alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52d7e632138b468a308b46cf/bahaya-makan-minum-sambil-berdiri
Bahaya Makan Minum Sambil Berdiri
Bahaya Makan Minum Sambil Berdiri

Selamat Datang agan-agan semua,

agan-agan pasti pernah kan kan makan atau minum sambil berdiri??

Quote:Islam sangat mengatur aspek kehidupuan manusia, termasuk makan. Dalam Islam ada adab makan seperti: mencuci tangan sebelum makan, makan dengan tangan kanan, tidak makan sampai kekenyangan dan tidak makan sambil berdiri

Adab makan dalam Islam ternyata memiliki hikmah tersendiri kata Spesialis Saraf RS PKU Muhammadiyah Bantul dr Ana Budi Rahayu, SpS pada Republika


Quote:Bila seseorang makan sambil berdiri, kata dia, akan terjadi reflux asam lambung, asam lambung akan naik ke esofagus dan membuat sel-sel kerongkongan teriritasi.

Hal ini dikarenakan pH asam lambung yang sangat asam (pHnya 1-2,5), Hal ini ditandai dengan gejala panas terbakar yang menyesak di dada emoticon-Takut


Sehubungan dengan larangan minum tersebut, seorang sahabat, Qotadah bertanya Bagaimana dengan makanya, Beliau (Nabi Muhammad Saw) bersabda, Itu lebih buruk lagi . (HR. Muslim dan Turmidzi).

Karena itu cara mencegah reflux asam lambung ini dengan makan sambil duduk, kata Ana. Ada dua hal lain yang juga dapat menyebabkan reflux asam lambung dan yaitu: makan minum kekenyangan dan tidur atau berbaring segera setelah makan.

Ana menjelaskan lambung memang dapat mengembang enam kali lipat saat diisi sampai benar-benar penuh. Makin banyak makanan yang tertampung di lambung, lambung harus kerja ekstra keras mengeluarkan asam lambung lebih banyak.

Selanjutnya, dia menambahkan, bila lambung terlalu penuh, kelebihan asam lambung akan mengalir naik ke esofagus Demikian juga bila kita tidur atau berbaring segera setelah makan jelasnya.

Kebiasaan berbaring atau tidur segera setelah makan ini sama bahayanya dengan makan minum sambil berdiri yakni iritasi sel kerongkongan yang mengundang kanker esofahus dalam jangka panjang.

SEMOGA BERMANFAAT BAGI AGAN-AGAN,,

mohon emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) se ikhlas nya


Spoiler for SUMBER:

nice info gan
sedikit saran tolong di kemas yang lebih rapih lagi biar enak bacanya emoticon-Jempol
Quote:Original Posted By hiposentrum
nice info gan
sedikit saran tolong di kemas yang lebih rapih lagi biar enak bacanya emoticon-Jempol


emoticon-Sorry sorry gan, entar ane rapihin emoticon-Jempol

emang bahaya gan, soalnya bikin capek kalo berdiri terus emoticon-Ngakak
Udh prnh bc ane gan trit yg bgni emoticon-Big Grin
nice share gan emoticon-2 Jempol ane sering makan sambil berdiri pas jajan disekolah emoticon-Takut emoticon-Takut
ane sering banget tuh gan.. emoticon-Amazed
thanks inpohnya emoticon-Angkat Beer
Quote:Original Posted By dwimargo
emang bahaya gan, soalnya bikin capek kalo berdiri terus emoticon-Ngakak


kalo ane malah sambil jalan emoticon-Ngakak (S)
maklum orang sibuk.. emoticon-Malu
Wah ane sering banget gan abis makan langsung tidur, ane harus kurang-kurangin nih berarti ya gan . Nice info gan ane jd tau sekarang emoticon-Takut (S)
iya gan bener tuh ada hadist nya
tapi kalo minum sambil berdiri tapi karena lupa sih gk apa"
emoticon-Thinking
untung ane kalo makan duduk emoticon-Embarrassment
kalo diri bisa2 kena keplak nih kepala sama nyokap emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By pepesbuaya
ane sering banget tuh gan.. emoticon-Amazed
thanks inpohnya emoticon-Angkat Beer


dikurangin gan bahaya tuh emoticon-Smilie
iya gan.. ga ada salahnya emang ajaran rasul
nice info gan emoticon-Betty