alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52d747b0fcca17254700002c/anak-kambing-gunung-di-kbs-mati
Anak Kambing Gunung di KBS Mati
Anak Kambing Gunung di KBS Mati

Anak Kambing Gunung di KBS Mati

Anak Kambing Gunung di KBS Mati

Quote:Baru beberapa pekan yg lalu jagat berita Dunia dan Indonesia dikejutkan dengan betapa mirisnya keadaan KBS dan banyak pemberitaan tentang kematian hewan secara berturut-turut baik karena faktor kesehatan/umur/ada faktor lain...
Kemarin giliran Kambing Gunung yg Mati emoticon-Berduka (S)

"Ane Mohon waktunya untuk agan-agan Memberikan Komen yg bermutu untuk membangun KBS jadi lebih baik,
Janganlah membuat Jumlah Post (Kejar Post) menjadi segalanya dari pada ISI thread.
"

Tunjukan rasa kepedulian KASKUSER terhadap kasus seperti ini.

Harapan ane supaya Thread-thread yg membahas KBS bisa di angkat ke media Khususnya Televisi.
agar media asing juga dapat mengikuti berita secara jelas,melihat progress apa yg diberikan pemerintah dan ane sangat berharap juga Julukan "Zoo of Death" kepada KBS di Hilangkan emoticon-Frown


Thread yg membahas berita sebelumnya,
Terjadi Lagi Kematian Satwa di Kebun Binatang Surabaya
(By.Third.Reich)

Spoiler for KBS:


Spoiler for news:


Video Terkait:
Quote:
youtube-thumbnail

youtube-thumbnail

youtube-thumbnail


Spoiler for Berita Terkait:


Anak Kambing Gunung di KBS Mati

Quote:
Pendapat dari Guru Besar ane dalam dunia per Kaskus-an dan Pecinta Hewan
Quote:Original Posted By Third.Reich

Ane sebagai warga Surabaya, sungguh miris melihat rentetan kematian hewan2 ini emoticon-Berduka (S). Tidakkah manusia2 itu sadar bahwa mengurungnya saja sudah sama dengen menyiksa nya, apalagi ini, mereka dibunuh perlahan2 seakan mereka tidak punya hak hidup di planet ini seperti kita emoticon-Berduka (S) .

How many innocent animals have they killed ? , How many more have to die ?
Manusia tak akan pernah hidup makmur jika hanya ingin mendominasi planet ini, kecuali mereka mau saling berbagi dengan semua makhluk hidup yg ada di dalamnya.


Anak Kambing Gunung di KBS Mati

"The greatness of a nation and its moral progress can be judged by the way its animals are treated."

- Mahatma Gandhi -


Anak Kambing Gunung di KBS Mati

Anak Kambing Gunung di KBS Mati

Quote:Original Posted By Third.Reich

Anak Kambing Gunung di KBS Mati



Spoiler for Sumber:


Update:
Tanggapan Menteri Kehutanan

Quote:Menhut: Manajemen Kebun Binatang Surabaya Harus Bertanggung Jawab

Anak Kambing Gunung di KBS Mati


JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menyatakan bahwa pengurus atau manajemen Kebun Binatang Surabaya harus bertanggung jawab atas tewasnya sejumlah satwa di kebun bintang tersebut. Untuk membahas masalah Kebun Binatang Surabaya (KBS) tersebut, Zulkifli akan mengadakan pertemuan dengan Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pada pekan depan.

"Satwanya mati, ada beberapa yang mati. Gizi dan kesejahteraannya juga kurang. Kepengurusannya dan manajemennya harus bertanggung jawab. Itu masalah yang akan kita cari solusinya," kata Zulkifli di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (16/1/2014).

Nantinya, lanjut Zulkifli, hasil pertemuannya dengan Wali Kota Surabaya dan Gubernur Jatim akan disampaikan kepada pihak pengelola. Bahkan, Zulkifli berjanji akan melaporkan hasil pertemuan itu ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Pertemuan akan disampaikan kepada pengelola, dan nanti kita sampaikan, bahkan ke Presiden," tuturnya.

