alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52d82f455dcb1763080002b6/badan-intelejen-negara--bin--cacatan-pinggir-pengen-jadi-bin-masuk-dulu
Badan Intelejen Negara ( BIN ) cacatan pinggir pengen jadi bin masuk dulu !!
"berani tidak dikenal, mati tidak dicari, berhasil tidak dipuji, dan gagal dicaci maki"
Hanya sebuah catatan pinggir yang mungkin dapat mengingatkan jati diri seorang insan intelijen.

Terhadap prinsip sebagaimana tertera pada judut thread ini, saya berkali-kali memberikan catatan yang agak berbeda sedikit, namun juga ada hal-hal yang tidak dapat ditawar sebagai prinsip yang harus dipahami seorang intel.

Silahkan dibaca....

"berani tidak dikenal" adalah salah satu prinsip dasar yang tidak dapat dibantah lagi dalam profesi seorang intel. Apabila kita bertemu/berkenalan dengan seseorang dan yang bersangkutan mengenalkan diri sebagai seorang intel, maka ia telah melanggar prinsip kerjanya sendiri. Penngecualian dapat saja terjadi ketika kita berada di dalam pertemuan komunitas intelijen, ataupun dalam rapat di lembaga pemerintah dimana kita mewakili institusi intelijen, atau bahkan dalam pertemuan internasional dimana pesertanya adalah kalangan intel. Penyakit ingin dikenal biasanya terjadi justru pada tahap awal menjadi seorang intel atau pada saat telah menduduki jabatan yang cukup tinggi. Ibaratnya seperti juga seorang yang baru belajar bela diri silat sabuk putih dengan sedikit kembangan, jurus, belebat dan tapak, kadang kebanggaan menjadi bagian dari perguruan silat melebihi kemampuannya dalam bela diri. Semantara, harga diri seorang pejabat intel, kadang meledak pada saat ada pihak-pihak meremehkannya, sehingga munculah perilaku ingin dikenal.

Badan Intelejen Negara ( BIN ) cacatan pinggir pengen jadi bin masuk dulu !!

"mati tidak dicari" sebenarnya merupakan prinsip government denial atau penyangkalan pemerintah terhadap keberadaan seorang intel/agen yang hilang atau mati dalam sebuah operasi di negara lawan. Hal ini sangat penting guna meredam terjadinya konflik yang lebih besar antar negara, sehingga seorang agen yang ditugaskan di luar negeri secara mental selalu siap untuk dianggap tidak ada, dimana kematiannya-pun tidak akan dicari. Prinsip ini hampir tidak pernah diterapkan dalam operasi di dalam negeri, kecuali pada saat terjadi perang saudara atau pemberontakan yang besar.

Badan Intelejen Negara ( BIN ) cacatan pinggir pengen jadi bin masuk dulu !!

"berhasil tidak dipuji" adalah sebuah prinsip yang dibangun untuk memupuk/membangun jiwa rendah hati seorang intel. Mengapa seorang intel perlu memeiliki kerendahan hati? Hal ini semata-mata demi kelangsungan hidupnya untuk membiasakan diri tidak mencari pujian atau berkompetisi semata-mata demi nama atau jabatan. Secara psikologis, manusia akan selalu senang dipuji atas keberhasilan/sukses dalam kehidupannya. Intel juga manusia yang haus akan pujian, namun pujian dalam dunia intelijen perlu direduksi guna menghindari lahirnya kesombongan/takabur yang sering menjerumuskan seorang intel dalam keadaan yang menyedihkan karena kesombongannya.

Badan Intelejen Negara ( BIN ) cacatan pinggir pengen jadi bin masuk dulu !!

