alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52d7a103ffca173d088b49da/potensi-bambu-go-green-eksotis-strong
[UPDATE] Potensi Bambu GO GREEN, EKSOTIS, STRONG
Potensi Bambu GO GREEN, EKSOTIS, STRONG

Member OF:
Potensi Bambu GO GREEN, EKSOTIS, STRONG
The MOST TRUSTED Group


emoticon-I Love Kaskus Salam hangat Agan dan Sista!emoticon-I Love Kaskus
emoticon-I Love Kaskus Terimakasih emoticon-Toast Atas emoticon-Toast Kunjungannya emoticon-I Love Kaskus

Spoiler for PENDAHULUAN:



Quote:Quote:Bambu adalah tanaman yang sangat dekat dengan masyarakat Indonesia, akan tetapi kehebatannya masih belum diakui dan disadari. Orang-orang Indonesia telah memanfaatkan bambu dari zaman nenek moyang, buktinya beberapa alat musik tradisional kita terbuat dari bambu. Sedikit orang yang memanfaatkan bambu, kalaupun ada pasti hanya dimanfaatkan apa adanya. Berikut ini TS akan menjelaskan manfaat bambu yang tersembunyi selama ini bagi sebagian dari kita. Sebelumnya perhatikan dulu profile tanaman bambu berikut ini.
Quote: Bambu Secara Harafiah
Spoiler for :

Quote:Jenis-jenis Bambu di Indonesia
Spoiler for :

Quote:Bambu dan Mitos
Spoiler for Mitos Bambu:


Quote:Quote:Berikut manfaat tersembunyi dari bambu yang perlu anda tahu:

GO GREEN

1. Bambu dan OKSIGEN
Quote:
Spoiler for :

Manusia bisa bertahan hidup beberapa jam bahkan beberapa hari tanpa air dan makanan, akan tetapi manusia tidak dapat bertahan “lama” tanpa oksigen. Bambu pring apus yang berdiameter 8 cm menghasilkan 1,2 kg oksigen yang bisa dipakai untuk bernafas 2 orang. Sedangkan satu rumpun bambu dapat mencapai 100 batang, artinya bisa untuk kebutuhan 200 orang bernafas (Tribun News). Wah…. Mantap nih buat global-warming.



2. Bambu dan Erosi
Quote:
Spoiler for :

Bambu adalah tanaman yang baik untuk menahan erosi. Tanaman dengan akar tunjang (Akarnya bisa mencapai 40 meter ke dalam tanah) dan akar serabut yang menutupi tanah dan terikat dengan tanah, sehingga dapat mencegah terjadinya erosi di pinggiran sungai.



3. Bambu dan Kesejukan
Quote:
Spoiler for :

Sekitar 90 % bambu bisa menyimpan air oleh karena itu mampu meredam panas gunung berapi. Bambu tergolong tanaman rumput-rumputan, dengan laju pertumbuhan yang paling umum adalah sekitar 3–10 sentimeters (1,2–3,9 in) per hari. Bambu dapat tumbuh hingga 47 inci sampai 78 ½ meter (tergantung spesiesnya) dalam 40 -50 hari. Hanya membutuhkan waktu sekitar 3-5 tahun sampai bambu mencapai kematangan penuh. Kayu keras tradisional dapat menhabiskan 20 -120 tahun untuk mencapai kematangan penuh. Coba bandingkan jika anda menanam pohon berkayu? Boleh jadi mencapai setinggi itu jika anda sudah punya “cucu”. emoticon-Cape d... (S) Oleh karena itu, bambu ini sangat cocok untuk memberikan kesejukan dilingkungan anda yang dapat dinikmati dalam waktu cepat (3-5 tahun).



4. Bambu dan Pupuk Organik
Quote:
Spoiler for :

Bambu adalah tanaman dengan kecepatan pertumbuhan yang tinggi. Oleh karena itu, sampah organik yang dihasilkannya banyak dan terus menerus. Tanaman ini harus selalu dibersihkan agar daunnya yang berguguran tidak menumpuk. Daun bambu dapat dimanfaatkan untuk membuat pupuk organik.

