alexa-tracking

antara kebutuhan dan gengsi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52de6a943ecb1702348b457a/antara-kebutuhan-dan-gengsi
Menuju SUKSES 2014
error> : nothing thread
ajgmj

situ kuliah buat pinter atau biar diterima jadi orang bayaran ? emoticon-Bingung (S)

coba sepuh sepuh turun baca statement ini

Quote:


Quote:



mungkin butuhnya jurusan TS minati, outputnya yaa lulusan dari jurusan tersebut kerjanya apa
bentar, korelasi isi curhatan antara kebutuhan dan gengsinya dimana?
KASKUS Ads
Quote:



aku kuliah nyari pengalaman, ilmu, serta apa nanti setelah aku kuliah mau jadi apa?

maap itu tadi belum aku edit, lupaan


Quote:


emang nyari yang di bold itu ada di kampus ?

baru tauk emoticon-Bingung (S)
Quote:

ini ngedit buat judulnya kok gak berubah ya???

emoticon-Cape d... (S)
gini lho setelah kuliah apakah nyari kerjanya gampang ato ndak ???

Quote:



setelah kuliah kalo situ ga ada usaha nyari kerja, kira kira bakal gampang dapet kerja apa ngga ?
Quote:

emoticon-Cape d... (S)
ya jelas dong, ngapain juga kita kuliah meluangkan waktu sampai bertahun-tahun, kalo gak tujuannya untuk mencari sesuatu untuk bertahan hidup

milih universitas dan jurusan harus sedetail"nya
dari biaya, jangka waktu kuliah, ilmunya, terus nanti kalo udah kuliah mau jadi apa ?
maksud ???
Quote:


nah tinggal pilih ente mau jadi apa dan kerja apa, semoga ga salah pilih jurusan
oke, sepertinya elu paling minat dengan yang satu ini :
dan yang TEKNIK ARSITEKTUR, kita bisa bekerja di CV. wah kalo dapet borongan buat bangun gedung katanye dapet nyampe 1 M ( lumayan hehehe )

pertanyaannya adalah, seberapa mudah mencapai itu dibandingkan dua jurusan lain?

Kalo bisa pilih jurusan yg dr sma disukain pelajarannya biar pas kuliah lebih ngembangin kemampuan ente.
Utk univ gak usah yg tinggi2 kalo emg kmampuan kurang mendukung. Emg masa2 sekrang banyak pengen kesini kesitu, jurusan inilah itulah. Coba utk realistis ajadeh
Quote:


siap bos
ini yg memotivasi


Yang lo butuhin sih cuman passion

Misal, pingin jadi dokter yang hebat, pingin jadi engineer yang handal, buat ane sih gitu jadi misalpun jadwal nya padet det det det det, bener bener dinikmati

jadi apapun jurusannya, jadi yang terbaik
Sesuaiin antara minat ama kemampuan. Kalo mkr gm krjanya,smw jur pasti ada masa dpn kok. Trgntg kamuny,mu brusaha tau gak. Kalo soal biaya bnyk beasiswa, ada juga beasiswa yg sekalian mondok. Pinter2 aja cari beasiswa. Kalau mau biaya hdp murah, kul dijogja aja. Disini biaya hdp lbh murah dbndg daerah lain. Asal km pinter2 kelola keuangan.
boleh ya ngasih saran emoticon-Smilie

bahas kuliahnya dulu aja sebelum bahas mondoknya,
dalam nentuin pilihan kuliah memang banyak yang bisa jadi bahan pertimbangan, dan yang paling umum adalah memang "apakah setelah lulus kuliah akan mudah mendapat pekerjaan?" pertanyaan itu nggak salah tapi coba lihat dari sisi yang berbeda

kenapa mau kuliah? buat apa sekolah? cuma sekedar untuk mengejar ijazah supaya memperoleh pekerjaan yang bagus dengan gaji besar atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi? atau butuh ilmunya? coba jawab dulu pertanyaan itu baik - baik, lalu jawab mana kira - kira yang akan memberikan manfaat lebih baik? ilmu atau ijazah?

sudah? jawabannya kalo nggak mau dikasih tau simpen aja sendiri emoticon-Smilie

sebenarnya jurusan apapun akan memberi manfaat kalau yang bersangkutan mau mempelajari ilmunya dengan baik, jangan entengkan ilmu sosial karena banyak pemikir hebat dunia berkecimpung di dunia sosial dan pemikiran mereka banyak meruba dunia, tapi nggak bisa juga merendahkan ilmu eksakta karena dari ilmu itulah banyak tercipta penemuan luar biasa bagi dunia, saya kasih contoh dari jurusan pilihan kamu aja ya:

- teknik informatika: ini jurusan berkaitan dengan komputer, jaringan, informasi, sistem, disana akan belajar banyak tentang bagaimana sebuah sistem komputer bekerja, bagaimana membuat sebuah aplikasi komputer, dan apa sih sebenarnya informasi itu? data? di era sekarang dimana teknologi informasi menjadi sangat berkembang, jelas ilmu ini akan mampu berkembang pesat dan siapapun yang mempelajarinya akan mudah memahami bagaimana perkembangan dunia saat ini, outputnya? programmer, game maker, dosen IT, konsultan, banyak .. tapi yang diharapkan adalah bagaimana agar teknologi informatika ini mempermudah hidup manusia, memberi manfaat yang banyak dari pengelolaannya, seperti misalnya untuk mempermudah komunikasi di lokasi yang terpencil? emoticon-Smilie

