alexa-tracking

Ternyata, Garuda Pancasila Mirip Lambang Kerajaan Samudra Pasai + PICT

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52d7ea4e128b46f71e8b488c/ternyata-garuda-pancasila-mirip-lambang-kerajaan-samudra-pasai--pict
Ternyata, Garuda Pancasila Mirip Lambang Kerajaan Samudra Pasai + PICT
emoticon-I Love Indonesia (S)Selamat malam agan agan dan aganwati kaskus emoticon-I Love Indonesia (S)


Di jamin No Repsol Kalau Repsol Lempar Ane ama Batu Bata

emoticon-Hot Newsemoticon-Hot News emoticon-Hot News


Kalau Trit Ane Memang Bermanfaat jangan lupa di
Spoiler for :


Ternyata, Garuda Pancasila Mirip Lambang Kerajaan Samudra Pasai

Spoiler for nih PICTnya:


Tahukah kamu, lambang negara kita, Garuda Pancasila mirip dengan lambang kerajaan Samudra Pasai. Meskipun ada klaim dari keturunan Kerajaan Samudra Pasai, namun itu menjadi bagian dari kecintaan kepada bangsa Indonesia, karena kerajaan tertua di Aceh itu masih berada dalam NKRI.

Jika diperhatikan sekilas, lambang kerajaan Aceh itu memang mirip dengan Garuda Pancasila. Lambang itu dibentuk dari kaligrafi arab menyerupai burung garuda. Di bagian tengah badannya terlihat kotak dengan rangkaian tulisan berwarna merah dan biru. Lambang ini berisi kalimat Tauhid dan Rukun Islam. Rinciannya, kepala burung itu bermakna Basmallah, sayap dan kakinya merupakan ucapan dua kalimat Syahadat. Terakhir, badan burung itu merupakan Rukun Islam.

Sedangkan pada Garuda Pancasila, yang menjadi lambang negara RI, memang dari bentuk burung asli, dengan simbol-simbol sila dalam Pancasila di tengah tubuhnya. Kemudian garuda itu mencengkram pita bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika. Bulu-bulu pada Garuda Pancasila dimaknai sebagai hari peringatan Proklamasi kemerdekaan RI, 17-8-1945.

17 helai bulu pada sayapnya melambangkan tanggal 17 hari kemerdekaan Indonesia, 8 helai bulu pada ekornya bermakna bulan Agustus sebagai bulan kedelapan, dan ke 45 helai bulu pada lehernya melambangkan tahun 1945.

Lambang Garuda Pancasila dibuat oleh Sultan Abdurrahman Hamid Alkadrie II (Sultan Hamid II) yang menang mengikuti sayembara lambang negara yang diadakan oleh Presiden Sukarno. Kemudian, Garuda ditetapkan sebagai lambang Negara RI pada 11 Februari 1950 yang dituangkan dalam Peraturan Pemerintah No 66 Tahun 1951. Lalu Sukarno memperkenalkan lambang itu kepada masyarakat pada 15 Februari 1950 di Hotel Des Indes Jakarta.

Dalam beberapa bulan terakhir muncul klaim dari R Indra S Attashi, keturunan Kerajaan Samudra Pasai di Aceh. Menurut Indra, gambar yang dimilikinya adalah warisan dari Muluk Attahashi bin Teuku Cik Ismail Siddik Attahashi.

Perihal lambang Negara Indonesia mirip dengan lambang Kerajaan Samudera Pasai juga dituturkan oleh Ibrahim Qamarius dosen Universitas Malikulsaleh Aceh Utara. Setelah digelar seminar International Conference and Seminar "Malikussaleh; Past, Present and Future di Aceh Utara pada 11-12 Juli 2011, masyarakat mengirim lambang Kerajaan Samudera Pasai yang merupakan replika.

Lambang itu dilukis oleh Teuku Raja Muluk Attahashi, keturunan dari panglima Turki Utsmani yang ke Aceh ketika Sultan Iskandar Muda menghadapi Portugis, pimpinan dari Panglima Tujuh Syarif Attahashi.

Ibrahim menjelaskan, walaupun lambang Indonesia mirip dengan Kerajaan Samudera Pasai belum bisa dipastikan Indonesia meniru dari Samudera Pasai. Menurutnya, perlu pengkajian lebih lanjut.

Terlepas dari klaim inspirasi Garuda dari Kerajaan Samudera Pasai dan sebagainya, seperti dipaparkan sejarawan Aswi Warman Adam, justru ini merupakan kecintaan terhadap bangsa Indonesia. (gry/beritasatu)
Spoiler for sumber:
Iya Gan memang benar2 mirip...
emoticon-Smilie
Kok bisa si gan?
Logo Samudera Pasai keren juga ya gan. Arab gitu tulisannya
emang sih mirip cuma perlu dikaji lebih dalam lagi buat nemuin faktanya
Samudra pasai sudah ada jauh sebelum Indonesia merdeka, mungkinkah?
Penemu lambang ini pasti orang yang mengenal seni banget
banyak filosfi yang terpendam dari lambang pancasila itu sendiri
Spoiler for silakan mampir gan:
Secara garis besar mang sama sih.. tp kalo detail'nya beda gan.. emoticon-Cool
emoticon-I Love Indonesia
Quote:
emoticon-Toast
emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast
Secara simbolik sih iya mirip gan, tapi secara harafiah apakah iya?
emoticon-Matabelo serupa bentuknya gan..tapi tak sama...
Mirip gaaaaan..

Mejeng di dulu di pekiwan
seram gan emoticon-Takut
Very nice thread. Tq.
wah emang mirip gan
emoticon-Matabelo
selamat siang jangan lupa komeng emoticon-Sundul Gan (S)
iya gan mirip . cuma ga detil aja emoticon-Malu (S)
wah plagiat dong emoticon-Cape d... (S)

kaos blink 182 surabaya
"Tahukah kamu, lambang negara kita, Garuda Pancasila mirip dengan lambang kerajaan Samudra Pasai. Meskipun ada klaim dari keturunan Kerajaan Samudra Pasai, namun itu menjadi bagian dari kecintaan kepada bangsa Indonesia, karena kerajaan tertua di Aceh itu masih berada dalam NKRI."

punten gan,setau ane Samudra Pasai itu bukannya kerajaan islam pertama di indonesia yg letaknya di Palembang ya emoticon-Bingung (S)
CMIIW
emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:
Kesultanan Pasai, juga dikenal dengan Samudera Darussalam, atau Samudera Pasai, adalah kerajaan Islam yang terletak di pesisir pantai utara Sumatera, kurang lebih di sekitar Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara, Provinsi Aceh, Indonesia.