alexa-tracking

Sekelumit Kisah Negeri Bernama FJB

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52e0207bc3cb179c408b45de/sekelumit-kisah-negeri-bernama-fjb
Sekelumit Kisah Negeri Bernama FJB "Kita Sama Sama Raja"
Selamat Malam Agan/Aganwati dimanapun kalian berada, semoga senantiasa sehat selalu ya.. emoticon-Toast

Akhir akhir ini banyak ane temuin ST ataupun Trit tentang pertumpahan bacot atau sensi dalam dunia FJB..
dengan tidak mengurasi rasa hormat kepada sesepuh FJB ataupun Kaskus izinkan hamba yang masih Newbie ini sedikit memberi masukan, mungkin tidak berefek besar dalam hal apapun tapi setidaknya buat yang mau berusaha di FJB ada baiknya sedikit saja tidak perlu banyak banyak cukup sedikit, untuk bisa disimak yaa emoticon-Salaman


1. Mungkin banyak yang sudah membahas hal ini, tapi boleh ya ane sedikit aja membuatnya sesuai sudut pandang ane emoticon-Toast
PEMBELI ADALAH RAJA.

Ya siapa sih yang ga mau dilayani sebagai Raja? baik dari Seller ataupun Buyer semuanya juga mau dilayani bak Raja, tapi kembali lagi ke sisi humansocial, sebagai mahluk Tuhan yang saling membutuhkan dan bersosial dengan sekitar dan juga mengambil kutipan "Semua Puas, Semua Senang", ada baiknya tinggalkan dulu Slogan PEMBELI ADALAH RAJA, bagaimana kalo diganti dengan KITA SAMA SAMA RAJA, Jadi sesama raja selayaknya harus bisa dewasa dan penuh tanggung jawab dalam bertransaksi. ini boleh berlaku ke buyer ataupun seller. gimana caranya? gampang.. gunakan aja selalu sifat ramah dan sopan yang ada diri kalian masing masing.

Kenapa? Emang ada yang salah sama "PEMBELI ADALAH RAJA?" Gak kok, ga ada yang salah, memang itu sifat dasarnya transaksi Jual Beli, tapi yang terkadang disalah artikan adalah sifat dari Raja nya itu mas gan, Kenapa? iya karna Pedomannya adalah Pembeli Raja, ya akhirnya suka bertingkah yang agak gimana gitu.. ya bisa menyebalkan, berlebihan atau apalah sebutannya.. sedangkan baik dari Buyer / Seller juga maunya fine fine aja istilahnya Lo Asik Gue Nyantai.. hehehe.. makanya mas gan Enakan Pembeli adalah Raja? atau Kita Sama Sama Raja? hehehe ..


2. Seperti kutipan ane yang diatas tuh .. diatas..
Lo Asik Gue Nyantai..
Kok bisa? ya Iyalah, Kaskus inikan bukan hanya sekedar Forum udah dibilang bisa seperti Family di Dunia Maya, makanya kalo agan mau transaksi FJB, anggap aja sedang transaksi dengan sahabat, teman, atau bahkan keluarga sendiri,, boleh akrab tapi jangan kurang ajar juga ya, hhmm istilahnya apa ya? oh ya Kelewat asik jadinya senga..hehe..
Sebisa dan maksimal mungkin gunakan selalu perasaan ramah yang ada didiri agan ya, mau buyer nyolot, seller sok jual mahal whatever lah, usahakan gunakan selalu, kedepankan selalu Otak agan daripada Otot Agan.. emoticon-Shakehand2


