alexa-tracking

KOPLING SUZUKI SPLASH KM 12.000 RUSAK ? PEMAKAI SUZUKI MASUK (MOHON SHARINGNYA GAN !)

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52d74381ffca17d86a8b465c/kopling-suzuki-splash-km-12000-rusak--pemakai-suzuki-masuk-mohon-sharingnya-gan
KOPLING SUZUKI SPLASH KM 12.000 RUSAK ? PEMAKAI SUZUKI MASUK (MOHON SHARINGNYA GAN !)
Ane mau sharing pengalaman ane sebagai pemakai mobil Suzuki Splash. Ane beli mobil Suzuki Splash pada September 2011 di dealer Suzuki Pantai Indah Kapuk untuk anak ane. Harapan ane , ini mobil Suzuki Splash untuk pemakaian jangka panjang dan ada garansi 3 tahun dari dealer tersebut. Sejak ane beli mobil Suzuki Splash tersebut , anak ane baru sering gunakan untuk pulang pergi ke sekolah sejak 2012 dengan jarak kurang lebih 16 km per hari , tentunya km mobil sangat rendah karena pemakaian hanya untuk jarak dekat. Ane tetap servis mobil Suzuki Splash tersebut ke bengkel resmi Suzuki di Pantai Indah Kapuk.

Akhir tahun 2013 , pas tanggal 28 Desember '2013 , ane niat libur ke puncak bersama keluarga ane , berhubung mobil kantor ane Daihatsu Xenia 1.000 cc , maka ane pikir mau pakai Suzuki Splash anak ane yang km nya baru 12.000 km , ane yakin mobil Suzuki Splash tersebut kondisi bagus karena baru 1 bulan sebelumnya ane servis di bengkel Suzuki PIK . Pas ane bawa ke puncak , dekat lokasi Gadog km 79 (masih di bawah puncak banget) , kopling Suzuki Splash bermasalah dan tidak bisa masuk gigi dan tidak ada tenaga. Ane kaget banget waktu itu dan langsung berhentikan Suzuki Splash tsb ke pinggir jalan , lalu ane hubungi pak Utoyo Service Advisor bengkel Suzuki Splash Pantai Indah Kapuk karena baru 1 bulan sebelumnya di servis dan kopling juga sudah di cek dan hasil pemeriksaan bagus , pak Utoyo bilang kalau mungkin kopling selip karena panas. Ane pikir juga begitu karena ane uda pengalaman bawa mobil 20 tahun dan ng pernah alami mobil baru 12.000 km , kopling habis ??? Setelah ane istirahatkan mobil kurang lebih 1 jam , ane rencana balik pulang ke Jakarta karena takut kopling masalah tapi baru jalan beberapa meter , kopling tidak bisa masuk gigi lagi. Ane langsung hub Suzuki Online dengan CS Fani dan benar-benar mengecewakan karena ane tunggu 3 jam an baru di hubungi bengkel Suzuki Pajajaran yang hanya bilang tdk bisa ke lokasi karena jauh dan bilang mau alihkan ke bengkel Suzuki Tajur , yang ana heran kenapa kalau mau di alihkan ke bengkel Tajur tidak dari semula ? Akhirnya bengkel Tajur mau datangi teknisi dan setelah ane tunggu lagi 2 jam an baru teknisi datang dan bilang kalau kopling ane habis ??? Ane tidak habis pikir , bagaimana caranya kopling suzuki rusak sedangkan pemakaian baru 12.000 km ??? Mobil ane terpaksa di derek ke bengkel Suzuki Tajur dan harus ganti kopling dan gigi mataharinya dengan ongkos servis dan spare part Rp 1.861.000,- karena kopling tidak termasuk dalam garansi walaupun pemakaian baru 12.000 km ???

