alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sebelum Menyesal, Kenali Asuransi Mobil Anda
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52df43e53dcb17e6748b45ab/sebelum-menyesal-kenali-asuransi-mobil-anda

Sebelum Menyesal, Kenali Asuransi Mobil Anda

Saat musim hujan tiba, ancaman banjir terhadap kendaraan di jalan-jalan akibat banyak genangan, bisa membuat pemilik was-was. Benarkan kalau memiliki asuransi bisa membuat Anda lebih tenang dalam menjalankan aktivitas?
Sebelum Menyesal, Kenali Asuransi Mobil Anda
Boleh jadi, ada yang merasa aman karena menganggap segalanya bakal diganti oleh asuransi. Namun, jangan senang dulu. Bisa jadi polis asuransi yang Anda miliki tidak menanggung klausul risiko banjir.

Perencana keuangan dari OneShildt Financial Planning, Mohammad Andoko mengatakan, sedikitnya ada dua jenis polis asuransi yang sediakan oleh perusahaan asuransi. Pertama, asuransi dengan dengan konsep Total Loss Only (TLO). Pada jenis ini, biasanya kerugian yang diganti mencapai lebih dari 75 persen harga mobil yang diakibatkan oleh kecelakaan lalu lintas, kebakaran, pencurian, dan perampasan.

"Tapi untuk kerugian akibat bencana alam seperti banjir biasanya tidak di-cover dalam skema ini," ujar Andoko saat diwawancarai Plasadana.com untuk Yahoo Indonesia.

Kedua, agar memiliki perlindungan kerusakan kendaraan yang diakibatkan oleh banjir, maka pemilik mobil harus memilih perlindungan asuransi jenis komperhensif. Tentu jenis ini jauh lebih lengkap dibanding skema TLO dengan penambahan klausul banjir dan huru-hara.

"Makannya, pelajari lagi polis asuransi kendaraan yang Anda miliki apakah sudah mencakup masalah banjir atau belum," papar dia.

Jika belum, tidak ada salahnya melakukan perubahan terhadap layanan asuransi yang Anda miliki guna mencegah kehilangan aset yang lebih besar. Dengan catatan, Anda memiliki uang lebih yang dapat digunakan untuk pembayaran premi. Secara teori, besarannya tidak lebih dari 10 persen pendapatan bulanan.

"Besaran 10 persen itu termasuk dengan perlindungan kerugian aset yang lain termasuk properti. Jadi, jangan lupa dihitung-hitung untuk perlindungan aset yang lain juga," terang dia.

Secara terpisah, Agen Asuransi dari Asuransi Central Asia, Ardiansyah AP mengatakan, setiap pemilik kendaraan yang ingin mendaftarkan polis asuransi sebaiknya membaca dengan seksama setiap klausul dalam perjanjian. Bukan saja terkait apakah risiko banjir ditanggung atau tidak, tapi juga berhubungan dengan bagaimana agar Anda bisa mengajukan klaim asuransi saat mobil terendam banjir.

Pada beberapa perusahaan, kata dia, risiko banjir yang dimaksud tidak termasuk dengan situasi di mana Anda menerobos genangan air yang tinggi. Anda dianggap dengan sengaja membawa kendaraan dalam situasi yang berisiko bagi kerusakan kendaraan. Lain halnya jika kendaraan dalam keadaan parkir atau Anda tidak dengan sengaja terlibat dalam situasi banjir yang menyebabkan kendaraan mogok.

"Ada baiknya tanya dulu kepada agen atau pihak perusahaan mengenai detil perjanjian agar Anda tidak merasa ada informasi yang kurang lengkap diterima," papar dia

Namun, pada perusahaan lain ada juga yang bersedia menanggung segala jenis risiko banjir. Termasuk perilaku menerabas genangan walaupun dengan nilai klaim yang reatif kecil.

"Meski pada akhirnya pihak perusahaan yang melakukan survei bisa kesulitan membuktikan Anda menerobos atau tidak, tapi lebih baik jangan lakukan hal itu," tandasnya.

Sumber
Diubah oleh black..hunter
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
belum punya mobilnya neh emoticon-Matabelo
kl kena force majeur ga d asuransi gan
Pilihlah asuransi yang menanggung segala resiko(terutama di daerah yang langganan banjir kayak jakarta)
kerugian akibat bencana alam seperti banjir memang tidak di-cover, tapi bisa dimasukkan ke asuransi terpisah..
artinya asuransi tambahan seperti asuransi kebakaran,bencana dll..
polisnya lumayan mahal emoticon-Big Grin
Wah baru tuh gue gan soal itu
soalnya mobil gue gak diasuransikan
tp nice info gan
bs tau tentang asuransi kendaraan dan macam"nya
memang sarat yg tertera harus di telaah dengan seksama emoticon-Matabelo
Tapi kenyataanya ane sering dipaksa buat ikutin pilihan dealer buat asuransi. Jadi sepaket. Mau ga mau harus pake asuransi yang ditunjuk
Quote:
Tergantung jenis polis nya gan
emoticon-Blue Repost

Quote:


jadi apabila Polis agan sudah terlanjur menggunakan jaminan yang masih standarad (PSKBI) maka perlu diperluas jaminannya untuk Bencana Alam (BANJIR, gempa bumi, tsunami, dan sejenisnya) dengan penambahan rate premi sekitar 0.25% dari harga mobil yang diasuransikan.

Apabila mobil baru mau diasuransikan, biasanya perusahaan Asuransi akan memberikan paket yang lebih murah dibandingkan membeli jaminan Standarad + Jaminan Tambahan.

Paket tersebut biasanya, a/l:
-Comprehensive+Bencana Alam+Huru hara+PA Driver/Passanger+Medical expenses+TJH Pihak ketiga, rate +/- 2.5%
-Comprehensive+Bencana Alam+TJH Pihak ketiga, rate +/- 2.45%
-Comprehensive+Bencana Alam+PA Driver/Passanger+TJH Pihak ketiga, rate +/- 2.4%
dsb.


kebanyakan kalau mobil udah kerendam banjir pasti di jual gan emoticon-Hammer2
Setuju nih agan-agan

Emang paling perlu untuk cek dan bandingin polis asuransi mobil yang kita miliki, agar tidak kecewa di kemudian hari. Karena asuransi itu baru terlihat oke atau tidaknya pada saat memproses klaim asuransi.

Bila baru mau beli asuransi mobil ada baiknya gunakan fitur cek dan bandingkan premi dari berbagai perusahaan asuransi besar di Indonesia yang tersedia di sini
http://bit.ly/Konsultasikan

Semoga membantu ya gan emoticon-Smilie
sebelumya beli mobil yg cash di bwh 30 jtaan sekarang up grade mobil via m****88 ad 2 leasing ot* dan ac*, ada info yg membuat ngeri2 sedaap jika telat bayar angsuran 1 hari aza mobil harus ditarik apabila mo tembus kembali hrs bayar 1 jt, bener gak ye.


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di