Jumlah bambu dalam satu rumpun terus bertambah sehingga rumpunnya akan semakin besar oleh karena itu batangnya perlu dipangkas secara berkala. Hal ini bertujuan agar rumpun bambu tidak terlalu gelap dan rimbun sehingga tidak menjadi sarang ular atau hewan lainnya yang suka ditempat gelap dan teduh. Batang bambu juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan pupuk organik.

Menurut peneliti dari Fakultas Pertanian, Universitas Hokkaido, Jepang, Prof Mitsuru Osaki, lantai hutan bambu kaya mikroba yang bersimbiosis dengan akar bambu untuk menyuburkan tanah. Dia menambahkan, humus daun bambu—termasuk mikroba di dalamnya—dapat memulihkan sawah di Indonesia yang banyak kehilangan kalium (K) dan silika (Si) karena terbawa oleh proses panen.



5. Bambu dan Energi Terbarukan
Quote:
Spoiler for :

Dubes Arif Havas Oegroseno menyampaikan potensi bambu sebagai produk yang ramah lingkungan, multi-fungsi, dan sebagai sumber energi terbarukan (biomassa). Sedikit saja bocoran tentang potensi bambu sebagai biomasa.

Perlu diketahui bahwa Eropa membutuhkan 700 ton bambu panel per bulan, sementara AS membutuhkan 20 juta ton per tahun. Mereka telah memaksimalkan pemanfaatan bambu sampai kepada biomasa. Sedangkan Indonesia hanya memanfaatkann bambu secara sederhana.

Kita berharap para peneliti Indonesiapun tidak mau kalah untuk ambil bagian dalam hal ini. emoticon-2 Jempol



Eksotik

6. Bambu dan Budaya
Quote:
Spoiler for :

Banyak alat musik kita dari bambu, seperti angklung, calung, suling, suling sunda, karinding, celempung, saluang, serunai, tak-tok trieng, gomolan, rindik, tatali, tatali, sasando, gong sebul.
Spoiler for Alat musik dari bambu:



7. Bambu dan Kerajinan
Quote:
Spoiler for :

Meskipun awalnya kerajinan bambu hanya diminati masyarakat di daerah pelosok, namun seiring dengan maraknya isu global warming di lingkungan masyarakat dunia, kini banyak orang yang tertarik menggunakan produk-produk ramah lingkungan untuk kehidupan sehari-hari.
Aneka kerajinan itu berupa peralatan rumah tangga dari mulai alat makan, tambir, tempat tisu, tempat buah, lampu hias, pigura, serta beberapa hiasan ruangan lainnya dan adapula kerajinan anyaman bambu berupa Kipas, ,Bakul, Jaran Kepang ( mainan anak-anak ), Kalo, Kukusan, Kemarang, Sesek dan masih banyak lagi.



8. Bambu dan Eksotisme
Quote:
Spoiler for :

Bambu selama ini lebih dikenal sebagai salah satu material dalam pembuatan furnitur atau mebel. Namun, ternyata bambu juga dapat diaplikasikan sebagai material utama pada struktur sebuah bangunan.

Tekstur bambu yang khas dan elegan menjadi daya pikat tersendiri bagi kebanyakan orang. Belum lagi, tanaman bambu yang ramah lingkungan dan terkesan klasik dengan arsitektur alami, sangat menarik jika di gunakan sebagai bahan bangunan untuk pembuatan placebo bahkan rumah.

Spoiler for :



9. Bambu dan Tanaman Hias
Quote:
Spoiler for :

Bambu hias sekarang ini tengah banyak dicari. Alasannya penampilan tanaman bambu unik dan menawan. Tak heran jika bambu pun banyak ditanam sebagai salah satu elemen taman. Apalagi makin disukainya taman bergaya jepang atau tropis yang memasukkan unsur bambu sebagai salah satu daya tariknya.

Masyarakat Indonesia pada umumnya memanfaatkan bambu sebagai tanaman pagar untuk pekarangan.