"gagal dicaci maki" adalah sebuah prinsip dimana tidak ada kata gagal dalam kamus pekerjaan seorang intel, sehingga hanya caci-maki yang akan diterima seorang intel yang gagal. Mengapa intel tidak boleh gagal? bukankah manusia wajar saja apabila gagal? Dalam kondisi ekstrim, hal ini berangkat dari prinsip keadaan perang dimana kegagalan seorang intel dapat mengakibatkan kematian atau kekalahan dalam perang sehingga tidak dapat diampuni. Apakah kita dapat hidup tenang apabila kegagalan kita menyebabkan kematian banyak sahabat dan rekan kerja kita. Kemudian prinsip tersebut diabadikan dalam dunia intelijen untuk mendorong seorang intel memaksimalkan skill, kemampuan, dan kreatiftasnya dalam menyukseskan pekerjaan operasionalnya. Saya berikan contoh sederhana yang secara filosofis dapat menjelaskan kondisi ini sbb:
Tugas yang diberikan oleh pimpinan secara mendadak adalah menghadiri pertemuan rahasia di Hotel Indonesia jam 3 dinihari tanggal XX bulan YY tahun 2014. Posisi anda pada jam 2 dinihari di Depok tanpa memiliki kendaraan bermotor. Beberapa kawasan menuju Hotel Indonesia banjir. Dapat dipastikan anda akan terlambat atau bahkan tidak dapat menghadiri pertemuan dimaksud. Apakah anda bisa melapor pada pimpinan dan menyampaikan maaf Pak saya gagal mencapai Hotel Indonesia jam 3 dinihari, sehingga tidak tahu isi pertemuan rahasia dimaksud. Silahkan dipikirkan masing-masing...jawabnya

Intelijen

Intelijen (bahasa Inggris: intelligence) adalah informasi yang dihargai atas ketepatan waktu dan relevansinya, bukan detail dan keakuratannya, berbeda dengan "data", yang berupa informasi yang akurat, atau "fakta" yang merupakan informasi yang telah diverifikasi. Intelijen kadang disebut "data aktif" atau "intelijen aktif", informasi ini biasanya mengenai rencana, keputusan, dan kegiatan suatu pihak, yang penting untuk ditindak-lanjuti atau dianggap berharga dari sudut pandang organisasi pengumpul intelijen. Pada dinas intelijen dan dinas terkait lainnya, intelijen merupakan data aktif, ditambah dengan proses dan hasil dari pengumpulan dan analisis data tersebut, yang terbentuk oleh jaringan yang kohesif.
Kata intelijen juga sering digunakan untuk menyebut pelaku pengumpul informasi ini, baik sebuah dinas intelijen maupun seorang agen.

Proses

Informasi yang dikumpulkan bisa sulit untuk didapatkan, atau bahkan informasi rahasia, yang didapatkan dengan spionase ("sumber tertutup"), atau dapat juga berupa informasi yang tersedia bebas, di surat kabar atau internet ("sumber terbuka"). Secara tradisional, pengumpulan intelijen berupa pengumpulan informasi dari segala sumber, lalu penyimpanan dan pengurutan informasi tersebut, dan diperkirakan sebagian kecil dari yang terkumpul akan berguna kemudian. Hasil dari pengumpulan intelijen ("produk") dan sumber serta metode pengumpulannya ("tradecraft") seringkali dirahasiakan.Biasanya personel intelijen dibekali kemampuan lebih atau dapat dikatakan,orang yang menjadi intelijen ialah orang-orang pilihan terbaik,Kebanyakan mereka berkamuflase lebih hebat sehingga sangat sulit dan bahkan tak terlihat ketika berbaur dengan masyarakat sipil atau berbaur dengan pihak musuh,karena mereka memegang prinsip 1000 cover,artinya personel intelijen tersebut memiliki 1000 id yang mana id id tersebut menutupi identitas asli personel intelijen tersebut.Beban berat dan tugas berat selalu dipundak mereka,Ibarat misi berhasil tak dipuji,misi tak berhasil dicacimaki,matipun tak ada yang mengakui.
Intelijen pemerintah biasanya diserahkan pada dinas intelijen, yang umumnya diberikan dana besar yang dirahasiakan. Dinas-dinas ini mengumpulkan informasi dengan berbagai cara, dari penggunaan agen rahasia, menyadap saluran komunikasi, sampai penggunaan satelit pengintai.

Badan Intelejen Negara ( BIN ) cacatan pinggir pengen jadi bin masuk dulu !!
Intelijen militer adalah kegiatan dalam perang yang melakukan pengumpulan, analisis, dan tindak lanjut atas informasi tentang musuh di lapangan. Kegiatan ini memakai mata-mata, pengintai, peralatan pengamatan yang canggih, serta agen rahasia.
Intelijen bisnis merupakan informasi rahasia yang didapatkan suatu perusahaan mengenai saingannya dan pasar.

