alexa-tracking

DAERAH OBJEK WISATA KALIMANTAN SELATAN

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52d7cb67c1cb17d7798b479c/daerah-objek-wisata-kalimantan-selatan
DAERAH OBJEK WISATA KALIMANTAN SELATAN
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
assalamualaikum

emoticon-Travelleremoticon-Traveller



DISINI ULUN HANDAK MEMADAH AKAN LAWAN BUBUHAN PIAN TEMPAT OBJEK WISATA YANG ADA DI BANJARMASIN. MUN PIAN KATUJU SILAHKAN HAJA DATANG BE WISATA KE BANJARMASIN emoticon-Cool

translite : DISINI SAYA MAU MEMBERITAHU AGAN AGAN SEMUA TEMPAT OBJEK WISATA YANG ADA DI BANJARMASIN. KALO AGAN SUKA SILAHKAN DATANG BERWISATA KE BANJARMASIN emoticon-Toast

PULAU KAMBANG
DAERAH OBJEK WISATA KALIMANTAN SELATAN

Adalah sebuah delta di tengah sungai Barito ,kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala dan ditetapkan sebagai hutan wisata

Keistimewaan
Habitat bagi kera ekor panjang (monyet) dan beberapa jenis burung.
Terdapat altaruntuk meletakkan sesaji bagi penjaga pulau Kembang berwujud kera putih (Hanoman)
Kambing tanduk emas yang dilepaskan oleh etnis Tionghoa-Indonesia yang mempunyai kaul

AIR TERJUN BAJUIN KAB TANAH LAUT
DAERAH OBJEK WISATA KALIMANTAN SELATAN
DAERAH OBJEK WISATA KALIMANTAN SELATAN
DAERAH OBJEK WISATA KALIMANTAN SELATAN

Lokasinya … km dari Kota Pelaihari Kabupaten Tanah Laut, Kalsel. Dari Banjarmasin ke Kota Pelaihari selanjutnya ke poros jalan menuju Batulicin & Kotabaru (disepanjang jalan ini akan dilewati objek wisata Pantai Swarangan, Pantai Pagatan, Sungai Kusan dll).

Kiri kanan jalan menuju air terjun banyak terdapat perbukitan besar mirip gunung. Warnanya yang hijau keliatan cantik berpadu dengan menguningnya persawahan disekitarnya.
Tepat sebelum masuk kawasan Air Terjun Bajuin, ada simpang 2.Kalo ke kiri Air Terjun Bajuin & kalo ke kanan menuju Wisata Alam Goa Marmer
Dalam perjalanan menuju air terjun ditemukan bebatuan besar , tempat bagus untuk melihat pemandangan bukit-bukit lain yang menghijau.Kayaknya bikin villa disini seru juga.

PULAU KAGET
DAERAH OBJEK WISATA KALIMANTAN SELATAN

Pulau Kaget adalah sebuah delta yang terletak di tengah-tengah sungai Barito termasuk dalam wilayah Tabunganen, Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Pulau Kaget terletak dekat muara sungai Barito. Pulau Kaget ditetapkan sebagai cagar alam dengan luas 85 Ha. Banyak ditemukan pohon rambai padi yang merupakan sumber makanan bagi bekantan (Nasalis Larvatus). Bekantan merupakan maskot fauna provinsi Kalimantan Selatan. Pulau Kaget merupakan habitat bagi kera hidung panjang (bekantan) dan beberapa jenis burung. Kawasan pulau Kaget juga merupakan salah satu obyek wisata yang berada di dalam kawasan hutan di Kabupaten Barito Kuala.

DESA BARAMBAI
DAERAH OBJEK WISATA KALIMANTAN SELATAN
Desa Barambai sekilas mirip Bali. karena Desa Barambai dihuni oleh sebagian besar penduduk keturunan Bali.Yang juga beragama Hindu Bali. Mereka secara turun temurun menetap di desa yang berjarak sekitar 2,5 jam dari Banjarmasin tersebut.kehidupan mereka pun kurang lebihnya berbudaya adat Bali. Seperti penamaan keturunan , setiap halaman rumah pun dilengkapi dengan ukiran dari batu atau kayu sebagai alat untuk menaruh perlengkapan ibadah.Di Barambai juga memiliki pura besar yang bernama Pura Agung Widya Natha. Disini menjadi sentral peribadatan umat Hindu Bali yang ada di salah satu desa di Kabupaten Barito Kuala, Kalsel tersebut.

