alexa-tracking

Wanita Suku Apatani Sumpal Hidung Agar Terlihat Jelek

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52df782538cb17235a8b45b6/wanita-suku-apatani-sumpal-hidung-agar-terlihat-jelek
Wanita Suku Apatani Sumpal Hidung Agar Terlihat Jelek
monggo dibaca, sapa tau terinspirasi emoticon-Malu (S)

Setiap suku tentu memiliki kekayaan budaya yang berbeda dengan suku yang lain. Salah satunya adalah suku Apatani di India. Pasalnya suku yang memiliki keahlian dalam pertanian ini juga memiliki tradisi penutup hidung bagi kaum perempuannya.
Wanita Suku Apatani Sumpal Hidung Agar Terlihat Jelek
Dilansir dari Timesofindia, suku Apatani atau sering disebut Tani merupakan kelompok suku di India yang terdiri sekitar 60.000 anggota. Suku ini di puji karena memiliki keahlian dalam mengolah pertanian yang dilakukan tanpa binatang atau pun mesin.
Wanita Suku Apatani Sumpal Hidung Agar Terlihat Jelek
Meski demikian, sayangnya suku ini tidak memiliki catatan tertulis tentang sejarah mereka sendiri. Sementara itu, tradisi unik berupa penutup hidung atau dikenal Yaping hullo bahkan hanya diwariskan secara lisan dari generasi ke generasi.
Wanita Suku Apatani Sumpal Hidung Agar Terlihat Jelek
Sedangkan Yaping hullo terbuat dari batang kayu yang tersedia di hutan. Batang kayu yang telah kering dihaluskan dengan mambakar ujungnya dan menggosoknya pada permukaan yang keras dan halus. Selama proses berlangsung, sterilisasi kayu sangat diperhatikan agar tak menimbulkan resiko cedera pada hidung.
Wanita Suku Apatani Sumpal Hidung Agar Terlihat Jelek
Aksesoris berwarna hitam yang digunakan untuk menutup hidung tersebut dikenakan oleh sebagian besar wanita tua dalam suku tersebut. Pasalnya memasuki pertengahan abad ke-20, tradisi tersebut sepertinya mulai terkikis.
Apatani menggunakan penutup hidung sebagai cara untuk melindungi wanita suku tersebut. Hal itu dikarenakan wanita dari suku ini selalu dianggap paling cantik di antara suku-suku lain. Akibatnya, desa Apatani terus-menerus diserang oleh suku-suku tetangga, dan para wanita kerap diculik.
Wanita Suku Apatani Sumpal Hidung Agar Terlihat Jelek
Kemudian, agar membuat diri mereka tak terlihat menarik bagi suku-suku lain, maka wanita Apatani mulai mengenakan penutup hidup yang mengerikan dan mentato wajah dari dahi hingg ujung hidung, dan menambahkan lima garis di dagu mereka.

Wanita Suku Apatani Sumpal Hidung Agar Terlihat Jelek

nah untuk para aganwati yang merasa dirinya cantik dan takut kena korban penculikan, bisa dicoba cara dari suku apatani ini emoticon-Malu (S)
becanda becanda piss ^_^V

yang penasaran dan bertanya-tanya, "mereka napasnya gimana ya?" agan yang ini tau jawabannya emoticon-Ngakak
Quote:


sumber http://id.she.yahoo.com/wanita-suku-...100400691.html
orang-orang suku tradisinya emang ga kebayang gan emoticon-Matabelo
ngilu ngeliatnya
image-url-apps
unik ya gan.. kalo di indo sih ada suku apa gitu yg perempuannya tuh pake anting yg banyak.. hehe..
KASKUS Ads
Quote:


kalo ane malah bingung gan itu nenek2 napasnya dari mana emoticon-Bingung (S)
image-url-apps
-Post_By_Nyan-

Spoiler for PosT:
image-url-apps
napasnya dari mulut kali yee..... banyak loh tradisi ke gini !!!
yang di afrika bibirnya biar dower cari dah TS ??!!!
buset dah,, itu napas nya pake mulut gitu ?
Wanita Suku Apatani Sumpal Hidung Agar Terlihat Jelek
image-url-apps
Penutupnya gede gitu emoticon-EEK!
terus gimana mereka napasnya itu kalo ditutup kaya gitu emoticon-Thinking
image-url-apps
Dopost gan sori emoticon-Peace
emoticon-Ngacir
Quote:


mungkin maksud agan suku DAYAK KENYAH ya?
ne kaya yang ini Wanita Suku Apatani Sumpal Hidung Agar Terlihat Jelek
atau yang ini
Wanita Suku Apatani Sumpal Hidung Agar Terlihat Jelek
itu adalah ciri khas dari suku ini. Sayangnya, sekarang tidak semua Suku Dayak di Kalimantan memelihara tradisi ini. Jika penasaran, Anda masih bisa melihatnya dengan datang langsung ke pelosok Kalimantan, tempat tinggal Suku Dayak Kenyah.

Di kalangan Suku Dayak Kenyah baik wanita maupun pria, tradisi memelihara telinga panjang dengan banyak anting masih dilakukan. Ternyata, penindikan ini sudah dilakukan sejak anak Dayak Kenyah berusia satu tahun. Kemudian, penambahan satu buah anting dilakukan setiap tahun.

Usut boleh usut, tujuan tradisi unik ini adalah sebagai penanda identitas mereka. Semua bisa dilihat dari jenis anting yang digunakan. Khusus kaum bangsawan, gaya dan jenis anting yang digunakan lain dari yang lain
sumber:http://travel.detik..com/read/2012/09/11/144614/2014799/1383/4-suku-dengan-tradisi-unik-yang-harus-anda-lihat


image-url-apps
Gak semua yg kita anggap bagus itu dianggap bagus juga oleh orang laen. emoticon-Cool
image-url-apps
napas nya gimana gan ?
gak kebayang ajah kalau idung gatel, or lagi pengen ngupil gitu. suseeehhh !!! emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

emang kocak2 sih kebudayaan jaman dulu...
Quote:


bener banget gan
tapi itu adalah salah satu cara mereka (wanita apatani) untuk melindungi diri dari kejahatan suku lain gan emoticon-Malu (S)
Quote:


ane juga bertanya tanya dalam hati gan emoticon-Ngakak
ckckck, ada2 aja manusia, kalo gak disekolahin udah mirip2 kayak gitu kali ya
image-url-apps
Lobangnya jadi ada 4,,,wkwkwk
image-url-apps
maklum gan , india memang rawan buat wanita
Quote:

ga usah dipikirin gmn caranya mereka napas sist
ente cobain aja sendiri emoticon-Ngakak (S)
ada2 saja alasannya emoticon-Ngakak