alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52db4107138b466a388b456c/asksoftlens-yang-sudah-mengering-n-keriput
[ASK]Softlens yang sudah mengering n keriput?
Softlens yang sudah mengering n keriput setelah direndam akan kembali ke bentuk semula.
Bolehkah softlens tersebut dipakai lagi?

Dari segi bentuk si ga ada perubahan
ada yang bisa kasi saran?
ga ada org kah?
Quote:Original Posted By andise
Softlens yang sudah mengering n keriput setelah direndam akan kembali ke bentuk semula.
Bolehkah softlens tersebut dipakai lagi?

Dari segi bentuk si ga ada perubahan

softlens itu kan ada expired nya..
misalnya 1 hari, sebulan, 3 bulan, dll
kalau dipakai lebih dari itu, tanggung sendiri akibatnya..
lebih baik habis uang banyak daripada kehilangan penglihatan akibat pemakaian soft lens yang salah emoticon-Matabelo

Quote:Original Posted By kataleya

softlens itu kan ada expired nya..
misalnya 1 hari, sebulan, 3 bulan, dll
kalau dipakai lebih dari itu, tanggung sendiri akibatnya..
lebih baik habis uang banyak daripada kehilangan penglihatan akibat pemakaian soft lens yang salah emoticon-Matabelo



bukan mengering karna uda 1 taon. tapi karna lupa ganti air jd habis deh

Expirednya masih lama?
Cuci aja dlu yg bersih pake pembersih softlensnya itu, ganti terus airnya sampe 3x penyaringan (waktu gw sih gitu)
Trus pake aja, kalo masih nyaman.
Tp kalo udah sobek atau ada sobekan kecil atau uda ga nyaman d pake yaudah buang aja beli yg baru emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By srahayudes

Expirednya masih lama?
Cuci aja dlu yg bersih pake pembersih softlensnya itu, ganti terus airnya sampe 3x penyaringan (waktu gw sih gitu)
Trus pake aja, kalo masih nyaman.
Tp kalo udah sobek atau ada sobekan kecil atau uda ga nyaman d pake yaudah buang aja beli yg baru emoticon-Smilie


iya expired masi lama. kmrn lupa hampir 3 bulan ga ganti air. uda bli ga perna make. ga robek si rarti masi bisa dipake ya ho4
saran saya mending beli yg baru.kenapa?
karena softlen yg mengering sudah kehilangan parameter fisis nya.kalo tanya sama orang optik.pasti jawabnya ganti dg yg baru.

kelihatan nya memang kembali ke bentuk semula tetapi tidak sempurna..permukaan softlen jadi tidak rata seperti sebelumnya.dan ini beresiko menggores perlahan kornea mata.Softlen menempel dan bergerak di dalam mata jika kita berkedip..gerakan itu menimbulkan gesekan antara permukaan softlen dan kornea mata.dan bisa dibayangkan jika permukaan softlen yg tdk rata bergesekan dengan kornea anda.
jgn sampai kornea anda terluka karena memakai softlen yg tidak layak pakai.

semoga membantu
emoticon-Smilie
kalau sudah mengering dan keriput namanya sudah rusak gan. jgn dipaksa pakai lagi ga akan ngaruh juga untuk di rendam sambil di semediin.
mending beli baru emoticon-shakehand
Quote:Original Posted By mysoftlenscom
kalau sudah mengering dan keriput namanya sudah rusak gan. jgn dipaksa pakai lagi ga akan ngaruh juga untuk di rendam sambil di semediin.


aneh nya bis gw rendeh balik lg ke bentuk semula
Quote:Original Posted By andise
Softlens yang sudah mengering n keriput setelah direndam akan kembali ke bentuk semula.
Bolehkah softlens tersebut dipakai lagi?