3. Selalu Mawas diri / Tahu diri.

Misalkan agan mau beli barang nih eh pas diliat dilapaknya tulisannya NETT, nahhhh itu.. tahu diri..yaudah ga usah sms/telfon/komunikasi ke seller yang intinya Ajak Nego! kan udah jelas NETT, alternatifnya ya cari lapak lain, ya kalo agan ngebet banget, pantau aja lapaknya, kali aja Sellernya berubah pikiran udah bisa dinego hehe..
Tapi inget gunakan selalu akal sehatnya ya, kalo NETT ya udah NETT ga perlu diperjelas atau coba coba nego, sukur kalo dapet seller Asik, dijawabnya teduh dihati pas dapet confirm balasan pengajuan Nego, kalo dapet Seller lagi gak asik gimana? Nanti agan Sensi, Bikin ST, atau latihan olahraga olimpiade Kaskus "Lempar Bata" hehehe.. atau malah terjadi Pertumpahan Bacot disms ataupun ditrit atau juga di ST..
Nah semua kan awalannya dari hal sepele, ya karna kita anggap sepele jadinya kita ga sadar bisa berimbas besar, kaya buang sampah sembarangan, sepele kan? tapi imbasnya? Banjir! hehe .. makanya gunakan selalu nalarnya, karna dibuyer/seller asik belum tentu berlaku sama ke agan agan ya kan?
Member Kaskus Ribuan/Jutaan Manusia yang isi kepala dan perasaannya beda beda, makanya coba deh sesekali transaksinya pake Hati biar keliatan natural aja..haha..


4. Paham Situasi Kondisi & Gak Plin Plan, Kalo Beli ya Beli, Enggak ya Jangan Sok mau Beli.

Jadi misalkan agan mau transaksi di FJB, ada baiknya sebelum say hai ke seller, pastikan dulu agan bener mau beli itu barang nya apa enggak, kalo cuma mau tanya tanya, ada baiknya juga, awali aja isi sms/pesannya, misalkan "Maaf gan cuma tanya dulu, atau mas gan mau tanya dulu nih itu barang sama harganya bla..bla..blaa"

Nah kalaupun benar mau serius beli, Nalar ya, liat lagi lapaknya bisa dinego apa udah NETT, atau biar enak tanya aja, tapi sopan "Gan masih terima nego ga?" nah kalo ada respon baik, usahakan jangan kebalik Buyerlah yang seakan Jual Mahal, maksudnya seperti hilang, atau main tembak aja harganya sesuai yang kita mau, padahal udah jelas kita tau harga dari sellernya berapa PPPPFFFFTTTT......
Nego sesopan mungkin, dan inget atau posisikan agan yang jadi seller, "Pantes atau bisa terima ga, kalo dagangan agan dinego dengan Nominal yang agan akan ajukan"

Kalo deal ya deal, kalo cancel ya cancel, jangan dijadiin sesuatu yang serius padahal belum tentu akan terjadi deal, paham?

Kirim Only atau No COD.

ya kita juga mesti sadar, kalo misalkan hanya kirim only pastikan dulu track recordnya di FJB, Plus atau Minus, ya kalo mau aman? Ya Rekber udah paling yahuddd! kalo misalkan agan takut tipu tipu.. masalah kepercayaan kembali ke diri masing masing.
Seller ga bisa COD atau Just Kirim Only bukan berarti hantam rata TUTi,, kalo agan lebih prefer COD ya carilah lapak sebelah yang bisa COD, daripada sumpah serapah TUTi atau Upaya TUTi ( Tukang Tipu ) padahal belum tentu TUTi, ya kali aja emang ada alasan signifikan kenapa ga bisa COD, jadi intinya jangan Hantam Rata! Cepat berucap/asumsi bukan kepada kenyataan bisa jatuh fitnah ya mas gan.. Lebih baik pindah ke Lapak lain yang sekiranya bisa bikin agan gak was was .. woukey

COD ( Cash On Delivery ) Bahasa Gampangnya Ketemuan Aja Transaksinya.

Kalo udah dapet kesempatan COD dari Seller ada baiknya jangan disalah gunakan, apalagi kalo dari seller lapak yang udah sepuh atau terpecaya seantero Kaskus, Jarang jarang mas gan,,Maksimalkan sekuat jiwa raga & tanggung jawab..

Dan yang paling penting ga usah konyol deh pake sok sok mancing bisa COD cuma mau liat ini Lapak TUTi apa bukan, iya kalo ente bener serius beli, kalo gak? Ya ngapain?? Udah dibuat simple aja, pake nalar nya mas gan,,hal kaya gini yang kadang bikin radang gondok ditenggorokkan,,iya kan? Dan terjadilah ST ST Pengumuman ID Agan cuma Hit And Run!
Makanya yang tadinya sepele jadi serius ya ga jarang nih diawali hal hal konyol begini,,
Kalo emang serius beli ya udah mau diyakinkan bisa COD atau enggak Ok, tapi kalo cuma test test janganlah, kan kesian, mereka itu mau cari rejeki, gimana kalo rejeki yang agan udah harap didepan mata malah dibuat mainan gini? Makanya sekali lagi posisikan diri agan seandainya juga jadi Seller.