[CENTER]Sumber[/CENTER]
Satwa-satwa Koleksi KBS yang Mati Tragis di Awal 2014

Spoiler for Tambahan:


Anak Kambing Gunung di KBS Mati

Pendapat ane:

Quote:Berita-berita tentang KBS baik dari Lokal maupun bukan niatan untuk menjatuhkan pihak pengelola / Dinas terkait yg mengurus KBS
Tapi untuk Introspeksi agar kedepannya KBS jadi lebih baik.

Kasihan sekali hingga muncul berita berita yg tidak sedap bahwa,Tragedi kematian hewan di KBS ada unsur Konspirasi agar KB Surabaya Mudah Dikuasai pihak tertentu yg mempunyai kepentingan sendiri.

ada pula berita bahwa ada pihak-pihak yg ingin menjadikan [URL=http://www.antaranews.c*m/berita/413083/ada-yang-ingin-kbs-jadi-mall]KBS sebagai pusat perbelanjaan[/URL] karena lokasinya strategis

Klo memang ada konspirasi dibalik kematian hewan-hewan di KBS sungguh tragis sekali~ emoticon-Berduka (S)


Anak Kambing Gunung di KBS Mati

Tambahan dari KASKUSER

Quote:Original Posted By 05072013
terlalu ga logis klo hanya sekedar penyakit/akibat sakit

khan surabaya gudangnya dokter hewan (kampus kedokteran ternama ada di sini)


kelihatannya ada sabotase klo menurut gua lebih masuk akal emoticon-Shutup

tahu sendiri KBS sebesar apa tempatnya & lokasi strategis di tengah" kota (paru" kota)

Anak Kambing Gunung di KBS Mati
LINK

di bangun mall ato hotel ato apalah khan manteb tuh emoticon-Malu (S)


Update Beritanya:

Quote:Kisruh Kebun Binatang Dibawa Risma ke KPK Besok
Anak Kambing Gunung di KBS Mati


TEMPO.CO, Surabaya -Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akan melaporkan kisruh pengelolaan satwa di Kebun Binatang Surabaya ke Komisi Pemberantasan Korupsi besok. "Kebetulan saya diundang Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan. Senin ini juga saya melaporkan kasus KBS ke KPK," kata dia di Surabaya kemarin.

Risma mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan data yang dibutuhkan terkait dengan pelaporan tersebut. Hal-hal yang akan disampaikan ke KPK, dia menjelaskan, terutama berkaitan dengan persoalan di tubuh manajemen Kebun Binatang serta hasil audit Universitas Airlangga Surabaya mengenai sejumlah aset yang dimiliki KBS.

Akhir pekan lalu, Risma sempat mengeluhkan raibnya satwa dari KBS. Ia menuding kebijakan tim pengelola KBS sementara pimpinan Tony Sumampau, yang membarter 387 satwa dengan uang atau barang, menjadi pemicu memanasnya konflik di kebun binatang peninggalan Belanda ini. Ia berjanji membawa kasus ini ke ranah hukum.

Direktur Keuangan KBS, Fuad Hasan, mengatakan kantornya tengah melengkapi dokumen berupa nota kesepahaman mengenai barter satwa itu. "Ada enam MoU pertukaran satwa saat KBS dikelola Tim Pengelola Sementara," ujar Fuad kepada Tempo.

Dari penelusuran Tempo, perjanjian barter itu diteken selama Maret hingga Juli 2013 untuk enam lembaga. Lembaga yang dimaksud antara lain Taman Safari II Prigen, Taman Safari Mirah Fantasia Banyuwangi, Lembaga Konservasi Lembah Hijau Lampung, dan Taman Hewan Pematang Siantar.

Padahal, kata Fuad, berdasarkan kajian Universitas Airlangga, pertukaran hanya dapat dilakukan satwa dengan satwa atau tumbuhan dengan tumbuhan. Pertukaran satwa dengan kendaraan atau uang jelas menyalahi aturan..

Ketika dimintai konfirmasi, Tony menilai rencana Risma melapor ke KPK hanya pengalihan isu buruknya pengelolaan satwa di KBS. Ia membantah telah menukar satwa dengan mobil. "Yang ada adalah penyerahan satwa surplus ke lembaga lain. Kendaraan untuk operasional merupakan hibah dari pihak kedua," katanya.