Informasi yang dicari

Pada perkembangan selanjutnya, informasi yang dicari bukan hanya bersifat kemiliteran namun juga mengenai masalah masalah sosial, gejolak sosial, informasi ekonomi, pertanian, tingkat keberhasilan panen serta kemajuan teknologi. Tujuannya selain bersifat untuk kepentingan analisis militer, juga berguna untuk kepentingan lainnya seperti kepentingan ekonomi, kerjasama ekonomi dan lain-lain terutama yang bersifat hubungan antar negara (diplomatik). Selain negara, kadang-kadang perusahaan-perusahaan maupun kalangan bisnis juga menggunakan cara-cara ini untuk mengumpulkan informasi yang sifatnya terbatas hanya untuk kepentingan bisnis seperti prospek mendirikan usaha maupun investasi, kemampuan daya beli dan ekonomi sampai mengetahui kekuatan bisnis saingannya.Seorang personel intelijen telah didoktrin untuk menyerap informasi sebanyak-banyaknya yang berkaitan dengan apa yang telah menjadi misinya.Kekuatan suatu negara tidak hanya terletak pada kekuatan armada perangnya,namun Intelijen adalah suatu titik inti dari keberhasilan suatu Kekuatan pokok suatu negara.Kadang Intelijen dipandang sebelah mata oleh suatu kaum paradigmatis tertentu,justru dengan intelijen inilah suatu sistem akan tetap utuh dan terjaga dari segi keamanan internal.

Operasi intelijen

Pada dasarnya, intelijen adalah bersifat mengumpulkan informasi. Pada perkembangannya terutama yang berurusan dengan masalah negara, juga ditambah dengan usaha sejauh mana menyelesaikan setiap ancaman yang dilakukan secara efektif, rahasia, dan langsung menuju sasarannya yang dikenal dengan operasi intelijen yang sering dikenal juga dengan operasi klandestin. Sebagai contoh di Amerika Serikat terdapat undang-undang intelijen yang isinya "..serta usaha usaha yang dilaksanakan untuk menghadapi ancaman terhadap kepentingan nasional". Maka mucullah operasi-operasi seperti usaha penggulingan terhadap Presiden Soekarno dengan memberikan bantuan senjata kepada kaum pemberontak pada dekade 1950-an, Invasi Teluk Babi di Kuba tahun 1960-an, usaha pembunuhan Presiden Saddam Hussein dan lain-lain.

Kriminalitas

Prinsip prinsip intelijen juga digunakan untuk mengatasi kriminalitas dan kejahatan yang terjadi di masyarakat umumnya dugunakan oleh kepolisian dengan menggunakan unit-unit reserse atau kejaksaan seperti di Amerika Serikat (FBI), detektif bahkan wartawan untuk mencari sumber berita. Masing masing memiliki kode etik tersendiri.

Sifat-sifat operasi Intelijen

Umumnya operasi intelijen dilakukan untuk dua kepentingan:
Operasi Taktis
yaitu operasi yang dilakukan untuk mendukung operasi-operasi taktis yang dilakukan dalam jangka waktu dan kegiatan tertentu, umumnya dilakukan oleh angkatan bersenjata dalam operasi operasi militernya.
Operasi Strategis
yakni operasi yang dilakukan dengan mengumpulkan data-data informasi dan kegiatan lain untuk kepentingan strategis umumnya dilakukan dengan jangka panjang.

silahkan agan-agan yang mau mendaftar angota BIN
disini :
http://www.bin.go.id/stin/detil/238/...telijen-negara

nb :ts bukan BIN emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak serius

sumber
http://www.bin.go.id/stin
http://id.wikipedia.org/wiki/Intelijen
google
dan buku ini
Badan Intelejen Negara ( BIN ) cacatan pinggir pengen jadi bin masuk dulu !!
pertamax dulu diamankan emoticon-Cool any question kalau lagi online ane jawab semampu TS
kedua boleh lah wih berat nih ts takut ah jadi spy berat emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
sundul dulu lah biar ada yang mampir
emoticon-Sundul Up
Materinya berat neh TS emoticon-Big Grin
ijin nyimak aja gan
engak,gak berat kok tanya saja tapi yang umum-umum saja ya jangan kontra intelejen bisa bisa ts you know what i mean lah..
emoticon-Ngakak mangstab banget gan emoticon-Matabelo ane intel gan emoticon-Cool intel core 2 duo emoticon-army
Pahlawan tersembunyi nih emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By pqp
emoticon-Ngakak mangstab banget gan emoticon-Matabelo ane intel gan emoticon-Cool intel core 2 duo emoticon-army


