alexa-tracking

mungkinkah petani jadi profesi langka?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52df6d29fcca17fa46000224/mungkinkah-petani-jadi-profesi-langka
mungkinkah petani jadi profesi langka?
Assalamualaikum


Jakarta: Badan Pusat Statistik memberi angka sementara statistik pertanian. Terungkap 5,04 juta orang berhenti menjadi petani.

Kepala BPS Suryamin menjelaskan, dalam 10 tahun terakhir penurunan jumlah rumah tangga petani mencapai 1,75%.

"Memang di dalam ilmu ekonomi, negara makin maju semakin bergeser dari sektor pertanian ke sektor lainnya yakni industri, perdagangan, konstruksi, jasa. Walaupun mengalami penurunan, harus diupayakan produktivitas (pertanian)-nya harus lebih tinggi," ujar Suryamin ketika bicara di kantornya, Senin (2/9).

Komposisi sebaran petani juga berubah yakni semakin sedikit petani yang berada di Pulau Jawa. Dari 57,48% di Jawa, komposisinya turun menjadi 51,38% dari total. Sisanya berada di luar Pulau Jawa.

Catatan BPS, jumlah terbesar keluarga yang berhenti mencari nafkah dari bertani terjadi di Jawa Tengah di mana 1,47 juta keluarga berhenti bertani.

Adapun di beberapa daerah di luar Jawa, terdapat lokasi di mana jumlah petani justru bertambah pesat. Di Papua disebutkan ada 158,1 ribu tambahan rumah tangga usaha tani baru.

Data jumlah perusahaan berbadan hukum pada sensus awal adalah sebanyak 5,49 ribu dan usaha pertanian lainnya 6,17 ribu. Dalam 10 tahun, jumlah perusahaan di bidang pertanian naik 1.475 perusahaan atau tumbuh 36,77%.

Seperti pada 10 tahun lalu, konsentrasi perusahaan berbasis pertanian lebih besar di luar pulau Jawa. Komposisinya juga mengalami sedikit pergeseran yaitu dari 61,46% di luar Jawa pada 2003 menjadi 64,45% di luar Jawa pada 2013. Namun, catata BPS jumlah tambahan perusahaan pertanian terbesar justru berada di Jawa Barat, yakni 215 perusahaan. Sedangkan, di Kalimantan Barat ada 75 perusahaan yang tutup.

Data tambahan yang disebutkan BPS adalah adanya 6.170 usaha pertanian lainnya. Usaha pertanian lainnya adalah pertanian yang dikelola oleh pesantren, seminari, kelompok usaha bersama, tangsi militer, lembaga pemasyarakatan, dan lain-lain yang juga mengusahakan pertanian.

bagaimana menurut agan2 kaskus ??
mohon maaf kalo ada salah kata dll emoticon-Toast
Spoiler for sumber:


kalo mau ngasih emoticon-Blue Guy Cendol (L) ga nolak tapi jangan ngasih emoticon-Blue Guy Bata (L) ya gan emoticon-2 Jempol
kayanya c iya

untuk kabupaten atau kota yang masih banyak sawahnya beruntunglah, dan jangan sampe karena modernisasi sehingga banyak sawah2 kalian yang dijual ke pengembang hanya untuk dibangun perumahan atau mall yang mendatangkan banjir
ah gak mungkin, secara indo kan selalu makan nasi dan nasi kan dari petani emoticon-Ngakak
pemuda di kampung ane udah ga ada yg nerusin jejak ortunya yg petani emoticon-Sorry
mereka lebih milih mendingan nguli aja di kota emoticon-Cape d...
saya malah kepingin jadi petani gan,,,tp utk saat ini masih jadi 'kuli bangunan' dulu soalnya blm mampu beli sawah...next pengin beli sawah 3-4 patok (satuan sawah di daerah ane). pengin jadi juragan padi emoticon-Ngakak
Wah.. semakin langka ya jumlah petani di Jawa.. emoticon-Nohope
Bakalan makin mahal nih harga beras..
gpp jadi profesi langka, berarti negara makin maju, asal jgn jadi tambah mundur
di kabupaten kediri jawa timur aja udah jarang ya jadi (buruh) tani, padahal dari segi gaji lumayan lah sekitar 30-50 ribuan mulai dari jam 6-12 lah.. tapi mereka banyak yg milih nganggur
jaman sekarang sawah-sawah dah banyak yang di timbun untuk di bangun ruko atau perumahan,
Quote:Original Posted By harjousup
saya malah kepingin jadi petani gan,,,tp utk saat ini masih jadi 'kuli bangunan' dulu soalnya blm mampu beli sawah...next pengin beli sawah 3-4 patok (satuan sawah di daerah ane). pengin jadi juragan padi emoticon-Ngakak


