampus selalu pake batik. Pas dia jadi rektor, ane gak heran gan, secara orangnya kaya gitu

Ane sekarang br mulai bimbingan sm beliau gan, dan ane appreciate banget sm caranya dia masih pro dan semangat kasih bimbingan setelah kasus itu merebak gan. Not to mention, dia sering banget kasih tinjauan pustaka buat bahan KTI. Cuma memang waktu msh jadi rektor beliau susah ditemui, dan menurut ane itu wajar krn dia pejabat universitas dan seharuanya itu resiko murid bimbingan.

Ane jg gak ngerti knp dia dituduh plagiarisme gan, padahal dia juga terlibat dipenulisan karya tulis itu. Harusnya itu masalah copyright antara org yg bersangkutan aja (cmiiw), gak semestinya sampe seolah jadi masalah nasional gini, macam skandal aja. Ane rasa masalah ini dibesar2kan gan. Agan gk usah prihatin sih menurut ane..coz ane yg mahasiswa bimbingannya aja gak prihatin wkwkkwkwkwk

Oh iya kl ane boleh tau agan ni jurusan apa, angkatan berapa coz namanya mirip sm mshwi yang katanya karyanya diplagiat emoticon-Big Grin
Diubah oleh i.mochi.you


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di