[CENTER]Sumber[/CENTER]


Quote:Di KPK, Risma Bahas Kasus Kebun Binatang Surabaya
Anak Kambing Gunung di KBS Mati


TEMPO.CO, Jakarta - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini hari ini mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi. Dia mengatakan ingin mengajak KPK berdiskusi soal Kebun Binatang Surabaya. "Saya sudah lapor polisi, dan polisi sudah menyelidikinya. Tapi masalahnya belum selesai dan saya tak tahu harus mendatangi lembaga apa lagi," kata Tri di halaman gedung KPK, Senin, 20 Januari 2014.

Menurut Risma, banyak binatang koleksi kebun bintang raib. "Ada 50 ekor jalak Bali seharga hingga Rp 100 juta, ada juga komodo seharga Rp 900 juta," katanya. Kerugiannya mencapai miliaran rupiah, dan hingga kini persoalan itu tidak kunjung menemukan titik terang.

Meski datang ke KPK, Risma mengaku tidak akan melaporkan pihak mana pun terkait masalah di Kebun Binatang Surabaya itu.

Sebelumnya, Risma memang sudah lama hendak membawa kasus kebun binatang di Surabaya itu ke KPK. Namun, Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas menilai rencana Risma melaporkan masalah itu ke KPK tak tepat. Menurut Busyro, Risma sebaiknya melapor ke Kepolisian Wilayah Kota Besar Surabaya. "Lebih tepat ke Polwiltabes di sana. Lebih proporsional," kata Busyro kepada Tempo di gedung kantornya, Rabu, 15 Januari 2014.

Sengkarut kebun binatang itu bermula saat banyak satwa yang berstatus dilindungi negara itu "hilang". Satwa-satwa itu sudah hilang sejak kepengurusan Tim Pengelola Sementara KBS. Ada 483 satwa yang hilang atau ditukar dengan mobil.

Tercatat pada awal Juni 2013, sebanyak 49 satwa KBS dipindahkan ke Taman Satwa Mirah Fantasia, Banyuwangi. Kompensasi yang didapat KBS berupa dana sebanyak Rp 640 juta sebagai pengganti biaya angkut jerapah jantan yang diperoleh KBS dari Kebun Binatang Berlin.

Selain itu, pada 28 Juni 2013, ada 39 satwa KBS ditukar dengan kendaraan operasional. Penukaran itu dilakukan dengan pihak lembaga konservasi Lembah Hijau yang berada di Bandar Lampung. Kompensasi penukaran berupa mobil Innova bekas dan sepeda motor sebagai kendaraan operasional KBS. "Kan, enggak boleh satwa ditukar dengan mobil atau motor. Satwa hanya boleh ditukar dengan satwa, ujar Risma.

[CENTER]Sumber[/CENTER]


youtube-thumbnail
Quote:Ane ada Pertanyaan buat agan-agan,

1.Kira-kira Dengan dipasangnya 20 CCTV di KBS akan Memulikan keadaan KBS?
2.Kebijakan Seperti apa yg seharunya di lakukan oleh pemerintah daerah maupun pusat dalam menanggulagi tragedi yg ada di KBS ini?
3.Harapan agan-agan untuk KBS?

Pertanyaan Tambahan:
4.Menurut Agan" & Sista" sekalian sebenernya apa sih penyebabnya kondisi KBS jadi seperti ini?


Komentar dan Jawaban:

Quote:Original Posted By aullua
BERTAMBAH LAGI KORBAN HEWAN YANG MATI? emoticon-Marah
kasihan banget binatang-binatangnya, mati secara misterius semua emoticon-Berduka (S)
emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)

1.Kira-kira Dengan dipasangnya 20 CCTV di KBS akan Memulikan keadaan KBS?
Cuma 20 CCTV kurang gans, harusnya ada security yang jaga ganti gantian 24 jam !