ane Amd gan buat gamer lebih wus wusss
Quote:Original Posted By TjahGilang
Pahlawan tersembunyi nih emoticon-Matabelo


pekerjaan para hantu, tapi bukan hantu. tak ada yang tahu hanya hati nuraninya dan Tuhannyalah yg tahu....
intel person yg bagus itu benarnya semi "metafisik" sifatnya. tidak bisa dirasa,tidak bisa dilihat,diendus, tapi ada. covernya adalah tanpa cover

pengalaman banyak nonton film spy ts saaya emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
bener gan slogan BIN itu gan,
contohnya kayak kasus kemarin pas Indonesia kena sadap,
yang disalahin pertama BIN dan Lemsaneg,
pdhl prestasi BIN dan Lemsaneg udah banyak buat negara tp ya ttp aja gak pernah dibahas,
tapi sekali ada masalah, beritanya di koar2 di media..
Jadi Intelejen gak semudah yang kita bayangin,
lebih banyak resikonya,
bahkan keluargapun bisa terancam.
emoticon-Matabelo ngeri kalo liat resikonya gan....
Quote:Original Posted By silent.readerrr
intel person yg bagus itu benarnya semi "metafisik" sifatnya. tidak bisa dirasa,tidak bisa dilihat,diendus, tapi ada. covernya adalah tanpa cover

pengalaman banyak nonton film spy ts saaya emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


ya ya memang seperti itulah sifatnya silent,dan itu benar benar tugas yang sangat berat hanya individu individu pilihan yang mampu melaksanakanya
Gan bukannya sistem anggota baru itu lewat recruitment ya? Jadi ada bagian khusus namanya headhunter dan mmg mencari pemuda2 cerdas atau bahkan jenius di seluruh pelosok indonesia

Cmiiw
Quote:Original Posted By insectkillers
bener gan slogan BIN itu gan,
contohnya kayak kasus kemarin pas Indonesia kena sadap,
yang disalahin pertama BIN dan Lemsaneg,
pdhl prestasi BIN dan Lemsaneg udah banyak buat negara tp ya ttp aja gak pernah dibahas,
tapi sekali ada masalah, beritanya di koar2 di media..
Jadi Intelejen gak semudah yang kita bayangin,
lebih banyak resikonya,
bahkan keluargapun bisa terancam.


iya intelejen banyak musuhnya juga
sesuatu definisi intelegen tidak lebih dari : Apapun yang diperintahkan harus dijalankan dengan ksatria pilihan dengan segala konsekwensinya dan bahkan bukan seperti sang nenek kehilangan sendok yang dipinjam tetangga.
# kode etik : Jika anda memberi tau bahwa anda intelegen atau anda ketahuan dan diketahui orang lain sebagai intelegen kecuali pimpinan anda MaKa Saat itu juga Anda GUGUR sebagai Intelegen, Alias Pecundang Murahan atau mirisnya Pengkhianat".
emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S) hidup dalam rahasia gan
Quote:Original Posted By arfianadam
Gan bukannya sistem anggota baru itu lewat recruitment ya? Jadi ada bagian khusus namanya headhunter dan mmg mencari pemuda2 cerdas atau bahkan jenius di seluruh pelosok indonesia

Cmiiw

benar
sistem perekrutan bermacam macam gan

ada yang lewan stain bin
ada juga yang recrutmen bisa,dan itu tidak meutup kemungkinan agan tiba-tiba di rekrut gan dunia bin dunia misteri
keren kaya nya gan.
jd pengen emoticon-Cool
Keren mah intel itu... menurut ane mereka punya banyak identitas jadi ga gampang dikenali...

Trus jangan coba2 berbohong sama intel.. soalne nereka tau gerak gerik ato bahasa tubuh orang yg lg boong...

pokokx mereka jeniuz dah....
Quote:Original Posted By kevinrudhy
keren kaya nya gan.
jd pengen emoticon-Cool



semua di tangan kamu, itu hakikatnya, mau jadi apa juga semua ditangan kamu, Tuhan maha pengasih, Dia tentu akan memberi..emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)