alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52d8a62ea4cb175e4f8b45e7/membedah-strategi-arsenal--wenger-ways
Membedah Strategi Arsenal : Wenger Ways
Membedah Strategi Arsenal

Wenger Ways

Berdasarkan data dari Soccerway, sekitar 30 partai dilakoni Arsenal musim ini, dengan rincian, 21 di ajang Liga Inggris, 6 di Liga Champions 2 di Piala Liga dan 1 di Piala FA. Statistik yang didapatkan Arsenal adalah 21 kemenangan, 3 hasil imbang dan 6 kekalahan. Rasio kemenangan Arsenal bersama Wenger musim ini adalah 73,3 %. Impresif! Arsenal memesona di ajang Liga domestik dan di Eropa. Wenger memainkan peran yang sangat penting dalam statistik luar biasa ini. Tapi sulit mempercayai, dari 30 partai yang dilakoni Arsenal, hanya 3 laga Wenger berpaling dari skema 4-2-3-1 kesukaannya, yaitu ketika bersua Fenerbache sebanyak dua kali dan Napoli sekali. Itu artinya di ajang Liga Inggris, Wenger memainkan pola yang sama hingga saat ini, yaitu 4-2-3-1. Namun, dengan fakta telah terbacanya strategi dan formasi Arsenal, kenapa Mesut Ozil dan kawan-kawan begitu sulit ditaklukkan musim ini? Inilah yang saya sebut dengan Wenger Ways.Wenger Ways adalah sebuah taktik jitu yang diterapkan oleh Wenger untuk menyiasati melimpahnya stok pemain kreatif di lini tengah di Arsenal.

Tercatat mulai dari Rosicky, Ramsey, Cazorla, Wilshere, dan Ozil memiliki kemampuan natural sebagai pengatur permainan atau playmaker. Senyum Wenger semakin mengambang mengingat lima nama pemain tersebut adalah versatile, yang artinya bisa bermain di berbagai posisi. Yup, ini adalah sumber kekuatan Arsenal musim ini. Wenger Ways memungkinkan pemberian Role play kepada lebih dari satu pemain di setiap laga. Ini yang menjadikan Arsenal sangat susah ditebak. Dalam sebuah pertandingan, Wenger bisa memainkan hingga tiga pemain yang memiliki kemampuan natural sebagai playmaker, dengan komposisi, satu sebagai gelandang bertahan, satu gelandang serang dan satu pemain sayap. Berikut saya sajikan analisa empat pertandingan Arsenal (dua kandang, dua tandang),

Aston Villa (1-2) Arsenal
Ini merupakan pertandingan teranyar Arsenal. Dalam pertandingan ini, Wenger memainkan tiga gelandang kreatifnya di dalam posisi naturalnya. Wilshere bermain sebagai gelandang tengah, Ozil sebagai gelandang serang, dan Cazorla bemain melebar ke sisi kiri.
Membedah Strategi Arsenal : Wenger Ways
(Susunan Formasi Pemain di Laga Aston Villa vs Arsenal. Credit : Soccerway)

Dalam laga ini, Arsenal menguasai Ball Possesion dengan keunggulan 56:44, namun kalah dalam jumlah tembakan. Ozil yang bermain sebagai role play dalam pertandingan ini tertutupi dengan pola one to one marking yang dilakukan oleh sekaligus tiga pemain Aston Villa, yakni Delph, Westwood, dan Alhamadi terhadapnya. Wilshere yang berada di belakang Ozil, mengambil alih keadaan mengambil alih role play Arsenal. Dalam laga ini, Wilshere mencetak 1 gol dan 1 assist.

Arsenal (2-0) Liverpool
Dalam laga ini, Suarez menjadi salah satu momok yang paling berbahaya bagi kubu Arsenal, mengingat tajamnya sang bomber dalam dua pertandingan teranyar. Wenger tidak punya pilihan selain memastikan timnya mampu mencetak gol untuk menjaga mengamankan kemenangan. Wenger menurunkan empat dari lima pemain kreatifnya dalam pertandingan ini. Luar biasa! Ramsey sebagai gelandang tengah, Cazorla, Ozil dan Rosicky ada pada garis sejajar di belakang striker
Membedah Strategi Arsenal : Wenger Ways
(Susunan Formasi pemain di Laga Arsenal vs Liverpool. Credit : Soccerway)

Dalam laga ini, Wenger terpaksa memainkan tiga pemain bertipikal “Playmaker” di belakang striker, karena terbatasnya pemain di lini tengah akibat cedera. Alih-alih akan kesulitan mengembangkan permainan karena terbatasnya ruang gerak para playmaker, Liverpool justru kebingungan untuk melakukan penjagaan. Ketiga pemain tersebut saling bertukar posisi sepanjang pertandingan. Cazorla berhasil membuka kemenangan Arsenal sebelum akhirnya ditutup oleh Ramsey dengan sebuah gol.


Selengkapnya
Salam kenal gan
Ane Gooner emoticon-Sundul Up
VCC emoticon-Cendol (S)
saya pecinta arsenal,,,
cuma sering geregetan pas nonton,,,,,
mentalnya kurang,,,,, jd sering kepeleset,,,

Moga arsenal juara.
emoticon-Cool
Quote:Original Posted By KreamCyber
Moga arsenal juara.
emoticon-Cool


idem ama yg ini,


Membedah Strategi Arsenal : Wenger Ways
Arsenal punya banyak playmaker
sayangnya di MU hanya carrick dan kagawa yang mampu menjadi playmaker sehingga MU kesulitan bersaing di papan atas
Go Go Gunnersemoticon-Matabelo
gooner this is our time now ..
salam gooners emoticon-Ngakak
welehh keren nie infonya gan
VCC gan COYG semoga bisa raih trofi premier league sekalian champions
:2thumbs
ane the gunners gan..
salam kenal yah emoticon-Matabelo