alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52d8b6803ecb17c53a8b4609/cara-mengatasi-angin-duduk
Cara mengatasi Angin duduk
Terinsirasi dari Temen dan paman ane yang terkena angin duduk istilah orang kampung dan gagal jantung untuk istilah kedokteran/atau istilah lainnya.

Temen ane : sehabis pulang kerja didaerah cibubur jam 01:30 shubuh pulang kedaerah depok, setelah sampai sekitar rumah temen ane ngak langsung kerumah, tetapi mampir dulu untuk nyeruput kupi diwarung deket rumahnya, ngak beberapa lama temen ane jatuh dari tempat duduk dan inti akhirnya temen ane meninggal ditempat. ( sayang ane lagi tugas dikalimantan ).

paman ane : Sehabis pulang dari kerjaan paman ane ama, temen2nya pergi kepernikahan temen, setelah makan-makan paman ane ngak bergerak sama sekali temennya menyapa untuk pulang tapi sayang paman ane dah meninggal pada saat itu juga.

Pada istilahnya, angin duduk digunakan untuk penggambaran gejala nyeri dada seperti rasa ditekan, keringat dingin, perut kembung, ulu hati terasa seperti ditusuk-tusuk sehingga menimbulkan rasa mual, dan dianggap lebih parah dari masuk angin pada umumnya.
Mengobati penyakit angin duduk yang umum dilakukan adalah dengan minum larutan tolak angin, menggosokkan balsam / minyak kayu putih atau melakukan kerokan dibagian tubuh yang terasa sakit. Tetapi bisa saja 30 menit kemudian sang penderita meninggal dunia.

Di dalam dunia kedokteran, istilah angin duduk adalah suatu penyakit yang mengarah kepada penyakit jantung disebut juga Sindroma Koroner Akut (SKA). SKA adalah salah satu manifestasi klinis dari Penyakit Jantung Koroner (PJK) yang utama dan paling sering mengakibatkan kematian.
Gejala angin duduk ini pada awalnya berupa nyeri dada yang disebut juga dengan Angina Pectoris, yaitu suatu sindrom klinis berupa serangan nyeri dada. Kasus angin duduk sejauh ini penderitanya lebih banyak orang orang dewasa, terutama pria yang jauh dari gaya hidup sehat dan tidak menjalankan pola hidup sehat. ( jangan salah temen ane orangnya sehat dan suka olah raga kasusnya sama kaya kasus ajie masait )

Dokter Femmy Nurul Akbar, SpPD yang ditemui di sela sela prakteknya sebagai Spesialis Penyakit Dalam di RS Pondok Indah Jakarta Selatan mengatakan: "Kasus yang paling banyak terjadi adalah para pasien tidak cepat memeriksakan diri meski sudah mengalami gejala angin duduk / angina tadi. Jadi jika anda tiba tiba merasa nyeri dada, sebaiknya tidak melakukan aktifitas fisik apapun termasuk melakukan hubungan suami istri. Secepatnya pergilah kerumah sakit untuk ditangani oleh ahli jantung atau dokter bagian Kardiovaskular".

Cara mengatasi Angin duduk

Biasanya Angina terjadi saat istirahat dan terus menerus, biasanya
lebih dari 15 menit. Angina mengalami peningkatan dengan semakin lama waktu
nyerinya atau lebih mudah tercetus. Melalui sebuah jurnalnya, Guru Besar Bidang Ilmu Penyakit
Dalam FKUI, Prof. DR. dr. Teguh Santoso, SpPD, menyarakan agar pasien segera
mendapatkan pertolongan tidak lewat dari 15 menit setelah serangan nyeri
pertama. Variasi rasa nyeri menurutnya antara lain dada seperti ditekan, diremas remas yang rasanya menjalar ke leher dan lengan, atau merasa terbakar dengan sesak nafas dan keringat dingin. Lebih spesifik lagi ada juga yang disertai kembung pada ulu hati seperti maag.

Penyebab angin duduk / angina yang utama sesungguhnya hanya terletak pada penyempitan pembuluh darah jantung ( vasokonstriksi ). Penyempitan tersebut menyebabkan sebagian jantung tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi yang cukup, sehingga pasokan darah ke jantung pun tidak seimbang. Kondisi ini akhirnya mengakibatkan kerusakan pada otot jantung yang dapat menyebabkan kematian.

Prof. Teguh mengatakan satu satunya cara mengatasi angin duduk / angina yang dapat dilakukan adalah dengan melonggarkan sumbatan yang terjadi, yaitu dengan cara memberikan Obat Antiplatelet (sel pembeku darah) dan Antikoagulan. Atau mengantisipasi ketidakseimbangan suplai oksigen dan kebutuhan oksigen ke Jantung dengan nitat, betabloker, dan kalsium antagonis.