Besoknya ane buat pengaduan ke Suzuki Online per 29 Desember 2013 dgn CS Widya dan bilang akan segera di tindak lanjuti pengaduan ane. Sampai hari ini per 16 Januari 2013 , tidak ada tindak lanjut maupun telepon dari Suzuki menyangkut kasus kopling ane yang rusak padahal KM baru 12.000 , sedangkan mobil kantor ane Daihatsu Xenia km 78.000 , belum pernah ganti kopling. Ane nyesel banget beli Suzuki Splash dan tidak ada pertanggung jawaban sama sekali atas kerugian moril atas liburan ane yang batal dan kerugian material atas penggantian kopling Suzuki Splash ane tersebut. Bahkan pada waktu ane ganti kopling , Service Advisor Bengkel Suzuki Tajur juga bilang ada Suzuki Ertiga yang baru 18.000 km juga mengalami hal yang sama seperti ane. Kalau begitu produk spare part mobil Suzuki benar-benar jelek dan tidak dapat dijamin kualitasnya tapi hanya harganya saja yang mahal !!!

Mohon sharingnya agan kaskuser sekalian , ane benar dan berharap agan2 sekalian mikir kalau mau beli mobil Suzuki dengan kualitas spare part dan pelayanannya yang benar-benar mengecewakan customernya. Thanks

wah lupa - suzuki ane udah dijual - tapi sudah terlanjur masuk - emoticon-Big Grin
Spoiler for "Jangan Di Klick":

bawah ane mekanik suzuki kayaknya emoticon-Big Grin
Quote:


Bagus dong gan , ane juga pengen jual nih mobil kalau ada duit emoticon-Cape deeehh
KASKUS Ads
image-url-apps
Sori gan...ane pake vespa...
image-url-apps
Pemakaian kasar kali om sama anak nya suzuki splash ane gada masalah sejauh ini. Enak2 aja km dah 16rb thun 2012
kesini aja gan...
http://www.kaskus.co.id/forum/570/kendaraan-roda-4
banyak mastah mastah yg ahli soal mobil emoticon-Recommended Seller
Quote:


ok gan , ane post juga deh kesana. thanks
dpt unit jelek gan berarti
Quote:


iya gan , saya kayaknya apes dapat unit jelek , mana ada kopling habis baru 12 rb km , mobil kantor sy punya aja 78 rb , belum pernah ganti kopling sedangkan saya bawa sampai ke pabrik yg jalannya jelek banget. emoticon-Berduka (S)
wah ane kurang tau emoticon-Sorry
ane pemakai suzuki
tapi shogun emoticon-Hammer
kopling cpt abis biasanya karena faktor pengendara. tapi kalau TS udah 20thn bawa mobil dan baru kali ini kejadian kaya gitu, spt nya memang dpt unit yg jelek. moga2 bisa dpt penyelesaian yg baik dari Suzuki.
image-url-apps
Cara bawa anaknya juga mesti di perhatiin gan, takutnya sering gantung kopling karena splash khan koplingnya agak tinggi... Apalagi kalo yg bawa cewe...
welehh kurang bgus dong ya gan
image-url-apps
Quote:


Ga ada hubungan kopling dgn jalan jelek. yg ada ya cara bawa kendara'annya saja yg salah jika kopling cepet aus.
Quote:


Yang dapet unit jelek bukan cuma agan, saya juga, berarti bukan apes tapi emang suzukinya, tepatnya ATPM indomobil harus diberi pelajaran, soal kopling yg cepat aus ini dulu juga banyak dikeluhkan user di milis Suzuki splash dan forum suzuki splash di kaskus, anehnya konsumen yg complain itu malah disuruh diam dan dituduh menjelek-jelekan Suzuki, numpang tanya ini forum pengguna/konsumen Suzuki atau forum propaganda dan antek produsen Suzuki

Sudah sewajarnya kalo ada konsumen komplin kampas kopling habis di km 12.000, timor jadul saya aja dulu dipake ponakan yg baru belajar nyetir ampe 60.000 km ga bermasalah sebelum akhirnya dijual

Sungguh aneh bin ajaib dan indonesia banget gitu lho, klo ada konsumen suatu produk malah secara suka rela mati-matian membela dan mempromosikan produk itu, walaupun banyak konsumen lain yg komplin, emang kita dapet apa dari produsen itu, selain harus nrimo apa adanya kalo produknya jelek?