PANTAI PAGATAN DI BATU LICIN
DAERAH OBJEK WISATA KALIMANTAN SELATAN

Pantai pagatan tergolong istimewa,karena memiliki panorama laut biru,deburan ombak yg relatif kecil,pohon kelapa yg melambai-lambai.dan angin laut yang bertiup sepoi – sepoi. elain itu yang membedakan Pantai Pagatan dengan pantai – pantai yang lain adalah adanya acara ritual khas nelayan keturunan Bugis di kawasan sekitar pantai Pagatan yang biasa di sebut Pesta Laut (Maccera Tasi) . Pesta Laut di laksanakan pada pertengahan bulan April. Upacara ini dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur atas sebagai limpahan hasil laut dan sekaligus memohon perlindungan selama nelayan berada di laut waktu sedang bekerja. Puncak acara yang lebih di kenal dengan “Pesta Laut” ini adalah melabuhkan sesajen yang sebelumnya telah di bacakan sejenis mantra ke tengah laut. Biasanya acara ini juga di meriahkan dengan adanya atraksi musik dan tarian2 tradisional.

PULAU PINUS KAB.BANJAR
DAERAH OBJEK WISATA KALIMANTAN SELATAN

Cerita perjalanan wisata di Desa Aranio Kabupaten Banjar, Kalsel diawali dengan perjalanan seru di sekitar Waduk Riam Kanan, tepatnya di Pulau Pinus.Dengan menumpang klotok (perahu kecil bermesin) dapat mencapai pulau kecil yang letaknya di tengah-tengah waduk itu.Sebenarnya di Waduk Riam Kanan terdapat dua buah Pulau Pinus.Biaya sewa untuk menuju Pulau Pinus pertama hanya dikenai sebesar Rp. 75 ribu saja.Sedangkan menuju Pulau Pinus kedua dipatok sebesar Rp. 100 ribu.

SUNGAI LOKSADO DI KANDANGAN
DAERAH OBJEK WISATA KALIMANTAN SELATAN

Keindahan yang tersembunyi.Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan pesona desa Haratai di Kecamatan Loksado, Kab. Hulu Sungai Selatan ini.Di desa yang didiami oleh suku Dayak Meratus ini terdapat berbagai objek menarik yang cocok untuk dijelajahi.

Disela-sela megahnya Pegunungan Meratus yang membentang di sebagian besar wilayah Kalsel.terhampar Kota Kandangan, sebuah kota kecil yang merupakan ibukota Kab. Hulu Sungai Selatan.

Dari Kandangan, perjalanan masih menyisakan sekitar 38 kilometer atau sekitar 1 jam.Melewati berbagai desa seperti desa Muara Hatip, yang lokasinya berada di sekitar Gunung Kentawan yang tampak menjulang.Umumnya desa-desa yang tampak bersahaja itu didominasi oleh suku Banjar dan suku Dayak Meratus.Mereka hidup berdampingan secara damai.Berbagai sarana ibadah pun tampak kokoh, menandakan betapa rukun nya hidup di pedalaman Kalimantan ini.

WISATA PAGAT DI BARABAI
DAERAH OBJEK WISATA KALIMANTAN SELATAN

Obyek Wisata Pagat adalah obyek wisata yang menyuguhkan keindahan alam seperti gunung, sungai deras/riam, dan gua yang terletak di kota Barabai, Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan dan berjarak 165km dari kota Banjarmasin. 7km dari Barabai menuju Pagat.

