alexa-tracking

Indonesia, Mendobrak Dominasi Facebook dan Twitter

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52d74a4938cb17a82f8b46ac/indonesia-mendobrak-dominasi-facebook-dan-twitter
Indonesia, Mendobrak Dominasi Facebook dan Twitter
Indonesia, Mendobrak Dominasi Facebook dan Twitter

Popularitas Facebook dan Twitter sebagai jejaring sosial sudah sangat melekat dan membabi buta. Bahkan google+ belum mampu menyaingi keduanya, padahal dari segi korporasi google merupakan situs terfavorit nomor satu di dunia. Namun, fakta semacam itu tidak membuat surut semangat mahasiswa asal Malang ini untuk mendobrak dominasi jejaring sosial asing tersebut. Pada November 2013 mereka meluncurkan jejaring sosial lokal yang diberi nama fourlook secara resmi. Dalam kurun waktu kurang dari 3 bulan penggunanya sudah mencapai 22.821 ribu orang.

Sambil sesekali menyeruput kopi susu yang dipesan di sebuah warung di daerah dekat kampus ITN Malang, Saya dan Hamdi selaku founder fourlook ngobrol ngalur ngidul terkait fourlook ditemani Irham Thoriq seorang wartawan dari Jawa Pos. “Saya sangat tertarik dengan karya anak bangsa yang satu ini,” ujar mas Irham menyampaikan apresiasinya. Sesekali diiringi dengan guyonan hangat Saya dan Hamdi menjelaskan jejaring sosial yang belum lama ini kami dan tim kembangkan.

Tidak lama berselang, Hamdi membuka laman www.fourlook.com Panah kursor lantas berubah sembari menunjuk ke sejumlah menu tampilan di website jejaring sosial tersebut. “Ya, kami memang selalu bawa laptop untuk mengecek ada tambahan pengguna, menambal error ataupun masukkan pengguna fourlook yang feedback pada kita,” kata Hamdi sambil memperkenalkan layanan yang ada pada fourlook.

Lalu, mas Irhampun menayakan perihal sejarah berdirinya Kwiku. Awalnya Hamdi bekerja secara mandiri untuk mengembangkan fourlook, akan tetapi setelah menghabiskan berbagai macam buku terkait pengembangan aplikasi, Ia memutuskan membentuk sebuah tim yang solid. Sejak itu Hamdi mengajak saya, teman satu kelasnya, untuk menjadi Chief Operating Officer di website yang dia dirikan. Lantas kamipun membangun komitmen membuat jejaring sosial yang berbeda dari media sosial lain yang sudah populer saat ini semacam Facebook. Dengan dibantu beberapa teman satu jurusan dan masukkan pak Fachrul Kurniawan selaku dosen yang begitu dekat dengan kita, fourlookpun mengudara di jagad dunia maya.

“Ya, mimpi besar kami memang menyaingi Facebook dan Twitter. Jika kita terus menggunakan karya orang asing, dengan kata lain kita memperkaya mereka. Kami percaya orang-orang besar adalah orang yang memiliki mimpi dan usaha yang besar. Orang sukses adalah orang-orang dengan ide gila dijamannya. Berhubung kita ingin menjadi orang besar yang sukses, inilah ide gila kami. fourlook” terang saya pada mas Irham.

Kwiku sendiri adalah layanan internet yang memadukan segala kemudahan di dunia maya dalam satu akun. Dengan ide membuat dunia maya semudah dunia nyata itulah, Kami berharap fourlook akan memberi manfaat yang besar. Tidak hanya bercerita, Hamdi menunjukkan sejumlah tampilan di fourlook. Di dalamnya ada sejumlah menu yang tidak ada di Facebook. Salah satunya adalah mall online. Situs kencan untuk para jomblo yang berharap menemukan pasangan hidupnya. Bahkan juga saat ini tengah mempersiapkan e-learning agar dapat segera mengudara.

Lebih Jauh tentang fourlook

Hampir seluruh aspek dan segi kehidupan manusia tidak terlepas dari peran teknologi. Adanya teknologi mampu meringankan dan menjawab segala kebutuhan manusia. Mulai dari membuka mata dan disambut alarm yang terdapat di mobile phone, hingga kembali mempersiapkan tidur dengan ditemani sajian menarik dari layar LCD. Disadari atau tidak, ketergantungan manusia akan kemudahan yang ditawarkan oleh layanan teknologi membuat manusia semakin mengharapkan berbagai kemudahan yang lebih.

Terkait dengan produk teknologi, teknologi internet memberikan pengaruh yang begitu besar. Lebih dari 2,400 Miliar manusia di seluruh dunia memanfaatkan internet untuk memenuhi kebutuhan. Akan tetapi, dalam dunia internet, user masih terkotakkan dengan akun. Apa artinya? Artinya adalah satu akun hanya untuk satu layanan. Sebagai contoh jika ingin menikmati layanan social media maka harus daftar facebook, twitter dll. Sementara untuk mendapatkan layanan jual beli, diharuskan daftar tokonyabagus dan semacamnya. Belum lagi jika ingin mendapatkan pelayanan seputar e-learning, maka wajib login ke edmodo.com.

