alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52d7440fa1cb177b0a8b45b4/miris-mengenai-bpjs
Miris mengenai bpjs
BPJS Bikin Pasien jadi Sedih
Tolong hentikan bpjs sekarang juga..!!!

Sewaktu jaga igd tadi ada waktu ke poli interna..disana ada senior interna yang lagi bingung karena ditangisin nenek2 tanpa diantar keluarganya yg berobat..saya hapal sama nenek ini biasanya datang sebulan sekali buat berobat..rumah dia jauh dari rs saya..dia nangis karena biasanya sebulan sekali datang dan dikasih obat buat sebulan sama senior interna tetapi karena bpjs ini dia datang setiap minggu..
Nenek ( sambil nangis ) " pak dokter saya sudah tidak ada biaya buat berobat karena habis buat transport ke sini...karena biaya dari rumah kesini saja kalau sebulan sekali pp sekitar 50rb ini harus setiap minggu datang...terus saya dapat uang darimana? ( sambil terisak nangis si nenek memelas sama senior interna tsb )
Jujur melihat itu saya jadi pingin nangis juga...
Kita yang langsung berhadapan dengan pasien spt ini tifak bisa berbuat banyak karena emang ini sudah peraturan yg dipaksakan sama pemerintah..katanya mau mensejahterakan masyarakat tapi malah menyengsarakan...
Duuuh miris bener yah negeri ini.
Iya gan,peraturan BPJS bikin pasien lebih repot soal obat,sekarang dokter gak boleh ngasih obat buat sebulan,kalau dokter yg baik sih ngasih resep obat yg murah buat ditebus di apotek luar,itupun kalau pasien bersedia.beberapa dokter ngeluh juga soal ini
Ane termasuk yg gak setuju ma BPJS,sosialisasi kurang,banyak masyarakat yg bingung,urusan yg biasanya mudah malah jadi ribet
emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)
semoga cepet di benerin sistemnya emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)
emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)
Quote:Original Posted By icha natasya
Iya gan,peraturan BPJS bikin pasien lebih repot soal obat,sekarang dokter gak boleh ngasih obat buat sebulan,kalau dokter yg baik sih ngasih resep obat yg murah buat ditebus di apotek luar,itupun kalau pasien bersedia.beberapa dokter ngeluh juga soal ini


boleh ngasih obat tapi klo biaya nya lebih dari yang ditanggung dokternya yang bayar sisa na (Ampyuun)
prcuma jg gan diadain BPJS ga menyentuh rakyat kecil....
Quote:Original Posted By hadymulia
prcuma jg gan diadain BPJS ga menyentuh rakyat kecil....


setubuh ama agan ini
BPJS buat persoalan jadi sulit = tambah pula media sosial dan kenyataan amat berbeda
ear peserta diskusi,
Izinkan saya menjelaskan beberapa hal yang saya ketahui, dan muhon diluruskan kalau saya salah, karena sebenarnya teman2 dari NCC Kemenkes yang lebih paham ddalam hal ini.

1.Untuk obat bagi pasien kronis khususnya DM, Hipertensi, Asthma, TB, Jantung bisa diberikan dalam 1 (satu) bulan dgn cara dokter spesialis... merujuk balik ke dokter primer dan menuliskan resepnya utk diambil di Apotik tertentu yg ditunjuk. Untuk DM dan Hipertensi sdh berlaku selama ini di Askes dan diteruskan di BPJS Kesehatan, sesuai program Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis). Khusus Asthma, TB, Jantung sudah dibahas bersama profesi / kolegium dan Tim NCC, Tim Fornas, Kemenkes. Untuk penyakit2 kronis lainnya dimintakan profesi / kolegium mengirimkan standard dan panduannya, sehingga bisa dibahas bersama.

2.Saya mendapatkan informasi dari Tim NCC-Kemenkes, saat ini di RS kelas A paket bypass dengan kode I-1-05-i di kelas 3 untuk keparahan satu adalah 55 juta lebih dan untuk keparahan tiga 91 juta lebih. sedangkan jika dirawat di kelas satu 77 juta lebih untuk keparahan satu dan 127 juta lebih untuk keparahan 3. (Jadi kisarannya juga 90-120 jtan,red)Tarif INA-CBG untuk setiap kode adalah kumpulan dari berbagai diagnosis dan prosedur. bisa saja ada kasus2 tertentu yang lebih tinggi biayanya tapi kasus lain bisa lebih rendah. Inilah prinsip kendali biaya harus dilakukan pada level manajemen dan dokter. Sayang penulis tidak memberikan data dan informasi yang tepat tentang besaran tarif. Mudah mudahan informasi yang diterima tidak keliru. juga tentang besaran tarif yang disampaikan ternyata hanya separo dari FAKTA TARIF yang ada di RS kelas A di INA CBG's versi 4.0

3.Perbaikan untuk ini dibahas intensif : a.Hari Jumat pagi di Kemenkokesra dg melibatkan banyak Kementrian/Lembaga terkait,
b.Jumat siang di IDI dg Sekber,
c.Jumat sore di BPJS Kesehatan Pusat dgn Organisasi Profesi dari PERKI-Profesi Jantung juga dgn Profesi Ahli Paru serta Tim Fornas dan Kemenkes.
d.Jumat malam di BPJS Kesehatan Pusat dgn Tim Lengkap NCC, Konsultan TNP2K, Direktur BUK Dasar dan BUK Rujukan Kemenkes, Direktur Yanfar Kemenkes.
e.Hari Sabtu pagi sd siang, dipimpin Dirjen BUK Prof Akmal dan Staf Ahli Menteri Prof Budi Sampurno, dibahas kembali dg seluruh organisasi profesi terkait, asosiasi faskes, Tim NCC, Kemenkes dan BPJS, perwakilan peserta Thallasemia.