DANAU BIRU DI AMUNTAI
DAERAH OBJEK WISATA KALIMANTAN SELATAN

Danau Biru yang terletak di Desa Tabur, Amuntai Utara, Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan. Untuk menuju Danau Biru tersebut tidak jauh, kurang lebih 25 km atau sekitar dua puluh lima menit dari kota Amuntai, Hulu Sungai Utara ke arah kota Tanjung, Tabalong

GOA TEMULANG DI KOTABARU
DAERAH OBJEK WISATA KALIMANTAN SELATAN
Dari luar, Goa Temuluang tak menarik. Mulut goa penuh semak belukar. Untuk mencapainya juga harus lewat jalan setapak. Itulah sebabnya goa di dekat Desa Bangkalaan Dayak, Kecamatan Kelumpang Hulu, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, itu bukan obyek wisata terkenal.

Namun, kesan pada Temuluang tadi bisa berubah begitu kita menyusurinya. Dalam goa horizontal itu ada aliran sungai di lorong gelap. Menurut warga, panjang Temuluang mencapai empat kilometer, tiga kilometer di antaranya berupa alur sungai selebar sekitar enam meter dengan dalam sekitar tiga meter. Untuk menyusuri Temuluang tidak cukup dengan berjalan kaki. Pengunjung juga perlu jukung ketinting, yakni perahu motor tempel.

Di Kalimantan Selatan (Kalsel) kondisi seperti itu diperkirakan cuma ada pada Goa Temuluang. Selama ini dalam memperkenalkan obyek wisata goa di Kalsel yang disebut-sebut hanya Goa Batu Hapu, Berangin, Mandala, Kelelawar, Liang Kantin, Liang Hadangan, Batu Benawa, dan Sugong. Goa Temuluang tidak pernah disebut.

MASJID AL-KAROMAH MARTAPURA
DAERAH OBJEK WISATA KALIMANTAN SELATAN
Meskipun pada awalnya banyak wisatawan yang datang ke Kalimantan Selatan untuk mengunjungi pasar intan di Martapura, kini pilihan objek wisata yang ditawarkan oleh pemerintah daerah mulai berkembang, tidak lagi hanya mengandalkan Martapura belaka. Beberapa objek wisata mulai direnovasi dan berbenah diri, sehingga layak dikunjungi oleh wisatawan dari luar daerah, dan tentu saja oleh para wisatawan lokal. Pemerintah daerah kini mulai mempersiapkan beberepa objek wisata yang bisa menjadi pilihan bagi kelurga.

GOA BATU HAPU RANTAU
DAERAH OBJEK WISATA KALIMANTAN SELATAN

Batu Hapu yang terletak di dekat pasar Binuang tepatnya di desa Batu Hapu Kecamatan Hatungun bisa ditempuh 43 Km dari Kota Rantau dan 154 km dari Kota Banjarmasin. Goa Batu Hapu dari pasar Binuang masuk sejauh 16 km dengan jalan yang sudah cukup baik, ditempuh dengan jalan santai sambil menikmati pemandangan kehidupan pedesaan dan nuansa alam pegunungan selama 30 menit, goa ini terletak dipegunungan sehingga yang mempunyai hobi tantangan panjat tebing disinilah nyalinya diuji, tetapi resiko ditanggung sendiri karena belum di asuransikan, masyarakat disekitar goa siap bermitra dengan waisatawan yang berkeinginan bermalam sambil menikmati makanan dan kehidupan masyarakat pedesaan.
color=red]PASAR TERAPUNG BANJARMASIN[/color]
DAERAH OBJEK WISATA KALIMANTAN SELATAN

Sebagian besar kegiatan masyarakat di Banjarmasin terjadi sungai atau disekitar sungai. Oleh karena itu sangatlah menarik menyaksikan kehidupan Kota dari tengah sungai. Wisatawan dapat menyewakan perahu motor yang mangkal di tepi sungai dengan tarif sekitar Rp. 75.000 per jam guna memulai perjalanan menyusuri sungai melewati sejumlah lokasi penarikan dengan waktu tempuh dua hingga tiga jam. Pasar Terapung adalah pasar tradisional yang sudah ada sejak dulu dan merupakan refleksi budaya sungai orang Banjar. Pasar yang khas lagi unik ini tempat melakukan transaksi di atas air dengan menggunakan perahu besar maupun kecil yang berdatangan dari berbagai pelosok. Pasar Terapung hanya berlangsung pada pagi hari sekitar jam 05.00 hingga 09.00 setiap hari. Dan dengan perahu Klotok dari Kota Banjarmasin dapat dicapai sekitar 30 menit.

