alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52d7c699a3cb17350d8b4674/bahasa-melayu-bahasa-pemersatu-nusantara
Bahasa Melayu, Bahasa Pemersatu Nusantara
Semoga thread ini boleh menyedarkan pemuda yang katanya Nasionalis, namun terlalu naif dalam mencintai republik ini.emoticon-I Love Indonesia (S). Nasionalis namun tak dapat bicara bahasa Indonesia dg benar. emoticon-Najis

Sebagai anak rantau yang belajar di Jawa, kerap kali saya beradu argumen dengan kawan-kawan kuliah tentang hakikat yang sebenar Bahasa Indonesia. Ramai para mahasiswa yang berpendidikan tinggi itu tak faham dari mana asal bahasa Indonesia itu.
Apakah mereka tidak mengerti bahwa Bahasa Indonesia adalah bagian dari Bahasa Melayu..Namun tentu beberapa mesti membantah fakta ini. Apa pasal, dah tentu kerana repubik ini mengkerdilkan peran serta budaya Melayu dalam kehidupan bernegara.
Perlu saya terangkan bahawa Bahasa Indonesia ialah Bahasa Melayu yg distandarkan oleh dewan bahasa Indonesia
Bahasa Melayu oleh kerajaan Malaysia digunakan sebagai Bahasa Rasmi negara dengan sebutan " Bahasa Malaysia", ia adalah bahasa melayu yang distandarisasi oleh majelis bahasa Malaysia. Sebutan Bahasa Malaysia dimaksudkan untuk menyatukan etnik-etnik dengan bahasa tersebut. Kerana sebutan " bahasa melayu" akan merujuk hanya pada etnik melayu, sebab itu, ramai Orang CIna peranakan dan tamil bertutur bahasa ibu mereka dalam berkomunikasi. Sedangkan untuk berkomunikasi dengan etnik lain, Bahasa Inggeris lah yang digunakan.
Ramai orang berfikir bahwa bahasa melayu baku ialah bahasa yang dipertuturkan oleh orang Malaysia dalam TV. Hal ini tak sepenuhya benar, Bahasa yang mereka pertuturkan ialah bahasa melayu loghat KL. Ada pula bahasa Rojak, ia adalah bahasa pasar, yang dipakai dalam pergaulan sehari-hari.
Spoiler for contoh bahasa rojak:

Intinya gan,,tak payah kita bercakap bahasa inggeris tuk dapat berkomunikasi dengan orang malaysia, singapore, atau brunai. cukuplah kita ni sebagai orang Indonesia berbicara dengan bahasa Indonesia baku, kerana Bahasa Indonesia baku amat mirip dg bahasa melayu baku Kita dapat mulai dari kata-kata yang digunakan sehari-hari dulu, misal:
nggak > tidak / tak
pengen > ingin
berantem > berkelahi
dll.
Jangan kita arogan dengan berbicara bahasa gaul dan menuntut lawan bicara kita dari negeri jiran tuk pahami apa yang kita ucapkan..

referensi:
sumber1
sumber 2
ya kalau agan tinggal disini agan harus bisa memahami bahasa pergaulan disini emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Mbotz
ya kalau agan tinggal disini agan harus bisa memahami bahasa pergaulan disini emoticon-Big Grin


Ane udah hafal bhasa gaul gan,,yang ane syangkan, karena trlalu sering temen ane ckap bhsa gaul. Kata2 tdak baku sering dipakai dlm acra formal
ANE BANTU NGRAMEIN JA BRO ..... emoticon-Cape d... (S)
Spoiler for Revelation:
Apa ini

Yg penting mejeng dulu emoticon-Cool
bahasa inggris pemersatu dunia
Bahasa pasti akan berkembang gan, apalagi Bahasa Indonesia, banyak kata2 serapan.
Ya demikian adanya, klo ga, nanti ga memenuhi kebutuhan kita berbahasa, bisa punah itu digantikan bahasa yg memenuhi kebutuhan.
Bahwasannya itu berasal dari Bahasa Melayu, iya ane setuju, krn emg fakta.
Lha jangankan ente heran kenapa kita ama jiran pake Bhs Linggis, lah sesama Indonesia aja kadang pake Linggis kok.
emoticon-Cape d...

Udah ngetik panjang2 ga taunya trit jadul
emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By dfrns
Bahasa pasti akan berkembang gan, apalagi Bahasa Indonesia, banyak kata2 serapan.
Ya demikian adanya, klo ga, nanti ga memenuhi kebutuhan kita berbahasa, bisa punah itu digantikan bahasa yg memenuhi kebutuhan.
Bahwasannya itu berasal dari Bahasa Melayu, iya ane setuju, krn emg fakta.
Lha jangankan ente heran kenapa kita ama jiran pake Bhs Linggis, lah sesama Indonesia aja kadang pake Linggis kok.
emoticon-Cape d...

Udah ngetik panjang2 ga taunya trit jadul
emoticon-Cape d...


avatar ente usher yah, penyanyi luar
gimanapun ane harus mencintai bahasa negeri ane sendiri
bahasa indonesia > bahasa melayu malaysia
lhaa ente jg pake bahasa melayu gaul koplak, tp aneh karna jawa tulen disuruh nulis ginian ya koplak jadinya wkwk