alexa-tracking

anda suka sepeda onthel? sama .. saya juga

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52d76b2cbecb1724208b4990/anda-suka-sepeda-onthel-sama--saya-juga
anda suka sepeda onthel? sama .. saya juga
anda suka sepeda onthel? sama .. saya juga

SEPEDA ONTHEL
Sepeda Onthel atau juga disebut sebagai sepeda unta, sepeda kebo, atau pit pancal adalah sepeda standar dengan ban ukuran 28 inchi yang biasa digunakan oleh masyarakat perkotaan sampai tahun 1970-an. Sepeda onthel mengacu pada sepeda desain Belanda yang bercirikan posisi duduk tegak dan memiliki reputasi yang sangat kuat dan berkualitas tinggi. Karakteristik adalah rumah rantai tertutup. Dengan gigi yang tidak bisa diubah dan biasanya terdapat dinamo di bagian roda depan untuk menyalakan lampu. Sepeda ini juga dilengkapi Rem drum untuk pengereman.
Berbagai macam merek sepeda onthel dari berbagai negara beredar di pasar Indonesia. Pada segmen premium terdapat misalnya merek Fongers, Gazelle dan Sunbeam. Kemudian pada segmen dibawahnya diisi oleh beberapa merek terkenal antara lain seperti Simplex, Burgers, Raleigh, Humber, Rudge, Batavus, Phillips dan NSU

SEJARAH
Sepeda Onthel ini mulai banyak digunakan pada jaman Hindia Belanda . Kemudian pada tahun 1970-an keberadaan sepeda onthel mulai digeser oleh sepeda jengki yang berukuran lebih kompak baik dari ukuran tinggi maupun panjangnya dan tidak dibedakan desainnya untuk pengendara pria atau wanita. Waktu itu sepeda jengki yang cukup populer adalah merek Phoenix dari China. Selanjutnya, Sepeda jengki pada tahun 1980-an juga mulai tergeser oleh sepeda MTB sampai sekarang.
Sepeda Onthel kemudian pada tahun 1970-an secara perlahan lebih banyak digunakan oleh masyarakat pedesaan dibanding diperkotaan. Namun pada akhirnya karena usia dan kelangkaan, sepeda onthel telah berubah menjadi barang antik dan unik. Mulailah situasi berbalik, sepeda onthel yang dulunya terbuang, sekarang pada tahun 2000-an justru diburu kembali oleh semua kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa sampai pejabat. Orang Jawa mengatakan inilah "wolak-waliking jaman". Keranjingan masyarakat terhadap sepeda onthel adalah tepat bersamaan dengan berkembangnya ancaman global warming.
Kini banyak klub-klub dan komunitas sepeda kuno dari berbagai daerah di Indonesia, tersebar dari Sabang hingga Merauke yang jumlahnya ratusan komunitas, itupun hanya yang sempat terpantau dan terdaftar, belum lagi masih banyak yang tidak terdaftar atau ikut organisasi dibawah naungan KOSTI (Komunitas Sepeda Tua Indonesia)

Spoiler for penampakan:


kalo ini sepeda onthel ane gan

Spoiler for sepeda onthel ane:


bijimane gan sepeda onthel ane? emoticon-Malu (S) masih banyak yg harus di tambahin. yg punya masukan monggo!

Spoiler for sumur informasi:


emoticon-Requestemoticon-Rate 5 Staremoticon-Blue Guy Cendol (L)

Spoiler for bonus:


emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2
pertamax habis! putus! emoticon-Cool
Ane juga sering ke sekolah naik onthel, tapi bukan pit kebo.

Babe ane juga punya pit kebo
Quote:


pit kebo? emoticon-Matabelo ane aje ngga tau jenis punya ane tu apaan, stang nyemoticon-Matabelo juga belom di ganti .. emoticon-Malu (S)

buat bonceng cewe asek gan emoticon-Ngakak
ane suka tuhh gan emoticon-Matabelo, nggak menimbulkan polusi
harusnya di bangun lagi semirip orisinilnya gan (kalo bisa aksesorisnya jg : Lampu dinamo , sadel , pedal dll) , warna gitu emangnya fixie alay ?? emoticon-Matabelo
wah komunitas ontel kok kaga pada nongkrong di sini yak gan
Quote:


setubuh kita gan emoticon-Cool

Quote:


hahaha bikin patah semangat aje ente gan, ane ngaa tau asli nya kek gimana itu kan before nya udah karatan. dana juga kurang mendukung untuk beli semua aksesori asli nya gan emoticon-Matabelo

Quote:


ngga tau tuh, panggilin gan emoticon-Ngakak
Quote:


para onthelist kaskus sudah ada markasnya gan

http://www.kaskus.co.id/thread/00000...o-kumpul-sini/
iya,tuh sayang banget..onthel lbh bernilai krn klasiknya gan, krn warna aslinya yg bikin eksklusif & bersejarah..sayang kl dcat gt..itu mnurut ane gan,
ni pict anda suka sepeda onthel? sama .. saya juganthel ane,



gk th jg merk ny apaan,katanya relaigh gt sih..ada yg th?
punya ane Hercules gan
made in englandemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Ane dulu suka naik itu kalo mau naik ojek speda gan.. emoticon-Malu (S)
Quote:


keren sepeda ontel ente gan, boleh pinjem? emoticon-Malu (S)
cek onthel ane sebelum di modif gan, udah karatan banget. ane ngga tau juga warna asli nya. soal nya itu peninggalan. dan kata nya tu onthel ane bekas untuk ngangkut getah (pohon karet) zaman dulu.
besok kalo ada dana lebih ane perbaiki warna nya, aksesoris juga ditambah.
trimakasih saran nya emoticon-shakehand
ane pengen punya sepedha onthel belum kesampaian gan..
Quote:



terus nabung gan emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakak ane udah pernah naik sepeda onthel gazelle enak banget dinaikinya serasa jalan sendiriemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Rem torpedo

Salam kenal ..mohon pencerahanya jasa perbaikan rem torpedo di bandung yang mahir dimana ya? Ada info sms/wa 081221587428. Makasih banyak.