alexa-tracking

4l4y SMILOKUI {pembenci alay masuk}

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52d6156817cb17e0568b467a/4l4y-smilokui-pembenci-alay-masuk
4l4y SMILOKUI {pembenci alay masuk}
MEMPERB41KI DIRI MENCINT41 TANAH 41R

tagline iklan PDI Perjuangan dalam rangka HUT ke-41 (dihitung sejak masih bernama PDI)
Spoiler for gambar:


Siapapun yang sudah melek aksara, pasti tidak kesulitan membaca kalimat slogan tersebut. Tapi bagaimana bila ada yang membacanya seperti ini memperbempatpuluhsatuki diri mencintempatpuluhsatu tanah empatpuluhsatur??
SALAHKAH??
Mungkin tidak, tapi orang yang berbahasa Indonesia bisa saja mengira kalimat itu berasal dari bahasa alien

Tagline yang lebih baik kita alih bahasakan sebagai slogan itu mengekspresikan diri dengan mengakomodasi gaya bahasa alay, cara berbahasa anak baru gede dan remaja yang lebih sering dicemooh ketimbang dipuji kreatifitasnya. Penggantian fonem”ai” menjadi angka “41”, umumnya dilakukan kelompok yang disebut anak alay. Menurut sebagian masyarakat , ragam bahasa alay sebagai bagian fenomena berbahasa Indonesia. Sedangkan para pakar bahasa mengatakan bahasa alay sebagai agen perusak bahasa Indonesia dikalangan remaja. Intinya, pengguna bahasa alay dianggap masih labil ekonomi dan labil secara psikologi.

Argumentasi ane gan, penulisan kata yang mengganti huruf dengan angka dan penulisan huruf kapital dan kecil secara random tidak ada dalam kaidah penulisan kata dalam bahasa Indonesia. Tapi menurut ane, para pemakai bahasa yang kita sebut dengan alay itu kreatif. Setidak-tidaknya secara visual. Kalau dipertimbangkan lebih jauh, mereka ingin sesuatu yang kreatif dalam berbahasa. Mereka ingin bahasa Indonesia itu menyenangkan, setidaknya secara visual dalam tata tulis. Bila berbahasa sudah menyenangkan, itu modal bagus bagi para pakar bahasa, guru bahasa, dan sebagainya untuk membuat mereka, para alay mencintai bahasa Indonesia.
Spoiler for fakta:


Spoiler for fakta lagi:


Lantas bila kita tilik latar belakang atau katakanlah asal cara alay mereka itu dari mana? Mari kita liat, jauh sebelum ada ponsel dan internet di negeri kita, dijalanan kita sering melihat plat nomor mobil atau motor yang angka-angkanya diasosiasikan atau ”dipaksa” menjadi huruf. Saya yakin, para pemilik mobil atau motor itu sudah tidak ABG lagi..

Bagaimanapun, bila sebutan anak alay dan pengguna bahasa alay adalah remaja labil yang kerennya biasa disebut ababil (ABG labil), siapa yang sebenarnya jadi role mode atau panutan? Ya, jelas orang tua. Tapi begitu mereka para ababil ramai-ramai bergaya alay, siapa yang ramai-ramai mengecam? Ya, tentu saja mereka yang usianya sudah tidak bisa disebut ABG lagi. Meskipun secara psikologi masih remaja seperti lagu dangdut ”ABG Tua”.

Ente mungkin tidak sependapat dengan ane gan. Tapi yang pasti, ane peroleh pelajaran dari gaya alay mereka.
BILA PARA ORANG TUA INGIN MENJADI ANUTAN ANAK MEREKA, ADA BAIKNYA JUGA BELAJAR DARI MEREKA.
Jujur ane belum liat iklannya langsung...

tapi menurut ane sendiri, alay itu termasuk "alaygraf" atau tulisan yang dibuat kreatif yang kalo kebanyakan menjadi keblinger bacanya..emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakak

btw ultah pdip udah beberapa hari yang lalu kok baru "protes" sekarang???emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)
Quote:


ane kagak protes gan..
ane malah menghargai PDIP yg mengangkat kaum yang katanya terpinggirkan..
alay emoticon-Tai emoticon-fuck
ane sih biasa aja gan ama yg gtuan...
banyak kq gan yang ky gtu..
Quote:


punten gan,,
user id agan kalau kagak salah juga alay gan..
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

abanx
iyadah
gua netral2 aja gan emoticon-Smilie