Untuk mengobati angin duduk / angina, Dokter Femmy menegaskan, "Obat Antiplatelet yang paling murah dan gampang ya Aspirin. Selain bermanfaat sebagai pertolongan pertama mengatasi nyeri, obat ini juga untuk melonggarkan  kembali pembuluh darah yang tersumbat. Kalau berdasarkan hasil diagnosa dokter Anda menderita ganggguan Jantung, sebaiknya membawa tablet Antiplatelet kemanapun anda pergi, sebagai pertolongan awal sebelum kerumah sakit. Berikutnya, ikuti semua saran dokter dalam hal pengobatan medis dan pola hidup sehat. Kesembuhan Anda, tergantung pada kepatuhan Anda pada dokter yang menangani"

Cara mengatasi Angin duduk

Sumber : Majalah Housekeeping indonesia edisi maret 2011
Spoiler for Sumber yang bagus adalah pengalaman Pribadi dari agan/sis:


Info yg bermanfaat gan..
Sekarang semakin banyak saja kasus kematian karena "Angin Duduk".. emoticon-thumbsup
jdi inget nyokap ane yg meninggal gara2 angin duduk nihh emoticon-Mewek
dlu pas nyokap ane lg ngalamin angin duduk dia ngeluh sakit2 di badannya gan, pindah2 gitu sakitnya ( entar di bahu entar di pinggang dst ) , truss di panggil tuhh tukang urut.. nahh wktu itu kami sekeluarga blm tahu klo kena angin duduk itu ga bolehh di pijit / urut... setelah di urut , ga lamaa kemudian nyokap ane 'pergi' emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka
Ane kok baru dengar ya ada istilah angin duduk,,
Pake cara biasa juga ya gan. Ane pikir ga ada cara mengtasi nya emoticon-Frown
brati angin duduk itu bukan karena angin yang berada di dlm tubuh dlm waktu yg lama ya..

tmn ane jg ada yg kena, skr uda almarhum emoticon-Berduka (S)
katanya gr2 suka pulang subuh naik motor (tanpa jaket) sambil ngerokok..
Ane juga ad temen yg meninggal gara2 angin duduk .. thx buat info-ny gan.
Nice info gan emoticon-Smilie
Ngeri,,ada saudara ane menginggal gara2 penyakit ini
Wahhh jd ngeri sm nih penyakit
Banyak nih fenomena nya .. kalo ada yang meninggal ditanya kenapa .. kena angin duduk .. sekarang ane ngerti angin duduk itu apa emoticon-Rate 5 Star
ane kira angin duduk itu kayak masuk angin gan, ternyata inpo emoticon-Ngakak

nais inpoh gan emoticon-Cendol (S)
disuruh berdiri aja gan anginnya emoticon-Hammer (S)
========================

rupanya jantung yang terserang ya..
cuman tanda2nya seperti masuk angin emoticon-Bingung (S)

wew

turut berduka juga atas temen atau keluarganya yang pernah ngalamin

emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)

Nyang belom pernah ketemu penyakit ini jangan pernah berharap penyakit ini ketemu ama aga/sis

Quote:Original Posted By slomangrawa
nice share gan...pake aspirin bisa ya

Quote:Original Posted By trahbuthexs
ternyata aspirin bisa menyembuhkan angin duduk
keliatannya harus punya persediaan obat itu dirumah

Quote:Original Posted By bismakhansa
Oh gitu jadi sedia Aspirin yah emoticon-Cool


menurut sumbernya begitu gan pake ASPIRIN.( mudah2an ada agan/sis yang dokter yang bisa jelasin lebih mendalam kaya sumur )

pengalaman pribadi dikerok juga ngurangin, kalo sehabis dikerok kita ngeluarin keringet artinya kerokan itu manjur gan, tapi kalo ngak buru2 bawa kedokter.
nice share gan...pake aspirin bisa ya
ane pernah gan abis balik turing, pertama lambung ane sakit, ane kira cuman masuk angin aja, trus sama temen ane di kasih tol*k ang*n, eh bukan sembuh malah naek sampe uluh hati, perih gan, pengen'a tuh di iket aje tuh perut, temen ane semua udh pada panik, dan langsung di bawa ke klinik terdekat, sama dokternya perut ane di kasih sinar ultraviolte, kata dokter'a sih usus ane nempel jdi angin ga bisa keluar, trus di masukin obat dari an*s ane . kata dokternya kalo 30 menit belom mendingan, langsung mau di panggilin ambulan, tapi alhamdullilah ane sembuh gan . bahaya emang tuh penyakit emoticon-Berduka (S)
wah ane sering nih karena emang ane jahat banget soal makanan terutama junk food

buat ane yang anak kostan sangat sulit mendapat pertolongan pertama angin duduk
tapi ane ada cara sendiri buat ngatasin angin duduk untuk pertolongn pertama

tepel koyo pas di bagian jantung, pokoknya dada kiri depan belakang
1 sisi 2 sampai 4 koyo, memang panas sih tapi daripada mati emoticon-Ngakak
cari bagian yang sakit
dengan caa bagian atas dada deket pangkal tangan di tekan pake ibu jari terus diputer2
lebih bgus pakai balsem

kalo udah agak mendingan langsung kedokter

mengatasi angin duduk bisa dengan pijitan gan, tapi pijit refleksi
ingat refleksi, bukan pijit masuk angin biasa apalagi pijit relaksasi
pijit refleksi itu yg nekan2 titik2 darah pake jari tangan dan kerasa pedes banget emoticon-Takut
angin duduk banyak tuh korbannya, bokap teman ane meninggal juga karna angin duduk
ternyata aspirin bisa menyembuhkan angin duduk
keliatannya harus punya persediaan obat itu dirumah
Oh gitu jadi sedia Aspirin yah emoticon-Cool