Dari segi bentuk si ga ada perubahan


Klo ditanya boleh dipakai lagi atau ngga , sebaiknya jangan soalnya udah ngga higienis karena kandungan air (water content) yang ada pada softlens tsb berkurang bahkan abis klo dengan penjelasan sampe kriput gitu si softlensnya

Sedikit info nih buat pemakai softlens yang terkadang sering diabaikan oleh penggunanya ,,
# setiap menangani softlens harus cuci tangan biar higienis
# gosok searah depan-belakang bagian softlens (dengan cairannya) untuk proses pencucian
# setiap malem harus dilepas (kecuali RGP) , jangan dibawa tidur
# rendam softlens min 4jam max semalam dengan cairan softlens yg baru (jng yg bekas)

Tips tambahan ,,
# softlens yg masa pakai bulanan / 3bulan / 6bulan / tahunan , harus melakukan perendaman dengan tablet enzym per 2minggu sekali agar kenyamanan softlens tetap terjaga
# cairan softlens jng dicampur
# cairan softlens max 3bulan sejak buka tutup
# case softlens max 1bulan masa pakainya (3bulan untuk case anti bakterial)
# jangan naro softlens / case / cairan di toilet (sarang bakteri)

jangan asal beli softlens , terkadang banyak pengguna softlens yg ngasal , padahal belum tentu cocok , begini tips nya ,,
# udah tau belum diameter mata sendiri ?
# udah tau belum kelengkungan mata sendiri ?
# udah tau belum kualitas/kuantitas air mata sendiri ?

3pertanyaan tsb coba tanyain sama optisien di optik sekaligus pemeriksaan fitting mata , salah" beli softlens bisa berakibat sbb
# mata merah karena iritasi
# loose (longgar) atau step (ketat)

Dll , masih banyak sih klo mau dijelasin pm aja hehe

Btw ane optisien d opmel , jadi tau semuanya
Quote:Original Posted By zeth666
Klo ditanya boleh dipakai lagi atau ngga , sebaiknya jangan soalnya udah ngga higienis karena kandungan air (water content) yang ada pada softlens tsb berkurang bahkan abis klo dengan penjelasan sampe kriput gitu si softlensnya

Sedikit info nih buat pemakai softlens yang terkadang sering diabaikan oleh penggunanya ,,
# setiap menangani softlens harus cuci tangan biar higienis
# gosok searah depan-belakang bagian softlens (dengan cairannya) untuk proses pencucian
# setiap malem harus dilepas (kecuali RGP) , jangan dibawa tidur
# rendam softlens min 4jam max semalam dengan cairan softlens yg baru (jng yg bekas)

Tips tambahan ,,
# softlens yg masa pakai bulanan / 3bulan / 6bulan / tahunan , harus melakukan perendaman dengan tablet enzym per 2minggu sekali agar kenyamanan softlens tetap terjaga
# cairan softlens jng dicampur
# cairan softlens max 3bulan sejak buka tutup
# case softlens max 1bulan masa pakainya (3bulan untuk case anti bakterial)
# jangan naro softlens / case / cairan di toilet (sarang bakteri)

jangan asal beli softlens , terkadang banyak pengguna softlens yg ngasal , padahal belum tentu cocok , begini tips nya ,,
# udah tau belum diameter mata sendiri ?
# udah tau belum kelengkungan mata sendiri ?
# udah tau belum kualitas/kuantitas air mata sendiri ?

3pertanyaan tsb coba tanyain sama optisien di optik sekaligus pemeriksaan fitting mata , salah" beli softlens bisa berakibat sbb
# mata merah karena iritasi
# loose (longgar) atau step (ketat)

Dll , masih banyak sih klo mau dijelasin pm aja hehe

Btw ane optisien d opmel , jadi tau semuanya


pemaparannya sangat jelas....
emoticon-Shakehand2
Ada yang bisa bedain mana softlens yang kanan atau kiri gak?
atau terbalik saat memakai nya
tolong penjelasannya para mastahhh Newbie ane emoticon-Sorryemoticon-Sorry
Quote:Original Posted By layyzahs
Ada yang bisa bedain mana softlens yang kanan atau kiri gak?
atau terbalik saat memakai nya
tolong penjelasannya para mastahhh Newbie ane emoticon-Sorryemoticon-Sorry


cara bedain yg kanan atau kirinya dari warna casenya gan, bisa juga kalo lo pake agak pusing kalo ukuran matanya beda (misalnya L:-3.75 tapi lo pakein ukuran mata kanan yang -7.00)