nyataan dlapangan brbeda? Tlg bpjs sgr brbenah dn sgr mnsosialisasiknny kdaerah2,jgn cuma rapat mrapat saja dpusat sana,krn skrg bpjs tlh jd bom waktu yg akn sgr mledak,bkn dkalangn nakes aj tp jg pns,tni polri,buruh dn tentuny sbgn masyarakat indonesia
Gak jauh dari korupsi emoticon-Ngakak
Berobat pakai BPJS, layaknya benerin mobil/ motor rusak di bengkel,
di kotak-2kan berasarkan gejala kerusakan oleh Sistem Software dan Kebijakan BPJS.

BPJS Era-nya Manusia spt Mesin.

Jadi ingat:
"Rise of The Machines"
-Terminator-
kalau mau suatu sistem menjadi bagus kasih masukan emoticon-Smilie

buat surat resmi ke dinas terkait -- kalau perlu masukin ke media nasional -- ato sampe ke Presiden biar maksud yg bagus bisa kejadian bagus dan ga rusak cuma gara-gara yg sebenernya sepele emoticon-Ngacir
gila gan, BPJS bikin pusing
btw ane jg krja di rumah sakit, pusing ngurusin obatnya, harus sesuai FORNAS padahal gak semua obat di FORNAS ada di pasaran, kalo pasien gak boleh iur alhasil gak dikasih terapi emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)
Dari RS ane aja kesulitan dalam pembuatan SEP (Surat Elegibilitas Peserta) BPJS yang untuk mengesahkan bahwa pasien tersebut benar" pasien BPJS. sudah 3 hari ini server pusat tidak bisa terkoneksi. jadinya saya pakai manual pembuatan pakai excel. tetapi tidak dapat nomor SEP. dan yang ditakutkan RS nantinya biaya pasien tidak bisa di klaimkan ke BPJS karna pembuatan SEP manual tadi. Serba Repot. apalagi dengan pasien yang sudah tua/nenek yang berobat sendiri tanpa diantar.
memang susah gan bagi tenaga medis kaya kkita tapi mau gimana lagi disisi lain kemanusian tapi disisi yang satunya peraturan pemerintah gimana coba gan....
percuma gan..ane dah ngasih masukan dan dari pihak rs juga dah pada mw bangkrut ,karena banyak pasien jasa sedikit(maaf) BPJs...1 pasen di hargai 2000/3000

http://www.merdeka.com/uang/dokter-keluhkan-pendapatan-dari-pasien-bpjs-kesehatan.html


tapi bapak presiden sibuk sama urusan yang lain dan menkes pun ga menghargai
rekan sejawat nya

http://www.bpjs.info/kesehatan/Belasan_Dokter_di_Bogor_Demo_Kecam_Pernyataan_Menkes-4721/
Quote:Original Posted By ragxaia
BPJS Bikin Pasien jadi Sedih
Tolong hentikan bpjs sekarang juga..!!!

Sewaktu jaga igd tadi ada waktu ke poli interna..disana ada senior interna yang lagi bingung karena ditangisin nenek2 tanpa diantar keluarganya yg berobat..saya hapal sama nenek ini biasanya datang sebulan sekali buat berobat..rumah dia jauh dari rs saya..dia nangis karena biasanya sebulan sekali datang dan dikasih obat buat sebulan sama senior interna tetapi karena bpjs ini dia datang setiap minggu..
Nenek ( sambil nangis ) " pak dokter saya sudah tidak ada biaya buat berobat karena habis buat transport ke sini...karena biaya dari rumah kesini saja kalau sebulan sekali pp sekitar 50rb ini harus setiap minggu datang...terus saya dapat uang darimana? ( sambil terisak nangis si nenek memelas sama senior interna tsb )
Jujur melihat itu saya jadi pingin nangis juga...
Kita yang langsung berhadapan dengan pasien spt ini tifak bisa berbuat banyak karena emang ini sudah peraturan yg dipaksakan sama pemerintah..katanya mau mensejahterakan masyarakat tapi malah menyengsarakan...
Duuuh miris bener yah negeri ini.


setuju gan ditempat ane juga sama pasien biasa dpt obat sebulan cuma dikasih untuk 10hari doang
BPJS ?

Bukannya dipakai sebagai sarana cari muka & penghimpunan dana aja gan ? maklum deh 2014 kan tahun yang berbiaya besar bagi partai..
emoticon-Mad (S)
hentikan presidennya aja gan. kita punya pemimpin ga bs mensejahterakan rakyat rakyat kismin. yg kismin tambah nyungsep, yg sedeng tambah miskin, yg kaya tambah tajir emoticon-Berduka (S)
BPJS itu program untuk apa yak? ane ga tau, sosialisasinya kurang emoticon-Berduka (S)
maksudnya diubah dari tiap bulan jadi tiap mnggu tu gmn si gan mksudnya, emoticon-Cape d... (S) tolong infonya lebih spesifik