Nah Kalo udah deal COD dengan waktu dan tempat yang udah ditentukan, minimal datang awal 30 atau 15 menit sebelum waktu yang ditentukan, biar apa? Ah masa gini aja harus diperjelas..hehe..

Sekalipun salah satu baik buyer/seller sudah datang, lalu diantara salah satu terlambat atau tidak ada yang datang, keep calm, sekali lagi kedepankan Otak daripada Otot, hikmahnya memang belum rejeki, atau bisa jadi pelajaran kalo ID yang bersangkutan kurang bisa dipercaya untuk COD..
Sekalipun kecewa tunjukkan lah dengan elegan dan sopan tanpa harus bercaci ria,,simplenya bisa aja dengan sms/wa/bbm ke pihak yang belum datang pada waktunya..

"Maaf gan, ini ane udah di TKP, ane udah 30 menit nih disini, agan telat atau ga jadi datang? Ane tunggu 30 menit lagi kalo agan ga datang ane pamit pulang ya gan, trims maaf sebelumnya"

Nah gimana? Enak kan bahasanya? Kalau sopan pasti segan, daripada sms/pesan bernada kebencian, itu lebih enak, dan satu lagi, kalau ada hal kaya tadi pastikan sms/pesan yang agan kirim pembatalan tadi benar benar terkirim, dan sebelum meninggalkan TKP ada baiknya cek lagi hp agan misalkan saat diparkiran atau dimotor, ya gunanya meminimalkan kesalahpahaman aja, bisa aja kan bukan ingkar tapi emang telat, lagi dimotor jadi ga bisa kasih kabar dsb.

Dan kalau memang benar tidak ada etikad bahwa yang belum datang akan muncul ya pulanglah dengan senyum, walau kecewa rugi waktu, tenaga dsb, setidaknya kita tidak lebih buruk dari dia yang ingkar janjinya.
Ohya! Pesan/SMS confirm agan udah tiba & nunggu atau pamit pulang jangan dihapus! Buat apa? Buat jaga setidaknya ada ST ST yang tidak diinginkan dan jauh dari fakta dilapangan. Ok?

Satu Lagi..
Kembali ke sadar diri, kalo emang belum bisa beli yaudah tahan dulu sabaaaaarrr,,, jangan pake upaya upaya kirim barang dulu nanti baru bayar, besok ane transfer, agan packing aja dulu, dan esoknya entah kalian dimanaaaa atau amnesia dengan ucapan kalian..
simple aja gan bisa beli ya lakukan pembayaran secepat yang agan bisa, kalaupun bisanya besok besok ya pas agan siap order + siap bayar baru confirm daripada banyak ini itu, make a simple mas gan,...

Dan buat Seller nya pun juga sama karna Maknanya KITA SAMA SAMA RAJA, Makanya juga saling menghormati dan pake hati juga layaninya, Ingat Customer bukan hanya Individu yang kita butuhkan Uangnya saja.. banyak hal lain diluar sekedar Uang.. Uang... Dan Uang...

Misalkan pun ada kendala Pengiriman dari Seller ke buyer, misalkan musibah atau apapun dan sekecil apapun hal yang membuat pengiriman terhambat, usahakan Lebih Dahulu memberi tau ke buyer nya, jangan tunggu buyer tanya baru kita jawab,,

"Oh ya gan, ane lupa sempak cutbray nya belum bisa dikirim sekarang, soalnya bla.. bla.. bla"

Minimalkan hal kecil tersebut agar tidak ada salah paham atau dapat cap seller pelayanan buruk.
Lebih enaknya lagi misalkan kasih opsi aja ke buyer misalkan..

"Gan sempak cutbraynya ga bisa dikirim sekarang nih soalnya bla bla bla.. mau ditunggu apa ane balikin aja uang agan?"