kalo cara bedain terbalik yaitu kalo yang terbalik bentuknya bukan kaya mangkok, tapi kaya piring dan kalo ditekuk ga bisa nempel..
Quote:Original Posted By axeman


cara bedain yg kanan atau kirinya dari warna casenya gan, bisa juga kalo lo pake agak pusing kalo ukuran matanya beda (misalnya L:-3.75 tapi lo pakein ukuran mata kanan yang -7.00)

kalo cara bedain terbalik yaitu kalo yang terbalik bentuknya bukan kaya mangkok, tapi kaya piring dan kalo ditekuk ga bisa nempel..



Thx brather atas sarannyaemoticon-Toast
thanks gan informasi nya

klo softlen bru d pke 1x.. tp udh nglwatin btas wktu 1bln,msh bsa d gunakan ga ya?

Quote:Original Posted By zeth666


Klo ditanya boleh dipakai lagi atau ngga , sebaiknya jangan soalnya udah ngga higienis karena kandungan air (water content) yang ada pada softlens tsb berkurang bahkan abis klo dengan penjelasan sampe kriput gitu si softlensnya

Sedikit info nih buat pemakai softlens yang terkadang sering diabaikan oleh penggunanya ,,
# setiap menangani softlens harus cuci tangan biar higienis
# gosok searah depan-belakang bagian softlens (dengan cairannya) untuk proses pencucian
# setiap malem harus dilepas (kecuali RGP) , jangan dibawa tidur
# rendam softlens min 4jam max semalam dengan cairan softlens yg baru (jng yg bekas)

Tips tambahan ,,
# softlens yg masa pakai bulanan / 3bulan / 6bulan / tahunan , harus melakukan perendaman dengan tablet enzym per 2minggu sekali agar kenyamanan softlens tetap terjaga
# cairan softlens jng dicampur
# cairan softlens max 3bulan sejak buka tutup
# case softlens max 1bulan masa pakainya (3bulan untuk case anti bakterial)
# jangan naro softlens / case / cairan di toilet (sarang bakteri)

jangan asal beli softlens , terkadang banyak pengguna softlens yg ngasal , padahal belum tentu cocok , begini tips nya ,,
# udah tau belum diameter mata sendiri ?
# udah tau belum kelengkungan mata sendiri ?
# udah tau belum kualitas/kuantitas air mata sendiri ?

3pertanyaan tsb coba tanyain sama optisien di optik sekaligus pemeriksaan fitting mata , salah" beli softlens bisa berakibat sbb
# mata merah karena iritasi
# loose (longgar) atau step (ketat)

Dll , masih banyak sih klo mau dijelasin pm aja hehe

Btw ane optisien d opmel , jadi tau semuanya


ini buat jawaban diatas ane emoticon-Sundul Gan (S)

softlens baru dipake sekali , tapi udah sebulan ga dipake , gitu ya pertanyaannya ?
jawabannya simpel aja gan , selama ga dipake itu apa tiap malem dicuci + diganti ga cairannya ?
# klo selalu dilakuin , softlens bisa dipake kok asalkan tidak lebih dari anjuran masa pakai (ch. 3bln/6bln)
# tapi klo agan ga ngelakuin hal tsb , yaa otomatis softlensnya udah 'basi' , logika nya kan gitu hehehe
Quote:Original Posted By zeth666
ini buat jawaban diatas ane emoticon-Sundul Gan (S)

softlens baru dipake sekali , tapi udah sebulan ga dipake , gitu ya pertanyaannya ?
jawabannya simpel aja gan , selama ga dipake itu apa tiap malem dicuci + diganti ga cairannya ?
# klo selalu dilakuin , softlens bisa dipake kok asalkan tidak lebih dari anjuran masa pakai (ch. 3bln/6bln)
# tapi klo agan ga ngelakuin hal tsb , yaa otomatis softlensnya udah 'basi' , logika nya kan gitu hehehe



owh jd kl softlennya tiap mlm ga d gnti cairannya..udh g bs d pke lg? d tmpt softlennya jg ktanya cm bwt d pke slma 1bln