STRONG

10. Bambu dan Kekuatan
Quote:[CENTER]
Spoiler for :

Bambu lebih kuat dari baja. Jenis-jenis bambu tertentu memiliki kekuatan tensil hingga 28.000 per inci, dibandingkan dengan baja yang memiliki tensil 23.000 per inci.
Menurut Janka Ball Test Eviforment rata-rata kekerasan bambu berada pada 1180 (berkarbonisasi horisontal yang sebanding dengan ± 3000 untai (dalam tenunan)) sedangkan pohon Red Oak (1290), White Oak (1360), Rock Maple (1450), Hickory (1820). (Janka Ball Test Eviforment, Indeks yang lebih tinggi menunjukkan materi lebih keras).

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bambu lebih kuat dari pada beton khususnya dalam hal struktur. Bambu dari jenis petung adalah yang terkuat dan paling kokoh. Banyak penelitian dilakukan seputar masalah ini oleh Sarjana Arsitektur dan Teknik Sipil.



11. Bambu dan Gempa Bumi
Quote:
Spoiler for :

Bangunan berbahan bambu memiliki ketahanan terhadap guncangan gempa. Namun, bentuk kearifan dan kecerdasan lokal ini tidak banyak diterapkan oleh masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah rawan bencana. Selain mudah dan murah, konstruksi bambu tahan gempa memiliki sifat yang lentur. Kelenturan ini terdapat pada pasak, kuncian, dan ikatan. Fleksibilitas inilah yang membuat bangunan bergerak menyesuaikan guncangan gempa. Bukti bahwa bangunan terbuat dari bambu bisa bertahan dari guncangan gempa terdapat di kampung adat Naga di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya. Meskipun diguncang gempa 7,3 skala Richter pada September 2009, tidak ada satu pun rumah adat berbahan bambu dan beratap ijuk di Kampung Naga yang rusak.


Lainnya

12. Bambu dan Pengobatan
Quote:
Spoiler for :

Penelitian menunjukkan, daun bambu mengandung banyak zat aktif, yakni flavonoid, polisakarida, klorofil, asam amino, vitamin, mikroelemen, dan sebagainya, sehingga baik untuk menurunkan lemak darah dan kolesterol. Juga bisa menurunkan oksidasi antioksidan atau radikal bebas, sebagai bahan antipenuaan, serta mampu menjaga stamina dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Flavonoid daun bambu terbukti dapat memperlancar aliran darah koroner dari jantung.
Cina banyak melakukan penelitian terhadap fungsi flavonoid daun bambu untuk menghambat oksidasi lemak. Contohnya, campuran segelas minuman cokelat dengan satu persen ekstrak daun bambu secara signifikan meningkatkan antiradikal bebas sekaligus melindungi aktivitas vitamin A dan E. Masih banyak lagi manfaat daun bambu untuk kesehatan.



13. Bambu dan Makanan
Quote:
Spoiler for :

Rebung merupakan salah satu bahan makanan yang cukup populer di masyarakat. Rebung merupakan tunas muda tanaman bambu yang muncul di permukaan dasar rumpun. Tunas bambu muda tersebut enak dimakan, sehingga digolongkan ke dalam sayuran.



Quote:Quote:
Spoiler for DAN PADA AKHIRNYA:


Quote:Quote:Bagaimana?
Sudah kenal lebih dekat soal manfaat bambu?
Tertarik membudidayakannya?
atau
Tertarik memanfaatkan bambu yang Go green, Eksotis, dan Strong?
Silahkan menambahkan manfaat bambu yang Agan-Sista ketahui!


Spoiler for Sumber:



Spoiler for PENUTUP:


Spoiler for INTERMEZO:
Potensi Bambu GO GREEN, EKSOTIS, STRONG
keren bgt...

tapi banyak setannya emoticon-Takut



Quote:



[emoticon-rose]


Quote:Cara Menanam Bambu

Quote:Cara budidaya bambu sebenarnya tidaklah terlampau sulit. Meskipun demikian, diperlukan pengetahuan yang lengkap tentang teknik budidaya yang baik agar tanamannya tumbuh baik dan menghasilkan rumpun yang hidup berkesinambungan.
Diperlukan persiapan yang matang terkait budidaya pohon bambu; mulai dari pembibitan, perawatan, sampai tanaman siap panen.

