alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52d8aff6fcca17f946000094/keren-gan-china-bangun-jalan-layang-yang-bisa-diputar
[Keren Gan] China Bangun Jalan Layang yang Bisa Diputar !!
Quote:[Keren Gan] China Bangun Jalan Layang yang Bisa Diputar !!

[Keren Gan] China Bangun Jalan Layang yang Bisa Diputar !!

Say No To Repost
Spoiler for No Repsol:


Thread Keduax ane nih gan.. Monggo disimak..

Quote:DREAMERSRADIO.COM - Jika pada umumnya jalan layang dibangun secara permanen, maka di China sesuatu yang tak mungkin bisa terjadi, salah satunya mereka berinovasi dengan membangun jalan layang besar yang dapat diputar. Dan hal ini tentu menjadi inovasi yang menakjubkan.

Dilansir dari dailymail, jalan layang tersebut berada di Kota Wuhan yang dibangun di atas rel kereta api peluru. Tak tanggung-tanggung berat jalan tersebut mencapai 17 ribu ton dengan tinggi mencapai 15 meter. Sementara itu, para teknisi butuh waktu 90 menit untuk memutar keseluruhan konstruksi hingga 106 derajat.

[Keren Gan] China Bangun Jalan Layang yang Bisa Diputar !!

Sementara itu, teknik jalan layang putar ini pertama kali digunakan China. Walaupun teknologi ini sebelumnya pernah dibangun di Inggris. Sedangkan ahli meyakini mulai digunakan untuk lalu lintas publik mulai akhir bulan ini.

Jika selesai maka jalan ini panjangnya 256 meter dan memiliki 11 jalur. China saat ini memiliki jalur kereta paling panjang di dunia sejauh 6.200 mil. Jalur tersebut memiliki peranan penting sehingga teknisi harus putar otak membangun jembatan tanpa mengganggu aktivitasnya. Alhasil mereka membuat jalan layang yang bisa diputar tersebut.


Gimana menurut agan-agan dan aganwati sekalian?? kira-kira kalo di terapin di kota kita tercinta DKI Jakarta bakal mampu mengurangi kemacetan gk yah??

Sekian Thread ane yg singkat ini gan. maapin kalo berantakan
kalo suka boleh dong emoticon-Blue Guy Cendol (L) nya..
kalo belom bisa di emoticon-Rate 5 Star yak gan biar jadi HT..

asal jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L) yak gan sakit...emoticon-Sorry

Sumur

UPDATE GAN !!

Quote:Original Posted By nrywax
itu diputer buat apaan -.-?
apa cuma pas ngebangun doang terus diputer biar ngepas ama jalan yang laen??
apa pas ada mobil bisa di puter2 pas kereta lewat??
klo pas ngebangun terus di puter sih orang indonesia juga dah nemuin dari jaman dulu >.<...


Iya bener gan...ternyata di Jakarta dulu bikin Jembatan Layang nya pake teknik kayak ini juga...Nama teknik nya itu Sosrobahu. Cekidot Penjelasannya
Quote:Teknik Sosrobahu merupakan teknik konstruksi yang digunakan terutama untuk memutar bahu lengan beton jalan layang dan ditemukan oleh Tjokorda Raka Sukawati. Dengan teknik ini, lengan jalan layang diletakkan sejajar dengan jalan di bawahnya, dan kemudian diputar 90° sehingga pembangunannya tidak mengganggu arus lalu lintas di jalanan di bawahnya.

Pada tahun 1980-an, Jakarta yang memang sudah mengalami kendala kemacetan lalu lintas, banyak membangun jalan layang sebagai salah satu solusi meningkatkan infrastruktur lalu-lintas. Sebagai kontraktor saat itu, PT. Hutama Karya mendapatkan order membangun jalan raya di atas jalan by pass A. Yani di mana pembangunannya harus memastikan bahwa jalan itu harus tetap berfungsi.

Dengan permasalahan tersebut, para direksi Hutama Karya berdiskusi setelah mendapatkan order membangun jalan layang antara Cawang sampai Tanjung Priok sekitar tahun 1987. Persoalan rumit diurai, yang diperlukan untuk menyangga badan jalan itu adalah deretan tiang beton, satu-sama lain berjarak 30 meter, di atasnya membentang tiang beton selebar 22 meter. Batang vertikalnya (pier shaft) berbentuk segi enam bergaris tengah 4 meter, berdiri di jalur hijau. Hal ini tidak sulit, yang merepotkon adalah mengecor lengannya (pier head). Jika dengan cara konvensional, yang dilakukan adalah memasang besi penyangga (bekesting) di bawah bentangan lengan itu, tetapi bekesting itu akan menyumbat jalan raya di bawahnya. Cara lain adalah dengan bekesting gantung tetapi membutuhkan biaya lebih mahal.