2.Kebijakan Seperti apa yg seharunya di lakukan oleh pemerintah daerah maupun pusat dalam menanggulagi tragedi yg ada di KBS ini?
Tragedi ini udah jadi berita internatsional loh, anu lupa baca di thread mana, ada wartawan yang ngeliput tentang bagaimana sengsaranya binatang yang hidup di KBS, pemerintah daerah dan pusat harus lebih aware lg sama permasalahan seperti ini, kasih sanksi yang keras, jangan luluh gara-gara uang emoticon-Marah

3.Harapan agan-agan untuk KBS?
semoga KBS menjadi kebun binatang yang layak buat tempat tinggal binatang, binatang-binatangnya sehat sehat dan gemuk gemuk, amiinemoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer


Quote:Original Posted By atrizkdamy
ane sebagai warga Surabaya sebenernya prihatin bangeet gan kasiaan banget sama hewan2nya emoticon-Sorry.
banyak yang bilang tutup aja KBS , kalo ditutup trus hewan2nya dikemanain ? jumlahnya kurang lebih 3500 an katanya. kan kasian kalo terlantar gitu aja gak ada yang mau bertanggung jawab emoticon-Sorry
karena sudah terlanjur basah lebih baik orang2 yang bekerja di dalamnya yang di rombak ulang , jadi bener2 yang bekerja adalah pecinta hewan kemudian orang2 politik otak busuk itu buang aja ke laut !! masak iyaa mau dibikin Mall kaya gak ada tempat lain ajaa !
pengunjungnya juga banyak loh , duitnya jg pasti banyak kaaan yaudah duitnya itu dibuat memperbaiki kondisi satwa , kandang , makanan dll jangan dikorupsi . Bu Risma juga sedang berusaha gan untuk memperbaiki sedikit demi sedikit kondisi total di KBS , maaf saya belum bisa melakukan apa2 emoticon-Frown saya hanya bisa membantu berdoa semoga KBS lebih "bersih" lagi dari orang2 tidak bertanggung jawab , semua satwanya sehat senang dan aktif , kandang2nya bersih dan luas , makanan para satwa juga bergizi dan sesuai porsinya , aamiin emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By Mbotz
Hadeuh memprihatinkan emoticon-Berduka (S), mati karena keteledoran !! di tabrak rusa !! kenapa itu rusa bisa sampai satu kandang dengan anak kambing gunung ?!?!? emoticon-Bingung (S)
Harusnya kebun binatang adalah lembaga konservasi yang harus melindungi dari kematian/kepunahan emoticon-Cape d... (S)

Anak Kambing Gunung di KBS Mati
1. CCTV bisa membantu untuk memantau kesehatan, kenyamanan binatang, tapi rasanya kalau hanya 20 cctv kurang, dibanding jumlah bianatang yang ada yaitu +/- 2.806 ekor. dan utuk memantau kejahatan yang terjadi seperti yang disinyalir adanya pembunuhan Singa Michael di KBS

2 Dalam hal ini kementrian kehutanan harus bisa menunjuk pengelola yang profesional entah itu Pemkot Surabaya atau pihak swasta, profesioanal disini orang2 yang kompeten untuk megurusi Kebun Binatang, mengassesment ulang SDM yang ada dan memperbaiki bangunan di KBS, disesuaikan antara kandang dan jumlah binatangnya.

3. Satwa koleksi KBS bukan obyek semata. Mereka bukanlah hak milik Kebun Binatang Surabaya. Mereka adalah milik negara dan milik alam. Kepada Tuhan Sang Pencipta dan kepada masyarakatlah Kebun Binatang Surabaya harus bertanggung jawab.


Tambahan gan binatang yang mati beberapa bulan terakhir :

Berikut ini diantara koleksi hewan KBS yang mati, seekor Komodo mati (26 November 2013 karena gangguan ginjal), seekor Jaguar (Daimler) dan seekor Rusa mati (24 November 2013 karena gangguan usus), Harimau Sumatera mati (24 April karena gangguan pencernaan), dan seekor Unta mati (25 Oktober 2013 karena infeksi saluran kencing).
Selain itu, ada juga Orang Utan mati (10 Oktober 2013 karena radang paru-paru), seekor Gnu, sejenis kambing yang mati (6 Januari 2014 karena gangguan pencernaan), seekor Jerapah bernama Kliwon mati (2012) dan terakhir seekor Singa Afrika mati (6 Januari 2014 diduga dibunuh).