Quote:Penyiapan bibit bambu
Langkah pertama dari rangkaian cara tanam bambu adalah menyiapkan bibit, yang bisa dilakukan dengan cara stek batang, rhizome, atau cabang. Beda jenis bambu bisa jadi beda cara mempersiapkan bibitnya. Misalnya, untuk bambu petung, pembibitan bisa dilakukan dengan ketiga jenis stek. Untuk bambu apus, stek cabang dan rhizom saja yang disarankan; sedangkan bambu kuning bisa menggunakan teknik pembibitan stek rhizom.
Jika tidak ingin ribet mempersiapkan bibit sendiri, Anda bisa membelinya. Akan tetapi, Anda harus paham betul jenis bambunya; serta mampu membedakan bibit yang baik dan tidak.

Quote: Mempersiapkan media tanam
Lubang tanam bisa dibuat dengan ukuran yang berbeda-beda; tergantung ketersediaan lahan dan bibit yang akan dikembangbiakkan. Sebelum penanaman dilakukan, media tanam diisi dengan pupuk ditambah dengan dedaunan dan tanah hasil galian; kemudian dikomposkan kurang lebih 2 bulan.
Anda bisa menanam bambu di mana saja. Bambu tumbuh baik di daerah dataran rendah maupun tinggi. Bahkan untuk jenis bambu air, bisa tumbuh di area grey water. Begitu pula dengan cara menanam jenis bambu Jepang; akan berbeda pula; karena tanaman bambu ini tergolong tanaman indoor yang bisa ditanam di tanah terbuka maupun pot.

Quote:Penanaman
Waktu yang paling disarakan untuk menanam bambu adalah pada musim hujan; sekitar bulan Desember hingga Januari; atau paling lambat Februari, bibit bambu sudah harus ditanam di lubang yang telah dikomposkan.

Quote:Perawatan
Setelah ditanam, pohon bambu membutuhkan pemeliharaan atau perawatan yang tepat agar bisa tumbuh dengan baik. Kegiatan pemeliharaan tanaman bambu meliputi penyiangan dan pembersihan tanaman dan lingkungan sekitar area tanam, penyembrotan herbisida atau pestisida untuk mengatasi gulma dan hama, pemupukan, pemangkasan untuk merapikan rumpun yang sudah mulai tumbuh tinggi, dan penjarangan. Upaya perawatan bisa bervariasi tergantung pada usia tanaman.



Quote:Tips Budidaya Bambu

Quote:Bambu bisa mempercantik lingkungan anda.
Quote:Penting bagi calon pembudidaya bambu untuk mengetahui bambu apa yang tepat untuk ditanam di lahan yang tersedia.
Quote:Bambu seringkali menimbulkan masalah seperti rumpun lebatnya yang menutup pandangan atau mengganggu tanaman lain.
Quote:Jika Anda memang ingin membuat sebuah kebun khusus berisikan tanaman bambu, maka tidaklah menjadi masalah. Sedangkan jika halaman rumah adalah pilihan tempat tanam, akan lebih baik untuk menanam bambu yang pertumbuhannya mengumpul, bukan menyebar.
Quote:Penting pula untuk mengetahui seluk beluk perawatan tanaman multifungsi ini, karena perawatan pohon bambu akan berbeda-beda bergantung pada kondisi dan usia tumbuhnya.


Sumber
wow emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By sitoy.51704

tapi banyak setannya emoticon-Takut



Itu hanya mitos gan....
Menurut info dari mbah....(saya lupa namanya)
Bambu itukan banyak di pinggir sungai, untuk menjaga agar tetap sejuk dan menahan erosi.
Jadi orang tua jaman dulu menyebar isu-isu tentang bambu yang berpenghuni agar agar masyarakat disekitar tidak menebang tanaman ini sembarangan. Sehingga sampai saat ini Hal tersebut menjadi mitos di masyarakat....
bambu salah satu tumbuhan favourite ane gan. apalagi pondok dari bambu. btw ane udah lama banget ga makan rebung selama tinggal di jakarta
Quote:Original Posted By lasealwin