Di tengah masalah itu, Ir. Tjokorda Raka Sukawati mengajukan gagasan dengan membangun tiangnya dulu dan kemudian mengecor lengannya dalam posisi sejajar dengan jalur hijau, setelah itu diputar membentuk bahu. Hanya saja kendalanya adalah bagaimana cara memutarnya karena lengan itu nantinya seberat 480 ton.


Step-Stepnya kyk gini nih gan

Step 1:
[Keren Gan] China Bangun Jalan Layang yang Bisa Diputar !!
1. Bangun tiang jalan.

Step 2:
[Keren Gan] China Bangun Jalan Layang yang Bisa Diputar !!
2. Lengan beton jalan dibangun di antara dua jalur jalan, sejajar dengan jalanan yang padat di bawahnya.

Step 3:
[Keren Gan] China Bangun Jalan Layang yang Bisa Diputar !!
3. Lengan beton jalan diputar 90 derajat. Jalan layang pun kemudian dibangun di atas lengan ini.

Sumur
pertamax
Busyeng deng jalannya bisa diputer begitu ya...emoticon-Hammer2
Tapi keren...emoticon-2 Jempol


burmencia
[Keren Gan] China Bangun Jalan Layang yang Bisa Diputar !!
keren gan, cina emang udah maju sekarang emoticon-Matabelo
Pusing gan kalo ngelewatinya emoticon-Gila
Keren amat gan emoticon-Big Grin
itu diputer buat apaan -.-?
apa cuma pas ngebangun doang terus diputer biar ngepas ama jalan yang laen??
apa pas ada mobil bisa di puter2 pas kereta lewat??
klo pas ngebangun terus di puter sih orang indonesia juga dah nemuin dari jaman dulu >.<...
China saat ini memang jadi ajang "percobaan" para ahli arsitek dunia, China di mata mereka seperti " Playground " sehingga teknologi arsitektur di tarik sampai batas maksimal.
jadi ga heran kalau nanti China & Dubai bakalan punya icon2, landmark yang menakjubkan.

mantap ini thread.
emoticon-I Love Indonesia (S)
wah keren gan emoticon-Matabelo
Keren sih!! Tapi bingung juga kalo lg jalan, eh malah puter tuh jalanan emoticon-Hammer2
Landmark berhasil dibangun
Quote:Original Posted By s3ntrifugal
pertamax


emoticon-Selamat gan.. boleh dong emoticon-Blue Guy Cendol (L) nya gan... emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By burmencia
Busyeng deng jalannya bisa diputer begitu ya...emoticon-Hammer2
Tapi keren...emoticon-2 Jempol


burmencia
[Keren Gan] China Bangun Jalan Layang yang Bisa Diputar !!


iya gan inovasinya keren bgt top dah emoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By imorstone
keren gan, cina emang udah maju sekarang emoticon-Matabelo


iya...kira2 Indonesia kapan yak??? emoticon-I Love Indonesia

Quote:Original Posted By gadingholic
Pusing gan kalo ngelewatinya emoticon-Gila


Gak bikin pusing gan...jadi tuh jembatannya bakal diputer kalo jalurnya macet..jadi di alihkan ke jalur lain...gitu gan... emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Quote:Original Posted By 0o0o0o0o0o0o0o9
Keren amat gan emoticon-Big Grin


kalo di Jakarta gimana yak gan??
Quote:Gimana menurut agan-agan dan aganwati sekalian?? kira-kira kalo di terapin di kota kita tercinta DKI Jakarta bakal mampu mengurangi kemacetan gk yah??


Bagus banget gan kalo diterapkan di Jakarta, tapi ane masih gak yakin kalo proyek gini bisa siap (nasib MRT aja entah gimana)...
Anjir china emang selalu punya trobosan baru emoticon-Ngakak
di DKI? makin macet aja gan emoticon-Ngakak
kan kebiasaan orang indonesia tuh melanggar haha
Ribet amir
emoticon-Cool
Keren gan emoticon-Matabelo
ada lagiiiiii...aneh2 aja nih negara
ga ada pic nya gan
Nah ntu negara yang disiplin dan mau maju + juga tepat penggunaan anggarannya... Kalau indonesia juga displin lalu anggaran tepat guna maka pasti juga bisa.. Go Indonesia emoticon-I Love Indonesia (S)