alexa-tracking

TIMNAS INDONESIA Pindah ke Oceania, Mengapa Tidak?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52d83ad5118b4612348b470e/timnas-indonesia-pindah-ke-oceania-mengapa-tidak
TIMNAS INDONESIA Pindah ke Oceania, Mengapa Tidak?
Pasti di antara pembaca banyak yang langsung mendengus sinis saat membaca judul tulisan ini. Apa pula ini?

Tunggu dulu, sabar dulu. Mari kita telaah bersama beberapa argumentasi mengenai perlu tidaknya PSSI mencoba pindah induk Federasi dari Asia (AFC) ke Oceania.

Dianggap serius atau tidak, saran saya bagi Indonesia untuk pindah ke federasi Oceania bukanlah inti permasalahan. Bukan tujuan saya untuk meyakinkan anda semua mengenai ide kontroversial ini. Maksud tulisan ini lebih mengarah kepada provokasi otak, atau menggugah kita semua untuk kembali bermimpi dan berpikir tentang bagaimana caranya Indonesia Raya bisa berkumandang di pentas Piala Dunia.

Beberapa waktu lalu di pentas Piala Konfederasi, dunia jatuh cinta kepada tim Tahiti. Wakil Oceania ini berhasil tembus ke pentas international itu setelah mengalahkan Selandia Baru (yang menurunkan tim U-21 mereka) di final Piala Oceania. Walau kemudian babak belur, tim Tahiti menuai respek dunia dengan cara bermain mereka yang berani dan penuh semangat selama di Brasil bulan Juni lalu.

Saat menonton Piala Konfederasi saya menjadi iri kepada Tahiti. Negara dengan jumlah penduduk sebanyak satu (!) kecamatan di kota Malang ini (sekitar 200.000) bisa tampil di ajang Piala Konfederasi!

Kapan, ya Tuhan, Indonesiaku bisa tampil di pentas dunia?



Setelah berdiskusi dengan berbagai pihak mengenai sikon sepakbola Indonesia dan kolerasinya dengan sepakbola dunia, saya menjadi yakin bahwa sedikitnya ada empat pilar yang harus dibenahi. Pertama, perlu dibangunnya akademi kepelatihan satu pintu untuk pelatih dan wasit (demi kerapian organisasi, serta standarisasi kualitas pendidikan wasit dan pelatih), ada beberapa hal lain yang tak kalah pentingnya. Kedua, tim-tim sudah seharusnya memiliki youth academy yang profesional (lengkap dengan tim pencari bakat profesional yang mencari bakat secara sistematis). Ketiga, perbaikan profesionalisme dan kejujuran di kompetisi juga multak diperlukan, plus (yang keempat) peningkatan kualitas SSB dan kompetisi usia dini (umur 6-12) dan usia muda (umur 13-20). Satu hal lain adalah, perlu dipertimbangkan pindah federasi.

Mengapa tidak cukup melakukan pembenahan di empat pilar utama pembinaan yang disebutkan di atas? Mengapa pula perlu dipertimbangkan ide kontroversial yakni pindah induk federasi?

Dua faktor menjadi pertimbangan; 1) Jauhnya ketertinggalan kita dengan negara-negara kuat di Asia, dan 2) Banyaknya saingan superkuat di benua Asia.
TIMNAS INDONESIA Pindah ke Oceania, Mengapa Tidak?
KALO GAK PERTAMAX , PREMIUM AJE DEH GAN.....

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Dulu ane jg pernah berpikir demikian bahkan sebelum aussie masuk ke afc.
Sekarang permasalahan kita adalah ketua pssi yang lemah dan disetir oleh orang2 gila duit. Prestasi dinomorduakan.
yen pindah mesti bakalan juara mulu gan emoticon-Smilie)
emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
emang sanggup juara kalo udah pindah? emoticon-Cape d...
itu namanya lari dari masalah emoticon-Cape d... (S)
makin medioker aja sepakbola indonesia emoticon-Gila
emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
knp harus pindah kesana gan..

kayanya gk perlu dech..

mampir gan
Jual Adidas Springblade
klo Timnas kita jadi pindah ke Oceania ane bakal nyumpahin para petinggi PSSI am tuh Boy Suryo bakal boker 7 hr 7 maelm trus abis boker juga gk bakal cebok selamanya. emoticon-Mad (S) emoticon-Mad (S)

yah konyol lah klo kita pindah. secara gak langsung kita mengakui kualitas sepak bola kita terlalu rendah di level Asia Tenggara emoticon-Cape d...
wah buset bgt dah itu gan

bisa kek gitu pindah ny
kayaknya nggak bisa deh gan, masalahnya indonesia sudah tergabung di asean. atau semua negara asean juga pindah atau asean menyatu dengan oceania. kalo ini kayaknya bisa lebih masuk akal deh
kasihan club yang mau tampil di piala asia emoticon-Cape d... (S)
belom lagi ntar kalo dioceania kalah mulu emoticon-Cape d... (S)
ane sih mana ajalah gan yg penting indonesia menang ane dah seneng
secara potensi kita ga kalah gan. lihat aja timnas U 19. tapi ya itu salah asuhan
timnas kita bobrok ya gara2 pssinya penuh orang berkepentingan emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)
Jangan gitu juga sih. Wakakakakak. ^^v Indonesia pasti bisa...,! emoticon-Kiss emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
Emang klo pindah ke oceania bakal menang ya gan

Kyknya belum menjamin deh bakal jadi raja oceania

#bukan pesimis tapi berpikir realistis