alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52d75f28a4cb171f4f8b45a0/3-bunga-terbesar-di-dunia
3 Bunga Terbesar di Dunia
Bunga merupakan bagian dari suatu tanaman yang bentuknya biasanya sangat indah. Banyak orang khususnya kaum perempuan menyukai bunga. Bunga juga sering dijadikan simbol rasa sayang, misalnya saja bunga mawar, lily, dan lain-lain. Umumnya bunga berbau harum, meskipun ada juga yang berbau tidak sedap. Namun tahukah Anda bunga terbesar yang ada di dunia? Berikut ini adalah 3 bunga terbesar yang ada di dunia.

1. Rafflesia Arnoldii
3 Bunga Terbesar di Dunia
Bunga terbesar yang mekar di dunia adalah Rafflesia arnoldii. Bunga langka ini ditemukan di hutan hujan tropis di Indonesia. Bunga ini dapat tumbuh menjadi 3 meter dan berat sampai 15 pound. Ini adalah tanaman parasit, terlihat tanpa daun, akar, atau batang. Bunga ini menempel pada tanaman inang/induk untuk memperoleh air dan nutrisi. Ketika mekar, Rafflesia memancarkan bau yang sangat menyengat, mirip dengan daging busuk. Bau ini dapat menarik serangga untuk membantu penyerbukan tanaman.

Rafflesia adalah genus tumbuhan bunga parasit. Bunga ini ditemukan di hutan hujan Indonesia oleh seorang pemandu dari Indonesia yang bekerja untuk Dr. Joseph Arnold tahun 1818, dan dinamai berdasarkan nama Thomas Stamford Raffles, pemimpin ekspedisi itu. Rafflesia merupakan endoparasit pada tumbuhan merambat dari genus Tetrastigma (famili Vitaceae), menyebarkan haustoriumnya yang mirip akar di dalam jaringan tumbuhan merambat itu. Satu-satunya bagian tumbuhan Rafflesia yang dapat dilihat di luar tumbuhan inangnya adalah bunga bermahkota lima. Rafflesia merupakan bunga resmi negara Indonesia.

2. Amorphophallus titanum, atau arum Titan
3 Bunga Terbesar di Dunia
Amorphophallus titanum, atau arum Titan adalah bunga besar lain yang ditemukan di Indonesia. Tumbuhan ini juga dikenal sebagai "bunga bangkai" sebab bau yang tidak menyenangkan. Seperti Rafflesia, Titan juga memancarkan bau daging yang busuk untuk menarik serangga penyerbuk. Secara teknis, Titan arum bukan bunga tunggal. Ini adalah sekelompok bunga kecil yang banyak, atau biasa disebut perbungaan. Tanaman ini bisa mencapai ketinggian dari 7 sampai 12 kaki dan berat sekitar 170 pound.

Amorphophallus atau arum Titan mempunyai perbungaan tak bercabang terbesar di dunia, oleh sebab itu bunga ini kadang-kadang secara salah kaprah dianggap sebagai bunga terbesar di dunia. Baik Rafflesia maupun Amorphophallus adalah tumbuhan bunga, namun hubungan kekerabatan mereka jauh. Rafflesia arnoldii mempunyai bunga tunggal terbesar di dunia dari seluruh tumbuhan berbunga, setidaknya bila orang menilai dari beratnya. Sedangkan Amorphophallus titanum mempunyai perbungaan tak bercabang terbesar. Bunga titan arum adalah tumbuhan asli hutan hujan Sumatera Barat di Indonesia.

3. Palem Talipot (Corypha umbraculifera)
3 Bunga Terbesar di Dunia
Corypha umbraculifera atau palem talipot adalah satu dari banyak jenis palem-paleman, tumbuhan ini asli dari India dan Srilanka. Uniknya palem ini hanya berbunga sekali dalam hidupnya, memiliki perbungaan yang terbesar dalam kelompok (bedakan perbungaan dengan bunga) tumbuhan berbunga. Palem talipot ini dapat hidup selama 30-80 tahun, mengumpulkan energi dan kekuatan pada batangnya selama hidupnya untuk menopang perbungaannya yang sangat besar namun, setelah berbunga dan berbuah palem talipot ini akan mati.

Palem talipot memiliki daun yang kuat dan lentur seperti pada palem palmyra (Borassus flabellifer) telah digunakan sejak zaman dahulu sebagai kertas. Banyak dari kitab Budha asli ditemukan ditulis di atas daun palem talipot ini. Orang-orang bagian selatan India dan Srilanka banyak membudidayakan palem talipot ini. Corypha umbraculifera juga merupakan tumbuhan nasional Srilanka. Tumbuhan ini dapat tumbuh setinggi 25 m dan berdiameter 1 m pada pangkalnya. Daunnya yang besar berbentuk seperti kipas dapat mencapai 5 m. Tangkai perbungaanya dapat tumbuh mencapai 6m dan dapat menopang lebih dari 20 ribu bunga. Buahnya berukuran sebesar bola golf dan membutuhkan waktu selama setahun untuk mencapai kematangan. Cara hidup tumbuhan ini disebut "monocarpic" artinya hanya sekali berbunga/berbuah selama masa hidupnya. Melihat talipot palem yang sedang berbunga merupakan sesuatu hal yang langka dan pastinya sangat mengesankan.



References:
http://www.loc.gov/rr/scitech/myster...es/flower.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Rafflesia_arnoldii
http://www.edenproject.com/visit-us/...r-in-the-world
http://www.treehugger.com/slideshows...wers-on-earth/
http://factslist.net/2013/04/worlds-...esia-arnoldii/
http://www.sciencekids.co.nz/videos/...ntheworld.html
http://news.softpedia.com/news/The-L...ld-57938.shtml
http://www.guillenphoto.com/cms/the-...ia-flower.html
http://funstuffcafe.com/the-biggest-...rld-titan-arum
http://www.environmentalgraffiti.com...l-flower-earth
goookkkksss gann... emoticon-Belomatabelo
ane pengen nanem raflesia arnoldi emoticon-Matabelo
nice gan baru tau dah ane tak bantu emoticon-Rate 5 Star
nice info moga HT gan emoticon-Rate 5 Star
Buset itu Arum Titan keren banget dah emoticon-Matabelo ampe seneng ane liatnya gan hahaha

Nitip link ya TS !

7 Benda Yang Kamu Tidak Tahu Bisa Dihack - http://kask.us/huuWW
Harus dilestarikan dan dijaga gan, mengingat banyak kebakaran hutan


3 Bunga Terbesar di Dunia