- teknik sipil: akan lebih baik kalau she.is.gita yang jawab kebetulan dia dosen teknik sipil tapi dari sudut pandang saya, ilmu ini sangat penting bagi pembangunan, dan tidak cuma sekedar tbatas buat ngukur jalan pemanfaatanilmunya, siapa tau bisa menemukan bahan baku baru untuk bangunan tahan gempa atau jalanan anti bolong ya kan? emoticon-Big Grin

- teknik arsitektur: jelas, kalau mau contoh arsitek hebat adalah walikota Bandung Ridwan Kamil, dia menciptakan banyak desain desain gedung yang luar biasa dan bermanfaat, termasuk rumah anti gempa, museum tsunami di aceh, termasuk beberapa bagian dari Burj Khalifa .. btw dia juga memberi contoh yang baik baaimana rumah eco green, rumahnya sendiri bagian depannya terbuat dari galon air minum lho emoticon-Big Grin dia memanfaatkan ilmunya dengan sangat baik dan sekarang dia walikota lho walikota emoticon-Big Grin

Jangan membatasi diri, gali informasi lebih banyak lagi soalnya kamu kayaknya masih terlalu terpaku dengan pola pikir lama emoticon-Smilie kuliah-lulus-pns .. sekarang lulusan teknik metalurgi banyak yang kerja di bank, lulusan ekonomi banyak yang bikin pabrik, lulusan kedokteran jadi penyanyi juga banyak

percaya sama saya, ilmu akan memberikan manfaat yan luar biasa apabila dimanfaatkan dengan baik, jangan kuliah hanya untuk mengejar ijazah, itu akan membuat kamu menjadi bagian dari "a flock of new barbarian, yang cerdas dan berkemampuan tinggi dan siap dipekerjakan sebagai ahli bayaran" .. don't just educate your brain, educate your heart!

Mengenai kampus, kampus yang tekniknya bagus di Indonesia, ITB dan ITS emoticon-Smilie mereka spesialisasinya memang disitu tapi banyak juga kok swasta yang bagus .. sekali lagi gali informasi dan jangan terbatas pikiranmu, makin banyak info, makin baik dan akan makin mudah buat kamu dalam menentukan pilihan dengan bijak..

Mengenai mondok, emang anak kost ngapain? saya anak kost lho selama kuliah? Ngaji saya juga jalan, makan saya nyaman, malah saya belajar mandiri dan bertoleransi sambl tetap punya privasi emoticon-Smilie jangan berpikiran kalo anak kost itu "gitu doang" semua kemali ke manusianya.. emangnya anak pondok pasti selalu "ngapa2in"? ada juga yang enggak kan? saya bukan mau ngelarang kamu mondok, tapi negkost pun tidak buruk dan sepertinya kamu belum pernah nyoba ngekost makanya ngomong kayak gitu ..

Mondok itu kan tujuannya memperdalam ilmu agama, bukan sekedar seru2an bareng temen ber20, supaya dapet makan , dll tapi tujuan utamanya adalah memperdalam ilmu agama, dan fasilitas yang ada disediakan agar para santri bisa memperdalam ilmu agamanya dengan baik .. sanggupkah kuliah sambil di waktu bersamaan memperdalam ilmu agama? sanggupkah menyesuaikan pola hidup di pondok dengan pola rutinitas kampus? kamu memilih teknik dan bagi anak teknik pulang subuh itu atau bahkan sampe nginep 2-3 hari di kampus itu bukan hal yang aneh lho, siapkah?

kalo memang siap di surabaya sini ada ITS, dan kalau mau mondok ada juga pesantren yang cukup bagus yang saya tau benar lingkungannya .. tapi monggo kamu pikir baik2 dulu apa yang saya tulis diatas emoticon-Smilie semoga memberikan kemudahan dalam menentukan pilihan nantinya.
Gw insinyur gan...dulu bener2 gak minat karena gak bakat, nilai2 fisika gw jeblok di smu, tapi jodohnya malah ke teknik...

Kdg gw pesen ama org2 yg berasa salah jurusan...lakukan terbaik yg kamu bisa, dimanapun kamu berada, karena selalu ada hikmah kenapa lw berada di sini sekarang...

Mumpung lw belon kecebur, dalami minat lw, dan yakinkan org tua bahwa lw bisa lakukan yg terbaik...kdg restu org tua sgt vital dlm pemilihan jurusan kuliah emoticon-Nohope kan mereka penyandang dana terbesar emoticon-Hammer
Quote:


kalo jurusan filsafat gimana puh emoticon-Malu

Jadi masalahnya udah beres ya?
--
Kalo kuliah jangan pikirin dulu gimana2nya deh, yg penting lo suka apa nggak sama jurusannya. Kalo lo suka n pinter pasti cari kerja pun gampang.
--
Jangan mikir pengen ambil jurusan A, biar ntr kerja jadi A. Kalo lo mikir kek gitu, trus ditengah jalan lo ngerasa muak dengan tugas2 dan matkul lo gimana? Yang ada malah jadi mahasiswa abadi.
Quote:



Jurusan filsafat kalo ga kuat iman bisa jadi gila/stress.
Tp ga smua sih

Quote:




siap, terimakasih telah mengubah mindset saya selama ini emoticon-Smilie