Malah bukan cuma produknya, seperti yang agan alami sendiri customer servicenya juga terbukti tidak profesional, apa yg agan alami mirip 99% dengan kasus saya, masalah justru timbul setelah mobil di service gratis

Setelah saya bawa ke bengkel umum (bukan bengkel resmi/beres Suzuki) si mekanik yg kebetulan mantan mekanik Suzuki, tapi kemudian buka bengkel sendiri, curiga justru pada saat diservice itulah mekanik Suzuki mengganti karet seal kopling sehingga oli merembes membasahi kanvas dan plendes/matahari kopling, walaupun dia tidak punya bukti tapi analisanya masuk akal juga, apalagi dia sendiri mantan mekanik Suzuki yg sudah pasti juga tahu "permainan" yg ada di beres Suzuki, entah permainan ini sepengetahuan pihak manajemen Suzuki indomobil atau tidak

Jadi saran saya kalo mau beli produk Suzuki waspadalah! waspadalah! paling tidak jangan pernah bawa mobil anda ke beres Suzuki, biaya ganti oli dan service disana jauh lebih mahal daripada di bengkel umum, klo ada fans berat Suzuki yg menuduh saya menyebar fitnah, silahkan buktikan sendiri, siapa yg menyebar fitnah, siapa yg mengakali konsumen, dan yang paling penting siapa konsumen yg nurut saja dibodohin produsen

ane baru sadar ada 2 thread kembar, yg satu malah lebih rame tp udah closed, why? ini menguatkan kecurigaan ane, kalo ada yg komplin soal splash solusinya cuma satu.....case closed.
Quote:


Sorry, bukan mau ngomporin. Tapi ane juga ngalamin kejadian yang sama. Ane beli Splash bulan Juni 2011. Setelah service gratis yang terakhir, lupa bulan apa di tahun 2012, ane dikasih tau kalo ada rembesin, katanya kemungkinan dari kopling, dan dikasih kalkulasi lah biaya bongkar pasang dan spare-part yang nilainya lumayan. Kaget bener karena ini mobil belum ada setahun tapi udah harus ganti kopling. Bandingin sama Timor ane yang 3 thn ane pake sampe dijual ga perlu ganti kopling. Kalo dibilang gara2x driving style, kayanya driving style ane kaga berubah deh.

Sebulan dari Beres, ane minta di check sama montir langganan ane. Pas dibongkar ketahuan rembesan dari seal yang bocor, dan sama, dia juga curiga sama kondisi sealnya. Catetan aja, itu terakhir kali ane nyambangin Beres Suzuki, sampai sekarang ane lebih pilih bisa monitor langsung mobil ane diapain aja, daripada diserahin ke Beres. di suruh nangkring di ruang tunggu, dan belakangan disodorin masalah tanpa diskusi sebelumnya.
brarti intinya kl ada kasus spt itu mending dibenerin di bengkel langganan yak daripada di bengkel resmi yg ujung2nya malah jd kepalak? emoticon-Bingung (S)

sesama pengguna splash

Ane jg ngalamin hal yg sama gan..emoticon-Nohope
splash ane baru 20km dan cuma di pake d toll bandung jkrta doang tp udah hrs ganti kopling 1 set.. dan gilanya masuk taun ke 3 ane hrs ganti kopling lg.. emoticon-Cape d... (S)
Ga ngerti ane jg knp tuh splash ky bgtu..dan ane iseng nguping di bengkel resmi suzuki bandung, beberapa splash yg baru 2taunan pake udah di saranin ganti kopling..dan biayanya hamping 2.5juta sekarang ini..emoticon-Cape d... (S)
Ane pernah komplain ke suzuki tp cuma di jawab 'iya..iya..ok..ok' tp g ada tindakan apa-apa..
Makanya ane sekarang ilfill sama product suzuki, padahl ane dari dlu pake suzuki escudo n katana dari taun 1994..
×