Itu hanya mitos gan....
Menurut info dari mbah....(saya lupa namanya)
Bambu itukan banyak di pinggir sungai, untuk menjaga agar tetap sejuk dan menahan erosi.
Jadi orang tua jaman dulu menyebar isu-isu tentang bambu yang berpenghuni agar agar masyarakat disekitar tidak menebang tanaman ini sembarangan. Sehingga sampai saat ini Hal tersebut menjadi mitos di masyarakat....



oh gituh yah emoticon-Matabelo



Quote:



[emoticon-rose]



kalau di daerah ane ada tuh gan pakar bambu udah tua tapi suka melestarikan bambu pinter pula tau banyak tentang mamfaat bambu emoticon-Big Grin
keren gazebo dari bambu, jadi kelihatan asri emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By lasealwin


Itu hanya mitos gan....
Menurut info dari mbah....(saya lupa namanya)
Bambu itukan banyak di pinggir sungai, untuk menjaga agar tetap sejuk dan menahan erosi.
Jadi orang tua jaman dulu menyebar isu-isu tentang bambu yang berpenghuni agar agar masyarakat disekitar tidak menebang tanaman ini sembarangan. Sehingga sampai saat ini Hal tersebut menjadi mitos di masyarakat....


oh begitu ya mitosnya.. tapi tiap malem lewatin bambu suka merinding gitu gan emoticon-Takut (S)
Quote:Original Posted By RoadMovie
bambu salah satu tumbuhan favourite ane gan. apalagi pondok dari bambu. btw ane udah lama banget ga makan rebung selama tinggal di jakarta


Wah.... Selamat gan....
Ane juga klo ketempat wisata suka ke placebo yang dari bambu.....
Semanjak ane di kota gak pernah lagi lihat yang namanya gulai rebung.....
Quote:Original Posted By skw67
kalau di daerah ane ada tuh gan pakar bambu udah tua tapi suka melestarikan bambu pinter pula tau banyak tentang mamfaat bambu emoticon-Big Grin


Wah....
Ente harus berguru kemereka tuh.....
Soalnya itu ilmu langka
Quote:Original Posted By norva.amelia
keren gazebo dari bambu, jadi kelihatan asri emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo


Ane rencana mau punya satu sista....
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
emoticon-Cool Tunggu sukses dulu tentunya.....
Quote:Original Posted By MrsJupe


oh begitu ya mitosnya.. tapi tiap malem lewatin bambu suka merinding gitu gan emoticon-Takut (S)


Hmm.....
Tergantung keyakinan anda sih gan......
Kalau anda percaya ama yang begituan, ya terjadilah
Tapikan
Setidaknya salah satu dari orang tua yang sekaligus Ketua Ikatan Bambu Nasional
Menjelaskan bahwa, mitos itu hanya untuk menakut-nakuti masyarakat agar tidak menebang bambu sembarangan.

Sekarang
Agan percaya yang mana......
Percaya ama ketakutan agan?
atau
Percaya ama cerita yang sebenarnya?
Quote:Original Posted By g.rues


ane punya rencana gan,,,tapi susah kayaknya terealisasinya..soalnya mahal beli kayak gituan..

emoticon-Smilie


Betul sih gan.....
Apalagi buat kek begituan di kota.....
Kalau di desa sih, ruang terbuka masih luas, dan bahannya mudah di dapat
Nah.....
Kalau di kota,
Dah sempit sana-sempit sini, batas antara rumah tetangga cuma tembok, ruang terbuka hampir gak ada
Huh.....
Keknya "Tipis"
Tapi gan gak ada salahnya bermimpi
Siapa tau bisa....
tapi
kalau gak kesampaian, gak usah sedih.....
pergi aja sono ke tempat wisata
placebo yang begituan pasti ada dan bisa dinikmati
ane dr kecil suka bgt sm bambu gan! biasanya ane pake pedang2an ato maen tongkat2 gt..emoticon-Malu
skr gedenya tertarik bgt sm ornamen ato rumah2 yg dr bambu. bener kata agan eksotis!! emoticon-Salaman
btw calon HT ni keknya..
coba dijabarin jenis-jenisnya juga gan emoticon-Matabelo
di tempat ane udah jarang liat bambu emoticon-Bingung