Baca juga !!!!!
Spoiler for Ratusan satwa Kebun Binatang Surabaya (KBS) ternyata ada yang dijual dan dibarter.:


Quote:Original Posted By MazK028

woh si mbah agnezmo emoticon-Belo
ada adith, bang third.reich, bang nojomil @_@
kok anak anak #iykwim semua wkwk emoticon-Ngakak (S)

btw, komen ah~

ealah, nambah meneh yang tewas hewannya?
kok surem emoticon-Nohope emoticon-Berduka (S)
saya curiga di dalemnya ini ada semacam sabotase emoticon-Hammer

kalo njawab pertanyaannya ya.
1. kayaknya gaperlu deh, kalo memang ada kerjaan dari dalem, toh ga bakalan di publikasikan. /o/ ya memang gabaik suudzon kek gini, tapi ya, terlalu janggal aja.. semoga hanya perasaan saya. ya kalo demi keamanan sih gapapa pasang cctv~
2. harusnya pemkot surabaya langsung turun tangan milih siapa yang bakalan ngurus KBS, biar agak berbobot gitu~
3. harapan saya sih, semoga KBS ini gak semakin terlantar deh, miris sumpah liat berita KBS emoticon-Berduka (S)

------
just as bang Third.Reich said. kita harus tetap berdampingan hidup di dunia ini, yang diciptakan Tuhan bukan hanya manusia, melainkan ada makhluk hidup lain, yang "berfungsi" untuk "mendampingi" manusia itu sendiri #mahngopokus emoticon-Hammer

Iso dadi HT ra yo @_@


Quote:Original Posted By elcokaskus
Kebun binatang milik pemerintah yaaa ? hmmmm

bener juga kenapa cuma 20 cctv ? kenapa gak sama penjaga 24jam ?

kenapa pelit ke ilmu pengetahuan ? menurut ane apa susahnya kasih subsidi buat kebun binatang ? itu ilmu pengetahuan loh buat anak cucu kita masa depan ! kalo pemerintah berfikiran kebun binatang buat menambah penghasil itu salah besar ! kenapa dpr di kasih gedung kantor baru yg lebih mewah ? toh gak ada gunahnya cuma buat tidur ?

seharusnya contoh dong belanda , dia punya museum bahsa sunda ! pemerintah yg ngerawat ! biaya masuk juga geratis , sampe2 mau di ambil sama indonesia belanfa gak mau , karna tau indonesia masih pelit ke ilmu pengetahuan !

menurut ane masalah cuma 1 , DUIT ! duit memberi anda hidup dan kesenangan , tetapi duit juga dapat merengut kebahagiaan dengan cepat


miris ane kalo liat sesuatu yg wajib menjadi terbangkalai emoticon-Frown


Tapi tetep Koruptor d balik semua ini


---
Silahkan berikan pendapat anda emoticon-Smilie
Ane kasih emoticon-Cendol (S) sebagai wujud apresiasi ane atas komen agan-agan yg Bagus dan Baik emoticon-Smilie
@05072013 emoticon-Cendol (S)
@aullua emoticon-Cendol (S)
@atrizkdamy emoticon-Cendol (S)
@Mbotz emoticon-Cendol (S)
@MazK028 emoticon-Cendol (S)
@elcokaskus emoticon-Cendol (S)

Bukannya Bertambah malahan berkurang emoticon-Nohope
Ini Pasti ada Oknum yang tidak bertanggung Jawab emoticon-Cape d... (S)
Weh..boy..
Yaudah kubur dong emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By th3b3nt0
Bukannya Bertambah malahan berkurang emoticon-Nohope
Ini Pasti ada Oknum yang tidak bertanggung Jawab emoticon-Cape d... (S)


Sepertinya memang demikian...
banyak yg menilai adanya Orang yg "berkepentingan" lain di KBS.

Quote:Original Posted By Wowo.bleketek
Weh..boy..
Yaudah kubur dong emoticon-Big Grin


bukan soal kubur mengubur gan..
Kalau semua satwanya mati itu kebun binatang bakal kosong donk..
Itu kambing gunung juga dari pemberian,seharusnya lebih bisa dijaga emoticon-Frown
Trite mbah pancen oyeee..