Nah tinggal tunggu reaksi buyer, kalo mau tunggu ya usahakan pengiriman selanjutnya jangan kendala lagi, kalopun buyer maunya refund yaudah lakukan, intinya Asal Kau Senang Ku Bahagia .. Karna dari senyum buyer buyer lah kita dapat rezeki.. hehe

Buat Buyer juga! kalo ada kendala dalam pengiriman barang ente yang ga bisa dilakukan sekarang, udah TO THE POINT Aja! kalo ente kecewa ya tunjukkan aja kekecewaannya dengan sopan, yang paling gampang? yaudah minta refund aja uang ente.
Simple, daripada harus sumpah serapah, berbacot ria.. ga ada faedahnya gan.. hehe


Akhir Kata, Agar semua Puas Semua Senang,,,
Marilah sama sama kita beramsumsi bahwa baik Buyer/Seller adalah Raja, Ya Kita SAMA SAMA RAJA! Jadi dengan begitu semuanya bisa Dewasa dan Tanggung Jawab dalam Transaksinya.
Seeeeekkkaaalllii lagi gunakanlah selalu Akal Sehat, Perasaan, Hati, dan terutama NALAR! yang udah Tuhan berikan untuk berkomunikasi, Karna biasanya yang dari Hati gak bisa bohooong.. ahhaay!

Dan buat Buyer! Jadi Smart Buyer, yang gak hanya smart dipikiran aja, tapi Prilaku juga! Dan jangan jadi Buyer yang Kagak Kagak, Rada Rada apalagi Agak Agak.. emoticon-Toast

Sekali lagi Mohon maafkan ucapan hamba paduka sepuh yang sok tau ini..sekalipun ada yang kurang mohon ditambahkan, kurang berkenan mohon dimaafkan, seperti kata Bunda Dorce, "Kesempurnaan Hanya Milik Allah & Kekurangan adalah milik hamba seorang"

PEMBELI DAN BUYER SAMA SAMA RAJA... emoticon-Toast emoticon-Toast
image-url-apps
JUALNYA AVTUR BUKAN PERTAMAX emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2
image-url-apps
ane suka kata-kata ts yg "kita sama-sama raja" emoticon-Kiss (S)

walaupun ane gk pernah sekalipun belanja/jualan di fjb,

tapi ane tetep setuju ama kata-kata ts emoticon-thumbsup
KASKUS Ads
image-url-apps
setubuh ane gan...

emoticon-2 Jempol
image-url-apps
emoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Up

Biar rame yang mampir,,, hehe
biar rame apa ane taro aja yang foto foto BB17++ .. emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
agan ini pemerhati FJB agaknya. ulasan nya berimbang.
jangan-jangan doi sesepuh lagi
emoticon-Ngacir



Original Post by
MadZuchaN
kalo ane sering jd buyer di fjb walau kadang2 jd seller jg jd ane ngerti gan gimana ngehargain seller emoticon-Malu (S)
nah iya tuh bener ane setuju kita sama2 raja antara penjual dan pembeli emoticon-Shakehand2
image-url-apps
Keren bener gan, ane paling ga suka ama buyer yg ribet nanya ini itu padahal dah dicantumin di thread smua. BBM buat transaksi aja keleus..
Ada juga yg minta gambar padahal lgkap di thread emoticon-Cape d...
image-url-apps
gue demen nih trit ginian emoticon-Big Grin

pasti tsnya pedagang ya sampe curcol hehe emoticon-Embarrassment

semangat terus gan btw yang komen di trit ente juga RAJA. emoticon-Ngakak (S)
image-url-apps
Emng bnyk ya suka duka di fjb
Tp jujur ane tuh pling suka klo nyari sesuatu di fjb
Rasany sms an nawar dgn orng lain tuh ensk bgt emoticon-Big Grin
Setuju ane gan
bener tuh gan,
kemarin ada yang pngen beli di saya tapi pengennya COD.
dan saya gak bisa COD, eh langsung nuduh2 TUTI emoticon-Hammer
setuju kak emoticon-Jempol
setuja ane kali ini ama TS
pengen buka lapak di fjb tapi masih bingung emoticon-Frown
terima kasih sharingnya gan emoticon-shakehand
bener tu gan, ga bisa slamanya pembeli adalah raja
harus adil pokoknya , dan pembeli pun harus melayani tanggapan2 dari penjual dengan baikemoticon-Smilie
ane tapi suka kesel gan kalo penjual ditanya2in barangnya dia tapi jawabnya singkat2 banget kyk sms bayar per karakter
tapi ane ositif aja si mungkin lagi sibuk dia nya
btw ini ente curhat yaemoticon-Big Grin
×