Lanjutkan cita2 ente gan.. emoticon-Angkat Beer
bener nih gan. apalagi sekarang udah banyak baget alih fungsi lahan pertanian menjadi perumahan, pabrik, bahkan lapangan golf. padahal ada undang2nya yang ngelarang alih fungsi lahan terutama sawah yang beririgasi teknis (UU 41 tahun 2009) tapi tetap saja banyak sawah yang berubah fungsi
Quote:Original Posted By harjousup
saya malah kepingin jadi petani gan,,,tp utk saat ini masih jadi 'kuli bangunan' dulu soalnya blm mampu beli sawah...next pengin beli sawah 3-4 patok (satuan sawah di daerah ane). pengin jadi juragan padi emoticon-Ngakak

keren agan yg satu ini. lanjutkan gan ! emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By jimenisti
bener nih gan. apalagi sekarang udah banyak baget alih fungsi lahan pertanian menjadi perumahan, pabrik, bahkan lapangan golf. padahal ada undang2nya yang ngelarang alih fungsi lahan terutama sawah yang beririgasi teknis (UU 41 tahun 2009) tapi tetap saja banyak sawah yang berubah fungsi


maklumlah gan. negara hukum ya kaya gini. UU cuma jadi pajangan aja ga ada realisasinya emoticon-Hammer (S)

ane takut kalo anak cucu kita ga pernah liat petani sama ga pernah main bola disawah gan emoticon-Ngakak emoticon-Matabelo
padahal kita tinggal d negri subur..nanem apapun gampang, lahan jg banyak..
coba liat d jepang yg lahannya susah..petani2nya ampe nanem d dalem bangunan pake pot yg disusun sedemikian rupa..
kasian gan petani indonesia. modal n operational besar tapi pas panen di hargain murah n harus berani ambil resiko klo gagal panen
Quote:Original Posted By Misopesaminos
pemuda di kampung ane udah ga ada yg nerusin jejak ortunya yg petani emoticon-Sorry
mereka lebih milih mendingan nguli aja di kota emoticon-Cape d...


kebutuhan uang lebih penting gan dan petani kurang dapat dukungan. Pemerintah lebih mentingin investasi industri drpd lindungin petani. Walau investasi industri penting tapi setidaknya juga harus setabil dengan alam gan biar ga banjir emoticon-Angkat Beer
Quote:Original Posted By jetjenkinz
padahal kita tinggal d negri subur..nanem apapun gampang, lahan jg banyak..
coba liat d jepang yg lahannya susah..petani2nya ampe nanem d dalem bangunan pake pot yg disusun sedemikian rupa..

Betul tuh gan. kalo di indo udah dikasih medianya tapi malah ditutup semen emoticon-Mewek

aQuote:Original Posted By sikoempay
kasian gan petani indonesia. modal n operational besar tapi pas panen di hargain murah n harus berani ambil resiko klo gagal panen

ya itu salah satu penyebabnya gan, masak iya 10thn lagi 90% indonesia impr beras dr luarkan ga lucu bgt gan emoticon-Ngakak
mungkin aja gan, liat aja beberapa puluh tahun kedepan mungkin profesi petani di ganti sama robot