Ane bukan orang suroboyo tapi ane geram sama pengelola kebun binatang tersebut, harus nya mereka2 lah yg di kandangin.
Miris liat KBS emoticon-Matabelo
ane bingung, sebenernya apaan sih yang bikin binatang-binatang di KBS banyak yang mati? emoticon-Bingung (S)
kenapa gk di taro di kandang khusus ye
udh tau kambing badan ramping bs aj lwt celah2(tp ane blm liat sih seberapa lebarnya celahnya ampe diduga lwt situ emoticon-Hammer)

dan lagi2 konspirasi perebutan lahan
hewan nya jd korbanemoticon-Nohope
Kasian Bener emoticon-Turut Berduka
Pekiwan dulu di tritnya master 48 emoticon-Big Grin

tuh kan lagi! lagi ! emoticon-Mad (S) emoticon-Mad (S), barusan kmaren blm ada 1 bulan singa si michael mati dgn cara yg aneh. skarang kambing gunung ! lagian gobloknya kambing gunung kok ditaruh di kandang jeruji besi emoticon-Cape d... (S). harusnya dibikinin batuan berundak2 emoticon-Cape d... (S).

parah bner ini KBS lama2 !! emoticon-Bata (S).
Quote:Original Posted By mayunozomilover
Trite mbah pancen oyeee..

Ane bukan orang suroboyo tapi ane geram sama pengelola kebun binatang tersebut, harus nya mereka2 lah yg di kandangin.


emoticon-Ngakak pasukan 69 pada kesini smua emoticon-Ngakak
apalagi ane mil emoticon-Mad (S) . liat KBS tuh ! emoticon-Bata (S)
ente mau dikandangin sama nozomi mayu ? emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By dainurie
ane bingung, sebenernya apaan sih yang bikin binatang-binatang di KBS banyak yang mati? emoticon-Bingung (S)


dibunuh mereka itu gan dan emang disengaja ditelantarkan ada unsur politik, mau rebut lahan disitu buat dibangun mall, gitu berita yg beredar

Quote:Original Posted By VLylsp
kenapa gk di taro di kandang khusus ye
udh tau kambing badan ramping bs aj lwt celah2(tp ane blm liat sih seberapa lebarnya celahnya ampe diduga lwt situ emoticon-Hammer)

dan lagi2 konspirasi perebutan lahan
hewan nya jd korbanemoticon-Nohope


kalo kambing gunung emang harusnya dibikinin batu buatan berundak2 gt gan, konspirasi lahan itu yg bikin emoticon-Mad (S). mau dibikin MALL katanya ! emoticon-Mad (S)
Anjir nambah lagi emoticon-Berduka (S)


Quote:Original Posted By Third.Reich
Pekiwan dulu di tritnya master 48 emoticon-Big Grin

tuh kan lagi! lagi ! emoticon-Mad (S) emoticon-Mad (S), barusan kmaren blm ada 1 bulan singa si michael mati dgn cara yg aneh. skarang kambing gunung ! lagian gobloknya kambing gunung kok ditaruh di kandang jeruji besi emoticon-Cape d... (S). harusnya dibikinin batuan berundak2 emoticon-Cape d... (S).

parah bner ini KBS lama2 !! emoticon-Bata (S).

Jancuk emoticon-Kagets
Pengelola macam apa
dikira singa buat sirkus dikandangin ke jeruji besi emoticon-Gila

Otaknya pada kek skortum
Quote:Original Posted By Wowo.bleketek
Weh..boy..
Yaudah kubur dong emoticon-Big Grin

Gobloker emoticon-Ngacir
bukannya udah banyak yak di KB situ pada mati emoticon-Hammer2
ga layak nih, kesian binatangnya.
ada konspirasi sih katanya.
kasian y gan, gak tega emoticon-Sorry

pengelola'y apa ga ada lagi solusi, ato jalan keluar'y..
atau emang ribet "intern" nya emoticon-Bingung (S)
Satu kata gan: TRAGIS!
Semoga pengelola bisa lebih telatrn ngerawat hewan2nya gan..
Quote:Original Posted By mayunozomilover
Trite mbah pancen oyeee..

Ane bukan orang suroboyo tapi ane geram sama pengelola kebun binatang tersebut, harus nya mereka2 lah yg di kandangin.



Dkandangin trus dibuat busung lapar juga ye gan.. setuju ane