Wisatawan harus datang pagi-pagi untuk dapat melihat kesibukan Pasar Terapung ini. Salah satu Pasar Terapung di Banjarmasin adalah Pasar Kuin yang terletak di persimpangan antara Sungai Kuin dan Sungai Barito.

WISATA EDUKASI PENDULANGAN INTAN DI CEMPAKA BANJARBARU
DAERAH OBJEK WISATA KALIMANTAN SELATAN

Ada beberapa hal yang unik yang dipercayai penambang contohnya di hari Jumat mereka tidak akan melakukan kegiatan penambangan dan saat mendengar adzan sholat mereka segera menghentikan pekerjaan mereka,membersihkan diri lalu bersama-sama menjalankan shalat.berbeda dengan penambangan batubara,minyak bumi,emas yang dilakukan pihak Pemerintah maupun swasta dimana sebelum melakukan kegiatan eksplorasi mereka akan meneliti dahulu kandungan tambang tersebut apakah jumlahnya menguntungkan bila dieksplorasi di martapura para penambang intan menggunakan intuisi atau pengalaman sebelumnya para penambang percaya bila diketemukan pasangan intan berbentuk batu hitam maka terdapat intan didaerah itu.bila tidak ditemukan batu hitam mereka akan meninggalkan lokasi penambangan tesebut dan membuka penambangan baru.

SEKIAN DULU TRIED ANE GAN SEMOGA BERMANFAAT DAN MAKIN BANYAK WISATAWAN LOKAL DAN LUAR NEGERI BERKUNJUNG KE DAERAH KELAHIRAN ANE
JANGAN LUPA KASIHemoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Ngakakemoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Traveller
pengen kesana tapi jauh bgt ya kak emoticon-Sorry
image-url-apps
hidup pertamax,........
KASKUS Ads
image-url-apps

pasar apung jadi inget ama nenek yang di rcti itu gan emoticon-Mewek


gimana ya kabarnya sekarang emoticon-Mewek



Quote:

image-url-apps
sayangnya itu semua jauh dr banjarmasin :norose

yg plg dkt paling pasar terapung, pulau kambang sma barambai emoticon-Stick Out Tongue
keren gan..kapan2 mau maen kesana...emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
image-url-apps
Quote:



emoticon-Ngakak sama jadi kepikiran
waktu ane masih kecil bgt itu gan
mungkin sekrg udah emoticon-Berduka (S)
wah bagus juga ciptaan tuhan nih gan emoticon-Matabelo
Quote:



DAERAH OBJEK WISATA KALIMANTAN SELATAN
ane ingat juga gan ....emoticon-Mewek
beberapa pernah ane kunjungi gan emoticon-I Love Indonesia (S) btw nice share patut kita bangga dengan banua kita emoticon-I Love Indonesia (S) kayuh baimbai gan ane bantu rate yaa emoticon-Cendol (S)
image-url-apps
Banyak mang lah ulun kira pulau kembang ja hahahaha
image-url-apps
Umpat manunjul ja nah
mantep dah kalimantan selatan..keren bgt emoticon-Matabelo
image-url-apps
ane org kalimantan selatan gan,tp blum smuaY ane pernah kunjungi
Ane tambahin ya
Quote:
image-url-apps
Kalu teman2 yg mau jalan2 ane bisa bantu,tp naik motor aja ya,soalnya ane ga bisa nyetir mobil
image-url-apps
wahhhh,,, keren2 gan daeraqhnya obyek nya, cuman tiket kekalimantan mahal bgt
image-url-apps
salam gan unda urang KALSEL jua
mantabbb emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Spoiler for klik:
image-url-apps
ane baru ke loksado doang nih emoticon-Malu
×