Bayangkan saja jika ingin menikmati berbagai layanan dalam satu waktu, seperti layanan social media, toko online, e-learning, situs kencan, blog, situs sharing file dan situs seputar akun bisnis. Maka user diwajibkan untuk mendaftar pada 7 situs yang berbeda. Bayangkan juga, jika suatu saat user kehilangan password, sementara user memiliki banyak akun. Maka, sudah dapat dipastikan user akan bingung dalam mengingat ke tujuh akun tersebut.

Berangkat dari kejadian yang sering dirasakan tersebut, fourlook memunculkan suatu konsep untuk menjawab berbagai macam kesusahan dengan satu kemudahan. fourlook one for all, adalah layanan internet yang memiliki ide dasar “satu untuk semua”. Konsep ini memiliki tujuan untuk menggabungkan berbagai layanan internet dalam satu akun. Dengan sekali mendaftarkan diri ke fourlook.com maka setiap user di seluruh dunia dapat menikmati seluruh layanan.

Konsep ini muncul karena cita-cita dan mimpi tim fourlook yang ingin mewujudkan dunia maya semudah dunia nyata. Di dunia nyata, Anda cukup sebagai diri anda dan dapat menikmati semua layanan Tuhan. Konsep itulah yang kami tawarkan, sehingga seluruh user tidak direpotkan hal-hal terkait pendaftaran, dan user pun dapat menjangkau dunia maya seluas-luasnya. Karena di fourlook, Anda cukup daftar sekali dan asyiknya berkali-kali.

Saat menjadi headline di kompasiana dengan judul, Buatan Anak Indonesia, Gantikan facebook selama seminggu, pengguna fourlook langsung menembus 380 user per hari. Dan tepat hari ini saat berita tentang fourlook termuat di sampul depan Jawa Pos Radar Malang, hingga tulisan ini saya buat pengguna fourlook untuk hari ini saja bertambah 860 pengguna baru. Dan hal yang paling membanggakan adalah, saat ini fourlook berada diperingkat 388.961 situs paling banyak diakses di dunia. Padahal saat fourlook pertama kali mengudara, fourlook berada di posisi 17 juta. Untuk Indonesia, fourlook nangkring di peringkat 9.952. Menembus peringkat 10.000 di Indonesia merupakan perjuangan yang berat bagi fourlook. Terimakasih atas dukungan semua pihak. Berikut link peringkat fourlook.

Oh ya, fourlook juga dilengkapi menu CSS. Jadi pengguna bisa merubah profil sesuka hati. Kreasikan karyamu.

www[dot]fourlook[dot]com


Indonesia, Mendobrak Dominasi Facebook dan Twitter
pertamax kahhh emoticon-Ngakak
ah yang boneng gan? emoticon-Malu (S)
cek tkp ntar emoticon-Malu (S)
kita liat sampai kapan bertahan emoticon-Ngakak
wah calon kaya nih bocah emoticon-Matabeloemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Meluncur dulu ke TKP sekalian test drive emoticon-Ngacir2
W.o.W. keren gan emoticon-Matabelo
Quote:


hehe emoticon-Smilie oke gan
wih keren nih..karya anak bangsa
cobain dl ahh
ke tkp emoticon-Ngacir
makin banyak yang pake jejaring sosial nih
Quote:


emoticon-Kiss emoticon-Kiss
banyak alay nya di indonesia gan emoticon-Ngakak (S)
indonesia gitu loh, you now lah gan emoticon-Ngakak (S)
wadaw media social lagi?
udah bejibung gan kaya aplikasi chat di HP padahal sama aja emoticon-Hammer (S)
wadaw media social lagi?
udah bejibung gan kaya aplikasi chat di HP padahal sama aja emoticon-Hammer (S)
Cek tkp dulu sekalian nyumbang emoticon-Sundul
wah.. ada yang baru lagi nih.. emoticon-Big Grin
Quote:


emoticon-Smilie selamanya gan
Quote:


emoticon-Smilie silahkan gan itu pilihan agan, tpi yang agan pikirkan gak seperti yg terjadi di pasar emoticon-Smilie
Quote:


emoticon-Smilie mulai dari diri sendiri sebelum ngiritk org lain, smw punya pandangan sendiri, jangan jadi org indonesia yg biasa yg cuma bisa mengkritik jadi lah org indonesia yg cerdas, kenapa Soekarno mengatakan, berikan q 5 pemuda, kenapa gak 10? krn hanya 5 dari 10 org indonesia yg cerdas, sisanya bisanya kritik